Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah

YUK SHARE:

Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah yang paling besar adalah jeleknya niat.

SEBAB-SEBAB TERBESAR SU`UL KHOTIMAH 

-Semoga Allah melindungi aku dan kalian dari su`ul khotimah-

Ditulis oleh:
(Asy-Syaikh) Abul Abbas Yasin bin 'Ali Al-'Adeny -hafidzohullahu-

Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah


بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، و أصلي و أسلم على النبي الكريم، وأصحابه الأطهار الميامين.

Amma Ba'du,

Sesungguhnya kita menyaksikan, mendengar, dan dikabarkan tentang sebagian orang yang ia pelaku kebaikan dan perbaikan, apabila telah dekat ajalnya ia mengerjakan -wal 'iyadzu billah(kita mohon perlindungan kepada Allah)- PENYELISIHAN terhadap sesuatu yang dahulu ia di atasnya dari berbuat kebaikan dan perbaikan.

Masalah ini kembali kepada berbagai sebab, dan DIANTARA sebab terbesarnya adalah TIDAK IKHLAS dalam beramal. Keikhlasan ini merupakan perkara bathin yang tidak terlihat oleh satu makhluk pun, akan tetapi tampak bekasnya -semoga Allah melindungi aku dan kalian - di akhir hayat.

Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhory dan Muslim dari Abdullah bin Mas'ud bahwa Nabi ﷺ bersabda :

فَوَالَّذِيْ لاَ إِلَهَ غُيْرُهُ، إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ، فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا. (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ)

"Demi Dzat yang tiada sesembahan(yang hak) selain Dia, sungguh salah seorang dari kalian benar-benar telah mengerjakan amalan Ahli Surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan Surga kecuali sehasta, maka ketetapan Allah mendahuluinya lalu ia beramal dengan amalan Ahli Neraka (di akhir hayatnya) maka ia masuk ke dalamnya.
Dan sungguh salah seorang diantara kalian benar-benar telah mengerjakan amalan Ahli Neraka sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan Neraka kecuali sehasta, maka ketetapan Allah mendahuluinya sehingga ia melakukan amalan Ahli Surga (di penghujung kehidupannya) lalu ia pun masuk ke dalamnya."

________________

Berkata Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin -rahimahullah- dalam kitab "Syarh Riyadhus Sholihin” (3/292):

"Pada sabda Nabi ﷺ :
" Demi Dzat yang tiada ilah (yang haq) selain Dia, sungguh salah seorang dari kalian benar-benar telah mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta, maka ketetapan Allah mendahuluinya lalu ia beramal dengan amalan Ahli Neraka (di akhir hayatnya) maka ia masuk ke dalamnya. ”.

ولكن أبشروا فإن هذا الحديث مقيد، بأنه لا يعمل بعمل أهل الجنة فيما يبدو للناس وهو من أهل النار، وأما الذي يعمل بعمل أهل الجنة بقلب وإخلاص فإن الله لا يخذله، والله أكرم من العبد، فإذا عملت بعمل أهل الجنة بإخلاص - نسأل الله أن يجعلنا والمسلمين منهم - فإن الله لا يخذلك، لكن فيما يبدو للناس.

Akan tetapi berikan kabar gembira bahwa hadist ini muqoyyad (terbatasi/terkait dengan suatu sifat), bahwasannya seseorang tidaklah mengerjakan amalan Ahli Surga yaitu "menurut apa yang nampak oleh manusia sedang ia termasuk Ahli Neraka."

Sedangkan orang yang mengerjakan amalan ahli surga DENGAN HATI YANG IKHLAS maka sungguh Allah TIDAK akan menelantarkannya. Allah pasti melindungi hamba-Nya.

SEHINGGA jika kamu telah mengerjakan amalan ahli surga dengan ikhlas -semoga Allah jadikan kita dan kaum muslimin termasuk orang-orang yang ikhlas- maka sungguh Allah tidak akan meninggalkanmu, akan tetapi lain halnya dengan seorang yang beramal dari apa yang terlihat oleh manusia(namun niatnya jelek).

_______________
Dan dalil atas qoid (yang terkait dengan suatu sifat khusus) ini yaitu apa yang telah tetap dalam shahih Al-Bukhory, bahwa dahulu ada seseorang ikut bersama Nabi ﷺ dalam suatu peperangan, dia merupakan orang yang berani dan terdepan, tidak meninggalkan musuh yang terpisah dari kumpulannya maupun menyendiri dari pasukan kecuali ia binasakan.

Orang-orang pun terkagum kepadanya dan keberanian serta sikap terdepannya.
Kemudian Nabi ﷺ bersabda pada suatu hari:

"Sesungguhnya dia termasuk Ahli Neraka."

Aku berlindung kepada Allah, si pemberani ini yang mahir membunuh musuh itu termasuk Ahli Neraka? Maka kabar itu terasa berat dan sulit atas kaum muslimin, dan mereka takut, bagaimana bisa orang ini termasuk Ahli Neraka?

Maka berkatalah seorang shahabat: " Demi Allah aku akan selalu bersamanya, mengikuti dan mengawasinya, benar-benar aku akan melihat akhir hayatnya apa yang akan terjadi?”

Kemudian Shahabat itu berjalan mengiringinya. Pada saat peperangan berlangsung anak panah mengenai tubuh si pemberani itu sehingga ia tampak kesal, maka ia mengambil dan mencabut pedangnya lalu ia taruh (ujung pedang) tepat di dadanya dan bertumpu di atas pedang tersebut hingga keluar pedang itu dari belakang punggungnya. Ia telah membunuh dirinya sendiri karena kesal(dengan keadaannya yang terkena panah).

Maka shahabat tersebut datang kepada Nabi ﷺ , dan berkata:

"Wahai Rasulullah... aku bersaksi bahwa tiada ilaah yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa engkau utusan Allah”.
Maka Rasulullah berkata: "Dengan sebab apa (kau bersaksi)?”
Shahabat itu berkata: "Laki-laki yang engkau katakan bahwa ia termasuk Ahli Neraka, terjadi padanya hal ini dan itu”. Maka Rasulullah ﷺ bersabda:

« إن الرجل ليعمل بعمل أهل الجنة فيما يبدو للناس ».
"Sesungguhnya orang itu benar-benar telah melakukan amalan Ahli Surga sebagaimana yang terlihat oleh manusia saja(namun niatnya menyelisihi amalannya)”.

Segala puji bagi Allah atas qoid (ikatan sifat) ini, seseorang mengerjakan amalan yang terlihat oleh manusia dengan amalan Ahli Surga padahal ia merupakan Ahli Neraka. mereka mengira ia merupakan orang shalih, akan tetapi niat hatinya rusak sehingga ia termasuk Ahli Neraka. -selesai penukilan-

________________
Berkata Ibnu Rajab dalam kitab "Jaami' Uluum wal Hikam” (1/172): pada sabdanya: "Dari apa yang terlihat oleh manusia”,

إشارة إلى أن باطن الأمر يكون بخلاف ذلك، وأن خاتمة السوء تكون بسبب دسيسة باطنة للعبد لا يطلع عليها الناس، إما من جهة عمل سيئ ونحو ذلك، فتلك الخصلة الخفية توجب سوء الخاتمة عند الموت،

"Merupakan isyarat bahwasannya:
▪perkara hati terkadang menyelisihi kenyataannya,
▪dan bahwa akhir yang jelek terjadi disebabkan sesuatu yang TERSEMBUNYI di hati seorang hamba yang tak terlihat oleh manusia, baik dari sisi amalan jelek dan semisalnya maka perilaku tersembunyi (niat jelek)  itu menjadi pencetus su`ul khotimah ketika maut datang menjemput.

وكذلك قد يعمل الرجل عمل أهل النار وفي باطنه خصلة خفية من خصال الخير، فتغلب عليه تلك الخصلة في آخر عمره، فتوجب له حسن الخاتمة
Begitu juga terkadang seseorang melakukan amalan Ahli Neraka sedang di dalam bathinnya terdapat perilaku tersembunyi yang termasuk perilaku yang baik, kemudian perilaku baik itu mengalahkan kebiasaan buruk itu di akhir hidupnya, maka hal itu menjadi pencetus kepadanya untuk husnul khotimah. -selesai penukilan-.

________________
☑Dan berkata Muhammad bin Ahmad bin Lubban pada hadist: "Sungguh benar-benar kalian mengerjakan amalan Ahli Surga”:

الحديث فيه إشارة إلى أن خشية سوء الخاتمة مخصوص بأهل أعمال الجنة، وأما أهل الإخلاص لأعمال التوحيد فلا يخشى عليهم سوء الخاتمة

"Dalam hadist ini terdapat isyarat bahwa sifat khosyah (takut) terhadap suul khotimah dikhususkan bagi mereka yang mengerjakan amalan Ahli Surga(namun niatnya jelek), sedangkan orang-orang yang ikhlas untuk pengamalan tauhid lillahi tidak akan takut menimpa mereka suul khotimah". -selesai penukilan- dari "Thobaqotis Syaafi'iyyah Al-Kubro” (9/95).

Semoga Allah ta'ala membantu kita untuk ikhlas dalam setiap perkataan dan perbuatan, juga dalam setiap gerakan dan diamnya kita.

Aden-Yaman.
Pada hari Rabu, 13 Jumadal Ulaa 1436 H.

_________________
Sumber:
Majmu'ah Manhajul Anbiya'
Alih Bahasa:
Abu Kuraib bin Ahmad Bandung (Bandung) حفظه الله [FBF-1]
Muroja'ah:
Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy حفظه الله [FBF-5]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www. alfawaaid. net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah
Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah
Sebab-sebab Terbesar Su'ul Khotimah yang paling besar adalah jeleknya niat.
http://2.bp.blogspot.com/-KazIcvi4420/VQIjqV_pOjI/AAAAAAAADF4/lNdrr4RHHX8/s1600/sebab%2Bterbesar%2Bsuul%2Bkhatimah.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-KazIcvi4420/VQIjqV_pOjI/AAAAAAAADF4/lNdrr4RHHX8/s72-c/sebab%2Bterbesar%2Bsuul%2Bkhatimah.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/03/sebab-sebab-terbesar-suul-khotimah.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/03/sebab-sebab-terbesar-suul-khotimah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy