Apakah Membaca Hadits Mendapat Pahala?

YUK SHARE:

Terdapat dalil-dalil tentang pahala membaca al-Qur’an yang mulia, apakah di sana juga terdapat pahala membaca hadits-hadits nabawiyah?

APAKAH MEMBACA HADITS MENDAPAT PAHALA?

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah


Pertanyaan: Terdapat dalil-dalil tentang pahala membaca al-Qur’an yang mulia, apakah di sana juga terdapat pahala membaca hadits-hadits nabawiyah?

Jawaban: Ya. Membaca ilmu, seluruhnya berpahala. Mempelajari dan menuntut ilmu termasuk jalan al-Qur’an yang mulia dan jalan sunnah, di dalamnya terdapat pahala yang besar. Ilmu itu diambil dari Kitab (al-Qur’an) dan diambil dari sunnah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya.”

Telah datang hadits-hadits yang banyak tentang keutamaan membaca al-Qur’an yang mulia. Di antaranya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam:

اقرءوا القرآن فإنه يأتي شفيعا لأصحابه يوم القيامة [رواه مسلم]

“Bacalah al-Qur’an, karena al-Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Dan pada suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“Apakah salah seorang dari kalian senang untuk pergi ke Buthhan –sebuah lembah di Madinah – kemudian kembali dengan membawa dua ekor unta yang besar tanpa berbuat dosa dan tanpa memutuskan hubungan silaturahmi? Para shahabat menjawab: “Kami semua menyukai hal itu wahai Rasulullah”. Beliau bersabda:

“Sungguh salah seorang dari kalian pergi ke masjid, kemudian dia mempelajari dua ayat dari Kitabullah, maka hal itu lebih baik baginya dari pada dua ekor onta yang besar. Jika dia mempelajari tiga ayat, sungguh itu lebih baik baginya dari pada tiga ekor onta. Bila empat ayat, maka itu lebih baik dari pada empat ekor onta dan seterusnya dari bilangan-bilangan onta tersebut.”

Atau sebagaimana yang beliau shallallahu ‘alaihi wa salam sabdakan. Jadi ini menunjukkan tentang keutamaan mempelajari dan membaca al-Qur’an yang mulia.

Dan dalam hadits Ibnu Mas’ud:

من قرأ حرفا من القرآن فله حسنة والحسنة بعشر أمثالها

“Barang siapa membaca satu huruf dari al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan. Dan setiap kebaikan akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisalnya.”

&128293; Demikian juga dengan sunnah apabila seorang mukmin mempelajarinya. Bila ia membaca hadits-hadits dan mempelajarinya, maka dia akan beroleh pahala yang besar. Karena ini termasuk dalam bentuk mempelajari ilmu, sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam telah bersabda:

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة

“Barang siapa menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju al-Jannah.”

Ini menunjukkan bahwa mempelajari ilmu, menghafal hadits, dan membicarakannya termasuk diantara sebab-sebab masuk al-Jannah dan selamat dari Neraka.
Demikian juga sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam:


من يريد الله به خيرا يفقه في الدين

“Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, pasti Allah akan pahamkan dia tentang urusan agamanya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Memahami urusan agama termasuk di antara jalan al-Kitab dan jalan Sunnah. Dan paham tentang sunnah termasuk di antara dalil yang menunjukkan bahwa Allah menginginkan kebaikan kepada hamba tersebut sebagaimana paham tentang al-Qur’an al-Karim juga merupakan dalil akan perkara tersebut. Dan dalil-dalil tentang masalah ini begitu banyak walhamdulillah.

Sumber : http://tiny.cc/binbaz
Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

WSI √ http://forumsalafy.net/apakah-membaca-hadits-mendapat-pahala/

▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,102,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Apakah Membaca Hadits Mendapat Pahala?
Apakah Membaca Hadits Mendapat Pahala?
Terdapat dalil-dalil tentang pahala membaca al-Qur’an yang mulia, apakah di sana juga terdapat pahala membaca hadits-hadits nabawiyah?
http://3.bp.blogspot.com/-L3-JqUlnJeM/ViOxPF-jn-I/AAAAAAAAEeA/BTDQmjdOows/s1600/hadits.jpeg
http://3.bp.blogspot.com/-L3-JqUlnJeM/ViOxPF-jn-I/AAAAAAAAEeA/BTDQmjdOows/s72-c/hadits.jpeg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/10/apakah-membaca-hadits-mendapat-pahala.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/10/apakah-membaca-hadits-mendapat-pahala.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy