Dicintai Allah Dicintai Juga Oleh Manusia

SHARE:

"Zuhudlah terhadap dunia maka engkau akan dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia."


Dicintai Allah Dicintai Juga Oleh Manusia




ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟْﻌَﺒَّﺎﺱ ﺳَﻬْﻞ ﺑِﻦْ ﺳَﻌْﺪ ﺍﻟﺴَّﺎﻋِﺪِﻱ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﺟَﺎﺀَ ﺭَﺟُﻞٌ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻳﺎَ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺩُﻟَّﻨِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻤَﻞٍ ﺇِﺫَﺍ ﻋَﻤِﻠْﺘُﻪُ ﺃَﺣَﺒَّﻨِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺃَﺣَﺒَّﻨِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ، ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﺍﺯْﻫَﺪْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻳُﺤِﺒُّﻚَ ﺍﻟﻠﻪُ ، ﻭَﺍﺯْﻫَﺪْ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻳُﺤِﺒُّﻚَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ . ‏[ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﺔ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﺑﺄﺳﺎﻧﻴﺪ ﺣﺴﻨﺔ ‏]


Dari Abu Abbas Sahl bin Sa’ad Assa’idi radhiallahuanhu dia berkata: Seseorang mendatangi Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam, maka beliau berkata: Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku sebuah amalan yang jika aku kerjakan, Allah dan manusia akan mencintaiku, maka beliau bersabda: "Zuhudlah terhadap dunia maka engkau akan dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia."

[Hadits hasan riwayat Ibnu Majah dan lainnya dengan sanad hasan.]

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


DERAJAT HADITS

Hadits disohihkan oleh Syaikh al-Albany dalam kitab as-Sohihah (944) dan juga dalam Sohihul Jami' (922)

PERAWI HADITS

Sahl bin Sa'dun as-Sa'idi Abul Abbas -رضي الله عنه-. Seorang sahabat mulia. Rasulullah wafat dan umur beliau masih lima belas tahun. Dan beliau wafat pada umur sembilan puluh satu tahun, ada pula yang mengatakan pada umur delapan puluh delapan tahun. Dan beliau termasuk sahabat terakhir yang meninggal di Madinah.

P E N J E L A S A N:

Permintaan yang diajukan laki-laki dalam hadits ini merupakan permintaan
yang agung, yaitu meminta ditunjukkan kepada suatu amalan yang bisa menyebabkan datangnya kecintaan Allah dan kecintaan manusia untuk dirinya.



Agar Allah mencintaimu

ﺍﺯْﻫَﺪْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻳُﺤِﺒُّﻚَ ﺍﻟﻠﻪُ

"Zuhudlah terhadap dunia maka Allah akan mencintaimu."

ZUHUD adalah:
Engkau meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat untuk akhiratmu

Makna ini menunjukkan bahwa orang yang zuhud adalah mereka-mereka yang lebih mengutamakan akhiratnya.

Bahkan menunjukkan seseorang yang zuhud adalah mereka yang bersemangat menegakkan amalan-amalan akhirat, berupa melaksanakan perintah ataupun meninggalkan larangan.

Inilah mengapa kezuhudan menjadi sebab datangnya kecintaan Allah -عزوجل-.

Namun sebagian orang salah memahami makna zuhud. Dimana mereka memaknai zuhud dengan meninggalkan dunia, dengan berpakaian yang lusuh kemudian mereka mengatakan: kami adalah orang-orang yang zuhud.

Hal demikian tidaklah benar sebagaimana yang kami sebutkan makna zuhud diatas.

AGAR MANUSIA MENCINTAIMU

Rasul bersabda:

ﻭَﺍﺯْﻫَﺪْ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻳُﺤِﺒُّﻚَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ

"Dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia."

Yaitu seseorang tidak meminta kepada manusia tidak pula meminta sesuatu yang bisa memberatkan mereka dan tidak pula meminta agar manusia menghormatinya.

Disini terdapat faedah:
Hendaknya seseorang tidak meminta sesuatu yang lebih dari dunia ini.

Dikarenakan tamak terhadap dunia bisa mendatangkan kemurkaan Allah.

Dan tamak dari apa yang ada pada manusia, dan mengharap-harap pada manusia bisa menyebabkan benci manusia terhadap seseorang tersebut.

Yang dicela dari dunia ini adalah:

Meminta tambahan dari yang sudah mencukupinya.

Adapun meminta kecukupan di dunia, maka ini adalah perkara yang wajib.

Berkata penyair:

لا دار للمرء بعد الموت يسكنها

Tidak ada negeri yang bisa ditempati untuk seseorang setelah kematiannya.

إلا التي كان قبل الموت يبنيها

Kecuali dia telah membangun negerinya sebelum kematian.

فإن بناها بخير طاب مسكنه

Jika dia membangunnya dengan kebaikan, maka baguslah tempat tinggalnya.

وإن بناها بشر خاب بانيها
Namun jika dia membangunnya dengan kejelekan maka gagal, merugilah yang membangunnya.



Ya Rabb...
Jadikanlah kami hamba-hamba yang merasa cukup dengan pemberian-Mu


Dan janganlah Engkau jadikan kami hamba-hamba yang tamak terhadap dunia.

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات


Rujukan:
[Syarah Arbain an-Nawawiyah: 106-107]


Abu Zain Abdulloh Iding
Dusun Tarudan Sewon Bantul, 03 Muharram 1437 H, bertepatan dengan:
16 Oktober 2015


WA Berbagi Faedah [WBF] |  https://jendelasunnah.com

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Dicintai Allah Dicintai Juga Oleh Manusia
Dicintai Allah Dicintai Juga Oleh Manusia
"Zuhudlah terhadap dunia maka engkau akan dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia."
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2w6OjksrOl6t_ediM_zpSzq1Jc1Y4CyrqqV0ILrlonZP2_yzjFASkkZ7WLegLwivDIvc4lLo3v1sI5WAJ7jfmQSuFHTcbn6EluEC3PCGVV5co3a9kcQLMcuhdNIVdEnd4O7-3xQHiMmBK/s320/akal+menurut+syariat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2w6OjksrOl6t_ediM_zpSzq1Jc1Y4CyrqqV0ILrlonZP2_yzjFASkkZ7WLegLwivDIvc4lLo3v1sI5WAJ7jfmQSuFHTcbn6EluEC3PCGVV5co3a9kcQLMcuhdNIVdEnd4O7-3xQHiMmBK/s72-c/akal+menurut+syariat.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/10/dicintai-allah-dicintai-juga-oleh.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/10/dicintai-allah-dicintai-juga-oleh.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy