Macam-macam Syafa'at

YUK SHARE:

MACAM-MACAM SYAFA'AT FATWA LAJNAH DAIMAH Pertanyaan Keenam dari Fatwa Nomor:9184 Pertanyaan 6: Bagaimana cara Nabi .صل...

MACAM-MACAM SYAFA'AT




FATWA LAJNAH DAIMAH

Pertanyaan Keenam dari Fatwa Nomor:9184

Pertanyaan 6:
Bagaimana cara Nabi .صلى الله عليه وسلم meminta syafaat kepada Allah untuk umat beliau di hari kiamat kelak? Dan bagaimana juga para sahabat, orang-orang saleh dan para malaikat memberi syafaat kepada para pelaku dosa? Hadits Nabi صلى الله عليه و سلم: Syafaatku untuk para pelaku dosa besar dari kalangan umatku Apakah sanadnya shahih? Jika hadits ini shahih, apa maknanya?



Jawaban 6:

Syafaat dari Nabi صلى الله عليه و سلم dan orang-orang saleh dijelaskan dalam Al-Quran. Terdapat hadits-hadits shahih yang menafsirkan ayat tentang syafaat yang disebutkan dalam Al-Quran, di antaranya terkait hadits syafaat yang Anda sebutkan dalam pertanyaan, sesungguhnya syafaat ada beberapa macam. Syaikh Abdurrahman bin Hasan رحمه الله menyebutkan hal ini dalam kitab Fathul Majid, dan Imam Ibnu al-Qayyim menyebutkan bahwa syafaat ada enam macam:

1. Pertama: Syafaat Kubra yang tidak diberikan kepada para rasul ulul azmi عليهم الصلاة و سلم namun hanya diperuntukkan bagi Rasulullah صلى الله عليه و سلم. Beliau bersabda, "Aku yang akan memintakannya". Itu terjadi ketika manusia mendatangi para nabi untuk memohonkan syafaat kepada Allah bagi mereka supaya mereka dimudahkan menghadapi kondisi yang sedang mereka hadapi. Syafaat Kubra ini hanya dikhususkan untuk Nabi صلى الله عليه و سلم, dan tidak ada seorang pun memilikinya selain beliau.

2. Kedua: Syafaat untuk penghuni surga ketika mereka memasukinya. Ini disebutkan oleh Abu Hurairah dalam hadits panjang yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim.

3. Ketiga: Syafaat untuk pelaku maksiat dari umat Nabi صلى الله عليه و سلم yang telah ditetapkan sebagai penghuni neraka disebabkan dosa-dosa mereka. Kemudian beliau memberikan syafaat supaya mereka tidak masuk neraka.

4. Keempat: Syafaat bagi pelaku maksiat dari ahli tauhid yang masuk neraka dikarenakan dosa-dosa mereka. Hadits-hadits terkait syafaat jenis ini diriwayatkan secara mutawatir dari Nabi صلى الله عليه و سلم. Ini juga menjadi ijmak seluruh sahabat dan Ahlussunnah, dan mereka membid'ahkan orang-orang yang mengingkarinya, mengumumkannya di setiap tempat dan menyatakan mereka sebagai orang-orang sesat.

5. Kelima: Syafaat untuk penghuni surga agar ada penambahan pahala dan peningkatan derajat untuk mereka. Tidak ada seorang pun yang menentang hal ini, dan semua ini dikhususkan untuk para pelaku tauhid yang tidak menjadikan selain Allah sebagai penolong dan pelindung sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah تعالى  Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa’at pun selain daripada Allah

6. Keenam: Syafaat beliau untuk sebagian keluarganya yang kafir dan ditetapkan menjadi penghuni neraka supaya siksaanya diringankan, dan ini dikhususkan untuk Abu Thalib saja.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'

Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

•••••••
Arsip WALIS || http://walis-net.blogspot.co.id/2015/07/macam-macam-syafaat.html?m=1


✆ WA Al Istifadah ※ WALIS ✆
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
الموقع الرسمي للمجموعة:
http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,101,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,333,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,24,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Macam-macam Syafa'at
Macam-macam Syafa'at
http://1.bp.blogspot.com/-0nj76emKoAg/VigjPdh_5eI/AAAAAAAAEio/aojSUgyb--M/s1600/jenis-jenis-syafaat.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-0nj76emKoAg/VigjPdh_5eI/AAAAAAAAEio/aojSUgyb--M/s72-c/jenis-jenis-syafaat.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/10/macam-macam-syafaat.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/10/macam-macam-syafaat.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy