Muqoddimah Kitab Ushulul Iman

YUK SHARE:

Rubrik : Kajian Kitab Pemateri: Al-Ustadz Luqman Ba'abduh hafizhahullah Kitab: Ushulul Iman Karya: Asy-Syaikh Muhammad bi...

Rubrik : Kajian Kitab



Pemateri:
Al-Ustadz Luqman Ba'abduh hafizhahullah


Kitab: Ushulul Iman

Karya:
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab An-Najdy
------------------------------------


MUQODDIMAH/PENDAHULUAN:

بسم الله الر حمن الرحيم

و به نستعين

Faidah dari Muqoddimah/Pendahuluan:

1. Penulis kitab ini adalah Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab An-Najdy rahimahullah.

Sudah banyak dijelaskan tentang kefaqihan dan kesungguhan beliau dalam mendakwahkan ilmu ini, yaitu akidah dan tauhid.

2. Salah satu metode beliau dalam berdakwah adalah mengirim risalah atau surat dengan cakupan ilmu yang luas kepada para penguasa di sekitarnya yang ditulis dengan adab dan akhlak karimah.

3. Betapa pentingnya bagi kita untuk memberikan perhatian yang besar dalam masalah aqidah, khususnya pada zaman ini, karena begitu banyak penyimpangan yang terjadi dalam masalah ini.

4. Mempejari aqidah yang benar merupakan salah satu penyebab seseorang mendapatkan pertolongan Allah (nashrullah).

5. Bersungguh-sungguh dalam mempelajari kitab-kitab aqidah dapat menjadi sarana untuk menambah keimanan. Karena hal ini terkait dengan pokok-pokok keimanan sehingga melahirkan amalan shalih.

6. Pentingnya mempelajari aqidah dari para ulama ahlus sunnah wal jama'ah.

7. Asy-Syaikh memulainya dengan 'basmalah'.
( بسم الله الر حمن الرحيم )


Yang mana hal ini merupakan kebiasaan para ulama salaf dalam menulis sebuah kitab karena  padanya terdapat beberapa faidah.

Pertama, hal ini mengikuti penulisan Al-Qur'an di mana awal dari penulisan Al-Qur'an adalah dengan 'basmalah'. Dan setiap awal surat dalam Al-Qur'an diawali dengan 'basmalah' kecuali satu surat saja yaitu surat At-Taubah.

Kedua, mengikuti Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ketiga, mencocoki para nabi sebelum Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

8. Asy-Syaikh menyebutkan:
( وبه نستعين )
Ini merupakan sebuah contoh ketawadhu'an. Beliau menyadari bahwa beliau adalah makhluk yang memiliki banyak kekurangan sehingga sangat butuh terhadap pertolongan Allah terutama dalam penulisan kitab ini.


9. Dalam kitab 'USHULUL IMAN' ini terkandung dasar-dasar keimanan dalam perkara-perkara penting pada masalah keimanan.

10. Jika terjadi kesalahan dalam pondasi maka pemahaman selanjutnya akan salah.

11. Iman di sisi ahlus sunnah adalah keyakinan dengan hati, diucapkan dengan lisan, kemudian diamalkan dengan anggota badan, bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

12. Keimanan mempunyai cabang dan ranting berdasarkan hadits:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Iman itu memiliki 63-69 cabang atau (pada riwayat lain) 73-79 cabang. Yang paling utama adalah kalimat 'Laa ilaaha illallaah'. Dan yang paling rendahnya adalah menyingkirkan duri dari jalan. Dan malu juga merupakan salah satu cabang iman.” (Ash-habus Sittah).

Hadist ini merupakan bantahan terhadap kelompok yang mengingkari adanya pokok iman dan cabangnya, seperti kelompok 'Al-Haddadiyyah.'

13. Mengenal Allah harus dengan apa yang Allah kabarkan tentang diri-Nya di dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah, bukan dari yang lainnya. Dan kandungannya datang dari Allah dan Rasul-Nya.

Pentranskrip:
Team Gores Pena SLN
(Artikel diatas telah dikoreksi Asatidzah di group SLN 1)


Salafy Lintas Negara ✈

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,102,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Muqoddimah Kitab Ushulul Iman
Muqoddimah Kitab Ushulul Iman
http://2.bp.blogspot.com/-YKforpTSlO8/ViuGiV7_cjI/AAAAAAAAEls/mH9p_yO9oMk/s320/kitab-ushul-al-iman.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-YKforpTSlO8/ViuGiV7_cjI/AAAAAAAAEls/mH9p_yO9oMk/s72-c/kitab-ushul-al-iman.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/10/muqoddimah-kitab-ushulul-iman.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/10/muqoddimah-kitab-ushulul-iman.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy