Kapankah Seorang Thalibul Ilmi Berhak Untuk Mengajar?

SHARE:

Kapankah seorang tholibul ilmi berhak untuk mengatakan: “Ini adalah pendapat yang tampak rajih bagiku” atau “Pendapat inilah yang aku yakini”

KAPANKAH SEORANG THOLIBUL ILMI BERHAK UNTUK MENGAJAR?




Syaikh al’Allamah Robi’ bin Hadiy hafizhahullah ditanya:

Kapankah seorang tholibul ilmi berhak untuk mengatakan: “Ini adalah pendapat yang tampak rajih bagiku” atau “Pendapat inilah yang aku yakini”. Dan kapankah dia layak untuk mengadakan halaqah untuk mengajar? Kebanyakan pemuda yang tergesa-gesa untuk memunculkan majlis-majlis. Maka apakah nasehat anda?

 Lalu Syaikh hafizhahullah menjawab:

Nasehatku untuk para pemuda salafy agar mempercepat usaha yang menopang kegiatan meraih ilmu dan mengajarkannya. Tapi jika dalam suatu negeri terdapat banyak orang yang jahil, tidak ada ulama di dalamnya, dan yang ada hanyalah seorang tholibul ilmi, yang mereka membutuhkan sedikit ilmu yang dimiliki oleh tholibul ilmi tadi, maka aku memandang hendaknya dia mengupayakan (untuk mengajarkan) ilmu yang dia miliki. Dan kami tidak membatasi perkara-perkara ini kepada para pemuda yang melihat dunia sudah gelap dengan berbagai khurofat, kejahilan dan kesyirikan, lalu kami katakan padanya, “Janganlah engkau tampil untuk mengajar manusia kecuali jika engkau sudah mencapai level Ibnu Taimiyah dan Ahmad bin Hambal !!!”

Allah Ta’ala berfirman:

﴿وَقَدْ فَصَّلَ لَكُمْ مَا حَرَّمَ  عَلَيْكُمْ إِلَّا مَا اضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ﴾

“Dan sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya.” (QS alAn’am: 119)

Keadaan darurat itu membolehkan hal yang dilarang, sebagaimana yang dikatakan dalam kaidah yang syar’i. Yakni, jika dia berada di pedalaman melihat kebid’ahan, dan melihat sikap meninggalkan sholat dalam keadaan dia tahu apa itu bid’ah, apa itu sunnah, apa itu ini dan itu… Sebagian pemuda mengetahui sedikit tentang ilmu, maka hendaknya dia mengajari mereka sedikit ilmu tentang al Quran, mengajari sedikit tentang tajwid, mengajarkan pada mereka kitab-kitab yang telah ia pelajari, seperti: Ushuluts Tsalatsah, Kitabut Tauhid.

Lalu aku tidak menyemangati Tholibul ilmi untuk menganggap dirinya sebagai orang alim. Tidak. Hanya saja, jika dimintai tolong dalam keadaan tidak ditemukan orang yang berilmu selain dia, dan dia memiliki sedikit ilmu, maka hendaklah dia mengupayakan (untuk mengajarkan) ilmu yang dimilikinya. Dan janganlah dia berbicara tentang agama Allah dengan tanpa ilmu, selamanya, hingga seorang alim-pun tidak boleh baginya untuk mengatakan tentang (agama) Allah kecuali dengan al-haq.

Allah Ta’ala berfirman:

﴿قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا  ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ  الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَاناً وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لاَ  تَعْلَمُونَ﴾

Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui”. (QS: Al-A’raf: 33)

Maka mengucapkan sesuatu tentang (agama) Allah dengan tanpa ilmu adalah haram dan lebih besar dari dosa-dosa besar, bahkan lebih besar dari kufur kepada Allah ‘Azza wa Jalla, karena kekufuran, kesesatan dan kebidahan itu tumbuh dari ucapan tentang (agama) Allah dengan tanpa ilmu. Maka tindakan itu adalah kejelekan yang paling jelek dan dosa besar yang paling besar, sama saja apakah tindakan itu muncul dari orang alim ataupun orang jahil.

Jika dia melihat manusia memerlukan pada sedikit ilmu yang dia miliki, maka hendaknya dia berbicara sebatas apa yang ia ketahui saja, jangan melampaui batasannya. Jika ditanya tentang sesuatu yang tidak dia ketahui maka hendaknya dia mengucapkan: Allaahu A’lam (Allah lebih mengetahui). Katakanlah: “Aku tidak tahu”. Sungguh dulu para pembesarnya pembesar agama, dan ulamanya para ulama mengatakan: “Aku tidak tahu”. Bahkan, bahwasanya salah satu murid seniornya Imam Malik mengatakan: “Kalau aku ingin memenuhi lembaran-lembaran catatanku dengan ucapan Imam Malik: “Aku tidak tahu”, maka pasti aku kerjakan”.

Kalian semua tahu bahwa beliau ditanya ditanya tentang 40 masalah, lalu beliau menjawab 4 saja dan menjawab sisanya dengan: “Aku tidak tahu”. Dan dulu seorang lelaki pada masa itu, jika dia lebih banyak mengucapkan: “Aku tidak tahu”, maka semakin besarlah kedudukannya di mata manusia. Adapun pada masa sekarang, jika dia menjawab satu atau dua masalah dengan ucapan: “Aku tidak tahu”, maka mereka mengatakan: “Dia orang jahil”. Tolak ukur ini wajib dirubah. Dan hendaknya manusia tidak mendorong (memaksa) setengah dan seperempat ulama untuk mengatakan terhadap Allah dengan tanpa ilmu. Bagaimanapun juga, seharusnya seorang alim itu mendidik murid-muridnya untuk mengucapkan: “Aku tidak tahu”, maka itu adalah setengah ilmu.

al Jawaabul Kaafy li Man Sa-ala anid Dawaais Syaafy, karya Syaikh Robi’ al Madkholy, kaset kedua, menit ke 9 dan 15.

وصلى الله و سلم على نبينا محمد و آله وصحبه و الحمد الله رب العالمين.

-------------------

سئل الشيخ العلامة ربيع بن هادي حفظه الله

متى يحق لطالب العلم أن يقول هذا ما  ترجح لي أو هذا ما أعتقده ومتى يستحق  أن يستقل بحلقة تدريس فكثير من  الشباب يتسرعون إلى تصدر المجالس  فما نصيحتكم؟”

فأجاب حفظه الله:

نصيحتي للشباب السلفي أن يشمروا  على ساعد الجد في تحصيل العلم ويتعلموا، ولكن إذا كان في بلد جهلاء، وليس فيها علماء، وفيهم طالب علم  يحتاجون إلى ما عنده من علمه القليل، فأنا أرى أن يبذل ما عنده من علم، ولا  نعقد الأمور على الشباب الذي يرى الدنيا  مظلمة بالخرافات، والجهل، و الشرك، فنقول له لا تتصدر لتعليم الناس إلا إذا بلغت درجة ابن تيمية و أحمد بن حنبل!!!

قال الله تعالى:

﴿وَقَدْ فَصَّلَ لَكُمْ مَا حَرَّمَ  عَلَيْكُمْ إِلَّا مَا اضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ﴾ (الأنعام: 119).

الضرورة تبيح المحظورة،كما يقال في  القاعدة الشرعية يعني إذا كان في بادية يرى البدع،و  يرى ترك الصلاة،وهو يعلم ماهي البدع،وماهي السنن،وماهي كذا.. يعلم بعض  الشباب شيئا من العلم :يعلمهم شيئا من القرآن،يعلمهم شيئا من التجويد،يدرسهم الكتب التي درسها الأصول  الثلاثة، كتاب التوحيد،

فأنا لا أشجع طالب  العلم أن ينصب نفسه عالما. لا وإنما إذا  ألجأ ولا يوجد عالما غيره وعنده شيء من  العلم فليبذل ما عنده من علم، ولايتكلم في دين الله بجهل،أبدا حتى العالم لا  يجوز له أن يقول على الله إلا الحق

قالَ تعالى

﴿قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا  ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ  الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ  سُلْطَاناً وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لاَ  تَعْلَمُونَ﴾ (الأعراف:33).

فالقول على الله بغير علم حرام و أكبر  الكبائر بل أكبر من الكفر بالله عز و جل؛لأن الكفر و الضلال و البدع تنشأ من  القول على الله بغير علم. فهو أخبث الخبائث و أكبر الكبائر سواء  صدر من عالم، أو جاهل،

فإذا رأى الناس مضطرين إلى ما عنده من  العلم القليل فليتكلم فقط في حدود ما  يعلم ولا يتجاوز حده،فإذا سئل عما لا  يعلم يقول: الله أعلم،يقول لا أدري،فقد  كان كبراء الكبراء و أئمة الأئمة يقول: لا أدري بحيث أن أحد كبار تلاميذ مالك  يقول لو شئت أن أملأ ألواحي من  قول مالك لا أدري لفعلت.

وكلكم يعلم أنه سئل عن أربعين مسألة،فأجاب عن أربعة وقال في الباقي،لا أدري، و كان الرجل في ذلك الوقت إذا أكثرمن  قول لا أدري عظم في أعين الناس،وأما اليوم إذا قال في مسألة و مسألتين لا  أدري قالوا جاهل!!!يجب على هذه  المقاييس أن تعدل و أن لا يدفع الناس  أنصاف و أرباع العلماء إلى القول على الله  بغير علم،و على كل حال ينبغي على  العالم أن يربي تلاميذه على قول لا  أدري فهي نصف العلم.

المصدر: من[الجواب الكافي لمن سأل  عن الدواء الشافي] للشيخ ربيع المدخلي –  الشريط 02 الدقيقة 9 و 15 ثانية –
وصلى الله و سلم على نبينا محمد و آله  وصحبه و الحمد الله رب العالمين.

🔻🔻🔻🔻🔻🔻
📝 Syabab Ashhaabus Sunnah
💡Ashhaabus Sunnah
🔛 JOIN http://bit.ly/ashhabussunnah
💻 www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,70,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,623,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,106,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kapankah Seorang Thalibul Ilmi Berhak Untuk Mengajar?
Kapankah Seorang Thalibul Ilmi Berhak Untuk Mengajar?
Kapankah seorang tholibul ilmi berhak untuk mengatakan: “Ini adalah pendapat yang tampak rajih bagiku” atau “Pendapat inilah yang aku yakini”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAvdSFMoNhTNNvPw4_PtjyLyh9iA0q-11_XaRH2U0yuERfgzxWDAVA-AsJLusubQGk9l_LKy27yz4Um-awld8STNowkocYq33QhLrq8ySr7oGs8QN2KkdX5cXzebu3o0hrut2ropLWJvUD/s400/allahu+alam.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAvdSFMoNhTNNvPw4_PtjyLyh9iA0q-11_XaRH2U0yuERfgzxWDAVA-AsJLusubQGk9l_LKy27yz4Um-awld8STNowkocYq33QhLrq8ySr7oGs8QN2KkdX5cXzebu3o0hrut2ropLWJvUD/s72-c/allahu+alam.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/12/kapankah-seorang-thalibul-ilmi-berhak.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/12/kapankah-seorang-thalibul-ilmi-berhak.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy