Allah Telah Ciptakan Penduduk untuk Surga dan Neraka.

YUK SHARE:

Tidaklah ada Seorangpun di antara Kalian kecuali telah Ditulis (Ditetapkan) tempat Duduknya di Neraka atau tempat Duduknya di Surga.

Allah Telah Ciptakan Penduduk untuk Surga dan Neraka.

penduduk-surga-neraka

Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Bersabda :

إِنَّ اللَّهَ خَلَقَ لِلْجَنَّةِ أَهْلًا خَلَقَهُمْ لَهَا وَهُمْ فِي أَصْلَابِ آبَائِهِمْ وَخَلَقَ لِلنَّارِ أَهْلًا خَلَقَهُمْ لَهَا وَهُمْ فِي أَصْلَابِ آبَائِهِمْ

Sesungguhnya Allah telah Menciptakan penduduk untuk Surga yang Dia Ciptakan pada saat Mereka masih di sulbi ayah-ayah mereka. Dan Allah Menciptakan Penduduk untuk Neraka yang Allah ciptakan saat Mereka masih di Sulbi Ayah-ayah mereka (H.R Muslim no 4805).

Suatu hari, Selesai dari Penguburan Jenazah salah seorang Sahabat, Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam menyatakan :

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ كُتِبَ مَقْعَدُهُ مِنَ النَّارِ وَمَقْعَدُهُ مِنَ الْجَنَّةِ

Tidaklah ada Seorangpun di antara Kalian kecuali telah Ditulis (Ditetapkan) tempat Duduknya di Neraka atau tempat Duduknya di Surga.

Seorang Sahabat yang Mendengar itu kemudian Bertanya :

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا نَتَّكِلُ عَلَى كِتَابِنَا وَنَدَعُ الْعَمَلَ

Wahai Rasulullah, Apakah tidak Sebaiknya kita Pasrah Bersandar pada Apa yang telah Tertulis pada Kitab (Taqdir) kita dan Meninggalkan Beramal (Berbuat)?

Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Menjawab :

اعْمَلُوا فَكُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ أَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ السَّعَادَةِ فَيُيَسَّرُ لِعَمَلِ أَهْلِ السَّعَادَةِ وَأَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الشَّقَاءِ فَيُيَسَّرُ لِعَمَلِ أَهْلِ الشَّقَاوَةِ

Beramal-lah, karena Segala Sesuatu akan Dimudahkan ke Arah (Takdir) Penciptaannya. Barangsiapa yang termasuk Orang yang Berbahagia (Penduduk Surga), akan Dimudahkan untuk Berbuat dengan Perbuatan-perbuatan Penduduk surga. Sedangkan yang termasuk Orang yang Celaka (Penduduk Neraka), akan Dimudahkan untuk Berbuat dengan Perbuatan-perbuatan Penduduk Neraka (H.R al-Bukhari dan Muslim).

Kemudian Nabi Membaca Ayat :

فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَى وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى

Adapun Orang yang Memberi, Bertaqwa, dan Membenarkan Al-Husna (Balasan Kebaikan), maka Kami akan Mudahkan ia menuju Kemudahan (Surga). Sedangkan Orang yang Kikir, Sombong, dan Mendustakan Al-Husna, akan Kami Mudahkan pada Kesulitan (Neraka)(Q.S al-Lail:5-10).

Dalam sebagian Riwayat, setelah Mendengar Sabda Nabi tersebut, Sahabat Nabi Suroqoh bin Ju’syum Radhiyallaahu Anhu menyatakan :

فَلَا أَكُونُ أَبَدًا أَشَدَّ اجْتِهَادًا فِي الْعَمَلِ مِنِّي الْآنَ

Tidak pernah aku Merasa lebih Bersemangat untuk Beramal (Berbuat Kebaikan) dibandingkan Hari ini (Sejak Mendengar Sabda Nabi tersebut)(H.R Ibnu Hibban).

Hadits-hadits di atas Menunjukkan bahwa Allah Sudah Mengetahui Siapa saja yang akan Masuk Surga dan Siapa saja yang akan Masuk Neraka.

Ada Sahabat yang Menanyakan kepada Nabi Apakah tidak Sebaiknya kita Pasrah saja karena Semuanya sudah Tertulis Takdirnya?

Nabi menjawab : Beramal-lah, Berbuatlah, karena Segala sesuatu akan Dimudahkan pada Takdir Penciptaannya.

Sahabat Nabi yang mendengar Sabda Nabi tersebut kemudian Semakin Bersemangat untuk Beramal.

Akidah dan Pemahaman yang Benar tentang Takdir akan Mendorong Seseorang untuk Giat Beramal Kebajikan, bukannya Bermalas-malasan kemudian Beralasan dengan Takdir.

Dikutip dari Buku "Akidah Imam Al-Muzani (Murid Imam Asy-Syafii)"

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
http://telegram.me/alistiqomah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,11,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,24,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Allah Telah Ciptakan Penduduk untuk Surga dan Neraka.
Allah Telah Ciptakan Penduduk untuk Surga dan Neraka.
Tidaklah ada Seorangpun di antara Kalian kecuali telah Ditulis (Ditetapkan) tempat Duduknya di Neraka atau tempat Duduknya di Surga.
https://3.bp.blogspot.com/-egDZGSCASGs/VsAjwYlfUJI/AAAAAAAAHkU/6Jk6bLbffi4/s320/penduduk-surga-neraka.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-egDZGSCASGs/VsAjwYlfUJI/AAAAAAAAHkU/6Jk6bLbffi4/s72-c/penduduk-surga-neraka.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/02/allah-telah-ciptakan-penduduk-surga-neraka.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/02/allah-telah-ciptakan-penduduk-surga-neraka.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy