Hukum Tidur Sore Setelah Shalat Ashar

YUK SHARE:

Bagaimana Hukum Tidur Sore Setelah Shalat Ashar? Boleh ataukah Tidak?

HUKUM TIDUR DI SORE HARI SETELAH SHALAT ASAR

hukum-tidur-setelah-ashar

Setelah kita bahas hukum tidur setelah shalat shubuh dan telah kita sebutkan hukumnya, bahwa para Salaf tidak menyukai hal tersebut, karena pagi hari setelah shalat fajar adalah waktu yang penuh barakah, dibagikannya rizqi, waktu untuk berdzikir, waktu yang tepat untuk menambah hafalan al-Quran dan hafalan hadits dan amalan kebaikan yang lainnya. Akan tetapi jika benar-benar dia mengantuk dan butuh istirahat setelah shalat shubuh maka tidaklah mengapa, karena sepantasnya seseorang memperhatikan kebutuhan dirinya, sebab badan ini punya hak untuk beristirahat, namun jangan sampai istirahatnya menyebabkan dia meninggalkan kewajiban yang harus dia kerjakan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan faedah tentang hukum tidur di sore hari selepas shalat asar. Karena pernah suatu hari hari saya tidur-tiduran di suatu masjid, kemudian tiba-tiba ada yang datang menghampiri saya dan mengatakan, ‘wahai saudaraku, tidak boleh kamu tidur di sore hari, nanti kalau kamu tidur di waktu seperti ini maka kamu jadi gila!’. Wah wah ngeri juga ya, akibat dari tidur di waktu sore hari.

Apakah benar apa yang disampaikan bapak tadi, bahwa barangsiapa yang tidur di sore hari, maka ketika bangun tidur dia menjadi gila atau kehilangan akalnya?

Apa pedoman mereka yang melarang tidur di sore hari?

Pedoman mereka adalah sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban rahimahullah dari shahabat ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«مَنْ نَام بَعْدَ الْعَصْرِ فَاخْتُلِسَ عَقْلُهُ فَلا يَلُومَنَّ إِلا نَفْسَهُ»
“Barangsiapa tidur setelah shalat asar maka akan hilang ingatannya, oleh karena itu janganlah mencela kecuali (celalah) dirinya sendiri.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitabnya “adh-Dhu’afa wa al-Majruhin 1/283. Berkata asy-Syaikh al-Albani rahimahulah dalam kitabnya adh-Dha’ifah 1/112: Hadits ini lemah.

Berikut fatwa para ulama seputar pembahasan kita;

1.      Fatwa al-Lajnah ad-Daaimah:

“Tidur setelah shalat asar merupakan kebiasaan sebagian manusia, hal tersebut tidaklah mengapa. Hadits-hadits yang menyebutkan padanya larangan tidur setelah shalat asar tidaklah shahih. [Fatwa no. 17915]

 2.      Fatwa asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah:

Beliau ditanya: Apakah ada dalan sunnah nabawiyah hadits-hadits dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang larangan tidur setelah shalat asar atau sebelum maghrib?

Beliau menjawab: “Tidak ada larangan padanya sedikit pun, tidak mengapa tidur setelah shalat asar. Kami tidak mengetahui satu hadits pun yang melarangnya. Tidur setelah asar tidaklah dilarang, tidak ada satu hadits pun (yang shahih) yang melarang hal itu.

 3.      Fatwa asy-Syaikh al-‘Utsaimin rahimahullah:

“Hal tersebut tidaklah mengapa. Tidaklah perlu dianggap perkataan orang bahwa tidur di waktu Dhuha akan mewariskan kebinasaan kepada pemuda dan tidur di waktu asar akan mewariskan kegilaan. Hal tersebut jangalah dipercaya! Betapa banyak orang-orang yang tidur setelah asar bahkan (ada yang tidur) beberapa saat sebelum matahari terbenam, ternyata mereka termasuk orang-orang yang paling berakal.” [Fatawa Nur ‘Alad Darbi: 24/2]

Ditulis oleh Abu ‘Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 7 Rabiul Awal 1436/ 29 Desember 2014_di kota Ambon Manise

Sumber : WA. FORUM KIS

————————————–
Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullah ditanya tentang hukum tidur setelah shalat ashar, beliau menjawab,

Hadits:

(من نام بعد العصر , فاختلس عقله , فلا يلومن إلا نفسه)

“Barangsiapa tidur setelah ashar kemudian ia kehilangan akalnya maka janganlah ia salahkan kecuali dirinya sendiri.”

adalah hadits dho’if. Marwan (selaku perawi) berkata: Aku katakan kepada Laits bin Sa’ad -saat aku melihatnya tidur setelah ashar-, Wahai Abul Harits mengapa kamu tidur setelah ashar, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi’ah… (kemudian Marwan menyebutkan hadits diatas)

Imam Laits bin Sa’ad menjawab, “Aku tidak akan meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagiku hanya karena hadits Ibnu Lahi’ah dari Aqil.” (karena riwayat Ibnu Lahi’ah adalah lemah, pent)

Asy-Syaikh Al-Albany melanjutkan, “Jawaban Laits ini membuat aku kagum, karena ini menunjukkan sebuah ilmu dan pemahaman, dan tidak mengherankan karena dia adalah Imam muslimin, dan fuqoha’ yang terkenal. Tapi aku sekarang banyak mendapati para syaikh yang melarang tidur setelah ashar, padahal mereka butuh dengannya. Apabila disampaikan kepadanya: “hadits tentang perkara ini adalah dho’if”, dia akan menjawabmu dengan entengnya, “Hadits dho’if boleh diamalkan pada fadhoil a’mal.”

Maka perhatikanlah perbedaan keilmuan salaf (ulama’ terdahulu) dengan kholaf (ulama sekarang).

[ As-Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah no.39]

http://warisansalaf.com/2010/03/20/hukum-tidur-setelah-sholat-ashar/

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Tidur Sore Setelah Shalat Ashar
Hukum Tidur Sore Setelah Shalat Ashar
Bagaimana Hukum Tidur Sore Setelah Shalat Ashar? Boleh ataukah Tidak?
https://4.bp.blogspot.com/-_cIrgfdaDuI/VsSUqVxQXpI/AAAAAAAAHoA/qKEeTgD8OK4/s400/hukum-tidur-setelah-ashar.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-_cIrgfdaDuI/VsSUqVxQXpI/AAAAAAAAHoA/qKEeTgD8OK4/s72-c/hukum-tidur-setelah-ashar.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/02/hukum-tidur-sore-setelah-shalat-ashar.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/02/hukum-tidur-sore-setelah-shalat-ashar.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy