Permasalahan Penting yang Hendaknya Seseorang Pelajari

YUK SHARE:

PERMASALAHAN PENTING YANG HENDAKNYA SEORANG PENUNTUT ILMU MEMULAI BELAJAR DARINYA, DEMI MENJAGA DIRINYA

PERMASALAHAN PENTING YANG HENDAKNYA SEORANG PENUNTUT ILMU MEMULAI BELAJAR DARINYA, DEMI MENJAGA DIRINYA

asy-Syaikh al-'Allamah Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah,


Pertama, Wajib untuk mempelajari permasalahan-permasalahan yang dibebankan oleh Allah Tabaraka wa Ta'ala. Di antaranya :

Permasalahan Aqidah/I'tiqad.
Seseorang harus mengenal Allah — Tabaraka wa Ta'ala — dengan Nama-nama dan Shifat-shifat-Nya. Khususnya pembahasan tentang sifat :
🔹 al-Istiwa',
🔹 al-'Uluw (Tinggi),
dan pembahasan-pembahasan yang seperti itu.

Mempelajari makna "Syahadatain", agar tidak terjatuh pada hal-hal yang bertentangan dengannya, mengenal syarat-syaratnya, dan mengetahu pembatal-pembatalnya.

Kemudian mempelajari, yakni MENGHAFAL dari Al-Qur'an — jika mampu —, apabila dia mampu menghafal al-Qur'an maka hendaknya dia menghafalnya.

 Lalu menghafal as-Sunnah. Dimulai dari kitab-kitab yang pendek. Seperti :
🔹 Bulughul Maram, atau
🔹 'Umdatul Ahkam

dan menghafal dalam bidang Tauhid. Membaca dalam bidang Tauhid :
🔸 al-Ushul ats-Tsalatsah,
🔸 Kasyfu asy-Syubuhat,
🔸 Kitab at-Tauhid

Yakni pembahasan-pembahasan di atas pada asalnya adalah darurat (sangat mendesak) bagi para penuntut ilmu. Seorang penuntut ilmu apabila tidak kokoh dalam bidang tersebut, maka dia tidak aman dari jatuh ke dalam kesyirikan. Karena banyak para penyeru kesyirikan, dan banyaknya fitnah. Maka harus membentengi diri dengan kitab-kitab seperti itu.

Dalam bidang Tauhid al-Asma' wa ash-Shifat membaca kitab seperti "al-'Aqidah al-Wasithiyyah", kitab kecil, dan mudah untuk dibaca (dipelajari) dan dihafal dalam beberapa hari, insya Allah.

Apabila dia ingin berkelanjutan dalam menuntut ilmu, maka kesempatan terbuka. Satu kesempatan akan menarik kesempatan berikutnya.
➡️ dia bisa mempelajari kitab-kitab induk (yakni 6 kitab hadits),
➡️ mempelajari kitab-kitab tafsir, yang itu sudah dikenal,
➡️ mempelajari kitab-kitab hadits dan syarah (penjelasan)nya.
➡️ mempelajari kitab-kitab nahwu.

Apabila dia mau mencukupkan mempelajari perkara yang darurat saja, yang bisa menegakkan kehidupannya, maka hendaknya dia :
🔅 mempelajari apa yang wajib baginya dalam permasalahan Shalat dan pembatal-pembatal shalat agar tidak terjatuh padanya.
🔅 demikian pula dia harus mengenal Zakat. Kalau dia punya harta, maka dia harus tahu nishab zakat dan apa kewajiban dia padanya.
🔅 juga harus mengenal haji, apabila dia termasuk orang yang mampu berhaji. Tahu bagimana tata cara haji dan pembatal-pembatalnya, dll.

Itu semua adalah perkara-perkara yang hukumnya fardhu 'ain, sebagaimana yang telah ditegaskan oleh para ulama.

Kemudian setelah itu ilmu-ilmu yang hukumnya fardhu kifayah. Apabila dia ingin masuk mempelajari ilmu yang fardhu kifayah, maka dia bisa mulai mempelajari dengan urutan yang sudah kami jelaskan di atas."

dari kaset berjudul : "Ahlus Sunnah wa 'Alamatuhum"

___

Majmu'ah Manhajul Anbiya
Join Telegram https://bit.ly/ManhajulAnbiya
Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Permasalahan Penting yang Hendaknya Seseorang Pelajari
Permasalahan Penting yang Hendaknya Seseorang Pelajari
PERMASALAHAN PENTING YANG HENDAKNYA SEORANG PENUNTUT ILMU MEMULAI BELAJAR DARINYA, DEMI MENJAGA DIRINYA
http://www.walltor.com/images/wallpaper/business-concepts--business-still-life-office-still-life-photos--ink-pen-and-notebook-93006.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/03/permasalahan-penting-yang-hendaknya-dipelajari.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/03/permasalahan-penting-yang-hendaknya-dipelajari.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy