Sikap Orang Beriman Terhadap Perintah dan Larangan Nabi

YUK SHARE:

SIKAP ORANG BERIMAN TERHADAP PERINTAH DAN LARANGAN NABI

SIKAP ORANG BERIMAN TERHADAP PERINTAH DAN LARANGAN NABI

Sikap Orang Beriman Terhadap Perintah dan Larangan Nabi

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ صَخْر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوهُ وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَافْعَلُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلَافُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ (رواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Hurairah Semoga Allah Meridhainya Beliau berkata: Saya Mendengar Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda : Segala yang Aku Larang Jauhilah dan Apa yang Aku Perintahkan Kerjakanlah sesuai dengan Kemampuan kalian. Karena sesungguhnya Hal yang Membinasakan umat sebelum kalian adalah Mereka banyak Bertanya-tanya (tanpa faidah) dan Sikap Menyelisihi para Nabi yang mereka lakukan. (H.R AlBukhari dan Muslim).

Dalam Hadits ini Nabi menyatakan :

Segala yang Aku Larang Jauhilah...

Para Ulama menjelaskan bahwa secara asal  Hukum Larangan Nabi adalah Haram dilaksanakan. Ini adalah Hukum Asal.

Hukum asal ini baru Berubah jika terdapat Hadits lain yang menunjukkan bahwa Larangan itu bersifat Makruh (Dibenci).

Secara asal, segala bentuk Larangan Nabi yang terkait dengan suatu Ibadah, menyebabkan Ibadah itu Batal atau Tidak Sah, sedangkan Larangan Nabi yang terkait dengan bentuk Muamalah menyebabkan suatu Akad menjadi Tidak Sah atau Batal.

Dalam Hadits ini Nabi juga menyatakan :

Apa yang aku Perintahkan kepada kalian, maka Lakukanlah sesuai dengan Kemampuan...

Para Ulama menjelaskan bahwa secara asal, Hukum Perintah dari Nabi adalah Wajib dilaksanakan, hingga ada Dalil lain yang menunjukkan bahwa hal itu adalah Mustahab/Sunnah (Disukai).

Perintah Nabi dikerjakan sesuai dengan Kemampuan.

Sebagai contoh :

صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ

Sholatlah dengan Berdiri. Jika tidak mampu, maka dengan Duduk. Jika tidak mampu, maka dengan Berbaring (H.R AlBukhari).

Menghindari Kemaksiatan lebih berat dibandingkan Mengerjakan Ketaatan. Bersabar untuk Meninggalkan Larangan lebih berat Tantangannya (dan lebih besar Pahalanya) dibandingkan Melaksanakan Perintah.

Sahl bin Abdillah menyatakan: Perbuatan-perbuatan Kebajikan bisa dilakukan oleh Orang-orang yang Baik ataupun orang Fajir.

Namun, tidak ada yang bisa Bersabar Meninggalkan Dosa kecuali Orang yang Shiddiq (Jujur Keimanannya).

(Syarhul Umdah karya Ibn Taimiyyah Rahimahullah (1/46)).


Dikutip dari Buku 40 HADITS PEGANGAN HIDUP MUSLIM
(Syarh Arbain AnNawawiyah).

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Sikap Orang Beriman Terhadap Perintah dan Larangan Nabi
Sikap Orang Beriman Terhadap Perintah dan Larangan Nabi
SIKAP ORANG BERIMAN TERHADAP PERINTAH DAN LARANGAN NABI
https://3.bp.blogspot.com/-gOnL3uOhArk/VvUP-Xw62OI/AAAAAAAAH98/9xfMX0Mvppg3kxgf8YNPz78GIMIqlF-Gg/s320/perahu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gOnL3uOhArk/VvUP-Xw62OI/AAAAAAAAH98/9xfMX0Mvppg3kxgf8YNPz78GIMIqlF-Gg/s72-c/perahu.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/03/sikap-orang-beriman-terhadap-perintah-larangan-nabi.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/03/sikap-orang-beriman-terhadap-perintah-larangan-nabi.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy