Waktu Membaca Doa Masuk Pasar

YUK SHARE:

Beberapa pertanyaan tentang kapan doa masuk pasar harus diucapkan.

WAKTU MEMBACA DOA MASUK PASAR

Waktu Membaca Doa Masuk Pasar

Barangsiapa masuk pasar, lalu membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

“Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahulhamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.”

Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan, menghapus darinya satu juta keburukan dan meninggikan untuknya satu juta derajat.”

(HR. At-Tirmidzi 5/291, Al-Hakim 1/538 dan Ibnu Majah 2235. Al-Albani menyatakan, hadits tersebut hasan dalam Shahih Ibnu Majah 2/21 dan Shahih At-Tirmidzi 2/152.)

Arti doa tersebut:

(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bag-iNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.)

Tanya Jawab dengan Syaikh Abdul Muhsin al'Abbad hafizhahullah


Pertanyaan 1:

Apakah doa masuk pasar diucapkan ketika misalnya pasar tutup pada malam hari?

Jawaban:
Yang nampak bahwa doa masuk pasar diucapkan pada waktu yang didalamnya ada pasar dan manusia. Adapun kondisinya lewat di jalan yang tidak ada seorang pun, hiruk pikuk, dan perdagangan, maka tidak diucapkan
doa tersebut ketika sendirian. Namun adanya kelalaian yakni terjadinya dzikir kepada Allah ta'ala adalah pada waktu lalai di dalamnya dari mengingat Allah. Sedangkan hal ini tidak ada, tidak ada seorang pun bersamanya, hiruk pikuk, adanya sumpah dusta, adanya demikian dan demikian, melariskan barang dan sumpah tidak ada, akan tetapi salah satu jalan yang sunyi dari orang-orang.


Pertanyaan 2:

Pertanyaan datang tentang penyebutan doa ini di tempat berjualan atau warung sayur, apakah terhitung pasar pada kebiasaan kita?

Jawaban:
Atas setiap orang hendaknya mengucapkannya,apabila datang ke tempat jual beli, yakni meskipun pasar khusus, hendaknya dia mengucapkan laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah. Inilah yang semestinya bagi seseorang mengucapkannya ketika pergi ke tempat jual beli, baik pasar umum atau khusus

Pertanyaan 3:

Saya tinggal di jalan yang teranggap pasar karena adanya toko-toko yang tersebar, apakah saya mengucapkan doa ini setiap kali masuk dan keluar dari rumahku?

Jawaban:
Anda membacanya apabila keluar dari rumah Anda. Adapun apabila Anda masuk ketika datang ke pasar sebelum sampai ke rumahmu, maka ucapkanlah doa ini.
Begitu pula apabila Anda keluar dari rumah, ucapkanlah doa ini selama rumahmu di tengah pasar.

Pertanyaan 4:

Apabila seseorang melewati pasar dan tidak berniat melakukan transaksi, apakah dia membaca doa ini?

Jawaban:
Ya.

Pertanyaan 5:

Apakah doa masuk pasar diucapkan ketika masuk tempat pameran yang menjual kitab di dalamnya?

Jawaban:
Ya, Ini pasar dan telah dikerahui bahwa tempat pameran ada hiruk pikuk, bermacam tipe dan jenis orang. Yakni adanya hiruk pikuk dan suara.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=111705

Sumber: http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,120,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,212,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,13,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,11,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,25,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,104,Kontemporer,104,Manhaj,106,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,342,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,24,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,19,Tazkiyatun Nafs,59,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,80,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Waktu Membaca Doa Masuk Pasar
Waktu Membaca Doa Masuk Pasar
Beberapa pertanyaan tentang kapan doa masuk pasar harus diucapkan.
https://2.bp.blogspot.com/-FYH4gA2vgXQ/Vtq1OhBTVTI/AAAAAAAAHwc/5qi48wNjlUg/s320/doa-masuk-pasar.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-FYH4gA2vgXQ/Vtq1OhBTVTI/AAAAAAAAHwc/5qi48wNjlUg/s72-c/doa-masuk-pasar.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/03/waktu-membaca-doa-masuk-pasar.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/03/waktu-membaca-doa-masuk-pasar.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy