Metode yang Dapat Meraih Cita-cita dalam Menuntut Ilmu

YUK SHARE:

Lemahnya angan2 didalam menuntut ilmu syar'i adalah musibah yang besar,

APAKAH SARANA DAN METODE YANG DAPAT MERAIH TINGGINYA CITA-CITA DAN SEMANGAT DALAM MENUNTUT ILMU.

https://networkingnerd.wordpress.com/

Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah di tanya:

Pertanyaan: Jika para penuntut ilmu sedang diliputi rasa lemah angan-angannya dan bosan ato jenuh di dalam menuntut ilmu, maka apa sarana dan metode yang dapat meraih kepada tingginya cita2 dan semangat untuk menuntut ilmu?

Jawaban: Lemahnya angan2 didalam menuntut ilmu syar'i adalah musibah yang besar, yang disana ada beberapa perkara yang harus kita ketahui:

1. Perkara yang pertama: Ikhlas karena Allah Ta'ala  didalam menuntut ilmu,jika dia ikhlas karena Allah Ta'ala dan dia telah mengetahui bahwa didalamnya ada pahala dan pahala tersebut menempati pada derajat ketiga dari derajat2 yang umum, maka akan tumbuh semangatnya dan bersemangat, seperti yang disebutkan dalam ayat :

ومن يطع الله و الرسول فألىئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهدآء والصالحين  (النساء ٦٩)

"Dan barang siapa yang menta'ati Allah dan rasulNya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugrahi ni'mat oleh Allah, yaitu para Nabi, para siddiqin, orang-orang yang mati syahi dan orang-orang yang shaleh.(Q.S.An Nisaa' :69)

2. Bergaul dengan teman2 yang memberikan motivasi kepada ilmu dan saling berdialog atau memuroja'ah ilmu tersebut, dan janganlah berpaling darinya selama dia membantumu untuk mendapatkan ilmu.

3. Menyabarkan jiwanya yaitu: melawan jiwa walaupun engkau ingin untuk berpaling, seperti firman Allah Ta'ala kepada Nabi Nya:

واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي يريدون وجهه ولا تعد عيناك عنهم تريد زينة الحياة الدنيا ولا تطع من أغفلنا قلبه عن ذكرنا واتبع هواه وكان أمره فرطا  (الكهف ٢٨)

"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Rob nya dipagi dan senja hari dengan mengharaf keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mngharapkan perhiasan kehidupan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan keadaannya itu melewati batas. (Q.S: Al Kahfi: 28.)

Maka bersabarlah, jika dia bersabar maka tholabul ilmy jadi tabi'at baginya dan hari2 yang dia habiskan untuk tholabul ilmy menjafi bermanfaat, dan jika dia menuruti nafsunya maka nafsu itu akan membawa kepada kejelekan dan syaithon mendorong kepada kemalasan dan tidak mau belajar.

إن النفس لأمارة بالسوء إلا ما رحم ربي...

"Sesungguhnya jiwa itu selalu menyuruh kepada kejelekan, kecuali jiwa yang di Rahmati oleh Allah.."
(Q.S Yusuf 53)

Dinukil dari Kitabul Ilmy, Karya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah.

Alih bahasa Tim LilHuda

Telegram Ahkam,tanya jawab

JOIN
http://bit.ly/LilHuda

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Metode yang Dapat Meraih Cita-cita dalam Menuntut Ilmu
Metode yang Dapat Meraih Cita-cita dalam Menuntut Ilmu
Lemahnya angan2 didalam menuntut ilmu syar'i adalah musibah yang besar,
https://1.bp.blogspot.com/-jYP3WXzhT9s/Vw-mwtQ9FGI/AAAAAAAAIS8/CFWbwqHox00M-vmllj0kMDnF4eigSYijgCK4B/s320/semangat-menuntut-ilmu_.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jYP3WXzhT9s/Vw-mwtQ9FGI/AAAAAAAAIS8/CFWbwqHox00M-vmllj0kMDnF4eigSYijgCK4B/s72-c/semangat-menuntut-ilmu_.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/04/metode-yang-dapat-meraih-cita-cita.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/04/metode-yang-dapat-meraih-cita-cita.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy