Keutamaan-keutamaan Berwudhu

SHARE:

Keutamaan-keutamaan Berwudhu diantaranya menyebabkan akan dibukakan pintu Surga yang delapan.

KEUTAMAAN-KEUTAMAAN BERWUDHU


Berwudhu dengan Niat Ikhlas karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Sesuai dengan Tuntunan Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam memiliki Banyak Keutamaan, di antaranya :

1. Keluar Dosa (Kecil) Bersamaan dengan Mengalirnya Air Tetesan Bekas Wudhu pada Anggota Tubuh.

إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ أَوْ الْمُؤْمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنْ الذُّنُوبِ

Jika Seorang Hamba Muslim atau Mukmin Berwudhu kemudian ia Mencuci Wajahnya, keluarlah dari Wajahnya Seluruh Dosa karena Penglihatan Kedua Matanya bersamaan dengan Air atau Akhir Tetesan Air. Jika ia Mencuci Kedua Tangannya, keluarlah dari Kedua Tangannya setiap Dosa yang dilakukan Tangannya bersamaan dengan Air atau Tetesan Air terakhir. Jika ia Mencuci Kedua Tangannya keluarlah Semua Dosa yang dilakukan Langkah Kakinya bersamaan dengan Air atau Tetesan Air terakhir, hingga ia Keluar (dari Berwudhu) dalam Keadaan Bersih dari Dosa. (H.R Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu).

2. Senantiasa Menjaga Wudhu Salah satu Tanda Kesempurnaan Iman.

وَلاَ يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوءِ إِلاَّ مُؤْمِنٌ

Dan tidaklah Menjaga Wudhu kecuali Seorang Mukmin. (H.R Ahmad, Ibnu Majah, dishahihkan Ibnu Hibban dan Al-Albany Rahimahumullah).

3. Menyempurnakan Wudhu di saat Kondisi Menyulitkan Bisa Menghapus Dosa dan Meningkatkan Derajat Seseorang.

أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ فَذَلِكُمْ الرِّبَاطُ

Maukah Kalian Aku Tunjukkan pada Hal-hal yang dengannya Allah Hapus Dosa-dosa dan Mengangkat Derajat. Para Sahabat Berkata : Ya, Wahai Rasulullah. Rasul Bersabda : Menyempurnakan Wudhu pada Saat Kesulitan, Memperbanyak Jalan Menuju Masjid, Menunggu Sholat setelah Sholat. Itu adalah Ar-Ribaath (Bagaikan Berjaga di Perbatasan dalam Perang di Jalan Allah). (H.R Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu).

4. Bekas Air Wudhu pada Anggota Tubuh akan menjadi Tanda yang Bercahaya pada Hari Kiamat sebagai Tanda Umat Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam.

فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تَعْرِفُ مَنْ يَأْتِي بَعْدَكَ مِنْ أُمَّتِكَ قَالَ أَرَأَيْتَ لَوْ كَانَ لِرَجُلٍ خَيْلٌ غُرٌّ مُحَجَّلَةٌ فِي خَيْلٍ دُهْمٍ بُهْمٍ أَلَا يَعْرِفُ خَيْلَهُ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّهُمْ يَأْتُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنْ الْوُضُوءِ

Para Sahabat Bertanya : Wahai Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Bagaimana Engkau Mengetahui Orang yang Datang Setelahmu bahwa Ia adalah Umatmu? Rasul Menyatakan : Bagaimana Pendapatmu Jika Seseorang memiliki Kuda yang Putih pada Bagian Depan Kepala dan Kaki-kakinya berada di Sekumpulan Kuda yang Hitam Legam, Tidakkah Ia Bisa Mengenali Kudanya? Para Sahabat Berkata: Ya, Wahai Rasulullah. Beliau Bersabda : Sesungguhnya Mereka (Umatku) akan Datang pada Hari Kiamat dalam Keadaan Putih (Bersinar) pada bagian Wajah, Tangan dan Kakinya karena Wudhu. (H.R Malik, AnNasaai dari Abu Hurairah Dishahihkan Ibnu Hibban dan Al-Albany).

5. Berwudhu dengan menghirup air dan mengeluarkannya 3 kali setelah bangun tidur bisa mengusir syaithan yang mendekam dalam rongga hidung.

إِذَا اسْتَيْقَظَ أُرَاهُ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَتَوَضَّأَ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلَاثًا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيْشُومِهِ

Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya kemudian berwudhu, hendaknya mengeluarkan air dari hidung sebanyak 3 kali karena syaithan bermalam di rongga hidungnya. (H.R al-Bukhari dari Abu Hurairah).

6. Barangsiapa yang berwudhu secara sempurna kemudian sholat dua rokaat secara khusyu’ maka diampuni dosanya dan baginya surga.

عَنْ حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ دَعَا بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

dari Humran maula Utsman bahwasanya Utsman bin Affan radhiyallahu anhu meminta diambilkan air wudhu kemudian beliau berwudhu mencuci kedua telapak tangannya 3 kali kemudian berkumur-kumur dan (menghirup serta) mengeluarkan air dari hidung kemudian mencuci wajahnya 3 kali kemudian mencuci tangan kanan hingga siku 3 kali kemudian mencuci tangan kiri hingga siku 3 kali seperti itu kemudian mengusap kepala kemudian mencuci (telapak) kaki kanan hingga matakaki 3 kali kemudian mencuci (telapak) kaki kiri seperti itu 3 kali. Kemudian Utsman berkata: Saya melihat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam berwudhu seperti wudhu saya ini kemudian beliau bersabda: Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian bangkit sholat dua rokaat dengan khusyu maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. (H.R al-Bukhari dan Muslim).
 
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ مُقْبِلٌ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلَّا وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

Tidaklah seorang muslim berwudhu kemudian menyempurnakan wudhunya kemudian bangkit melakukan sholat dua rokaat menghadapkan wajah dan hatinya (kepada Allah) kecuali wajib baginya surga. (H.R Muslim dari Uqbah bin Amir).

8. Berwudhu dan membiasakan sholat sunnah setelahnya adalah amalan penduduk surga (Bilal bin Rabah).

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِبِلَالٍ عِنْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ يَا بِلَالُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طَهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi shollallahu alaihi wasallam berkata kepada Bilal pada saat sholat Subuh: Wahai Bilal sampaikan kepadaku amalan yang paling kau harapkan dalam Islam yang kau lakukan karena aku mendengar suara sandalmu di depanku di surga. Bilal berkata : Tidaklah aku melakukan suatu amalan yang paling aku harapkan, (kecuali) saat aku berwudhu pada siang atau malam kecuali aku sholat sesuai dengan yang mampu aku lakukan dengan wudhu itu. (H.R al-Bukhari dan Muslim).

9. Berwudhu secara Sempurna kemudian Berdoa setelahnya: “Asy-hadu an laa ilaaha illallaah wa anna Muhammadan Abdullahi wa Rosuuluh” menyebabkan akan dibukakan pintu Surga yang delapan. (H.R Muslim - telah disebut Haditsnya dalam pembahasan tentang Sunnah dalam Wudhu).

10. Tidur Malam dalam keadaan Suci (setelah Berwudhu) dan Berdzikir sebelumnya memiliki beberapa Keutamaan, di antaranya :

a.  Disertai Malaikat dalam tidurnya.
b.  Didoakan Ampunan oleh para Malaikat.
c.  Jika Bangun dan Berdoa kepada Allah, Doanya Mustajabah.
d.  Jika sebelumnya diiringi dengan Doa khusus dari Nabi, dengan tidur miring pada sisi kanan, kemudian meninggal dalam keadaan itu, maka ia meninggal dalam keadaan Fitrah.

لَيْسَ مِنْ عَبْدِ يَبِيْتُ طَاهِرًا إِلاَّ بَاتَ مَعَهُ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ لاَ يَنْقَلِبُ سَاعَةً مِنَ اللَّيْلِ إِلاَّ قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا 

Tidaklah seorang hamba tidur malam dalam keadaan Suci kecuali akan bermalam pada bajunya satu Malaikat, sehingga tidaklah ia membalikkan tubuhnya di waktu malam kecuali Malaikat itu Berdoa: Ya Allah Ampunilah hambaMu ini karena sesungguhnya ia tidur malam dalam keadaan Suci. (H.R atThobarony dari Ibnu Abbas dinyatakan sanadnya jayyid oleh al-Mundziri, dinyatakan hasan li ghoirihi oleh al-Albany).

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَبِيتُ عَلَى ذِكْرٍ طَاهِرًا فَيَتَعَارُّ مِنَ اللَّيْلِ فَيَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Tidaklah seorang muslim tidur malam dalam keadaan Berdzikir dan Suci kemudian bangun di waktu malam kemudian meminta kepada Allah Kebaikan di Dunia dan Akhirat kecuali Allah berikan kepadanya. (H.R Abu Dawud, anNasaai dari Muadz bin Jabal, dishahihkan al-Albany. Abu Dzhobyah dinyatakan oleh al-Hafidz sebagai maqbuul, namun hal ini perlu dikaji lagi karena Ibnu Ma’in dan al-Mundziri mentsiqohkannya sedangkan tidak ada Ulama lain yang men-jarh dirinya, sebagaimana penjelasan Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad).

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ اللَّهُمَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ فَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَتَكَلَّمُ بِهِ

 Jika engkau mendatangi tempat Tidurmu kemudian Berwudhu sebagaimana wudhu dalam sholat kemudian berbaring pada sisi kanan kemudian Berdoa: Allaahumma aslamtu wajhii ilaik wa fawwadltu amrii ilayk, wa alja’tu dzhohrii ilayk raghbatan wa rahbatan ilaik laa malja-a wa laa manjaa minka illaa ilayk. Allaahumma aamantu bi kitaabikalladzii anzalta wa bi nabiyyikalladzii arsalta. Jika engkau meninggal di malam itu, maka engkau mati dalam keadaan Fitrah. Jadikanlah itu sebagai bacaan terakhir sebelum tidur. (H.R al-Bukhari dan Muslim dari al-Bara’ bin Azib).

Selesai. Alhamdulillahi Robbil Aalamin.

Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
http://telegram.me/alistiqomah


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Keutamaan-keutamaan Berwudhu
Keutamaan-keutamaan Berwudhu
Keutamaan-keutamaan Berwudhu diantaranya menyebabkan akan dibukakan pintu Surga yang delapan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT-PLd5PHOdydJLw02Lf4tH0XtzQhMgCPPyliqXkzb1sWyTthzLdsqq5gozQJF8dUZFuoXM2o2m77YPSOjFHIc9KsOMXSnOqbdhot-RMzIXj9xrtJOsWSNBVzN96_jZIlyxJfBZMGQ7JpI/s400/air-mata-taubat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT-PLd5PHOdydJLw02Lf4tH0XtzQhMgCPPyliqXkzb1sWyTthzLdsqq5gozQJF8dUZFuoXM2o2m77YPSOjFHIc9KsOMXSnOqbdhot-RMzIXj9xrtJOsWSNBVzN96_jZIlyxJfBZMGQ7JpI/s72-c/air-mata-taubat.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/05/keutamaan-keutamaan-berwudhu.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/05/keutamaan-keutamaan-berwudhu.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy