Tak Selamanya Manusia Berada dalam Dosa

YUK SHARE:

Nasehat agar segera bertaubat. Kita pasti bisa berubah. Semangat !

TAK SELAMANYA MANUSIA BERADA DALAM DOSA


Saudara seiman yang dikasihi kerana Allah.

Semoga tulisan ini dapat menjadi bahan renungan bagi kita semua.

Ada suatu pepatah menarik berupa kata mutiara:

“Orang yang terbiasa berada dalam kegelapan, cahaya terang sangat menyilaukan”.

Pepatatah ini sangat bermakna bagi kita. Betapa kita yang dulu pernah rasakan, memang berat meninggalkan kebiasaan yang telah bertahun-tahun dilakukan.

Tak Selamanya Manusia Berada dalam Dosa
Sumber: https://pixabay.com/en/tulips-spring-flowers-blossom-bloom-2048324/


Mindset yang sudah bertahta di benak harus dipaksa berubah, bukanlah hal yang mudah. Kita berempati dengan teman-teman yang masih belum mau meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk berganti dengan kebiasaan yang baik. Memang tak mudah, tapi bukan berarti tak mungkin bisa diubah.

Sebenarnya “kebiasaan” itu adalah hal yang manusiawi. Seringkali kebiasaan itu sulit dimulai dan sulit juga dihentikan. Beruntung bagi yang sudah melakukan kebiasaan baik, niscaya akan sulit baginya dipaksa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk -biidznillah-. Tapi semuanya perlu kesadaran penuh bagi insan yang sering melakukan kebiasaan buruk, hendaknya ia memaksakan diri untuk mengubah diri dengan melakukan kebiasaan baik. Ia perlu banyak merenung dan menimbang-nimbang antara pikiran dan rasa.

Orang yang selalu berbuat maksiat belum tentu bermaksiat selamanya. Asalkan dia ingin berubah menjadi baik, dan selama ada niat dan usaha untuk mewujudkannya, insya Allah ada jalan.

Ada sebuah kisah menarik yang perlu menjadi inspirasi bagi kita.

Engkau tahu atau kenal Syaikh Fudail bin Iyadh? Bagi yang sudah tahu, beliau adalah salah satu guru Imam asy-Syafi'i. Tahukah kita akan masa lalunya? Nah, inilah seklumit kisah beliau:

Fudhail bin Iyadh, tatkala masih di zaman keburukan/jahatnya, bermaksud mengganggu seorang wanita jelita. Ketika sedang memanjat tembok rumah wanita itu, tiba-tiba terdengar olehnya dari jendela rumah alunan merdu bacaan al-Quran yang artinya:

“Belumlah datang waktunya bagi orang-orang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kebenaran yang telah turun (kepada mereka).” (QS al-Hadiid [57]: 16)

Ayat tersebut menyentak sanubari Fudhail bin Iyadh, membuatnya terdiam di atas tembok. Tiba-tiba Fudhail Bin Iyadh merasa persendiannya lumpuh. Lalu dengan tubuh gemetar dia menghiba,

 “Ya Rabb, telah tiba waktuku. Telah tiba waktuku.”

Dia pun turun dari tembok dan berjalan pulang dengan hati bertaubat setulus-tulusnya.

Kerana hari telah kemalaman di perjalanan, Fudhail Bin Iyadh beristirahat di sebuah rumah kosong yang ditemuinya. Namun ternyata, di dalam rumah tua itu ada serombongan musafir yang kelihatannya juga sedang beristirahat. Kemudian salah seorang barkata:  “Ayo kita berangkat teruskan perjalanan sekarang juga,”

Dari luar bilik, Fudhail mendengar seorang dari mereka berkata demikian. Yang lainnya menjawab,

“Jangan, lebih baik tunggu sampai pagi. Sebab, pada malam-malam seperti inilah biasanya si Fudhail menjalankan aksinya.”

Mendengar percakapan mereka itu, Fudhail menampakkan dirinya sambil berkata, “Akulah Fudhail. Tapi jangan takut, sekarang aku telah bertaubat dan tidak akan menyamun (merampok) lagi.”

Subhanallah. Tak ada yang mustahil. Siapa pun boleh menjadi baik. Ahli maksiat sekalipun bisa berubah jadi baik, bahkan jadi ulama'.

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali menyaksikan satu persatu kawan kita menjadi baik.

Teman sepermainan atau teman seperjuangan kita yang lama tak berjumpa, ketika bertemu sudah berubah penampilannya dan juga sikapnya. Berubah pula akhlaknya. Dia menemukan kebenaran Islam di tempat lain. Tidak mustahil bukan?

Ya, ini menunjukkan bahwa tak selamanya manusia itu berada dalam maksiat. Tak selamanya terus berbuat dosa. Pasti ada saatnya untuk berubah dan berbuat baik. Asalkan ada kemauan dan tekad untuk berubah.

Memang cukup berat meninggalkan maksiat, tapi bukan berarti harus menyerah, apalagi berpegang pada falsafah melayu “alang-alang mandi biar basah”. Tidak. Kesadaran untuk berubah jauh lebih baik dengan berusaha mengalahkan hawa nafsu yang mengantarkan diri untuk berbuat maksiat. Insya Allah. Percayalah sahabat-sahabat ku. Ayo, segera berubah, Sahabat!

Moga tulisan kesah nasihat ini dapat diambil manfaatnya oleh saudara-saudara ku dalam usaha kita memperbaiki diri demi keridhaan Allah, Pencipta kita.
Waallalhu’alam.

Jazakumullah Khairan, Barakallahu fikum.

Admin Group:
“INGIN KENAL SUNNAH” & “BELAJAR SUNNAH”

Group WA & Telegram  :
@InginKenalSunnah
Klik "JOIN" https://goo.gl/Op9xa4

Diedit seperlunya untuk menyesuaikan dengan Bahasa Indonesia oleh Happy Islam

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,102,Kontemporer,104,Manhaj,103,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,88,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Tak Selamanya Manusia Berada dalam Dosa
Tak Selamanya Manusia Berada dalam Dosa
Nasehat agar segera bertaubat. Kita pasti bisa berubah. Semangat !
https://3.bp.blogspot.com/--uIbhz7BAoM/WK0NZz0WnVI/AAAAAAAAAyo/Ni7btaXHs_or_YDCaty2YibvvrShTyuQACLcB/s1600/tulips_2048324_640.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--uIbhz7BAoM/WK0NZz0WnVI/AAAAAAAAAyo/Ni7btaXHs_or_YDCaty2YibvvrShTyuQACLcB/s72-c/tulips_2048324_640.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2017/02/tak-selamanya-manusia-berada-dalam-dosa.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2017/02/tak-selamanya-manusia-berada-dalam-dosa.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy