Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak

YUK SHARE:

Salaf: "Doa ibu untuk kejelekan anaknya adalah doa yang terkabul, walau sang ibu adalah wanita yang zhalim" (al-Fath 6/388)

Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak

Pertanyaan : 

Dulu saya memiliki seorang anak yang berusia 3 tahun,dia tumbuh sebagaimana anak-anak yang lain,senang melakukan kesia-siaan dan keributan. Pada suatu hari diwaktu dzuhur ia meminta makanan ke ibunya,kemudian ibunya pun memberinya makan sampai kenyang,lalu ibunya meninggalkan roti dihadapannya karena ia suka.

Kemudian si ibu pergi mengerjakan pekerjaan rumahnya,dan kira-kira satu jam kemudian,si ibu kembali dan mendapati anaknya tersebut telah menghamburkan roti di lantai dan ambal,ia pun marah dan berdoa jelek untuk anaknya,seraya mengatakan  "semoga Allah mematikan kamu dan semoga kamu tidak makan selainnya." Lalu si anak pun lari ke rumah neneknya dan si ibu membersihkan tempat tersebut kemudian kembali mengerjakan pekerjaannya.

Dan ternyata beberapa saat kemudian si anak meninggal -semoga Allah merahmatinya-. Dan sekarang ini -wahai syaikh abdul aziz- jiwa ibunya lelah dan sakit,dan selalu dihantui rasa bersalah atas apa yang telah terjadi,dan ia ingin agar engkau memberinya fatwa atas apa yang telah ia ucapkan berupa doa jelek yang ia tujukan untuk anaknya,yang ternyata terjadi. Berilah kami faedah semoga Allah merahmati anda.

Jawaban :

Sepantasnya mendoakan anak-anak agar mereka diberi hidayah,dan memintakan kebaikan untuk mereka. Tidak diperbolehkan untuk berdoa kejelekan atas mereka. Disebutkan dalam hadits Jabir bin Abdillah -radhiyallahu 'anhuma- Rasulullah -shalallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

 «لا تدعوا على أنفسكم، ولا تدعوا على أولادكم، ولا تدعوا على خدمكم، ولا تدعوا على أموالكم؛ لا توافقوا من الله عز وجل ساعة نيل فيها عطاء فيستجيب لكم»

"janganlah kalian berdoa kejelekan untuk diri-diri kalian,jangan pula berdoa kejelakan untuk anak-anak kalian,tidak pula untuk pelayan-pelayan kalian,tidak pula untuk harta benda kalian,jangan sampai bertepatan dengan waktu yang mana Allah mengabulkan segala permintaan,sehingga Allah mengabulkan doa kalian." (HR.Abu Dawud)

Wajib bagi wanita ini untuk memperbanyak istighfar,jangan mengulangi perbuatan itu lagi,dan tidak ada kafarah atasnya. Wabillahit taufiq

و صلى الله على نبينا محمد و آله و سلم

Fatwa lajnah daaimah lil buhutsil ilmiyyah wal iftaa no.7420
Ketua : Abdul Aziz bin Baaz
Wakil : Abdurrazaq Afifi
Anggota : Abdullah Ghudyan

Dikutip dari : @knoozatharia
@wanitadankeluarga
@rumahbelajar

Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak
flower-white-pretty-macro By Pixabay

IBU MENDOAKAN KEJELEKAN ANAKNYA

Sebagian Ulama Salaf berkata:

"Doa ibu untuk kejelekan anaknya adalah doa yang terkabul, walau sang ibu adalah wanita yang zhalim" (al-Fath 6/388)

Samahatu asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah ditanya:

"Doa ibu untuk keburukan anak-anaknya yang masih kecil. Terkadang saya melakukannya kepada anak-anak saya karena keributan mereka di rumah. Apakah doa ibu yang jelek untuk mereka terkabul, walaupun aku mengetahui dan segera menyesal setelah melakukannya?"

JAWABAN:

"Sangat dikhawatirkan *terkabul*. Maka harus diwaspadai. Seharusnya tidak mendoakan mereka kecuali dengan kebaikan.

Maka waspadalah kamu (wahai para ibu, pen) dari doa kejelekan untuk anak-anakmu. Tahanlah amarahmu!
Hawa nafsu harus dilawan, sehingga engkau bisa mendoakan kebaikan, *BUKAN KEBURUKAN*. Berilah kabar gembira dengan kebaikan, harus (ditangani, pen) dengan kesabaran, menahan amarah, sehingga doa (yang keluar dari lisanmu, pen) adalah doa yang baik, bukan doa keburukan"_

[http://www.binbaz.org.sa/noor/596]

Majmu'ah Manhajul Anbiya
Join Telegram https://tlgrm.me/ManhajulAnbiya
Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

KETIKA ENGKAU MARAH KEPADA PUTRA PUTRIMU

al-'Allamah Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah,

"Tatkala anak-anakmu atau keluargamu membuat marah, biasakanlah lisanmu untuk mendo'akan mereka dengan kebaikan.

Sebagian orang mengatakan (ketika dia marah, pen) : 'Semoga Allah menghukummu!', 'Semoga Allah menghancurkanmu!', 'Semoga Allah hitamkan wajahmu!' atau ucapan 'Semoga Allah tidak memberikan taufiq di dunia dan di akhirat!' Ini adalah HARAM.

Namun BERSABARLAH...
Kendalikanlah dirimu ...
Doakan kebaikan untuk keluargamu."

Fatawa "Liqa al-Bab al-Maftuh" (187)

✅ قال الإمام ابن عثيمين - رحمه الله - :

« عود لسانك إذا أغضبك أولادك أو أهلك أن تدعو لهم بالخير؛ بعض الناس يقول : الله يأخذك، الله يدمرك، الله يسود وجهك، الله لا يوفقك لا في الدنيا ولا في الآخرة !!؛ وهذا حرام؛ اصبر، وطن نفسك، وادع لأهلك بالخير»

📚 [«فتاوى لقاء الباب المفتوح» (187)]

•••••••••••••••••••••
Majmu'ah Manhajul Anbiya
Join Telegram https://tlgrm.me/ManhajulAnbiya
Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,101,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,24,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak
Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak
Salaf: "Doa ibu untuk kejelekan anaknya adalah doa yang terkabul, walau sang ibu adalah wanita yang zhalim" (al-Fath 6/388)
https://1.bp.blogspot.com/-c-vuPg6qskE/WWgH83K_bpI/AAAAAAAAL0Y/CYDoWH53LKEOYZ89kkH_SY5owQKU_iKTACK4BGAYYCw/s1600/flowers-bunga.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c-vuPg6qskE/WWgH83K_bpI/AAAAAAAAL0Y/CYDoWH53LKEOYZ89kkH_SY5owQKU_iKTACK4BGAYYCw/s72-c/flowers-bunga.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2017/07/kisah-pilu-akibat-berdoa-jelek-untuk-anak.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2017/07/kisah-pilu-akibat-berdoa-jelek-untuk-anak.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy