Biografi Syu’bah bin Al Hajjaj, Imamnya Para Imam

SHARE:

Tentang Syu’bah bin Al Hajjaaj bin Al Ward Al Azdiy Al Wasithiy Al Bashriy rahimahullah (Abu Bistham) Amirul Mukminin fil Hadits

IMAMNYA Para Imam

Beliau adalah Syu’bah bin Al Hajjaaj bin Al Ward Al Azdiy Al Wasithiy Al Bashriy rahimahullah. Kunyah beliau adalah Abu Bistham. Sebagian ada yang memanggil beliau dengan sebutan Abu Said. Beliau adalah seorang ulama hadis dari Bashrah, Irak. Sebagian ulama ada yang menyatakan bahwa beliau terlahir di 80 Hijriyah pada masa pemerintahan Abdul Malik bin Marwan.

Beliau meriwayatkan hadis dari beberapa orang, di antaranya: Ayyub As Sikhtiyaaniy dan Abu Ishaq. Masih banyak ulama lain yang beliau ambil riwayat hadisnya. Bahkan, Al Imam Al Mizziy menyebutkan daftar guru-guru beliau itu dalam 7 halaman. Sedangkan ulama yang mengambil riwayat hadis dari beliau di antaranya: Waki’ bin Al-Jarrah, Abdullah bin Al Mubarak, dan Abdurrahman bin Mahdi.

Beliau tidak hanya dikenal sebagai ahlul hadis, namun juga ahli ibadah. Abu Qathn rahimahullah berkata, “Tidaklah aku melihat Syu’bah melakukan rukuk (dalam salat sunnah, pent) kecuali aku menyangka bahwa beliau telah lupa (karena saking lamanya), dan tidaklah beliau duduk di antara 2 sujud kecuali aku menyangka bahwa beliau telah lupa (karena saking lamanya).” [Riwayat Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliyaa’].

Abu Bakr Al Bakraawiy rahimahullah menyatakan, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih (kuat) beribadah dibandingkan Syu’bah. Beliau (banyak) beribadah kepada Alah hingga mengering kulit yang membungkus tulangnya. Hingga tidak ada daging (pada kulitnya).” [Riwayat Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliyaa’].

Abu Dawud Ath Thayaalisiy rahimahullah menyatakan, “Kami pernah berada di sisi Syu’bah. Tiba-tiba datang Sulaiman bin Al Mughirah menangis. Syu’bah bertanya, ‘Apa yang menyebabkan engkau menangis?’ Sulaiman berkata, ‘Wahai Abu Said, keledaiku mati. Telah lewat dariku (waktu) Jumat, dan telah pergi kebutuhan-kebutuhanku.’ Syu’bah berkata, ‘Engkau dulu membelinya seharga berapa?’ Sulaiman berkata, ‘3 dinar.’ Syu’bah berkata, ‘Aku punya 3 dinar. Demi Allah, aku tidak punya yang lain.’ Syu’bah berkata, “Wahai anak, bawakan ke sini kantong itu.’ Ternyata di dalamnya terdapat 3 dinar, kemudian diberikan pada Sulaiman. Syu’bah berkata, ‘Belilah keledai dengan ini, janganlah menangis lagi.’” [Riwayat Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliyaa’].

Keteladanan dalam qona’ah dan zuhud juga ada pada beliau. Syu’bah pernah berkata, “Jika aku punya tepung dan usus (itu sudah cukup bagiku, pent). Aku tidak peduli dengan hal-hal yang terluput dariku berupa urusan duniawi.” [Riwayat Adz Dzahabiy dalam Siyaar A’laamin Nubalaa’].

Abu Abdillah Al Hakim rahimahullah menyatakan, “Syu’bah adalah Imamnya para Imam di Bashrah dalam pengenalan terhadap hadis. Beliau pernah melihat Anas bin Malik dan Amr bin Salamah Al-Jarmiy. Beliau mendengar (ilmu) dari 400 guru dari kalangan Tabi’in.” [Siyaar A’laamin Nubalaa’].

Al Imam Asy Syafi’i rahimahullah menyatakan, “Kalau tidak karena Syu’bah, niscaya ilmu hadis tidak dikenal di Irak.” [Siyaar A’laamin Nubalaa].

Abu Dawud At Thayaalisiy rahimahullah berkata, “Aku mendengar 7000 riwayat (baik hadis maupun atsar atau ucapan ulama setelah sahabat, pent) dari Syu’bah.” [Siyaar A’laamin Nubalaa’].

Sufyan Ats Tsauriy rahimahullah berkata, “Syu’bah adalah Amirul Mukminin dalam hadis.” [Siyaar A’laamin Nubalaa’].

Syu’bah bin Al Hajjaj rahimahullah dikenal sebagai seorang yang tegas dan sangat keras dalam menyikapi para perawi hadis yang menyimpang atau lemah. Beliau melakukan perjalanan melintasi berbagai negeri untuk memastikan keadaan perawi hadis. Meski itu hanya untuk memastikan keshahihan satu hadis saja, beliau menempuh perjalanan panjang tersebut.

Beliau meneliti suatu hadis dan mendatangi satu persatu perawi yang disebutkan dalam sanad hadis itu. Beliau mengunjungi Abdullah bin Atha’ di Makkah. Di sana, Abdullah bin Atha’ menyatakan bahwa ia mendengar hadis itu dari Sa’ad bin Ibrahim. Beliaupun beranjak pergi menuju tempat Sa’ad bin Ibrahim yang berada di Madinah. Ternyata, sampai di Madinah, Sa’ad bin Ibrahim menjelaskan bahwa hadis itu ia dengar dari perawi yang tempat tinggalnya ada di dekat kediaman Syu’bah, di Bashrah (Irak), yaitu Ziyaad bin Mikhraaq. Syu’bah pun kembali pulang ke Bashrah. Ketika menemui Ziyaad bin Mikhraaq, dikatakan kepada beliau bahwa hadis itu didengar dari Syahr bin Hawsyab, seorang perawi hadis yang memiliki unsur kelemahan. Syu’bah kemudian menyatakan, “Kalau seandainya hadis ini shahih, itu lebih aku cintai dibandingkan keluargaku, hartaku, dan manusia seluruhnya.” (kisah ini disebutkan Al Baihaqiy dalam Al Qira’ah Khalfal Imaam, Al Khathib Al Baghdaadiy dalam Ar Rihlah fii Thalabil Hadiits, Ibnu ‘Adi dalam Al Kaamil).

Syu’bah bin Al Hajjaj rahimahullah meninggal di tahun 160 Hijriyah.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 46 vol. 04 2017 rubrik Biografi. Pemateri: Al Ustadz Abu Utsman Kharisman. | http://ismailibnuisa.blogspot.co.id/2017/02/imamnya-para-imam.html

Biografi Syu’bah bin Al Hajjaaj, Imamnya Para Imam
Al Quran | Sumber: Pixabay

ILMUWAN SEJATI

Gelar Amirul Mukminin (pemimpin kaum mukminin) dalam bidang hadis melekat pada dirinya. Ya, ulama yang satu ini memang sangat identik dengan predikatnya sebagai Amirul Mukminin fil hadis di masanya. Predikat ini tidaklah disematkan oleh awam kaum muslimin, namun ulama lah yang menyandangkannya kepada beliau. Ulama yang semasanya tidak meragukan bagaimana kepakarannya dalam ilmu hadis. Dialah Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Ward Al Azdi Al ‘Ataki Abul Bistham Al Azdi rahimahullah. Beliau lahir pada tahun 80 H pada masa pemerintahan Abdul Malik bin Marwan. Sejatinya beliau berasal dari Wasith, sebuah kota tua di Irak yang berada di antara Baghdad dan Bashrah di sisi barat Sungai Tigris. Kemudian hijrah dan menetap di kota Bashrah. Syu’bah mempunyai dua saudara laki-laki yang bernama Basyar dan Hammad. Namun keduanya bergelut di selain ilmu hadis dan tidak setenar Syu’bah.

PERKEMBANGAN ILMIYAHNYA

Semenjak kecil Syu’bah telah menetap di Basrah dan bertemu sekian ulama di kota tersebut. Semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu agama memang menjadi salah satu modalnya yang sangat berharga. Di samping itu Allah anugerahkan kepada beliau tingkat intelektual yang tinggi dan hafalan nan kokoh.

Saat itu Bashrah menjadi salah satu pusat pembelajaran ilmu agama dan hadis. Iklim ilmiyah di kota itu memang sangat mendukung untuk belajar ilmu agama. Bagaimana tidak, di kota itulah tinggal nama-nama besar semisal Al Hasan Al Bashri dan yang lainnya. Maka dari para ulama itulah, Syu’bah mulai menggeluti ilmu hadis secara langsung di hadapan mereka.

Memang beliau dilahirkan di Wasith namun perkembangan ilmiyah berkembang pesat setelah beliau pindah ke Bashrah. Di antara gurunya adalah Anas bin Sirin, Sa’id bin Abi Sa’id Al Maqburi, Qatadah bin Di’amah, Amr bin Dinar, Yahya bin Abi Katsir, Ayyub As Sikhtiyani, Manshur Al Mu’tamir, dan masih banyak yang lainnya. Satu referensi menyebutkan bahwa guru beliau mencapai empat ratus sekian ulama. Dan ada tiga ratus sekian guru yang beliau sebutkan namanya.

PERJUANGANNYA DAN PUJIAN ULAMA

Kegigihan Syu’bah rahimahullah dalam menimba ilmu agama patut dicontoh para pencari ilmu agama. Lihat bagaimana beliau mengeluarkan segala potensi yang dimiliki. Harta dunia yang beliau miliki dikerahkan demi meraih ilmu agama. Memang beliau bukan dari kalangan orang berharta namun bagi beliau kesulitan ekonomi bukanlah penghalang belajar. Beliau pernah menjual bejana warisan ibunya seharga tujuh dinar untuk biaya menuntut ilmu agama. Beliau pun rela menjual penyangga dan tiang rumahnya untuk kebutuhan belajar ilmu agama.

Pengorbanan waktu dan tenaga pun tidak kurang-kurangnya beliau lakukan demi meraih ilmu agama. Pernah beliau tinggal di tempat Al Hakam bin Al Utaibah dan bermajelis dengannya selama 18 bulan. Paska perjuangan dan pengorbanannya belajar ilmu agama, beliau akhirnya diakui sebagai imam ahli hadis yang sangat kokoh hafalannya.

Berbagai pujian dan rekomendasi terucapkan dari para ulama, bahkan guru-gurunya sekalipun. Satu hal yang wajar memang karena beliau mampu menguasai dan menghafal ribuan hadis. Dengan didukung pengetahuan yang luas dan kecerdasan yang tajam. Ulama sekaliber Imam Malik rahimahullah sekalipun meriwayatkan dari Syu’bah rahimahullah. Padahal yang demikian ini sangat jarang dilakukan oleh Imam Malik. Bahkan beberapa guru Syu’bah juga meriwayatkan darinya seperti Manshur, Al A’masy, Ayub As Sikhtiyani, Sa’d bin Ibrahim, beliau adalah seorang qadhi (hakim) di Madinah, dan selainnya. Ini semua menunjukkan kemuliaan Syu’bah dalam pandangan ulama-ulama besar. Sufyan Ats Tsauri termasuk ulama yang sangat segan dan memuliakan Syu’bah, Sufyan pun menegaskan, “Syu’bah adalah Amirul Mukminin dalam bidang hadis.” Asy Syafi’i pun tak ketinggalan memberikan sanjungannya kepada Syu’bah, “Kalau bukan karena Syu’bah, niscaya penduduk Irak tidak akan mengenal hadis.”

IBADAHNYA

Boleh saja sebagian orang menyangka bahwa kesibukan seseorang dengan ilmu hadis akan melemahkan atau mengurangi frekuensi ibadahnya. Akan tetapi tidak demikian halnya dengan Syu’bah, beliau justru sangat kuat dan tekun beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan sekilas orang akan menyangka bahwa beliau hanyalah seorang ahli ibadah bukan pakar hadis. Satu hal yang mengagumkan pada dirinya adalah ketika melakukan ibadah salat. Begitu panjang dan lama Syu’bah melakukan rukuk atau duduk di antara dua sujud. Sampai-sampai orang yang melihatnya menyangka bahwa beliau telah lupa.

Simak pula penuturan Abu Bahr Al Bakrawi berikut ini, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih kuat ibadahnya kepada Allah daripada Syu’bah. Sungguh dia beribadah kepada Allah sampai kulitnya kering kerontang dan menghitam.” Beliau disebut-sebut melazimi puasa dahr (sepanjang tahun) karena begitu seringnya beliau berpuasa. Inilah sebabnya mengapa kulit beliau mengering dan tubuhnya kurus kerontang. Tidak lain karena malamnya untuk salat malam dan paginya berpuasa. Belum lagi ibadah lain dan aktivitas keseharian beliau yang tentunya cukup melelahkan. Abdussalam bin Muthahhar menyatakan, “Aku belum pernah melihat seseorang yang lebih fokus dalam beribadah kepada Allah daripada Syu’bah.”

AKIDAHNYA

Semenjak kecil Syu’bah terdidik dalam komunitas ulama salaf penerus warisan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga Syu’bah mengikuti pendahulunya dalam berakidah dan bermanhaj. Kegigihannya dalam menebarkan Al Haq dan menumpas kebatilan tidak diragukan lagi. Terkait dengan hal ini, Waki’ bin Jarah mengatakan, “Sungguh aku berharap Allah subhanahu wa ta’ala mengangkat kedudukan Syu’bah di surga beberapa derajat karena pembelaannya terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Kisah ini juga menjadi bukti upaya Syu’bah rahimahullah dalam membela kebenaran, Sulaiman bin Harb berkisah, “Pada suatu hari Syu’bah menyampaikan hadis Ash Shadiq wal Mashduq (hadisnya Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu tentang tahapan penciptaan manusia di rahim ibunya) dan hadis-hadis semisalnya. Tiba-tiba bangkitlah seorang lelaki pengikut aliran Qadariyah (pengingkar takdir) seraya menyatakan, ‘Wahai Abi Bistham! Tidakkah engkau menyampaikan hadis lain kepada kami?’[1] Maka Syu’bah membawakan hadisnya Abu Shalih dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak terlahir di atas fitrah (Islam), maka kedua orang tuanya lah yang membuatnya menjadi seorang Nasrani, Yahudi, atau Majusi.” Maka laki-laki itu terdiam dan tidak melontarkan sepatah katapun.[2] Hadis ini secara tidak langsung memberikan celaan terhadap pengikut aliran Qadariyah tersebut. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadisnya yang artinya, “Qadariyah adalah Majusinya umat ini.”

FIGUR ULAMA YANG SANGAT DERMAWAN

Satu lagi yang membuat ulama yang satu ini semakin terangkat wibawanya di hadapan kaum muslimin. Ya, apalagi kalau bukan pribadinya yang sangat gemar bederma kepada orang lain. Luar biasa memang, kesederhanaan beliau dan bahkan kesulitan ekonominya tidaklah memadamkan antusiasnya untuk bersedekah. Sementara keumuman manusia terhambat untuk bersedekah karena kesulitan ekonomi yang menghimpitnya. Tercatat dalam biografinya, Syu’bah tidak hanya sering memotivasi orang lain agar bersedekah. Namun lebih dari itu, beliau juga langsung mengaplikasikannya dalam keseharian. Beliau mengetahui betapa sedekah dan infak adalah amalan yang mulia di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Qurad Abu Nuh berkisah, “Syu’bah pernah melihatku memakai sebuah baju. Maka beliau bertanya, “Berapa harga baju ini?” Aku pun menjawab, “Delapan dirham.” Maka Syu’bah berkata kepadaku, “Celaka kamu! Tidakkah engkau bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala?! Mengapa engkau tidak membeli baju seharga 4 dirham saja dan sisanya yang 4 dirham disedekahkan. Itu lebih baik bagimu.”

Kemurahannya dalam bederma telah ditegaskan oleh Yahya Al Qahthan, ia mengatakan, “Syu’bah termasuk orang yang sangat lembut kalbunya. Ia selalu memberi orang yang meminta selama mampu melakukannya.” Bahkan sekalipun ketika Syu’bah berada di sebuah majelis dan menyampaikan hadis kepada murid-muridnya. Pernah suatu saat datang seseorang menyampaikan hajatnya di majelisnya Syu’bah. Maka beliau pun tidaklah melanjutkan pelajarannya hingga memberikan sedekah kepadanya atau memenuhi kebutuhannya.”

Begitulah Syu’bah sangat gemar bersedekah padahal beliau sendiri bukanlah orang yang kaya. Abu Dawud Ath Thayalisi berkata, “Kami pernah bersama Syu’bah, tiba-tiba datanglah Sulaiman bin Al Mughirah dalam keadaan menangis sambil berkata, ‘Keledaiku mati. Sehingga hilanglah kesempatan salat Jum’at dan berbagai keperluanku terbengkalai.’ Syu’bah bertanya kepadanya, “Berapa harga keledai itu?” “Tiga dinar.” Jawab Sulaiman. Maka Syu’bah berkata, “Kebetulan aku punya tiga dinar dan demi Allah aku tidak punya lebih dari itu.” Kemudian Syu’bah memberikan uang tersebut kepada Sulaiman.

Sebagai ulama Rabbani, Syu’bah rahimahullah tiada hentinya memotivasi para muridnya untuk bersedekah. Beliau sempat marah kepada sebagian murid-muridnya yang enggan bersedekah. Simak penuturan Abu Dawud dalam kisah berikut, “Saat itu kami sedang berada di hadapan Syu’bah untuk menulis hadis-hadis yang beliau sampaikan. Tiba-tiba datanglah seorang peminta-minta, maka Syu’bah pun berkata, “Bersedekahlah kalian untuk pengemis itu sungguh aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Jagalah diri kalian dari siksa neraka meskipun bersedekah dengan setengah butir kurma.” Namun tidak seorang pun di antara muridnya yang bersedekah. Beliau terus menghasung mereka dengan membawakan hadis tersebut sebanyak tiga kali. Namun tetap tidak ada yang mau bersedekah. Akhirnya beliau mengatakan, “Pergi kalian dariku! Demi Allah aku tidak akan mengajarkan hadis kepada kalian selama tiga bulan.” Setelah itu Syu’bah masuk ke dalam rumahnya lalu mengambil adonan tepung lantas memberikannya kepada pengemis itu sambil berkata, “Ambillah makanan ini, sungguh ini adalah makanan kami hari ini.”

Di akhir hayatnya Syu’bah memilih untuk tinggal dan fokus menjalani aktivitasnya di Kota Bashrah. Sehingga di kota itulah beliau meninggal pada bulan Rajab tahun 160 H. Semoga Allah ‘azza wa jalla melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya kepada beliau rahimahullah.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 53 vol.05 1439 H rubrik Biografi. Pemateri: Al Ustadz Abu Hafiy Abdullah. | http://ismailibnuisa.blogspot.co.id/2017/10/ilmuwan-sejati.html
_____________
[1] Karena dalam hadis tersebut disebutkan tentang penciptaan manusia dan penetapan takdirnya pada usia 4 bulan di dalam perut ibunya. Sementara sekte Qadariyah menolak adanya takdir Allah. Sehingga mereka mengingkari hadis tersebut.
[2] Sekte Qadariyah menolak hadis yang tidak diriwayatkan secara mutawatir (banyak jalannya). Padahal maksud mereka hanyalah menolak hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun, apabila hadis tersebut tampak mendukung pendapat mereka (walaupun menurut pemahaman mereka yang salah), maka hadis selain mutawatir pun akan mereka terima. Seperti hadis ini.

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Biografi Syu’bah bin Al Hajjaj, Imamnya Para Imam
Biografi Syu’bah bin Al Hajjaj, Imamnya Para Imam
Tentang Syu’bah bin Al Hajjaaj bin Al Ward Al Azdiy Al Wasithiy Al Bashriy rahimahullah (Abu Bistham) Amirul Mukminin fil Hadits
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgK4x9u8DRIiovCe505PJQ-GQE_4WEPGtzLVW5T6IkWUOT7ajR1WXLAJrOyjsZ5KVKrvzbdxGlCMuXCnvmPVKGuEW6GKqeSuAoeWT10u3y-f5tKmxnP_No3Ro5lEYnGJY94aVNfR7cB0BSz/s1600/quran-al-fatihah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgK4x9u8DRIiovCe505PJQ-GQE_4WEPGtzLVW5T6IkWUOT7ajR1WXLAJrOyjsZ5KVKrvzbdxGlCMuXCnvmPVKGuEW6GKqeSuAoeWT10u3y-f5tKmxnP_No3Ro5lEYnGJY94aVNfR7cB0BSz/s72-c/quran-al-fatihah.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2017/10/biografi-syubah-bin-al-hajjaaj-imamnya-para-imam.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2017/10/biografi-syubah-bin-al-hajjaaj-imamnya-para-imam.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy