Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dari 11 Rakaat, Termasuk Bid'ah?

SHARE:

Hukum Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dan membaginya menjadi dua waktu, setelah isya dan akhir malam.

HUKUM SHALAT TAHAJJUD DENGAN BERJAMA'AH (DI BULAN RAMADHAN

Fatwa al-Lajnah ad-Daimah nomor 19854


Pertanyaan:

Kami melaksanakan shalat pada dua puluh hari pertama dari bulan Ramadhan sebelas raka'at. Apabila telah masuk sepuluh hari terakhir, kami shalat sepuluh raka'at di awal malam dan sepuluh raka'at di akhir malam. Kami melakukan witir tiga raka'at. Maka total shalat kami pada sepuluh hari terakhir (sebanyak) dua puluh tiga raka'at.

Kemudian salah satu penuntut ilmu menyatakan bahwa perbuatan ini- yaitu pembagian antara dua puluh hari pertama dan sepuluh hari akhir-adalah PEMBAGIAN yang BID'AH. Dan bahwa secara asal adalah hendaknya sama bilangan (raka'atnya ) sebulan penuh.


Dia juga berkata:" Jika engkau shalat sebelas raka'at pada awal bulan Ramadhan, maka shalatlah semisal itu di akhirnya. Jika engkau ingin shalat dua puluh tiga raka'at  pada akhir (bulan), maka shalatlah dua puluh tiga raka'at pada awal (bulan).

Dia juga berkata:" Dan termasuk bid'ah juga pembagian kalian antara shalat awal malam dan di akhir malam pada sepuluh malam itu sendiri. Kalian meringankan (shalat) pada sepuluh malam awal dan memanjangkannya pada sepuluh yang akhir, lalu kalian namakan shalat itu sebagai tarawih."

Kami menginginkan dari Yang Mulia penjelasan (tentang hal ini). Semoga Allah menjadikan ilmu antum bermanfaat dan meninggikan kedudukan antum.

Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dari 11 Rakaat, Termasuk Bid'ah?
Shalat tarawih dengan 23 rakaat dan membaginya menjadi dua waktu
Jawaban:

Shalat tarawih di bulan Ramadhan adalah sunnah muakkadah. Hal itu dilakukan oleh Nabi ﷺ dan para shahabat beberapa malam, kemudian beliau terlambat mendatangi mereka (tidak shalat tarawih-pent) karena kuatir hal itu diwajibkan bagi mereka.

Hal itu juga dilakukan oleh para shahabatnya di masa beliau (hidup) dan setelah beliau ﷺ wafat. Dan amalan ini terus berlangsung sampai hari ini.

Adapun bilangan raka'atnya, tidak tsabit tentangnya batasan yang spesifik. Para ulama berbeda pendapat tentangnya.

  1. Diantara mereka ada yang berpendapat dua puluh tiga raka'at.
  2. Ada pula yang berpendapat tiga puluh enam raka'at.
  3. Diantara mereka ada yang berpendapat lebih dari itu, ada pula yang berpendapat lebih sedikit lagi.

Para shahabat melaksanakan shalat itu di masa 'Umar dua puluh tiga raka'at di Masjid Nabi ﷺ. Adapun Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, beliau dahulu tidak menambah di bulan Ramadhan dan tidak pula di bulan selainnya lebih dari 11 atau 13 raka'at.

Dan beliau tidak membatasi untuk manusia bilangan khusus pada shalat tarawih dan shalat malam. Bahkan beliau dulu memotivasi untuk melaksanakan shalat malam dan shalat tarawih secara dzatnya (tanpa membatasi dengan bilangan). Beliau shallallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : "Siapa yang menegakkan (shalat) Ramadhan dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(1) Beliau tidak membatasi jumlah raka'at. Hal ini berbeda-beda berdasarkan perbedaan sifat shalat tersebut.

Siapa yang memanjangkan shalatnya, maka dia (hendaknya) menyedikitkan bilangan raka'atnya sebagaimana Nabi shalallahu 'alaihi wasallam melakukannya.

Dan siapa yang meringankan shalatnya dalam rangka berlemah lembut pada manusia, maka hendaklah dia memperbanyak bilangan raka'atnya sebagaimana para shahabat melakukannya di masa 'Umar.

TIDAK MENGAPA MENAMBAH jumlah raka'at di sepuluh akhir dari jumlah yang dilakukan di  dua puluh hari awal. Dan hendaklah dia membaginya menjadi dua bagian:

Satu bagian dia shalat di awal malam dan meringankannya karena itu adalah tarawih sebagaimana di dua puluh hari awal

Satu bagian lagi dia shalat di akhir malam dan dia memanjangkannya karena itu adalah tahajjud.

Sungguh dahulu Rasulullah shallallaahu 'alayhi wa sallam bersungguh-sungguh di sepuluh akhir yang beliau tidak bersungguh-sungguh di selainnya. Beliau jika masuk sepuluh hari terakhir: menyingsingkan lengannya, mengikat sarungnya, membangunkan keluarganya dalam rangka mencari lailatul qadar.

Maka orang yang berkata tidak perlu menambah (shalat) di akhir bulan dari shalat yang biasa dia lakukan di awal bulan, hal itu MENYELISIHI PETUNJUK Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam dan menyelisihi apa yang dilakukan as-Salafush Shalih berupa PANJANGNYA SHALAT di akhir bulan pada akhir malam. Maka yang wajib adalah mengikuti sunnah beliau shallallaahu 'alayhi wa sallam dan sunnah para al-Khulafa' ar-Rasyidin setelah beliau radhiyallahu 'anhum dan memotivasi kaum muslimin untuk shalat tarawih dan qiyamul lail.

Janganlah engkau menggembosi mereka dari hal itu dan melemparkan syubhat yang menyebabkan sedikitnya semangat mereka untuk menegakkan qiyam Ramadhan.

Allah lah yang memberi taufiq. Shalawat serta salam atas Nabi kita Muhammad, keluarga, dan shahabatnya.

Lembaga Tetap untuk Pembahasan 'Ilmiah dan Fatwa:

Ketua: Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baz
Wakil Ketua: 'Abdul 'Aziz alusy-Syaikh
Anggota: 'Abdullah bin Ghudayyan
Anggota: Shalih al-Fawzan
Anggota: Bakr Abu Zaid
_____________________

1. Shahihul Bukhari Shalat Tarawih (2009), Shahih Muslim Shalatnya para musafir dan (cara) mengqasharnya (759), Sunan at-Tirmidzi as-Shawm (808), Sunan an-Nasa'i al-Iman dan Syari'at-syari'atnya (5027), Sunan Abi Dawud Ash-Shalah (1371), Musnad Ahmad (2/529), Muwaththa' Malik Panggilan untuk Shalat (251), Sunan Ad-Darimi ash-Shawm (1776)

Alih bahasa : Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman hafizhahullaah

Edisi Arabic :

ﺣﻜﻢ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﻬﺠﺪ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ..

ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ

ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ ‏( 19854 ‏)
ﺱ : ﺍﻋﺘﺪﻧﺎ ﺃﻥ ﻧﺼﻠﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺇﺣﺪﻯ ﻋﺸﺮﺓ ﺭﻛﻌﺔ ﻓﺈﺫﺍ ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺻﻠﻴﻨﺎ ﻋﺸﺮ ﺭﻛﻌﺎﺕ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﻋﺸﺮﺍ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﻧﻮﺗﺮ ﺑﺜﻼﺙ ﻓﻴﺼﺒﺢ ﻣﺠﻤﻮﻉ ﻣﺎ ﻧﺼﻠﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺭﻛﻌﺔ ﺛﻢ ﺇﻥ ﺃﺣﺪ ﻃﻠﺒﺔ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺯﻋﻢ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺘﻔﺮﻳﻖ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﺍﺧﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺩ ﺑﺪﻋﺔ ، ﻭﺃﻥ ﺍﻷﺻﻞ ﺍﻟﻤﺴﺎﻭﺍﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺩ ، ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻛﻠﻪ ، ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﺻﻠﻴﺖ ﺇﺣﺪﻯ ﻋﺸﺮﺓ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻓﺼﻞ ﻣﺜﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ ، ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﺼﻠﻲ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ ﻓﺼﻞ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﺃﻭﻟﻪ ، ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺃﻳﻀﺎ ﺗﻔﺮﻳﻘﻜﻢ ﺑﻴﻦ ﺻﻼﺓ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺁﺧﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﻧﻔﺴﻬﺎ ، ﻓﺘﺨﻔﻔﻮﻥ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﺗﻄﻴﻠﻮﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﺧﻴﺮﺓ ﻭﺗﺴﻤﻮﻥ ﻫﺬﻩ ﺗﺮﺍﻭﻳﺢ ، ﻭﺗﻠﻚ ﻗﻴﺎﻡ . ﻧﺮﻳﺪ ﻣﻦ ﻓﻀﻴﻠﺘﻜﻢ ﺍﻟﺘﻜﺮﻡ ﺑﺒﺴﻂ ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ ﻧﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻌﻠﻤﻜﻢ ﻭﺃﻋﻠﻰ ﻣﻨﺰﻟﺘﻜﻢ ؟

ﺝ : ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻓﻲ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﺄﺻﺤﺎﺑﻪ ﻟﻴﺎﻟﻲ ﺛﻢ ﺗﺄﺧﺮ ﻋﻨﻬﻢ ﺧﺸﻴﺔ ﺃﻥ ﺗﻔﺮﺽ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻓﻌﻠﻬﺎ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻓﻲ ﻋﻬﺪﻩ ﻭﺑﻌﺪ ﻭﻓﺎﺗﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺍﺳﺘﻤﺮ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺑﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻴﻮﻡ ، ﻭﺃﻣﺎ ﻋﺪﺩ ﺭﻛﻌﺎﺗﻬﺎ ﻓﻠﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻓﻴﻪ ﺣﺪ ﻣﺤﺪﺩ ﻭﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻣﺨﺘﻠﻔﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺮﻯ ﺃﻧﻪ ﺛﻼﺙ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺮﻯ ﺃﻧﻪ ﺳﺖ ﻭﺛﻼﺛﻮﻥ ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺮﻯ ﺃﻛﺜﺮ ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻳﺮﻯ ﺃﻗﻞ ، ﻭﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺻﻠﻮﻫﺎ ﻓﻲ ﻋﻬﺪ ﻋﻤﺮ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﻣﺴﺠﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺍﻟﻨﺒﻲ ﻛﺎﻥ ﻻ ﻳﺰﻳﺪ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﻻ ﻏﻴﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﺇﺣﺪﻯ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻭ ﺛﻼﺙ ﻋﺸﺮﺓ ﻭﻟﻢ ﻳﺤﺪﺩ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻋﺪﺩﺍ ﻣﻌﻴﻨﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻭﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﺑﻞ ﻛﺎﻥ ﻳﺤﺚ ﻋﻠﻰ ﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﻋﻠﻰ ﻗﻴﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺑﺎﻟﺬﺍﺕ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ‏« ﻣﻦ ﻗﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﺍﺣﺘﺴﺎﺑﺎ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻪ ‏» ‏( 1 ‏) ﻭﻟﻢ ﻳﺤﺪﺩ ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻭﻫﺬﺍ ﻳﺨﺘﻠﻒ ﺑﺎﺧﺘﻼﻑ ﺻﻔﺔ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻓﻤﻦ ﻛﺎﻥ ﻳﻄﻴﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻘﻠﻞ ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻛﻤﺎ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻳﺨﻔﻒ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺭﻓﻘﺎ ﺑﺎﻟﻨﺎﺱ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻜﺜﺮ ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻛﻤﺎ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻓﻲ ﻋﻬﺪ ﻋﻤﺮ ﻭﻻ ﺑﺄﺱ ﺃﻥ ﻳﺰﻳﺪ ﻓﻲ ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﺍﺧﺮ ﻋﻦ ﻋﺪﺩﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻳﻘﺴﻤﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﻗﺴﻤﻴﻦ ﻗﺴﻤﺎ ﻳﺼﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﻳﺨﻔﻔﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﺗﺮﺍﻭﻳﺢ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻗﺴﻤﺎ ﻳﺼﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﻳﻄﻴﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﺗﻬﺠﺪ ﻓﻘﺪ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺠﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﺍﺧﺮ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺠﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﻛﺎﻥ ﺇﺫﺍ ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﺍﺧﺮ ﺷﻤﺮ ﻭﺷﺪ ﺍﻟﻤﺌﺰﺭ ﻭﺃﺣﻴﺎ ﻟﻴﻠﻪ ﻭﺃﻳﻘﻆ ﺃﻫﻠﻪ ﺗﺤﺮﻳﺎ ﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﻘﺪﺭ ، ﻓﺎﻟﺬﻱ ﻳﻘﻮﻝ ﻻ ﻳﺰﻳﺪ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻳﺼﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻣﺨﺎﻟﻒ ﻟﻬﺪﻱ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻣﺨﺎﻟﻒ ﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﻣﻦ ﻃﻮﻝ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻓﺎﻟﻮﺍﺟﺐ ﺍﺗﺒﺎﻉ ﺳﻨﺘﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺳﻨﺔ ﺍﻟﺨﻠﻔﺎﺀ ﺍﻟﺮﺍﺷﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﺣﺚ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻭﺻﻼﺓ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻻ ﺗﺨﺬﻳﻠﻬﻢ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﻭﺇﻟﻘﺎﺀ ﺍﻟﺸﺒﻪ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻘﻠﻞ ﻣﻦ ﺍﻫﺘﻤﺎﻣﻬﻢ ﺑﻘﻴﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ .

ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ، ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ .

ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ
ﻋﻀﻮ ... ﻋﻀﻮ ... ﻋﻀﻮ ... ﻧﺎﺋﺐ ﺍﻟﺮﺋﻴﺲ ... ﺍﻟﺮﺋﻴﺲ
ﺑﻜﺮ ﺃﺑﻮ ﺯﻳﺪ ... ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ... ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻏﺪﻳﺎﻥ ... ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺁﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ... ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺎﺯ

________
‏( 1 ‏) ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ‏( 2009 ‏) ، ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺮﻳﻦ ﻭﻗﺼﺮﻫﺎ ‏( 759 ‏) ، ﺳﻨﻦ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﺍﻟﺼﻮﻡ ‏( 808 ‏) ، ﺳﻨﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭﺷﺮﺍﺋﻌﻪ ‏(

KOMENTAR

BLOGGER: 1

Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dari 11 Rakaat, Termasuk Bid'ah?
Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dari 11 Rakaat, Termasuk Bid'ah?
Hukum Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dan membaginya menjadi dua waktu, setelah isya dan akhir malam.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6wcZg1jCvZNsOkmK4UJyYkHqMLxqs2YmCCR-aFRh3z3sZBwDdQ225m8Qqd4_56y8wgd9EKL0bro02mJqhld9E7t1ZZzifwp23fdOvfOCANtaVqmALn81PdrDHaPmJLHP1l0sf4b6JNUUs/s320/shalat-tarawih-dengan-23-rakaat.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6wcZg1jCvZNsOkmK4UJyYkHqMLxqs2YmCCR-aFRh3z3sZBwDdQ225m8Qqd4_56y8wgd9EKL0bro02mJqhld9E7t1ZZzifwp23fdOvfOCANtaVqmALn81PdrDHaPmJLHP1l0sf4b6JNUUs/s72-c/shalat-tarawih-dengan-23-rakaat.jpeg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2018/06/shalat-tarawih-10-malam-terakhir-lebih-banyak.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2018/06/shalat-tarawih-10-malam-terakhir-lebih-banyak.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy