Jangan Asal BC, Forward, Share, Retweet

SHARE:

Jangan Asal BC, Forward, Share, Retweet, bbm, broadcast, forward, retweet, sms, tatsabbut, whatsaapp


Teknologi merupakan salah satu dari sekian nikmat Allah dimuka bumi. Jika teknologi adalah nikmat maka konsekuensinya adalah harus disyukuri. Seseorang dikatakan bersyukur apabila setelah mendapatkan nikmat, maka nikmat tersebut menjadikannya semakin dekat kepada Allah. Hal ini sebagaimana diucapkan oleh Ibnu Hazm
“Setiap nikmat yang tidak digunakan untuk mendekatkan diri pada Allah, itu hanyalah musibah.” (Jaami’ul Ulum wal Hikam, 2: 82)
Anda pasti tau lah ya, apa itu BBM? Yup, suatu aplikasi messanger yang tersedia di berbagai platform, baik android, ios atau blackbarry. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh BBM adalah broadcast, disingkat BC. BC yaitu seseorang bisa membagikan tulisannya kepada seluruh orang dalam kontaknya. BC inilah yang menurut kami mengganggu, apabila kontennya nihil dari manfaat.

Tidak hanya BBM, aplikasi lainpun diberikan fitur untuk berbagi seketika. Misalkan facebook dengan share, whatsapp dan sms dengan forward, twitter dengan retweet, line dan masih banyak lainnya. Jika dikira bagus menurut diri sendiri, eh langsung di share seketika tanpa melihat kebenaran konten yang disampaikan, lebih-lebih pada perkara agama.
Pagi itu, kami (admin) mendapatkan sebuah broadcast melalui BBM. Tulisannya diawali dengan ungkapan yang baik yakni ucapan "Assalamualaikum". Namun seterusnya adalah spam yang tak semestinya di bagikan. Lihat penampakannya dibawah ini !

 
Kemudian kami jawab secara singkat berdasarkan hadits Shahih riwayat Bukhari-Muslim dan ini merupakan bentuk amar ma'ruf nahi munkar.
Al-Mughirah radhiallahu anhu berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ
“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta atas nama orang lain. Karena barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari neraka.” (HR. Al-Bukhari no. 1209 dan Muslim no. 4)
Setelah membaca hadits tersebut, apakah anda merasa ngeri? Kedustaan atas nabi diancam dengan neraka. Na'udzubillah. Yang membuat kami tambah heran adalah hari itu adalah tanggal 27 Rabbiuts Tsani 1436 atau 17 Februari 2014, tapi beliau (yang bc) mengatakan akan masuk tanggal 1 Safar. Ini lihat kalendernya siapa?

Ya, sudah mungkin si akang yang nge-share belum tahu, mungkin beliau adalah korban dari orang-orang yang berusaha untuk merusak agama seseorang, membuat umat muslim berdosa karena kedustaan atas nama Rasulullah yang ia sebarkan. Oleh karena itu, yuk kita bersama-sama berilmu agar tidak lagi mejadi alat-alat perusak Islam oleh kalangan tertentu.
Allah berfirman,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu". (Al Hujurat : 6).
Jadi, kalau ada berita-berita, dalil-dalil yang tidak jalas maka alangkah baiknya kita kroscek kebenarannya. Jangan sampai kita menjadi agen kedustaan, lebih-lebih masalah agama.
Jadi mulai sekarang, berhati-hati ya ! Soalnya masih banyak banget model kata-kata yang lainnya misal, "kalau gak share ke 10 teman kamu maka kamu akan  kena sial". Wah ini sudah masuk kategori tathayyur yang syirik.

Ya Allah jaga kami semua. Aamiin.

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,42,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,232,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,451,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,16,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Jangan Asal BC, Forward, Share, Retweet
Jangan Asal BC, Forward, Share, Retweet
Jangan Asal BC, Forward, Share, Retweet, bbm, broadcast, forward, retweet, sms, tatsabbut, whatsaapp
http://4.bp.blogspot.com/-0Z6d3fypLmo/VPTzZzE0lxI/AAAAAAAAADY/PfSBHlhS9a8/s1600/jangan%2Basal%2Bshare%2Bbroadcast%2B2.png
http://4.bp.blogspot.com/-0Z6d3fypLmo/VPTzZzE0lxI/AAAAAAAAADY/PfSBHlhS9a8/s72-c/jangan%2Basal%2Bshare%2Bbroadcast%2B2.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/02/jangan-asal-bc-forward-share-retweet.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/02/jangan-asal-bc-forward-share-retweet.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy