Si Kental Merah, Enak Tapi Bahaya

SHARE:

Fakta merahnya saos tomat pada makanan.



Siapa yang tak kenal bakso dan mie ayam? Makanan yang tersohor hingga pelosok nusantara ini begitu melegenda.Rasanya yang nikmat,juga harganya yang pas di kantong.
Menjadikan dua makanan tersebut punya banyak penggemar.Dari anak-anak sampai orang tua.Dari rakyat jelata hingga pejabat.Pasti pernah merasakan lezatnya makanan ini.
Semangkok bakso dan mie ayamsemakin nikmat disantap saat panas.
Tak ketinggalan pula kecap serta saus tomat melengkapi kenikmatan saat menyantap bakso dan mie ayam.

Tapi pernakah kita mengamati saus saat menyantap bakso dan mie ayam di warung-warung?
Coba amati bekas dari saus yang masih tersisa dimulut botol?
Lama kelamaan sisa saus berubah warnanya dari merah oranye menjadi agak kehitam-hitaman.Itulah proses oksidasi.Prosese tersebut terjadi karena reaksi antara bahan-bahan kimia yang terdapat pada saus dengan udara.

Pernahkah kita membayangkanapa yang akan terjadi apabila saus tersebut masuk ke dalam tubuh kita?
Pernah saya iseng-iseng bertanya pada seorang guru tentang prospek usaha saus murah.Kebetulan beliau juga pernah membuat bahan baku untuk saos botolan.Bahan utama untuk membuat saus murah adalah ampas tapioka.
Kata beliau "Orang yang bikin saus murahan,dosanya banyak".Kemudian saya bertanya lagi ,"Lho kok bisa pak?"
Kemudian beliau menjawab,"Pernah saus itu saya oleskan pada dinding,ternyarata cat yang terdapat pada dinding tersebut terkelupas setelah dioles saus".
Kemudian beliau melanjutkan,"itu baru di dinding",coba kalau saus itu masuk ke usus"?,setelah bercerita tentang saus,beliau menasihatkan untuk mencari usaha lain.

Baru-baru ini sebuah pabrik saus di Jawa Barat digerebek oleh Polrestabes Bandung.
Omzet pabrik tersebut mencapai Rp 100 juta per hari.
Dalam pembuatannya ,saus murah ini menggunakan bahan-bahan kimia pabrikan.
Bahan utamanya adalah ampas tapioka(onggok dalam bahsa jawa),pembuat rasa pedas leoserin capsikun,pembuat rasa bawang putih,garam,cuka,potasium fosfat,pembuat rasa tomat dan pewarna tekstil.

Cara membuatnya adalah seluruh bahan di campurkan kedalam satu wadah.Kemudian ditambah air.Kemudian dipanaskan sambil diaduk sampai mendidih dan mengental.
Setelah itu dikemas,bisa dengan plastik atau botol.

Pada kemasan saus tersebut dituliskan menggunakan tomat dan cabai.
Padahal,saat pembuatannya menggunakan pembuat rasa tomat dan pembuat rasa pedas.
Mengkonsumsi saus ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.
Mulai dari sakit tenggorokan dan diare.
Untuk konsumsi jangka panjang akan berakibat serius.
Seperti pengerasan di usus,gangguan ginjal,hati,serta kanker.
Selain itu juga,juga fakta lain tentang saus ini adalah pada proses pembuatannya,ada yang menggunakan dengan cara di injak-injak dengan kaki.

Akan tetapi,perlu kita pahami bahwa tentu tidak semua saus berbahaya.
Ada juga saus yang dibuat dengan metode higienis,dengan bahan yang baik dan sesuai standar.
Maka dari itu kita harus selektif dalam memilih saus di pasaran.
Perhatikan izin,tanggal kadaluarsa,serta komposisi bahannya.

Curigai pula jika si merah itu harganya murah.Agar kesehatan kita tidak terganggu di kemudian hari. [Arif Indra]

 Wallahu A'lam bish shawab.

Di sadur dari majalah Tashfiyah edisi 45,vol.4,1436 H/2015.

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,41,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,231,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,450,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,15,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Si Kental Merah, Enak Tapi Bahaya
Si Kental Merah, Enak Tapi Bahaya
Fakta merahnya saos tomat pada makanan.
http://3.bp.blogspot.com/-AQnBDKxGNR8/VQMe0xD5EiI/AAAAAAAADGc/vMQCruKy0qQ/s1600/Si%2BKental%2BMerah%2C%2BEnak%2BTapi%2BBahaya.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-AQnBDKxGNR8/VQMe0xD5EiI/AAAAAAAADGc/vMQCruKy0qQ/s72-c/Si%2BKental%2BMerah%2C%2BEnak%2BTapi%2BBahaya.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/03/si-kental-merah-enak-tapi-bahaya.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/03/si-kental-merah-enak-tapi-bahaya.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy