Himbauan Kepada Ikhwah dan Akhwat dalam Bermuamalah dengan Tetangga

SHARE:

Himbauan Kepada Ikhwah dan Akhwat dalam Bermuamalah dengan Tetangga

Himbauan kepada Ikhwah dan akhwat dalam bermuamalah dengan Tetangga


Allah Ta’ala berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ

Artinya: “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An Nisa: 36).

Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda,

مَا زَالَ يُوصِينِى جِبْرِيلُ بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ

Artinya: “Jibril senantiasa bewasiat kepadaku agar memuliakan (berbuat baik) kepada tetangga, sampai-sampai aku mengira seseorang akan menjadi ahli waris tetangganya” (HR. Al Bukhari )

Dalam rangka mengamalkan ayat dan hadist diatas, dimohon kepada ikhwan dan akhwat untuk berbuat baik kepada masyarakat sekitar Ma'had, yang mereka itu adalah   tetangga dekat kita. point-point yang perlu antum/antunaa perhatikan dan diamalkan dalam bermuamalah dengan tetangga masyarkat sekitar mahad adalah :


  1. Agar selalu menebarkan salam kepada masyarakat kepada siapa pun baik yang  besar maupun kecil, yang dikenal baik ataupun tidak dikenal.
  2. Bila berkendaraan agar diperhatikan untuk berjalan pelan-pelan dengan kecepatan maksimal kurang lebih 10 km/jam.
  3. Bagi yang berkendaraan roda empat untuk tidak segan segan membuka kaca kendaraanya dalam rangka memberikan salam kepada  masyarakat sekitar Mahad.
  4. Bagi yang memiliki putra dan putri agar selalu  menjaga, mengontrol dan menasehati putra dan putrinya untuk tidak menggangu tetangga dan masyarakat seperti: bersepeda dengan kecepat tinggi, bermain yang menimbulkan gaduh atau ribut, bermain petasan, berkonflik dengan anak-anak masyarakat sekitar mahad.
  5. Dihimbau kepada antum dan antunna sekalian untuk sering berziaroh kepada tetangga masyarakat sekitar mahad bila tidak terdapat mukhalafah syariah(pelanggaran syariat).
  6. Agar berlapang dada,  memberikan udzur kepada masyarakat bila didapati kekurangan pada masyarakat dalam bermuamalah bersama kita seperti permasalahan hutang piutang atau kerja sama dagang, sewa menyewa  atau lainnya.
  7. Jika terjadi kesalah pahaman, ketidak cocokaan atau gejala konflik dengan masyarakat agar tidak mengambil tindakan sendiri, namun coba diredakan sambil   berkoordinasi dan minta masukan kepada Asatidzah dan Pengurus Ma'had.
  8. Dihimabau kepada ikhwan dan akhwat sekalian untuk menyadari bahwa dirinya tidak hanya membawa kepentingan pribadi saja, tapi harus disadari bahwa setiap individu membawa amanah dakwah, bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan masyarkat maka besar kemungkinan berdampak kepada dakwah.
  9. Dihimbau untuk tidak menjadi sebab larinya orang dari dakwah yang mulia ini dikarenakan sikap/masalah pribadi antum/antunaa sekalian, oleh karenanya adab-adab syari mohon diamalkan.

Demikian himbauan dan nasehat  yang perlu disampaikan untuk dipahami dan diperhatikan dan diamalkan, Jaza kumallahu khairon wa Baarakallahu fiikum.

Tertanda,

Asatidzah dan Pengurus Ma'had


Dari Humas Ma'had As Salafy Jember yang semoga kita juga dapat mengambil faedah

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,90,Aqidah,219,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,40,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,226,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,133,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,112,Manhaj,123,Muamalah,37,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,103,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,448,Tauhid,22,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Himbauan Kepada Ikhwah dan Akhwat dalam Bermuamalah dengan Tetangga
Himbauan Kepada Ikhwah dan Akhwat dalam Bermuamalah dengan Tetangga
Himbauan Kepada Ikhwah dan Akhwat dalam Bermuamalah dengan Tetangga
http://2.bp.blogspot.com/-VCQgKR39KDk/VeT9twbXSPI/AAAAAAAAD1I/DKgwaRqxIks/s1600/Himbauan%2BKepada%2BIkhwah%2Bdan%2BAkhwat%2Bdalam%2BBermuamalah%2Bdengan%2BTetangga.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-VCQgKR39KDk/VeT9twbXSPI/AAAAAAAAD1I/DKgwaRqxIks/s72-c/Himbauan%2BKepada%2BIkhwah%2Bdan%2BAkhwat%2Bdalam%2BBermuamalah%2Bdengan%2BTetangga.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/09/himbauan-kepada-ikhwah-dan-akhwat-dalam.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/09/himbauan-kepada-ikhwah-dan-akhwat-dalam.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy