Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam

SHARE:

Kisah Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wad'i Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam

KISAH MENAKJUBKAN: KISAH SEORANG SATPAM YANG KEMUDIAN MENJADI SALAH SATU IMAM BESAR ISLAM 

Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullah

Dan Syaikh Muqbil al-Wadi'i rahimahullah, beliau adalah seorang imam (ahlul hadits-pent). Sebagaimana dahulu Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah berkata "aku menyangka beliau seorang imam." 

Dan tidak diragukan lagi, orang yang mengetahui sirah (sejarah) Syaikh Muqbil rahimahullah, dia akan melihat hal yang menakjubkan. Dari seorang penjaga gedung (satpam), satpam. Lalu beliau mendapatkan kitab-kitab pelajaran tauhid. Beliau membacanya hingga kemudian beliau mencintai ilmu tauhid dan sunnah.

Beliau pun belajar, lalu Allah menghendaki agar beliau masuk ke Jami'ah Islamiyyah sehingga mendapatkan dua ijazah dalam satu waktu. Dan perkara ini dulunya dibolehkan di Jami'ah, belajar dengan menggabungkan jurusan kuliah ini dengan jurusan lainnya. Maka beliau mengambil jurusan syariah dan jurusan da'wah.

Lalu beliau membuat makalah untuk mengambil gelar magister. Maka dikatakan dalam sebuah pembicaraan seandainya sistem membolehkan untuk memberikan gelar doktoral dalam satu masa, niscaya akan diberikan gelar magister dan doktor (saat itu juga). 

Kemudian Allah menjadikan beliau bermanfaat di Yaman. Dan dahulu dakwah beliau adalah dakwah yang agung. Maka semestinya wahai saudaraku agar kita membaca biografi dan sejarah ulama kita yang lalu dan ulama yang (jamannya) dekat dengan kita, karena hal ini bisa meningkatkan semangat insyaAllah.

Coba perhatikan, seorang satpam bisa jadi salah satu imam diantara para imam kaum muslimin, dengan bersungguh-sungguh menuntut ilmu dan ikhlas. Oleh karena itu, jangan sekali-kali engkau meremehkan dirimu.

Jangan mengharap agar engkau ditinggikan (orang lain). Akan tetapi ikhlaslah karena Allah dan tuntutlah ilmu. Dan Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat. 

Syaikh Muqbil rahimahullah tidak Allah beri rizki anak laki-laki. Beliau hanya diberi rizki 4 anak perempuan. Akan tetapi beliau sering kali berkata kepada santri-santrinya (aku mempunyai lebih banyak anak laki-laki dibanding kalian. Karena para santriku adalah anak-anakku).

Dan tidak diragukan lagi bahwasanya orang yang mengenal Syaikh Muqbil rahimahullah, dia akan mengetahui bahwasanya Syaikh Muqbil rahimahullah begitu memperhatikan santri-santrinya seperti perhatian seorang ayah kepada anak-anaknya.

Beliau terkadang mengunjungi sebagian mereka di kamarnya, mengulang-ulang sebuah pertanyaan kepadanya, mengulang-ulang pertanyaan untuknya dan memeriksa (kondisi) santri-santrinya. Betapa kita butuh pada sikap seperti ini.

Betapa kita butuh pada sikap saling mencintai dengan kecintaan yang sebenar-benarnya. Sehingga sebagian kita bisa menasehati sebagian yang lain dan membela kehormatan yang lain dalam rangka mendekatkan diri pada Allah Azza wa Jalla.

Maka kita memohon pada Allah agar Dia memberi rizki kejujuran dan ikhlas pada kita. Memberi rizki pada kita (berupa) baiknya pergaulan sesuai dengan cara yang Dia cintai. Dan agar Dia melindungi kita dari kejelekan diri kita sendiri dan para setan. Na'am

Thuwailibul  'Ilmisy Syar'i (TwIS)

Disalin dan diterjemahkan oleh: Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah:
1. Al-Ustadz Abu Muhammad Musa
2. Abu 'Utsman Kharisman hafizhahumallah

Kisah Syaikh Muqbil bin Hadi Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam

🇸🇦 Arabic

وكان الشيخ مقبل الوادعي-رحمه الله-وهو إمام، كما كان الشيخ ابن عثيمين رحمه الله يقول أحسبه إمام، ولا شك أن الذي يعرف سيرة الشيخ مقبل-رحمه الله-يرى عجبا، من حارس عمارة، حارس فتقع بين أيديه كتب مدارس في التوحيد، فيقرأ فيحب العلم التوحيد و السنة، فيتعلم ثم يشاء الله أن يلتحق بالجامعة الإسلامية و يحصل على شهادتين في نفس الوقت، وكان يسمح بهذا قديما في الجامعة، يدرس إنتسابا في كلية و انتظاما في كلية. فأخذ هم كلية الشريعة و كلية الدعوة. و حظر الماجستير فقيل في المناقشة لو كان النظام يسمح أن يعطي الدكتوراه في جلسة واحدة لأعطي الماجستير والدكتوراه. ثم نفع الله به في اليمن. فكانت دعوته دعوة عظيمة جدا. ينبغي ياإخوة أن نقرأ سير علمائنا و تاريخ علمائنا القداماء ومن كانوا قريب منا. هذا يرف

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,41,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,231,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,450,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,15,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam
Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam
Kisah Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wad'i Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam
https://4.bp.blogspot.com/-zuELCcivU18/WtaxEezh4pI/AAAAAAAAM_E/thYhv45wxBA_GwhcfjhvnheX21KtJsfGACLcBGAs/s1600/door-green-closed-lock.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-zuELCcivU18/WtaxEezh4pI/AAAAAAAAM_E/thYhv45wxBA_GwhcfjhvnheX21KtJsfGACLcBGAs/s72-c/door-green-closed-lock.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2018/04/kisah-seorang-satpam-yang-menjadi-imam-besar-islam.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2018/04/kisah-seorang-satpam-yang-menjadi-imam-besar-islam.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy