Kisah Baksos Kesehatan Peduli Umat Ma'had As Salafy Jember

SHARE:

Cerita Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Pedli Umat, Ma'had Minhajul Atsar As Salafy Jember

BAKSOS KESEHATAN PEDULI UMAT, SEBUAH TEROBOSAN PP MINHAJUL ATSAR UNTUK KEMAJUAN MASYARAKAT

Alhamdulillah setelah sukses dengan kegiatan 2 baksos sebelumnya, tahun ini dengan Taufik dan pertolongan Allah, Ma'had Minhajul Atsar Jember kembali mengadakan baksos untuk masyarakat sekitar Wirowongso dan Sumbersalak di sekitar Ma'had Minhajul Atsar.

Berbeda dengan Baksos sebelumnya, kali ini lokasi Baksos bertempat di gang Manggis area Ma'had 2 yang masuk di wilayah Wirowongso.

Kali ini sasaran utama bsksos  adalah pelayanan kesehatan untuk masyarakat Lansia yang di atas 50 tahun dan anak-anak yang memang benar benar sakit saja yang diprioritaskan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tim dokter terdiri dari 1 spesialis mata, 1 spesialis anak, 1 spesialis anestesi,  2 dokter umum pria dan 1 dokter wanita.  Kali ini pasien dibatasi, yaitu  1 orang dokter hanya melayani 30 pasien saja.
Hal itu dimaksudkan agar pelayanan menjadi lebih maksimal, dan durasi pemeriksaan dan sebagainya menjadi lebih mendetail dan menyeluruh untuk tiap pasien, tanpa terkesan terburu buru.

Semoga kita diberi keikhlasan dalam melaksanakan kegiatan ini, dan  apa yang dilakukan ini menjadi ladang amal dan pemberat timbangan bagi panitia penyelenggara semuanya.

TAK KENAL LELAH, PANITIA BAKSOS TERUS BERBENAH

Tak diragukan lagi Baksos Kesehatan sangat bermanfaat sekali untuk umat dan masyarakat, terutama kaum dhuafa. Tangan yang selama ini menengadah ke langit, berdoa kepada Allah, mata yang selama ini menangis, berharap kepedulian, mulut yang selama ini membisu karena tidak tahu kepada siapa harus mengadu, setidaknya terobati, walau sedikit, melalui baksos ini.

Itu tidak bisa dipungkiri. Karenanya terucap oleh warga yang kami kunjungi, "Kapan Dik, ada pemeriksaan dokter lagi?" Dan alhamdulillah dengan izin Allah jawaban itu kini hadir kembali, memberi kesejukan hingga ke relung hati. Menggetarkan sanubari manusia yang masih di atas fitrah suci.

Namun, bukan itu yang ingin saya soroti. Yang menarik bagi saya, kepedulian dan pengorbanan komunitas Salafy yang tulus. Tidak ada tendensi politik, bukan untuk diangkat sebagai pejabat publik, tidak agar namanya ditulis di media elektronik.

"Semua ini dalam rangka mengharapkan ridha ilahi. Melaksanakan perintah Nabi, kepada sesama harus peduli," kata Ust. Tamam saat memberikan pengarahan kepada panitia. "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk sesama," lanjutnya.

Benar, di sela kesibukan mereka, para dokter rela meninggalkan waktu untuk keluarga demi membantu warga. Teman-teman panitia juga luar biasa. Mereka bekerja sama dari pagi hingga senja. Tidak ada kata berat, ucapan mengeluh atau semisalnya. Yang ada justru canda sewajarnya yang mengobai lelah dan payah.

Terima kasih Dokter, terima kasih kawan dan teman. Semoga jerih payah Anda, pengorbanan waktu, tenaga dan harta diridhai oleh Allah ta'ala.

GUYURAN HUJAN TAK MELUNTURKAN PERJUANGAN

Sabtu (23/11) sore....

Mendung hitam menyelimuti langit desa Kranjingan. Pertanda Allah akan segera menurunkan rahmat-Nya untuk alam. Panas siang berganti dengan sejuk di badan.

Ahh...

Rasanya saat-saat itu nyaman sekali untuk berada di pembaringan. Saat yang ditunggu-tunggu, karena hari-hari ini panas mentari begitu menusuk badan.

Tapi bagi Panitia Baksos Peduli Umat 2019 Ma'had Minhajul Atsar Jember hal tersebut justru menjadi kesempatan. Kesempatan-kesempatan untuk terus mempersiapkan kegiatan sosial-kesehatan dan kemasyarakatan.

Guyuran hujan tak menyurut langkah perjalanan. Guyuran hujan tak melunturkan semangat perjuangan. Tidak ada kata menunda, karena jika tidak hari ini, kapan lagi?

Terbukti, Tim Sarpen sibuk melakukan setting tempat. Ruangan untuk periksa dicek kelengkapannya. Meja dokter, bed periksa hingga kursi tunggu tak luput dari tangan.

Sedangkan tim konsumsi hilir mudik menyiapkan menu sajian. Tumpukan kardus dan karton air menggunung laksana semangat yang memindah tak terbendung.

Di ruangan lain, Tim Medis dan Laboratorium mengecek kelaikan alat. Stik, alat, baterai harus siap agar jangan sampai tersilap.

Barakallahufikum, semoga Allah memberkahi perjuangan kalian. Satu tetes keringat atau peluh yang melekat tak akan sia-sia di Akherat. Wabillahit-Taufiq.

Kisah Baksos Kesehatan Peduli Umat Ma'had As Salafy Jember

SALAFY ITU UNIK, SALAFY ITU MENARIK

Program Baksos Kesehatan Peduli Umat 2019 yang diadakan oleh Ma'had Minhajul Atsar Jember telah usai. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik darinya. Pelajaran keikhlasan, kepedulian, kerja sama, tolong-menolong, tanggung jawab, memahami kekurangan yang lain, dan banyak lagi.

Agar diketahui, baksos tersebut diikuti oleh mayoritas warga Kranjingan dan Wirowongso, walaupun ada juga yang dari desa-desa lain. Dokter partisipan meliputi dokter spesialis mata, dr. Fredy, Sp.M dengan 8 timnya, dr. Luthfi, Sp.PD, dr. Ramzy, Sp.A dan para dokter serta tenaga para medis lainnya.

Momen baksos juga dihadiri oleh perwakilan Muspika Kec. Ajung dan Sumbersari serta direktur Puskesmas Gladak Pakem. Danramil Sumbersari, Sardi, disertai dengan Babinsa Kranjingan, Lasiman. Kanit Intel Polsek Jenggawah, Misyanto, disertai Babinsa Wirowongso, Samsul Arifin, menjadi tamu kehormatan acara ini.

Para pejabat militer tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap program sosial kesehatan ini. Bahkan salah satunya mengatakan, "Salafy itu unik, Salafy itu menarik. Sering mengadakan program baksos tanpa ada tendensi dan kepentingan sama sekali." Ucapan itu disampaikan saat beliau pamit dari acara.

Sebuah pemandangan menarik yang juga perlu diangkat di sini adalah kehadiran dr. Adi, direktur Puskesmas Gladak Pakem. Bukan sekedar apresiasi, tetapi beliau menyatakan, akan membantu pasien-pasien yang perlu dilakukan follow up. "Jangan khawatir biayanya," pungkasnya.

Ungkapan yang membuat panitia baksos sangat bahagia. "Ini yang dimaksud dengan sinergi!" beber salah satu panitia. Tercatat ada 37 pasien yang perlu di-follow up. Untuk wilayah Wirowongso, follow up akan dihandel oleh Mahmud dan Najib. Sedangkan untuk Kranjingan akan dibantu oleh Abu Haikal dan Abu Ridha.

Kedua puskesmas telah siap menyambut. Ketua panitia, dr. Ramzy, Sp.A telah menghubungi dr. Tunsia selaku direktur Puskesmas Ajung.

Kehadiran dr. Ariyadi, Sp.J juga menambah gairah panitia. Tanpa disangka-sangka dokter spesialis jantung ini menyempatkan diri untuk hadir.

"Insyaallah jika ada baksos lagi, saya akan ikut. Ini luar biasa!" Papar dokter lulusan Unair dan Unibraw ini.

Ya Allah, kalau bukan karena izin dan pertolongan-Mu Baksos Peduli Umat 2019 tidak akan berjalan selancar ini. Bagaimana tidak, banyak kendala yang menyertai perjalanan persiapan baksos ini, seperti kendala perizinan tempat dsb. Tetapi selama masih ada pagi setelah malam, kami yakin akan ada kemudahan setelah kesulitan.

Sumber : https://t.me/InfoMahadJember

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,147,Akhirat,16,Akhwat,95,Aqidah,238,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,39,Bantahan,99,Bid'ah,44,Biografi,53,Cerita,36,Cinta,8,Dakwah,20,Doa Dzikir,36,Ebook,7,Fadhilah,58,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,260,Ghaib,14,Hadits,117,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,83,Inspiratif,34,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,130,Keluarga,151,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,159,Kitab,1,Kontemporer,122,Manhaj,145,Muamalah,41,Nabi,8,Nasehat,420,Poster,7,Puasa,42,Qurban,20,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,110,Renungan,31,Ringkasan,92,Sahabat,37,Sehat,26,Sejarah,24,Serial,3,Shalat,117,Syiah,28,Syirik,3,Tafsir,32,Tanya Jawab,489,Tauhid,26,Tazkiyatun Nafs,78,Teman,15,Thaharah,17,Thallabul Ilmi,94,Tweet Ulama,6,Ulama,45,Ustadz Menjawab,6,Video,12,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kisah Baksos Kesehatan Peduli Umat Ma'had As Salafy Jember
Kisah Baksos Kesehatan Peduli Umat Ma'had As Salafy Jember
Cerita Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Pedli Umat, Ma'had Minhajul Atsar As Salafy Jember
https://1.bp.blogspot.com/-tvO_2dY0gpQ/Xd766LvkaEI/AAAAAAAAO1w/n3fSjFNLvBoFjXjsKqDriqqNe91tOvZMACK4BGAYYCw/s1600/baksos%2Bkesehatan%2Bpeduli%2Bumat%2Bmahad%2Bas%2Bsalafy%2Bjember.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tvO_2dY0gpQ/Xd766LvkaEI/AAAAAAAAO1w/n3fSjFNLvBoFjXjsKqDriqqNe91tOvZMACK4BGAYYCw/s72-c/baksos%2Bkesehatan%2Bpeduli%2Bumat%2Bmahad%2Bas%2Bsalafy%2Bjember.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2019/11/kisah-baksos-kesehatan-peduli-umat-mahad-assalafy-jember.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2019/11/kisah-baksos-kesehatan-peduli-umat-mahad-assalafy-jember.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy