Sebab-sebab Seseorang Menjadi Hizbi

SHARE:

KAPAN seseorang dikatakan sebagai HIZBI?, Sebab-sebab seseorang menjadi hizbi padahal sebelumnya Ahlussunnah.

Bismillah. Dalam artikel ini disajikan fatwa ulama' tentang sebab-sebab seseorang menjadi Hizbi. Semoga dengan tulisan ini, kita menjadi lebih berhati-hati agar tidak terjatuh dalam hizbiyyah.

Sebelum membaca tulisan dibawah ini, sebaiknya kita terlebih dahulu mengerti apa makna dari Hizbi/Hizbiyyah. Alhamdulillah Happy Islam pernah mengarsipkan penjelasannya dalam link berikut.

APA MAKNA HIZBIYYAH?

Sebab-sebab Seseorang Menjadi Hizbi

FAEDAH PERTAMA

KAPAN SESEORANG MENJADI HIZBI?

Fadhilatu asy-Syaikh Zaid al-Madkhali –rahimahullah – ditanya, “KAPAN seseorang dikatakan sebagai HIZBI?”

Beliau menjawab, “Pertanyaan ini membutuhkan penjelasan yang cukup panjang, saya tidak memiliki kesempatan untuk menjelaskan semuanya. Namun, saya akan menyebutkan sebagian tanda yang dengannya kamu bisa mengetahui sosok seorang hizbi, baik dia sebagai pemimpin, atau hanya sekedar pengikut. Yaitu;

1- Bergabung bersama kelompok tertentu yang mana kelompok tersebut memiliki manhaj sendiri yang menyelisihi manhaj Salaf dan ahlul Hadits. Dia simpati dengan kelompok ini, serta membelanya yang dibungkus dengan kebenaran dan kebatilan. Seperti kelompok “Ikhwanul muslimin” serta pecahannya, dan juga “Jama’ah tabligh”.

2- Berkumpul dan berjalan bersama salah satu kelompok (yang telah kita sebutkan), dan semisalnya dari kelompok-kelompok yang menyimpang dalam masalah ‘aqidah dan amal. Sama saja mereka itu berkelompok, atau bersendirian, pemimpin atau pengikut.

3- Mengkritik Ahlus Sunnah (tanpa didasari dalil yang benar,-pen). Sebaliknya, ketika mendengar seorang Sunni membantah para Hizbiyyin, atau pengikut organisasi yang sifatnya tersembunyi pada zaman ini, maka terlihat dari raut wajahnya kebencian terhadap bantahan tersebut.

4- Menjatuhkan kehormatan seorang da’i yang berpegang teguh di atas manhaj Ahlul Atsar – yaitu : mentaati Allah, mentaati Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan mentaati penguasa kaum muslimin – para ulama yang berjalan di atas manhaj salaf.

5- Menjatuhkan kehormatan waliyyul amr, dan senang kepada orang-orang yang menyebarkan (kesalahan/kejelekan waliyyul amr) melalui ceramah-ceramah, buku-buku, dan kaset-kaset mereka.

6- Menyerang para ‘ulama yang tidak melakukan pergerakan melawan terhadap penguasa tatkala melakukan kesalahan, bahkan mereka menuduh para ‘ulama dengan sifat lembek, dan semisalnya. Tidak terucap ucapan semisal ini kepada para ‘ulama ar-Rabbaniyyin, kecuali dari orang yang hatinya sakit atau dari seorang yang dungu.

7- Senang terhadap nasyid, dan drama/teater, serta pembelaan penuh terhadap perkara tersebut dan pelakunya. Alangkah banyaknya di dapati perkara ini pada barisan ikhwanul muslimin, ini semua ialah kesenangan belaka. Yang mana para pengikutnya banyak dari kalangan pemuda dan pemudi, yang lemah (agamanya,-pen) dan mereka tertipu.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengembalikan mereka kepada jalan yang haq.

[ Al-‘Aqd al-Mundhid al-Jadid fi al-Ijabati ‘ala Masa’il fi al-Fiqhi wa al-Manhaj wa al-‘Aqidah (hal.43-44) ]

Sumber: Majmu’ah Manhajul Anbiya
http://www.manhajul-anbiya.net/kapan-seseorang-menjadi-hizbi/


FAEDAH KEDUA


Orang-orang Hizby dahulunya adalah Salafy dan Mereka Hilang Disebabkan Karena Bergaul dengan Para Pengekor Hawa Nafsu

لفضيلة الشيخ العلامة ربيع بن هادي عمير المدخلي –حفظه الله-

Oleh: Fadhilatusy Syaikh al ‘Allamah Rabi’ bin Hadi ‘Umair al- Madkhali –Semoga Allah menjaga beliau-

الآن من ترون من الحزبيين –في هذه البلاد- كلهم أصلهم سلفيون في هذه البلاد. كلهم ضاعوا بسبب المخالطة والمعاشرة والقراءة والسماع لأهل الأهواء. كل من ترونه الآن ويقال عنهم فلان حزبي وفلان حزبي…كلهم ما ضاعوا إلا بهذه الوسيلة. يأخذون بهذه النظرية : ((آخذ الحق وأترك الباطل)), فيأخذ الباطل ويترك الحق. ويصبح عدوا للحق حربا على أهله!
[فتاوى الشيخ ربيع 14/350]

Sekarang ini, siapa yang kalian saksikan dari orang-orang hizbiyin –di negeri-negeri ini-. Mereka semuanya asalnya dahulu adalah orang-orang salafy di negeri-negeri tersebut.

Mereka semua lalu menjadi hilang disebabkan karena bergaul dan bersahabat dengan ahlul ahwa’ (para pengekor hawa nafsu) serta membaca tulisan dan mendengarkan ucapan mereka.

Semua orang yang kalian saksikan sekarang ini dan dikatakan tentang mereka “Si Fulan adalah seorang hizby, dan Fulan adalah seorang hizby…”, mereka semua tidaklah hilang selain karena sebab ini.

Mereka mengambil pandangan ini, yaitu : ((Aku Mengambil kebenaran dan meninggalkan kebathilan)). Tetapi yang terjadi adalah mereka justru mengambil kebhatilan dan meninggalkan kebenaran.

Lalu keeseokan harinya, mereka telah memusuhi al-Haq dan memerangi para pengikut al-Haq tersebut!”

Sumber: [Fatawa asy Syaikh Rabi’ 14/350]
Alih Bahasa : Syabab Forum Salafy Indonesia

***

FAEDAH KETIGA

نصيحة : قصد الحق وحده
لفضيلة الشيخ العلامة ربيع بن هادي عمير المدخلي –حفظه الله-

Nasehat: “Menghendaki Kebenaran Semata“


Oleh: Fadhilatusy Syaikh al ‘Allamah Rabi’ bin Hadi ‘Umair al Madkhali – Semoga Allah menjaga beliau-

قال الشيخ العلامة ربيع بن هادي عمير المدخلي –حفظه الله-

Berkata asy-Syaikh al-Allamah Rabi’ bin Hadi ‘Umair al Madkhali –Semoga Allah menjaga beliau- :

فيجب على كل مسلم أن يفتش نفسه ، فقد يميل إنسانٌ إلى صاحب الحق لهوى ، فقبل أن يتبينَ له الحق يتمنى أن يكون فلان هو المُنتَصر بالحجة أو غيرها ، فتميل نفسه لأنه فلان ، ولو كان على الحق لا يجوزُ أن يوجد هذا الميل ، فيقول : إذا وجدَ هذا الميل و لو مع صاحب الحق يكون من حكم الجاهلية ، و هذا أمر لا يخطر بالبال عند كثير من الناس

Maka wajib atas setiap muslim, untuk memeriksa dirinya sendiri.

Karena terkadang seseorang memiliki kecondongan kepada orang yang diatas kebenaran dikarenakan hawa nafsunya belaka. Oleh karenanya sebelum jelas al-Haq baginya ia berangan-angan bahwa si Fulan adalah yang menang dengan hujjah atau semisalnya.

Sehingga yang membuat dirinya condong  kepadanya adalah karena dia adalah si Fulan.

Padahal meskipun dia berada di atas al-Haq, tidak diperbolehkan adanya kecondongan ini karena sebab individu. Dia berkata, “Jika didapati kecondongan ini meskipun dia diatas kebenaran, maka jadilah ini termasuk hukum Jahiliyah. Dan ini adalah perkara yang tidak terlintas di benak kebanyakan manusia”.

فيجب على المسلم أن يراقب الله في القضايا المختلف فيها ، وأن يكون قصده فقط معرفة الحق سواء مع هذا أو مع ذاك .

Maka wajib bagi setiap muslim untuk selalu merasa diawasi Allah dalam keputusan yang diperselisihk didalamnya. Dan hendaknya ia menjadikan tujuannya semata-mata untuk memahami kebenaran, sama saja apakah bersama orang yang ini ataupun yang itu.

ومن هنا يقول الشافعي
“إذا دخلت مناظرةً لا أبالي إذا كان الحق مع صاحبي أو معي“

Dan beranjak dari hal tersebut, al-Imam Asy-Syafi’i  pernah berkata:

“Jika aku berdialog , maka aku tidak peduli apakah kebenaran itu bersama lawan bicaraku ataukah bersamaku.”

فلا يبالي ولا يتمنى أن يكون الحق معه بل يتمنى أن يكون مع صاحبه وأن تكون النصرة له ، هذا هو الخلق العالي وهذا هو الدين المستقيم

Maka ia tidak peduli dan juga tidak berangan-angan kebenaran itu harus bersamanya. Bahkan ia menginginkan kalau kebenaran itu ada bersama kawannya, dan ia menjadi penolong bagi kebenaran tersebut. Ini adalah akhlak yang luhur dan ini adalah ad-Dien (Agama) yang lurus.

المصدر : التعصب الذميم وآثاره 38-39

Sumber : [At Ta’asshub adz Dzamim wa Atsaruhu as Sayyi’, hlm. 38-39]
Alih Bahasa: Syabab Forum Salafy Indonesia.

Sumber: http://forumsalafy.net/?p=9825
http://tukpencarialhaq.com/2015/02/11/awal-mula-hizby-nya-hizbi-dahulu-mereka-adalah-salafy/

BAGAIMANA CARA KELUAR DARI HIZBIYYAH? Baca di link berikut

Kaidah-Kaidah Salafiyyah Jalan Keluar dari Fitnah Hizbiyyah

KAPANKAH SESEORANG DIKATAKAN BUKAN LAGI SEBAGAI SALAFY?


Pertanyaan:

"Semoga Allah memperbaiki (keadaan) anda wahai Syaikh kami dan memberi barokah pada ilmu anda. Seorang penanya berkata:
Apa hukum dan(yang menjadi) ukuran keluarnya seseorang dari Salafiyyah?"

Jawaban:
"Apabila seseorang melakukan bid'ah:

Dalam keadaan dia mengetahuinya*

Menentang(al-haq)*

Sengaja(melakukannya)*

Enggan(terhadap kebenaran)*

Maka dia adalah ahlul bid'ah, tidak ada kemuliaan(baginya). Inilah(pendapat) yang para Salaf berada di atasnya. Ya.

 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i(TwIS)

Muraja'ah: al-Ustadz Abu 'Utsman Kharisman حفظه الله

_________________________________

🇸🇦 Arabic

السؤال
أحسن الله إليكم شيخنا وبارك في علمكم، يقولُ السائل: ما حكم وضابط خروج الرجل من السلفية؟


المفتي :عبيد بن عبد الله الجابري

الجواب :

 إذا ركِبَ المرءُ بدعةً عالمًا، معاندًا، عامدًا، مستنكفًا؛ كان مبتدعًا ولا كرامة عين، هذا الذي عليه السلف. نعم.

http://www.miraath.net/questions.php?cat=15&id=3240

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,118,Akhirat,10,Akhwat,73,Aqidah,203,Arab Saudi,15,Audio,31,Bantahan,78,Bid'ah,38,Biografi,7,Cerita,10,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,26,Ebook,8,Fadhilah,44,Faedah Ringkas,17,Fiqih,195,Ghaib,10,Hadits,88,Haji-Umroh,8,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,80,Inspiratif,23,IT,10,Janaiz,5,Kata Mutiara,115,Keluarga,107,Khawarij,21,Kisah,90,Kontemporer,104,Manhaj,90,Muamalah,28,Nabi,6,Nasehat,322,Poster,5,Puasa,34,Qurban,16,Ramadhan,25,Rekaman,1,Remaja,95,Renungan,14,Ringkasan,85,Sahabat,15,Sehat,33,Sejarah,18,Shalat,92,Syiah,24,Syirik,2,Tafsir,23,Tanya Jawab,389,Tauhid,15,Tazkiyatun Nafs,52,Teman,11,Thaharah,11,Thallabul Ilmi,78,Tweet Ulama,5,Ulama,20,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Sebab-sebab Seseorang Menjadi Hizbi
Sebab-sebab Seseorang Menjadi Hizbi
KAPAN seseorang dikatakan sebagai HIZBI?, Sebab-sebab seseorang menjadi hizbi padahal sebelumnya Ahlussunnah.
https://3.bp.blogspot.com/-mIgeSptHbgU/V5X90VmGFWI/AAAAAAAAI_4/ZnhCSc3ob8gSW3dUcJeMbCePnYcJ-QHHwCK4B/s1600/sebab-menjadi-hizbi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mIgeSptHbgU/V5X90VmGFWI/AAAAAAAAI_4/ZnhCSc3ob8gSW3dUcJeMbCePnYcJ-QHHwCK4B/s72-c/sebab-menjadi-hizbi.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/07/sebab-sebab-seseorang-menjadi-hizbi.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/07/sebab-sebab-seseorang-menjadi-hizbi.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy