Inilah Sebab Berkobarnya Api Fitnah

YUK SHARE:

DIANTARA SEBAB MEMBESARNYA API FITNAH (Renungan Seorang Ulama Kibar dan Barokah bersama Pembesar Kalian)

DIANTARA SEBAB MEMBESARNYA API FITNAH

(Renungan Seorang Ulama Kibar dan Barokah bersama Pembesar Kalian)

Asy-Syaikh Ubaid al-Jabiriy hafizhahullah berkata:

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
‏ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﻻ ﻋﺪﻭﺍﻥ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻈﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ﺍﻟﺤﻖ ﺍﻟﻤﺒﻴﻦ ﻭﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﻋﺒﺪﻩ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﺑﻠﻎ ﺍﻟﺒﻼﻍ ﺍﻟﻤﺒﻴﻦ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ . ‏

 ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ :

"Maka sungguh aku merenungi apa yang berjalan dalam fitnah belakangan ini dan apa yang muncul dari efek dan hasilnya terhadap para pemuda dan ikhwan kita yang berpegang teguh dengan manhaj salafus shalih, aku melihat :

Banyaknya "bicara ini dan itu" dari orang-orang yang sedikit perbekalan ilmu dan pengetahuan tentang agama Allah, syariatnya, dan apa yang salaf umat dahulu di atasnya menjadi SEBAB untuk membara dan menguatnya fitnah tersebut.*

Terkhusus mayoritas problem-problem tersebut kembalinya kepada internet dan apa yang disebut dan ditulis di dalamnya dari orang-orang yang diisyaratkan kepada mereka ini dengan suatu sifat (tanpa penyebutan nama asli).

Dan sebab terpenting membesarnya fitnah itu adalah: Bersembunyi dibalik nama, julukan, dan kuniyah yang menyembunyikan jatidiri seseorang.

Maka sebagai upaya mengobati permasalahan ini yang kian hari semakin bertambah banyak, cepat, dan meluas daerahnya maka aku menyeru kepada saudara-saudaraku “yang benar-benar jujur” dalam melaksanakan hadits Rasulullah ﷺ:

‏[ ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻳﺆﻣﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻵﺧﺮ ﻓﻠﻴﻘﻞ ﺧﻴﺮﺍً ﺃﻭ ﻟﻴﺼﻤﺖ ‏]

"Siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka ucapkanlah hal yang baik atau diamlah!"

Dan sebagaimana perkataan Ibnu Sirin rahimahullah:

‏[ ﺇﻥ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺩﻳﻦ ﻓﺎﻧﻈﺮﻭﺍ ﻋﻦ ﻣﻦ ﺗﺄﺧﺬﻭﻥ ﺩﻳﻨﻜﻢ ‏]

"Sesungguhnya ilmu itu adalah agama maka lihatlah dari siapa kamu mengambil agamamu."

👆🏻Dan hal tersebut di atas didapatkan dengan menampakkan nama asli bagi seseorang yang ingin ikut serta bergabung dan menulis di forum ini terkhusus forum situs “sahab as-salafiy” untuk kita seluruhnya bergabung dalam meminimalkan dari membesar-besarkan permasalahan dan banyak “bicara ini dan itu”.

Dan dari sela perspektif di awal maka jelas bagi kita beberapa faidah dari bergabung (di dalam forum) dengan menyebut nama asli sebagai berikut:

1.    Teliti, perlahan, dan berpikir yang dalam sebelum menulis suatu ucapan dan menyebarkannya.

2.    Mengetahui derajat penulis dalam tingkatan ilmu dan manhaj.

3.    Tidak berani dan mendahului dari menyebarkan sesuatu sebelum tatsabbut dan memaparkannya kepada orang yang berilmu (ulama).

4.    Memahami akibat dan kelanjutannya ketika menulis dengan nama asli.

5.    Meminimalkan dari banyak menulis dan menyebarkan (tentang fitnah).

6.    Membatasi penulisan dan arahan hanya untuk orang yang berilmu (ulama) dan penuntut ilmu. Dan tidak mengizinkannya untuk segala jenis manusia.

7.    Memunculkan Ulama dan posisi mereka yang hakiki dan menampakkan hak serta keahlian mereka dalam hal pengarahan, pengajaran, dan kritikan.

8.    Menampilkan manhaj salafi dalam rupa yang indah dan gerak-gerik yang sempurna dalam hal memahami orang-orang, kondisi mereka, dan pribadai-pribadi mereka.

9.    Menurunkan hukum-hukum syar’i dalam hak orang-orang yang menyelisihi, menentang, dan membuat kebatilan. Dan mampu untuk tatsabbut dan meminta validitas dalam mengenal wujud dari pribadi-pribadi yang ada. Dan menghilangkan serta menghapusnya dalam keadaan jahaalah (tidak diketahui orangnya), ibhaam (tidak diketahui nama aslinya), dan iyhaam (membuat wahm).

10. Prediksi akan bertambahnya perkataan-perkataan yang ilmiah dan manhaj yang berfaidah. Dan akan berkurang ucapan-ucapan yang kosong (faidah) dan lemah.

11. Mengangkat diri dari metode-metode hizbiyyin dan orang-orang harokah (pergerakan) serta kempok-kelompok rahasia. Dan menyelisihi mereka dalam hal bersembunyi dan menyamar di sebalik gelar dan kuniyah. Yaitu ketika (salafiyyin) menampilkan sifat dan ciri mereka yang sejati.

12. Menampakkan kejelasan dan kejujuran -yang keduanya termasuk ciri Manhaj Salafi- dengan memunculkan nama aslinya.

Dan yang lainnya dari faidah, hasil, dan buah yang kita dapatkan ketika menampilkan nama asli.

☝🏻Sehingga kita berharap untuk menjadi pelopor dalam melaksanakan sunnah (kebiasaan) yang baik ini di jaringan internet dan dengannya kita mendapatkan pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya.

❗Dan aku ulangi kembali serta aku mengajak para pemuda salafi kita –yang bersemangat menyebar kebaikan, menolak kejelekan, meminimalkan, dan menutup jalan pelaksanaan dan jalan masuknya- untuk:

Mereka menyambut seruan dan tinjauan buah pikiran ini.

Dan hendaknya ia memandang dengan mata akal –yang bersandar kepada syariat yang suci yang membawa kepada seluruh maslahat dan membentengi dari segala mafsadah-  kepada tinjauan ini yang akan membedakan dirinya dan dakwahnya serta menampilkan kejujuran dan kejernihan niatnya, keselamatan manhajnya, dan kebaikan tujuannya.

Dan kami berharap kepada ikhwah pelaksana (admin) dari situs sahab untuk ikut ambil bagian bersama kami dalam menyampaikan seruan dan tinjauan ini. Dan itu dengan menetapkan ucapan ini di sisi halaman paling atas dalam periode waktu yang cukup bagi para pemuda atau kebanyakan mereka dalam menelaah ucapan tersebut. Dan mereka membuka pintu pendaftaran dengan nama yang asli dan mengubah kuniyah dan gelar.

ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺗﺴﻠﻴﻤﺎً ﻛﺜﻴﺮﺍً ﺇﻟﻰ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ

ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ .

Ditulis oleh:
Ubaid bin Abdillah bin Sulaiman al-Jabiriy

Dosen Universitas Islam (Madinah) Terdahulu

Hari Sabtu, 21 Rajab tahun 1423 setelah hijrah Nabi.

📡 Sumber:
https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=26369

Faidah dari Ustadz Abu Yahya Abdullah al Maydaniy | Majmu'ah Salafy Sumatera

Inilah Sebab Berkobarnya Api Fitnah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,102,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Inilah Sebab Berkobarnya Api Fitnah
Inilah Sebab Berkobarnya Api Fitnah
DIANTARA SEBAB MEMBESARNYA API FITNAH (Renungan Seorang Ulama Kibar dan Barokah bersama Pembesar Kalian)
https://1.bp.blogspot.com/-zsiiDC0Jp4A/Wd9xu3gvTKI/AAAAAAAAMRs/izWS2LUxSgQA8jF6xVbc0sUIhfAAhPPlACLcBGAs/s320/fire-175966_640.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zsiiDC0Jp4A/Wd9xu3gvTKI/AAAAAAAAMRs/izWS2LUxSgQA8jF6xVbc0sUIhfAAhPPlACLcBGAs/s72-c/fire-175966_640.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2017/10/inilah-sebab-berkobarnya-api-fitnah.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2017/10/inilah-sebab-berkobarnya-api-fitnah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy