Merasa Rezeki Kita Sedikit? Baca Nasihat Ini

SHARE:

"Apabila seseorang mengetahui bahwa rezekinya tidak akan diambil orang lain, hatinya akan tenang.

Cobaan berupa Rezeki (1)

Asy-Syaikh 'Àdil as-Sayyid hafizhahullah menjelaskan,

"Apabila seseorang mengetahui bahwa rezekinya tidak akan diambil orang lain, hatinya akan tenang.

Dalam permasalahan rezeki mungkin banyak orang berbicara tentangnya hingga khutbahnya menjadi serial, atau menulis banyak buku tentangnya. Namun ketika dirinya sendiri yang diuji rezekinya selama satu hari saja, ketika itulah terlihat bagaimana hakikat/keadaan keimanannya.

Padahal Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa berdoa kepada Allah Ta’ala agar Ia menjadikan rezeki beliau kafàf (cukup, tidak kurang, tidak lebih-pent).

Tahukahah kalian apa makna kafàf? Kafàf adalah rezeki didapat sehari demi sehari (kebutuhan hidup didapatkan perharinya untuk satu hari-pent).

Ini adalah perkara yang sangat sulit. Sungguh seseorang mungkin memiliki -misalnya- harta yang mencukupinya untuk kebutuhan satu bulan, kemudian ia berkata, "Sesudah bulan ini, apa yang harus aku lakukan?"

Wahai saudaraku, bisakah Anda memberikan garansi akan tetap hidup bulan ini?!!!

Orang ini memiliki rezeki untuk satu bulan dan ia berkata kepadamu, "Sesudah bulan ini apa yang harus kami lakukan, aku dan keluargaku?" Bukankah demikian (sifat/keadaan manusia)?

Namun Rasulullah shallallahu alaihi wasallam meminta kepada Rabbnya agar menjadikan rezeki beliau kafàf. Sehari demi sehari. Yang demikian ini agar kokoh tawakal kepada Allah di dalam kalbu.

Oleh karena itu Nabi shalallahu 'alaihi wasallam ketika mengatakan,

 لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا»

"Sungguh andai kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan kepada kalian seperti Ia memberi rezeki kepada burung." 2

Burung berangkat (mencari makan) di pagi hari dalam keadaan lapar (kosong perutnya) dan kembali dalam keadaan kenyang."

Perhatikanlah burung-burung, 'ushfur (burung kecil), burung merpati, dan selainnya. Burung-burung itu pergi di pagi hari dalam keadaan kosong perutnya, temboloknya lengket,benar-benar kosong; dan ia kembali di waktu sore dalam keadaan kenyang, penuh perutnya.

Apa yang mengisi perutnya?

Bayangkan burung-burung ini, andai kita dengan keutamaan dari Allah kepada kita, kita dijadikan bertanggung jawab terhadap burung-burung ini, dan kita harus mengurusi persediaan makanannya, niscaya burung-burung ini akan kabur ketakutan. Mereka akan tersia-siakan, andai mereka dijadikan tanggung jawab kita.

Namun (sifat) manusia itu setiapkali ia masuk dalam suatu permasalahan, masalah itu malah menjadi sulit sekali.  Karena manusia akan menghitung-hitung semuanya. (Memperhitungkan berbagai hal dalam usaha mencari nafkah-pent).

Adapun burung-burung ini, mereka sama sekali tidak menghitung rezeki mereka.

Andaikan rezeki itu datang karena (faktor) kekuatan, niscaya burung-burung kecil itu tidak akan mendapatkan sedikitpun makanan dari elang.

(Maksudnya), barangsiapa menyangka bahwa rezeki itu datang karena kekuatan, niscaya burung kecil itu tidak akan makan sedikit pun bersamaan dengan adanya elang."

t.me/majalahqonitah

Merasa Rezeki Kita Sedikit? Baca Nasihat Ini


💰 امتحان الرزق (1)

إذا علم الإنسان أن رزقه لن يأخذه غيره سيطمئن القلب، ومع ذلك كثير من الناس في قضية الرزق من الممكن أن يخطب فيه سلسلة، ويؤلف كتبًا، لكن حينما يُمتحن هو فى قضية الرزق لمدة يوم واحد حينئذ يظهر إيمانه على حقيقته، الرسول ﷺ كان يدعو ربه أن يجعل رزقه كفافًا، أتعرفون ما معنى الكفاف؟ يعني: يوم بيوم، هذا أمر صعب جدًّا، إن الإنسان من الممكن أن يكون عنده مثلًا مال يكفيه شهر ويقول: بعد هذا الشهر ماذا الذي أفعله؟ يا أخي، أنت ضامن أن تعيش هذا الشهر؟!!! يكون معه رزق شهر ويقول لك: بعد الشهر ما الذي سنفعله أنا والعيال؟ أليس كذلك.
لكن الرسول ﷺ يطلب من ربه أن يكون الرزق كفافًا، يوم بيوم، هذا لكي يَثْبُت التوكل على الله في القلب، ولذلك النبي ﷺ حينما يقول: « لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا»(2) تنظر إلى الطيور، العصافير والحمام وغيره، يغدو: في الغداة، الصباح، خِماصًا: الحويصلة مطبقة، فارغة تمامًا، وتروح بطانًا: مليئة،
ما الذي ملأها؟ تصور هذه الطيور لو نحن بفضل الله تعالى علينا أصبحنا مسئولين عن هؤلاء الطيور وعملنا لهم وزارة تموين، ستذهب هذه الطيور في داهية، ستضيع، لو أصبحوا مسئولين مننا نحن، لكن البشر كلما تدخلوا في شيء يصبح هذا الشيء صعبًا جدًّا، لأنهم يحسبونها، العصافير لا تقوم بحسابها على الإطلاق، ولو كان الرزق يأتي بقوة لما حصل العصفور شيئًا من النسر.

ومن ظن أن الرزق يأتي بقوة  @ ما أكل العصفور شيئًا مع النسر

#الشيخ_عادل_السيد

__________________________________________
(1)- فائدة من  الدرس التاسع من تفسير سورة النحل - من عمل مجموعة التفريغ

(2)-رواه الترمذي ( 2344 ) وابن ماجه ( 4164 ) ، وصححه الألباني في " صحيح الترمذي " .


•┈┈•◈❒✹◉✹❒◈•┈┈•

🌐 الحسابات الرسمية لفضيلة الشيخ أبى يوسف عادل السيد المصري ▫️حفِظَهُ الله تعالى▫️

▪️الموقع : http://www.adelelsayd.com
▪️تيليجرام : https://t.me/adelelsayd
▪️تويتر : https://twitter.com/elshikhadel
▪️البث المباشر :  http://mixlr.com/adelelsayd
▪️فايسبوك: https://fb.com/elshikhadelelsayd
▪️ هاشتاج - وسم-  :  #الشيخ_عادل_السيد

    •┈┈•◈❒✹◉✹❒◈•┈┈•


1) Faedah dari pelajaran 9 tafsir surat an-Nahl, ditranskrip  oleh Majmuah at-Tafrigh

2) HR. At-Tirmidzi (2344), Ibu Majah (4164), dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi.

JADILAH AHLUL AKHIRAH❗️

💎Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Engkau akan dapati orang yang mengutamakan akhirat itu tidak mempedulikan perkara dunia yang luput dari mereka. Jika datang perkara dunia kepada mereka, maka mereka menerimanya. Sebaliknya jika luput sesuatu dari mereka, maka mereka tidak mempedulikannya.


Dikarenakan mereka mengetahui bahwa apa yang Allah kehendaki pasti terjadi dan apa yang tidak  dikehendakinya pasti tidak terjadi, sekalipun berubah seluruh kondisi serta bahwasannya tidak mungkin merubah apa yang sudah terjadi dan menolak apa yang sudah ditakdirkan kecuali dengan sebab syar'i yang dijadikan Allah Ta'ala sebagai sebab."

🌷Syarh Riyadhish Shalihin 3/48

📲http://t.me/ukhwh

📌 كــــونــــوا مـــن أهــل الآخــــرة


❀  قــ⌘ـــال العلامة ابن عثيمين
        رحمہ الله تعالـــﮯ :


➠  تجد أهل الآخرة لا يهتمّون بما يفوتهم من الـدنيا ، إن جاءهم من الـدنيا شيء قبلـوه ، وإن فاتهم شيء لـم يهتموا به ،

➠  لأنهم يرون أن مـا شـاء الله كان ، ومـا لـم يشأ لـم يكن ، وأن الأمـور بيد الله ، وإن تغـيير الحـال من المحـال ،

➠  وأنه لا يمكن رفع مـا وقع، ولا دفع مـا قدر، إلاّ بالأسبـاب الـشرعيّة الـتي جعلـها الله تعالىٰ سببـًا .


📔 شرح رياض الصالحين (٤٨/٣)




منتديات الإمام الآجري
http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=47427

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Merasa Rezeki Kita Sedikit? Baca Nasihat Ini
Merasa Rezeki Kita Sedikit? Baca Nasihat Ini
"Apabila seseorang mengetahui bahwa rezekinya tidak akan diambil orang lain, hatinya akan tenang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLa1DjmI5bqWJDNefOFsEu7AemyddNS0XQUkSXK80Nkc0Tp11D4Y7MjpArU84OgcT_fxGWfSk8kmMqhRNWzxiZAXp_2iAyCK7zOifvCzH0bGevOLxjtvsZ0it7iLb3EfdqJWAAy9y5VBZ4/s1600/Rezeki+kita+sedikit.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLa1DjmI5bqWJDNefOFsEu7AemyddNS0XQUkSXK80Nkc0Tp11D4Y7MjpArU84OgcT_fxGWfSk8kmMqhRNWzxiZAXp_2iAyCK7zOifvCzH0bGevOLxjtvsZ0it7iLb3EfdqJWAAy9y5VBZ4/s72-c/Rezeki+kita+sedikit.jpeg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2018/03/merasa-rezeki-kita-sedikit-baca-nasihat-ini.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2018/03/merasa-rezeki-kita-sedikit-baca-nasihat-ini.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy