Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu

YUK SHARE:

Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu

UNTUKMU YANG SUDAH LAMA TIDAK MENDATANGI MEJELIS ILMU

Oleh : Al Ustadz Syafi'i Alaidrus Ngawi حفظه الله
Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu

Assalamualaikum..
ustadz, ana mau tanya, ana lama gak datang kajian soalnya sering kerja malam kadang ana mau datang tapi malu, karena lama gak datang tapi ana sering dengarkan lewat RII (Radio Islam Indonesia) gak papa ustadz atau bagaimana solusinya..?

Bismillah.
Untuk pertanyaan akh Sholahuddin..

Wa'alaikumussalam wa rahmatullah..
Antum sering mengikuti kajian-kajian asatidzah ahlus sunnah dalam radio Rii itu suatu hal yang patut disyukuri, masya Allah..

Akan tetapi itu belumlah cukup ya akhi... Disana banyak sekali keutamaan yang tidak didapat kecuali dengan menghadiri majlis tersebut secara langsung.
Diantaranya mempererat jalinan ukhuwah dan menyatukan hati. Alangkah sangat tingginya nilai kesatuan hati, tak dapat ditukar dengan seluruh kekayaan dunia ini. Allah berfirman:
وألف بين قلوبهم، لو أنفقت ما في الارض جميعا ما ألفت بين قلوبهم ولكن الله ألف بينهم، إنه عزيز حكيم
"Dan Dia-lah yang mempersatukan hati-hati mereka. Seandainya kamu membelanjakan semua kekayaan yang ada di Bumi, niscaya kamu tidak akan sanggup mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah-lah yang mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".
Bukankah dengan jarang ta'lim kita jadi semakin jauh dengan ikhwah? Sedangkan SERIGALA itu senantiasa mengincar domba yang SENDIRIAN, terpisah dari domba-domba yang lain?

Kita hidup dimasa fitnah yang sangat dahsyat. Digambarkan oleh Rasulullah seperti potongan-potongan malam yang gelap gulita, semakin masuk waktu malam maka akan semakin pekat. Demikianlah fitnah, siapa yang masuk didalamnya maka akan semakin terseret.

Digambarkan pula oleh beliau shallallhu 'alaihi wa sallam bahwa seseorang di pagi hari dalam keadaan beriman, sorenya sudah kafir. Atau sebaliknya di sore hari beriman, paginya sudah kafir. Apa sebabnya? Menjual agamanya dengan sedikit keuntungan dunia. Nas'alullahas salaamah wal 'afiyah.

Juga dampak negatife lainnya dengan jarangnya menghadiri majlis ilmu, malu bertemu dengan ikhwan. Hati-hati! ! ini adalah awal JEBAKAN SYAITHON. Karena dengan jauhnya kita dari ikhwah ahlus sunnah maka akan tergantikan dengan teman-teman selain mereka.

Awalnya mungkin tidak terasa, sekedar sungkan bertemu dengan ikhwan, menghindar, menjauh. Jika kebetulan harus berpapasan, sekedar mengucapkan salam sambil senyum lantas berusaha menghindar. Perbincangan dengan ikhwan satu menit terasa sangat berat.

Tahukah apa sebabnya? Hati yang tidak konek, tidak nyambung.

Adapun disaat bertemu dengan teman-temannya yang lain selain ahlus sunnah, masya Allah begitu sangat akrab. Berbicara berjam-jam terasa baru satu menit.

Bukankah Rasulullah telah bersabda bahwa jiwa itu ibarat pasukan yang dikerahkan, Yang saling kenal maka akan akur dan yang tidak kenal akan menghindar.
Jika sudah ada perasaan malu menghadiri majlis ilmu, maka ini musibah yang sangat besar saudaraku.
Mujahid rahimahullah mengatakan:
لا يتعلم العلم مستحي ولا مستكبر
"Tidak akan mempelajari ilmu ini seorang pemalu dan sombong".
Jadi, malu bertemu dengan ikhwan, malu menghadiri majlis ilmu, malu bertanya kepada ahlul ilmi, ini semua adalah mushibah.
Alangkah senangnya ikhwah ahlus sunnah disaat melihat saudaranya kembali tampak di majlis ilmu. Alangkah bahagianya mereka melihat saudaranya mendapat hidayah ilmu.

Sungguh, ana sering mendapat berita dari ikhwah dengan raut muka yang ceria: "Ustadz, alhamdulillah fulan sudah ikut kajian lagi". Dalam kesempatan lain ikhwah yang lain pun dengan tergopoh-gopoh berkata kepada ana: "Alhamdulillah ustadz, ana melihat Alan di majlis antum".

Dan bukankah menghadiri majlis ilmu dan berteman dengan orang-orang saleh serta menjauhi teman-teman yang jelek merupakan sebagian dari sebab-sebab keistiqomahan kita dalam menjalani agama ini?

Semoga Allah senantiasa menjaga kekokohan kita dalam menapaki jalan-Nya ini dan mematikan kita diatas Islam dan Sunnah. Aamiin

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,126,Akhirat,12,Akhwat,88,Aqidah,218,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,92,Bid'ah,40,Biografi,31,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fiqih,223,Ghaib,11,Hadits,104,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,132,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,110,Manhaj,122,Muamalah,37,Nabi,8,Nasehat,373,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,103,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,443,Tauhid,22,Tazkiyatun Nafs,66,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu
Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu
Untukmu yang Sudah Lama Tidak Mendatangi Majelis Ilmu
http://2.bp.blogspot.com/-ISwE7GUztW4/VZFe7cUelZI/AAAAAAAADng/24z6uWCXOQw/s1600/bunga-menuntut-ilmu.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ISwE7GUztW4/VZFe7cUelZI/AAAAAAAADng/24z6uWCXOQw/s72-c/bunga-menuntut-ilmu.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/06/untukmu-yang-sudah-lama-tidak.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/06/untukmu-yang-sudah-lama-tidak.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy