Renungan di Akhir Ramadhan

YUK SHARE:

Renungan di Akhir Bulan Ramadhan, Muhasabah Puasa Ramadan, Nasihat setelah ramadan.

 Renungan di Akhir Ramadhan

BONUS  RAMADHAN

Asy-Syaikh 'Abdullah azh-Zhafiri hafizhahullah berkata :

"Apabila engkau melihat pada dirimu wahai hamba Allah, ternyata telah berubah keadaanmu pada bulan ramadhan dan setelah ramadhan dari sebelum apa yang engkau telah lakukan sebelum ramadhan, maka ketahuilah bahwasanya engkau telah memperoleh buah ini. Kemudian jika tadinya engkau seorang yang lalai dalam menunaikan kewajiban dan fardhu-fardhu lalu berubah keadaanmu di bulan ramadhan maka ketahuilah bahwasannya engkau telah memperoleh ketakwaan yang hal itu adalah buahnya puasa.

Apabila engkau melihat pada dirimu sebelum ramadhan melakukan sebagian kemaksiatan dan kemungkaran dan berubahnya keadaanmu setelah ramadhan maka ketahuilah bahwasanya engkau telah memperoleh bonus ramadhan, bonus puasa yaitu ketakwaan, yang jika didapati dihati seorang hamba, maka akan menjadi pendorong baginya mengerjakan ketakwaan dan meninggalkan larangan dan kemaksiatan-kemaksiatan.

Adapun jika keadaanmu di bulan ramadhan dan setelah ramadhan sebagaimana keadaanmu sebelum ramadhan maka ketahuilah bahwa puasamu semata-mata (menahan) dari makan dan minum, dan ini merupakan musibah, ini adalah musibah yang seseorang pantas menangisi keadaannya bahwasanya telah datang ramadhan dan telah pergi pula ramadhan namun dia tidak memperoleh buah ramadhan dan bonus ramadhan."

Renungan di Akhir Ramadhan
Renungan di Akhir Ramadhan via Pixabay

جَـائِـزَةُ رَمَـضَانْ

قَـالَ الشَّـيْخ عَـبْدُ الله الظّفِـيرِي -حـَفِظَهُ الله- :

إذا رأيت نفسك يا عبد الله قد تغيَّر حالُك في رمضان وبعد رمضان عما سبق من حالك عما قبل رمضان فاعلم أنك قد تحصلت على هذه الثمرة، فإن كنت مُقصرًا في الواجبات والفرائض وتغير حالُك في رمضان فاعلم أنك قد تحصلت على التقوى التي هي ثمرة الصيام.

إذا رأيت من نفسك قبل رمضان فعلًا لبعض المعاصي والمنكرات وتغير حالُك بعد رمضان فاعلم أنك قد تحصلت على جائزة رمضان جائزة الصوم وهي التقوى، التي إن وجدت في قلب العبد كانت دافعةً له على فعل الطاعات وترك المناهي والمعصيات،

أما إذا كان حالُك في رمضان وبعد رمضان كما هو حالك في قبل رمضان فاعلم أنَّ صومك كان مجرد عن الطعام وعن الشراب، وهذه هي المصيبة، هذه هي المصيبة التي ليبكي المرء على حاله أنه جاءه رمضان وخرج رمضان ولم يتحصل على ثمرة رمضان وجائزة رمضان.

📌 الــمَصْــدَر مِــنْ هُنــ↶ـا :

https://miraath.net/ar/content/makalate/جائزة-رمضان
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || ▶️ https://t.me/hikmahsalafiyyah

sy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin –rahimahullah– berkata :

“Hendaknya orang yang berpusa memuji Rabbnya atas nikmat ibadah puasa yang itu merupakan sebab :Diampuninya dosa-dosa, Dihapusnya kesalahan-kesalahan, Diangkatnya derajat.”

Majalis Syahri Ramadhan (79)

al-Imam Ibnu Rajab –rahimahullah– berkata :

Sungguh bulan Ramadhan mulai berkurang, maka hendaknya engkau menambah amalan.

Latha’if al-Ma’arif (262) | http://www.manhajul-anbiya.net/renungan-ramadhan/

رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ أَدْرَكَ عِنْدَهُ أَبَوَاهُ الْكِبَرَ فَلَمْ يُدْخِلاَهُ الْجَنَّةَ

“Betapa hinanya seseorang ketika namaku disebut di sisinya namun ia tidak bershalawat kepadaku. Betapa hinanya seseorang yang masuk padanya bulan Ramadhan, lalu ketika bulan tersebut telah lewat ia belum mendapatkan ampunan. Betapa hinanya seseorang ketika ia mendapati masa senja kedua orang tuanya namun hal itu tidak bisa menyebabkan ia masuk surga.” (HR. Ahmad no. 7139, dan At-Tirmidzi no. 3468)

http://mahad-assalafy.com/renungan-akhir-ramadhan/

NASIHAT PERPISAHAN DENGAN RAMADHAN
Amalan itu tergantung akhirnya...

Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata:

ﻋﺒﺎﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻥ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﺰﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺣﻴﻞ ﻭﻟﻢ ﻳﺒﻖ ﻣﻨﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻘﻠﻴﻞ ، ﻓﻤﻦ ﻣﻨﻜﻢ ﺃﺣﺴﻦ ﻓﻴﻪ ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺍﻟﺘﻤﺎﻡ ، ﻭﻣﻦ ﻓﺮﻁ ﻓﻴﺨﺘﻤﻪ ﺑﺎﻟﺤﺴﻨﻰ ﻓﺎﻟﻌﻤﻞ ﺑﺎﻟﺨﺘﺎﻡ ، ﻓﺎﺳﺘﻤﺘﻌﻮﺍ ﻣﻨﻪ ﺑﻤﺎ ﺑﻘﻲ من ﺍﻟﻠﻴﺎﻟﻲ ﺍﻟﻨﻴﺮﺓ ﻭﺍﻷﻳﺎﻡ

”Wahai para hamba Allah, sesungguhnya bulan Ramadhan itu jelas akan berlalu, dan (sekarang) tidak tersisa kecuali tinggal sedikit. Maka barang siapa diantara kalian telah berbuat baik padanya, hendaknya ia menyempurnakannya. Dan barang siapa yang meremehkan, hendaknya ia menutupnya dengan kebaikan. Maka amalan itu tergantung akhirnya. Maka bersenang-senanglah kalian dengan yang masih tersisa dari malam-malam yang penuh cahaya dan siangnya.

ﻭﺍﺳﺘﻮﺩﻋﻮﻩ ﻋﻤﻼً ﺻﺎﻟﺤﺎً ﻳﺸﻬﺪ ﻟﻜﻢ ﺑﻪ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻌﻼﻡ ، ﻭﻭﺩﻋﻮﻩ ﻋﻨﺪ ﻓﺮﺍﻗﻪ ﺑﺄﺯﻛﻰ ﺗﺤﻴﺔ ﻭﺳﻼﻡ

Sampaikanlah ucapan perpisahan dengan amalan shalih, yang akan bersaksi untuk kalian di sisi Dzat Yang Maha Raja, Yang Maha Mengetahui. Dan sampaikanlah pelepasan ketika berpisah dengan Ramadhan dengan sesuci-suci penghormatan dan Salam.

[Kitab Lathaif al-Ma’arif 1/209]
Kunjungi || http://bit.ly/2rYtoO3
WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy
______________

TUTUPLAH BULAN RAMADHAN DENGAN BERTAUBAT KEPADA ALLAH TA'AALA

Al 'Allamah Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Saudaraku, tutuplah bulan Ramadhan dengan bertaubat kepada Allah Ta'ala dari kemaksiatan terhadap-Nya dan kembali kepada-Nya dengan melakukan perkara yang diridhai-Nya. Karena seseorang itu tentunya tidak akan pernah lepas dari kesalahan dan kelalaian. Seluruh Bani Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang bertaubat.

Dan sungguh Allah Ta'ala sendiri dalam al Qur'an telah menganjurkan dan begitu pula Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam menganjurkan dalam sabdanya untuk beristighfar kepada Allah Ta'ala dan bertaubat kepada-Nya.

Majalis Syahri Ramadhan hal. 336
http://t.me/ukhwh


◉ اختموا شهـر رمضـان بالـتوبة إلى الله

✍ قال العلامة ابن عثيمين -رحمه الله :

۞ إخـواني :

☜ اختموا شهـر رمضان بالـتوبة إلى الله من معاصيه، والإنابة إليه بفعل ما يرضيه، فإن الإنسان لا يخلـو من الخطـأ والـتقصير، وكل بني آدم خطـّاء، وخير الخطـّائين الـتوابون،

• وقد حثّ الله في كتابه، وحث النّبِيّ صلى الله عليه وسلم في خطـابه على استغـفار الله تعالى والتوبة إليه .

 📓[ مجالس شهر رمضان (صـ٣٣٦) ]

NASIHAT EMAS PERPISAHAN DENGAN RAMADHAN

Syaikh Shalih Al Fauzan hafizhahullah

"Meski telah berakhir bulan Ramadhan, maka hak Allah tidak berakhir, kecuali dengan kematian

"Dan sembahlah Rabbmu hingga mendatangimu kematian." [QS. Al Hijr : 99]

Allah adalah Rabb Ramadhan, Rabb Syawwal, Rabb seluruh bulan, maka bertakwalah kalian dalam setiap bulan.

Peliharalah agama kalian. Peliharalah agama kalian. Peliharalah agama kalian dalam seluruh hidup kalian. Karena itulah modal kalian di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala dan itu adalah keselamatan kalian dari neraka.

Maka peliharalah agama kalian dan pegang teguhlah pada setiap bulan dan waktu.

Bulan Ramadhan dilanjutkan dengan syukur, istighfar, serta kegembiraan dengan keutamaan Allah.
Dia yang telah memberi kita kesempatan untuk puasa dan salat padanya. Kita gembira dengan nikmat ini.

Kita tidak gembira dengan selesainya bulan!
Kita gembira karena kita bisa menyempurnakannya dengan beribadah kepada Allah.
Karena inilah kita bergembira.

"Katakanlah dengan keutamaan Allah dan rahmat-Nya. Dengan itulah hendaknya kalian bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan." [QS. Yunus:68]

Waspada kalian dari banyak kesia-siaan, permainan, dan lalai, serta berpaling dari ketaatan kepada Allah.

Karena setan semangat untuk mengugurkan amalan kalian dan menghapus apa yang telah kalian lakukan dari kebaikan.

Setan menghiasi sebagian manusia, jika selesai Ramadhan, dia menjadi bebas, merdeka, seolah dia keluar dari penjara. Maka dia pun memuaskan dirinya dalam kesia-siaan, permainan, dan kelalaian, serta menyia-nyiakan salat, juga kemungkaran lainnya.

Jangan, jangan kalian mengurai apa yang telah kalian tenun. Seperti orang yang mengurai tenunannya, setelah kuat, menjadi tercerai berai.

Bertakwalah kalian, hamba Allah!
Pelihara apa yang telah kalian amalkan dari amalan saleh.

Bertobatlah kepada Allah dari kekurangan dan kesalahan kalian. Karena Allah mengampuni siapa yang bertobat kepada-Nya."

Simak audio di: https://archive.org/download/BerpisahDenganRamadhan/BerpisahDenganRamadhan.mp3

bit.ly/tashfiyah

LANJUT IBADAH SETELAH ROMADHON

Asy Syeikh Sholih Al Fauzan hafidzohullah:

(قيل لبعض السلف:إن قوماً يجتهدون في رمضان، فإذا انتهى شهر رمضان عادوا إلى الذنوب والمعاصي فقال: بأس القوم لا يعرفون الله إلا في شهر رمضان)

Dikatakan kepada sebagian salaf: Sebagian orang semangat ibadah di bulan romadhon, namun jika sudah selesai romadhon mereka kembali kepada dosa dosa dan kemaksiatan.

Maka dia berkata: Sejelek jelek manusia yang tidak kenal dengan Allah kecuali hanya di bulan romadhon.

telegram.me/berbagiilmuagama
https://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/13036

~~~~~~~~~~~~~~~~~

HARI HARI TERAKHIR DI BULAN ROMADHON

✍️ Asy Syeikh Ali Al Haddady hafidzohullah:

(فاتقوا الله عباد الله، واغتنموا ما بقي من شهر رمضان فما بقي منه إلا أياماً معدودة وفيما بقي خير كثير فلا تزهدوا فيها بل اجتهدوا قدر طاقتكم وابذلوا جل استطاعتكم من إحياء لياليه واغتنام ساعات نهاره بالتلاوة والذكر والدعاء والصدقة وتحري ليلة القدر فإنه لا يعلم في أي ليلة تكون من هذه العشرِ إلا اللهُ تعالى)

Maka bertakwalah kalian kepada Allah dan ambillah kesempatan dari apa yang tersisa di bulan romadhon.

Dan tidaklah tersisa kecuali beberapa hari saja, namun dari apa yang tersisa ini padanya KEBAIKAN YANG BANYAK.

Maka janganlah engkau anggap remeh dari apa yang tersisa ini.

Bersemangatlah semampumu dan kerahkan tenagamu untuk menghidupkan malam malamnya dan mengisi waktu siangnya dengan tilawah, dzikir, doa, sodaqoh, dan mencari lailatul qodr karena tidak ada yang tau di malam apa lailatul qodr ini dari sepuluh hari terakhir di bulan romadhon kecuali Allah Ta'alaa.

Sumber: http://www.haddady.com
https://bit.ly/Berbagiilmuagama

BERSEMANGATLAH HINGGA AKHIR RAMADHAN

-عباد الله: اجتهدوا فيما بقي من رمضان فإن الأعمال بالخواتيم.

قال الإمام ابن القيم رحمه الله: (أهل الاستقامة في نهاياتهم ، أشد اجتهادًا منهم في بداياتهم)
مدارج السالكين(١٢٨/٣)

Ya ikhwati...
Bersungguh-sungguhlah, lebih bersemangatlah dalam ibadah di akhir-akhir Ramadhan ini, karena amalan itu tergantung akhirnya.

Ibnu Qayim رحمه الله berkata,
“Orang yang istiqamah, mereka itu pada masa akhirnya justru lebih bersemangat dibanding awalnya.”

Madarij Salikin 3/128

Al-Ustadz Usamah Mahri حفظه الله |l مجموعة طريق السلف  ll  www.thoriqussalaf.com 🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf
_________

AIR MATA MENGALIR DAN KALBU BERSEDIH BERPISAH DENGANMU, RAMADHAN

Al Hafizh Ibnu Rajab رحمه الله mengatakan,

 قلوب المتقين إلى هذا الشهر تحِن ومن ألم فراقه تئِن.

Kalbu-kalbu orang yang bertakwa merasa sedih dg bulan ini dan dengan sakitnya perpisahan pun merintih...

Lathaiful Ma'arif hlm. 304

Beliau juga mengatakan,

« كيف لا تجري للمؤمن على فراق رمضان دموعُ

وهو لا يدري هل بقي له في عمره إليه رُجوع !. »

Bagaimana air mata mukmin tidak mengalir saat berpisah dengan Ramadhan?

Dia tak tahu, apakah umurnya tersisa untuk kembali berjumpa...

Lathaiful Ma'arif hlm. 218
t.me/tashfiyah

SEMANGAT BERIBADAH KEPADA ALLAH BUKAN HANYA DI BULAN RAMADHAN

Ibnu Rajab Al-Hambali رحمه الله:

"Sesungguhnya segala amal ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Rabbnya dalam bulan Ramadhan tidak terputus dengan berakhirnya Ramadhan, akan tetapi ia tetap dilakukan setelah berakhirnya Ramadhan selama si hamba masih hidup."

Al-Wabilush Shayyib (14/1)

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada hari Sabtu, 9 Syawal 1439 H / 23 Juni 2018 M
http://t.me/nisaaassunnah

TAKUTLAH KEPADA ALLAH DI SEPANJANG TAHUN

Seorang salaf pernah ditanya tentang sebagian orang yang bersungguh-sungguh melakukan ibadah di bulan Ramadhan, namun setelah Ramadhan berlalu mereka pun kembali menyia-nyiakan waktu dan berbuat maksiat.

Maka ia menjawab,

“Mereka adalah seburuk-buruk kaum yang tidak mengenal Allah melainkan hanya di bulan Ramadhan saja."

"Karena orang yang mengenal Allah akan takut kepada-Nya disetiap waktu.”

Sumber : Ittihafu Ahlil Iman bi Durusi Syahri Romadhon. Syaikh Shalih al-Fauzan hafidzahullah
https://t.me/KajianIslamTemanggung


KEWAJIBAN SEORANG MUSLIM SETELAH BERLALUNYA RAMADHAN

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al-Fauzan hafizhahullah

Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Allah dan iringilah kepergian Ramadhan ini dengan terus melakukan amalan kebaikan.

Dikarenakan termasuk tanda diterimanya amalan kebaikan (di bulan Ramadhan) adalah dimudahkannya dia beamal setelah Ramadhan.

Tidaklah Ramadhan ini melainkan sebagai penyemangat untuk melakukan berbagai kebaikan serta merupakan awal dari sebuah taubat dan batu loncatan untuk beramal shaleh (setelahnya). Dikarenakan akhir dari sebuah amalan adalah dengan berakhirnya umur, bukan dengan berakhirnya Ramadhan.

Dan di antara tanda diterimanya taubat dan diterimanya amalan di bulan Ramadhan adalah dengan menjadi bertambah baiknya seseorang tersebut di dalam melakukan ketaatan, jauh lebih baik dari sebelum Ramadhan.

Dan di antara tanda ditolaknya amalan dan bentuk kerendahan adalah sesorang setelah keluar dari bulan Ramadhan, jauh lebih jelek amalannya dari sebelum Ramadhan.

Maka perhatikanlah diri-diri kalian semoga Allah merahmati kalian. Perhatikan diri kalian setelah berlalunya bulan Ramadhan.

Dan ketahuilah bahwa pintu taubat selalu terbuka baik di bulan Ramadhan ataupun setelahnya.

Barang siapa yang luput darinya untuk bertaubat di bulan Ramadhan, maka jangan dia berputus asa dari rahmat Allah. Bahkan selayaknya dia bersegera untuk bertaubat di setiap waktu.

Dikarenakan Allah menerima taubat orang yang bertaubat. Dan Allah mengampuni dosa bagi siapa saja yang mau kembali kepada-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [QS az Zumar 53]

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لا تُنْصَرُونَ

“Dan kembalilah kamu kepada Rabbmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong." [QS Az Zumar :54]

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لا تَشْعُرُونَ

“Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur’an) dari Rabbmu sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedang kamu tidak menyadari." [QS az Zumar :55]

⚠️ Jagalah amalan-amalan shaleh yang telah kalian lakukan di bulan Ramadhan.

● Jangan kalian rusak dengan perbuatan kalian dengan kembali melakukan berbagai kemaksiatan. Sehingga dengannya kalian telah merusak apa yang telah kalian bangun (selama Ramadhan)

● Dan dengannya kalian membatalkan apa yang telah kalian persembahkan untuk Allah di bulan Ramadhan.

● Dikarenakan kejelekan apabila banyak dilakukan akan menghancurkan seseorang dan meringankan timbangan kebaikannya.

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ

“Dan barangsiapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri." [QS al A’raf :9]

📚 Sumber || http://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/13453

⚪️ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,126,Akhirat,12,Akhwat,88,Aqidah,218,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,92,Bid'ah,40,Biografi,31,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fiqih,222,Ghaib,11,Hadits,103,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,132,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,110,Manhaj,122,Muamalah,37,Nabi,8,Nasehat,373,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,103,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,441,Tauhid,22,Tazkiyatun Nafs,66,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Renungan di Akhir Ramadhan
Renungan di Akhir Ramadhan
Renungan di Akhir Bulan Ramadhan, Muhasabah Puasa Ramadan, Nasihat setelah ramadan.
https://2.bp.blogspot.com/-oq-49sH7Bgk/Wxx1KDhPzQI/AAAAAAAANMo/lGA6fuSkryYmbiZmqz4IaYu96OuOoZ68wCK4BGAYYCw/s400/renungan-ramadhan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-oq-49sH7Bgk/Wxx1KDhPzQI/AAAAAAAANMo/lGA6fuSkryYmbiZmqz4IaYu96OuOoZ68wCK4BGAYYCw/s72-c/renungan-ramadhan.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2018/06/renungan-di-akhir-ramadhan.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2018/06/renungan-di-akhir-ramadhan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy