Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram

SHARE:

Nasihat bagi muslimah terkait penggunaan media sosial sepert facebook, instagram dan semisalnya.

Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram

بسم الله الرحمن الرحيم

PERINGATAN❗️

Agama Islam ini dibangun di atas prinsip amar ma'ruf dan nahi mungkar, memerintahkan kepada kebaikan dan melarang dari yang mungkar.

Sungguh telah dikeluhkan kepada saya, tentang beberapa kasus yang memilukan, diakibatkan pergaulan di dunia maya.

Kemudian, mengambil pelajaran dari hal itu dan dari kejadian yang mengenaskan disebabkan pertemanan atau perkenalan melalui medsos yang sempat mengisi ruang-ruang berita.

Maka dalam rangka amar ma'ruf dan nahi mungkar serta kasih sayang kepada sesama muslim, lebih khusus akhawat salafiyyat dan kaum muslimah pada umumnya, yang sering menjadi incaran dan korban pihak jahat,  saya ingatkan semua pihak  akan bahaya:

Menggunakan Facebook, Instagram dan yang sejenisnya.

Mengambil gambar/foto selfie apalagi mengunggahnya di medsos.

Yang demikian ini dikarenakan telah jelasnya hukum gambar di dalam syariat kita.

Dan sekalipun foto itu foto wanita bercadar, ternyata hal itu tetap menjadi godaan bagi lawan jenis.

Adapun sarana-sarana seperti FB dan Instagram, madharratnya jauh lebih besar daripada mashlahatnya.

Di antara madharratnya adalah kasus-kasus sebagai berikut :

1⃣. Adanya kelompok akhawat hunters, para pemburu foto selfie akhawat berhijab, yang ketertarikan mereka khusus kepada wanita yang memakai hijab(foto dalam keadaan berhijab), dengan modus -diantaranya- mengambil foto, mengoleksinya, lalu memberitahukan kepada pemilik foto bahwa pencuri foto sudah berfantasi dengan foto tersebut.

2⃣. Adanya kasus-kasus hubungan haram, hingga terjadi zina dan kehamilan, yang diawali dengan kedok perkenalan, pertemanan, pemberian "nasihat" dari laki-laki kepada perempuan, kemudian ujung dari pacaran online tersebut adalah hubungan offline hingga terjadi zina. Na'udzu billah min dzalik.

3⃣. Adanya kasus pemerasan uang dengan bukti video pasangan tersebut, yang dilakukan oleh oknum pemeras yang memerankan dirinya seolah sebagai orang shalih.

4⃣. Hancurnya rumah tangga pasutri, karena adanya pihak ketiga yang merusak rumah tangga tersebut lewat pertemanannya dengan salah satu pasutri melalui perangkat medsos.

Oleh karena itu tidak sepantasnya kita merasa aman dari godaan dan tipudaya Facebook serta Instagram dan sejenisnya, sehingga bermudah-mudahan memakainya.

Wahai muslimah, Islam datang dengan syariatnya,
• demi menjaga kehormatanmu,
• Islam melarangmu berfoto
• Islam melarangmu membuka aurat,
• Islam melarangmu pergi tanpa mahrom,
• Islam melarangmu berdua-duaan dengan selain mahrom,
• Islam melarangmu mengeraskan suara,
• Islam melarangmu membunyikan suara gelang.

Semua itu demi menjaga kehormatanmu.

Jangan kau anggap dunia maya adalah dunia baru yang lepas dari hukum-hukum tersebut, sehingga engkau merasa bebas berselancar di sana, berteman dengan siapa saja, bercakap dengan siapa saja. Memposting gambar dimana saja. Tidak!

Tidakkah kalian tahu bahwa kalian diincar, jangan jadikan diri kalian hidangan yang siap dimangsa oleh serigala.

Sadari pula bahwa diri kalian adalah godaan bagi lelaki, ingatkah sabda nabi kita?

Janganlah kalian menjadi umpan yang digunakan setan untuk menjerat kaum lelaki, sehingga ketika semuanya sudah terjadi,
Yang tersisa hanyalah penyesalan di hati... kehormatan telah terenggut...celaka, dosa, dan hina.

Demikian peringatan ini kami sampaikan, sebagai bentuk nasihat kepada akhawat salafiyyah secara khusus dan kaum muslimah secara umum dan demi melepas beban kewajiban nasehat di hadapan Allah Ta'ala.

Hamba Allah, Qomar Su'aidi.
Temanggung, 17/11/1439 H |30/7/2018 M

Turut menyebarkan,
Qonitah Menyapa t.me/majalahqonitah

Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram
Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram

KOMENTAR

BLOGGER: 1

Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,70,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,623,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,106,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram
Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram
Nasihat bagi muslimah terkait penggunaan media sosial sepert facebook, instagram dan semisalnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMGim0Mii59dpbAJJUWJw5bP5SbXRC9moB93XdheJ9zWZXeF63Ejg4dNBqjeUWZvIRn5IqX_HAdR2I3pCsIgpUyLsL-Z9IdfidSsSmSLbWSrbsv6WEWS-fonybF0qcUwUmZ45x-vNOEp_t/s320/hati-hati+instagram.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMGim0Mii59dpbAJJUWJw5bP5SbXRC9moB93XdheJ9zWZXeF63Ejg4dNBqjeUWZvIRn5IqX_HAdR2I3pCsIgpUyLsL-Z9IdfidSsSmSLbWSrbsv6WEWS-fonybF0qcUwUmZ45x-vNOEp_t/s72-c/hati-hati+instagram.jpeg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2018/07/hati-hati-dengan-sosmed-wahai-muslimah.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2018/07/hati-hati-dengan-sosmed-wahai-muslimah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy