Hukum Panitia Memasak & Memakan Daging Qurban

SHARE:

HUKUM PANITIA MEMASAK SEBAGIAN DAGING QURBAN UNTUK DIMAKAN BERSAMA: APAKAH TERMASUK UPAH YANG DILARANG?

 HUKUM PANITIA PENYEMBELIHAN MEMAKAN BAGIAN DARI DAGING KURBAN

Hukum Panitia Memasak & Memakan Daging Qurban
Hukum Panitia Memasak & Memakan Daging Qurban
❱ Fatwa al-Lajnah ad-Da'imah li al-Buhuts al-'Ilmiah wa al-Ifta' - Fatwa no. 17660

[ Pertanyaan ]

Dari yang saya pelajari, menyembelih hewan kurban milik orang lain itu hukumnya boleh, asalkan tanpa mengambil imbalan atau upah, karena yang demikian itu haram.

Namun salah seorang teman -semoga Allah memberkahinya dan kita semua- mengatakan kepada saya bahwa haram juga hukumnya memakan daging hewan kurban yang kita sembelih. Akan tetapi, dia tidak menyertakan dalilnya. Saya berusaha mengkaji hal ini dan tidak menemukan dalilnya juga;

Oleh karena itu, saya berharap Anda dapat memberikan penjelasan.

[ Jawaban ]

■ Seorang yang diserahi tugas untuk menyembelihkan hewan kurban boleh mengambil upah yang bukan berasal dari hewan kurban tersebut dan dia boleh makan bagian dari daging kurban itu.

■ Adapun orang yang berkurban, dia dianjurkan untuk memakan bagian dari hewan kurbannya sebagai bentuk peneladanan Nabi -ﷺ- dalam perkara ini.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

ـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ
[ س4 ]

لقد درست أن ذبح أضحية الناس جائز، ولكن بغير مقابل أو أجرة فذلك حرام، إلا أن أحد الإخوة بارك الله فيه وإياكم قال لي: إنه يحرم أيضًا الأكل من أضحيته، ولكن من غير دليل، ولقد بحثت في هذا ولم أجد الدليل أيضًا؛ لذلك أرجو من سيادتكم الإيضاح.

[ ج4 ]

يجوز للوكيل في ذبح الأضحية أن يأخذ أجرة على ذلك من غير الأضحية ، وله أن يأكل من لحمها، أما المضحي فيشرع له الأكل من أضحيته تأسيًا بالنبي صلى الله عليه وسلم في ذلك.

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

Komite Tetap Riset Ilmiah Dan Fatwa
Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz | Anggota: Abdullah bin Ghadyan, Shalih al-Fauzan, Abdul 'Aziz Aalu Asy-Syaikh, Bakr Abu Zayd

@ukhwh

Url: http://www.alfawaaid.net/2017/08/hukum-panitia-penyembelihan-memakan.html

HUKUM PANITIA MEMASAK SEBAGIAN DAGING QURBAN UNTUK DIMAKAN BERSAMA: APAKAH TERMASUK UPAH YANG DILARANG?

Disampaikan Oleh: 
Al-Ustadz Syafi'i Al Idrus hafizhahullah

Kajian Tematik "HUKUM-HUKUM SEPUTAR IDUL ADHA" | Rabu Malam, 28 Dzulqo'dah 1440/31Juli 2019 di Masjid Al Khoirot Geneng Ngawi, Jawa Timur
 ◙  Durasi 0:02:07
 ◙  Ukuran file 532 KB
 ◙  Link: http://bit.ly/2yHAtTT


_______
(*) Juga penjelasan tentang hukum Sohibul qurban (orang yang berkurban) memakan sebagian daging hewan qurbannya. 

••••
💾 @ForumBerbagiFaidah [FBF]
🏀 www.alfawaaid.net | www.ilmusyari.com

HUKUM SEPUTAR PEMANFAATAN DAN PEMBAGIAN DAGING HEWAN KURBAN

Dijawab oleh Ustadz Zuhair Syarif Hafizhahullah

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, semoga Allah selalu menjaga ustadz & keluarga. Izin bertanya ustadz, apa hukumnya apabila kulit kurban sapi/kambing tidak dibagikan ke warga, karna alasan untuk pembuatan gendang/tambur, tapi sudah izin dari anggota kurban.

Yang ke-2 ustadz, saya selalu ikut jadi panitia kerja penyembelihan kurban, setiap selesai kerja saya selalu diberi daging/kaki hewan tersebut, apakah hukumnya daging tersebut ustadz ?

Jawaban :

⚫️ 1. Kulit hewan qurban tidak boleh diperjualbelikan apalagi untuk buat alat-alat musik seperti gendang dll atau rebana untuk acara kebid'ahan.

⚫️ 2. Tidak boleh menggaji petugas jagal dan yang mengurusi daging hewan kurban diambilkan dari daging hewan kurban. Hendaklah diambilkan dari uang saku pengurban (atau uang pengurusan kurban_ed) .

Jika panitia kurban dapat pembagian dari daging kurban, tidak mengapa mengambilnya asalkan bukan sebagai gaji dan imbalan kerjanya.

Wallahu a'lam

Sumber :
@qowwamussunnah

BENARKAH KALAU SOHIBUL QURBAN (ORANG YANG BERKURBAN) TIDAK BOLEH MENGAMBIL/ MEMAKAN DAGING KURBANNYA?

Pertanyaan:

Bismillah, Assalamu'alaikum.. Ustadz afwan mau bertanya dikalangan masyarakat ada yang meyakini bagi pequrban tidak boleh memakan daging qurban? Bagaimana nasehat dan bimbingan ustadz. Barokallah fiyk..

Jawaban:

Asumsi semacam ini salah, karena bertentangan dengan Firman Allah Ta'ala:

فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ ۚ

"Maka makanlah darinya dan berikanlah kepada faqir serta orang yang meminta-minta". [Al Hajj: 36]

Dan juga sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

كُلُوا وَادَّخِرُوا وَتَصَدَّقُوا

"Makanlah ( daging kurban), simpanlah dan bershodaqohlah" (H.R Muslim.)

Bahkan sebagian ulama ada yang menyatakan wajibnya memakan  daging kurban bagi orang yang berkurban. Walaupun pendapat yang kuat adalah Sunnahnya.

Wallahu a'lam

Sumber: @salafylubuklinggau

Baca Juga : Tanya Jawab Tentang Ibadah Qurban

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,146,Akhirat,16,Akhwat,95,Aqidah,238,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,39,Bantahan,99,Bid'ah,44,Biografi,53,Cerita,36,Cinta,8,Dakwah,20,Doa Dzikir,36,Ebook,7,Fadhilah,58,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,260,Ghaib,14,Hadits,117,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,83,Inspiratif,34,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,130,Keluarga,151,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,159,Kitab,1,Kontemporer,122,Manhaj,144,Muamalah,41,Nabi,8,Nasehat,419,Poster,7,Puasa,42,Qurban,20,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,110,Renungan,31,Ringkasan,92,Sahabat,37,Sehat,26,Sejarah,24,Serial,3,Shalat,117,Syiah,28,Syirik,3,Tafsir,32,Tanya Jawab,489,Tauhid,26,Tazkiyatun Nafs,78,Teman,15,Thaharah,17,Thallabul Ilmi,94,Tweet Ulama,6,Ulama,45,Ustadz Menjawab,6,Video,12,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Panitia Memasak & Memakan Daging Qurban
Hukum Panitia Memasak & Memakan Daging Qurban
HUKUM PANITIA MEMASAK SEBAGIAN DAGING QURBAN UNTUK DIMAKAN BERSAMA: APAKAH TERMASUK UPAH YANG DILARANG?
https://2.bp.blogspot.com/-2InU4uaQMS0/XUi8o0fszPI/AAAAAAAAOiE/r2o5ob6nXW0b-N5qrEvY8SUeqd6RDut3ACK4BGAYYCw/s1600/hukum-panitia-memasak-dan-memakan-daging-qurban.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-2InU4uaQMS0/XUi8o0fszPI/AAAAAAAAOiE/r2o5ob6nXW0b-N5qrEvY8SUeqd6RDut3ACK4BGAYYCw/s72-c/hukum-panitia-memasak-dan-memakan-daging-qurban.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2019/08/hukum-panitia-memasak-memakan-daging-qurban.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2019/08/hukum-panitia-memasak-memakan-daging-qurban.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy