Cara Menghadapi Bully Pada Anak-anak

SHARE:

Cara Menghadapi Fenonomena Bully yang Terjadi Pada Anak-Anak.

BAGAIMANA DENGAN FENOMENA "BULLY" YANG TERJADI PADA ANAK-ANAK KITA : HUKUM SENDA GURAU/BERCANDA YANG TERKAIT MELECEHKAN FISIK SESEORANG

Disampaikan Oleh:
Al-Ustadz Muhammad Afifuddin -hafizhahullah-

Kajian "Perusak-Perusak Ukhuwah" | Ahad, 06 Rabi'ul Awwal 1441 H / 03 November 2019 M di Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas


 ◙  Durasi 00:05:04
 ◙  Ukuran file 1,9 MB
 ◙  Link: http://bit.ly/34a9ON1

#parenting #pendidikan_anak #tarbiyatul_aulad #bullying #baper

(*) Penindasan, perundungan, perisakan, atau pengintimidasian (bahasa Inggris: bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain.

Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. (Wikipedia)

t.me/ForumBerbagiFaidah [FBF] | www.alfawaaid.net

BACA JUGA : STOP BULLY DAN INILAH ALASANNYA
Cara Menghadapi Bully Pada Anak-anak

BULLYING ATAU BULLY : DEFINISI, CONTOH-CONTOH DAN AKIBAT JELEKNYA TERHADAP FISIK DAN MENTAL SESEORANG

Bullying atau bully, perbuatan agresif kepada orang lain dalam rangka mempertunjukkan kekuatan kepada orang lain.

Bullying bisa dalam bentuk verbal atau fisik. Beberapa contoh bentuk bullying, seperti
  1. Kontak fisik langsung, seperti memukul, mendorong, menjambak, menendang, mengunci dalam ruangan tertentu, mencubit, mencakar, memalak (memeras), dan merusak barang milik orang lain.
  2. Kontak verbal langsung, seperti mengancam, mempermalukan, merendahkan, berkata kasar, mencerca, mencaci atau mengejek, mengintimidasi, memberi gelaran buruk, menyebarkan rumor, dan yang sejenisnya.
  3. Perilaku nonverbal langsung, seperti melihat dengan sinis, menjulurkan lidah, membuang muka dan meludah, serta mengangkat kepalan tangan dan lainnya.
  4. Perilaku nonverbal tidak langsung, seperti mendiamkan seseorang, mengucilkan seseorang, mengirim pesan singkat secara gelap, dan sebagainya.
Korban bullying biasanya yang tak mampu membela diri. Korban kebanyakan dari keluarga yang terlalu kuat memberi proteksi (mengekang) atau dari keluarga yang sama sekali longgar dan tidak memiliki kendali aturan.

Dampak bullying pada remaja, korban merasa tidak aman, tidak tenang karena merasa terancam terus, rendah diri (minder), tak percaya diri. Hidupnya merasa tertekan dan diselimuti ketakutan.

Dampak secara fisik, timbul luka pada tubuh. Ketika mengalami bullying,  biasanya muncul pada diri korban rasa cemas, marah, muak, terancam, dan dendam.

Semuanya itu bisa terakumulasi, menyatu, dan menggumpal di dada, namun tak bisa dilampiaskan, sehingga tidak terjadi proses kanalisasi (penyaluran) emosi yang ditekan tersebut.

Perilaku bullying ini menyebabkan seseorang terganggu belajarnya. Bahkan, bisa jadi korban akan mengambil tindakan—dalam upaya mengamankan diri—pindah tempat belajar ke kota lain.

Yang lebih mengenaskan apabila bullying justru dilakukan oleh pengurus atau pengajar yang masih berusia belia, bahkan secara usia masih relatif tidak jauh beda dengan korban bullying. Hanya saja, karena yang melakukan bullying ini memiliki kedudukan khusus dalam lembaga, korban tidak berani melakukan mekanisme pertahanan diri. Pasrah.

Sumber: https://asysyariah.com/perilaku-menyimpang-remaja/
https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF] www.alfawaaid.net |

Download juga Audio Kenakalan Remaja dalam Pandangan Agama (Sebab dan Solusinya) yang disampaikan Oleh Ustadz Muhammad Afifuddin hafizhahullah


Sumber Salafy Banjarnegara

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,152,Akhirat,17,Akhwat,97,Aqidah,249,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,2,Audio,42,Bantahan,106,Bid'ah,49,Biografi,58,Cerita,41,Cinta,8,Dakwah,20,Doa Dzikir,38,Ebook,7,Fadhilah,58,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,264,Ghaib,14,Hadits,131,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,84,Inspiratif,35,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,130,Keluarga,158,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,181,Kitab,1,Kontemporer,122,Manhaj,151,Muamalah,40,Nabi,10,Nasehat,431,Poster,7,Puasa,42,Qurban,20,Ramadhan,26,Rekaman,1,Remaja,111,Renungan,32,Ringkasan,91,Sahabat,43,Sehat,26,Sejarah,29,Serial,3,Shalat,120,Syiah,28,Syirik,4,Tafsir,33,Tanya Jawab,493,Tauhid,30,Tazkiyatun Nafs,84,Teman,15,Thaharah,17,Thallabul Ilmi,93,Tweet Ulama,6,Ulama,47,Ustadz Menjawab,6,Video,11,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Cara Menghadapi Bully Pada Anak-anak
Cara Menghadapi Bully Pada Anak-anak
Cara Menghadapi Fenonomena Bully yang Terjadi Pada Anak-Anak.
https://3.bp.blogspot.com/-dmhV1QCC-YA/Xf1mJjeBAWI/AAAAAAAAO5s/XVKaksgD_OwkMSVkYfhkxRpH3ov6RvqrQCK4BGAYYCw/s640/ganjaran-bagi-tukang-bully.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dmhV1QCC-YA/Xf1mJjeBAWI/AAAAAAAAO5s/XVKaksgD_OwkMSVkYfhkxRpH3ov6RvqrQCK4BGAYYCw/s72-c/ganjaran-bagi-tukang-bully.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2019/12/cara-menghadapi-bully-pada-anak-anak.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2019/12/cara-menghadapi-bully-pada-anak-anak.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy