Hukum Membaca Al Quran di Kuburan

SHARE:

Hukum Membaca Al Quran di Kuburan Untuk Mayit

BOLEHKAH MEMBACA AL-QUR'AN DI KUBURAN? 

Hukum Membaca Al Quran di Kuburan

Pertanyaan, 

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh. 

Ustadz, Izin tanya, ada yang menyebutkan bahwa Imam Ahmad, Ibnu Taimiyah dan Imam ibnul Qoyyim rahimahumullah membolehkan membaca Qur'an di kuburan, sehingga ada yg mengolok-olok salafy itu tidak mengikuti Imam imam mereka, salafy hanya mengikuti fatwa sesuai hawa nafsunya. Benarkah ustadz para ulama yang ana sebutkan di atas membolehkan membaca Qur'an di kuburan? Mereka mengakatakan Di kitabnya Imam Ibnu Qoyyim kitab Ar-Ruh ustadz wallahu a'lam.

Jazakumullahu khairan wabarakallahu fiikum.

Jawaban, 

Ustadz Abu Dawud Al-Maydaniy hafizhahullah, 

Terkait membaca Al-Qur'an di kuburan memang ada dinukilkan dari sebagian ulama salaf yang membolehkan hal ini, akan tetapi ini adalah pendapat yang sangat lemah karna tidak dibangun di atas dalil. 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda yang artinya, “Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan, karena sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibaca surat al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim). 

Maknanya bahwa kuburan bukan tempat membaca Al-Qur'an sehingga rumah yang tidak dibacakan Al-Qur'an diumpamakan seperti kuburan. 

Terkait Kitab ArRuh karya Ibnul Qoyyim رحمه الله tidak diragukan ini adalah kitab yang banyak faedah di dalamnya, akan tetapi ada hal-hal yang dikritik para ulama di dalam kitab tersebut terkait hal-hal yang menyelisihi aqidah, dan beliau sebagaimana para ulama yang lainnya bisa benar dan bisa keliru, sehingga pendapat yang menyelisihi dalil yang sahih tidak bisa kita jadikan pegangan. 

Intinya membaca Al Qur'an di kuburan tidak disyari'atkan dan termasuk perbuatan bid'ah. 

Wallahu A'lam

📃 Sumber: Majmu'ah al-Fudhail 

✉️ Publikasi: https://t.me/TJMajmuahFudhail

=========

MEMBACA AL QUR'AN DI KUBURAN BID'AH MENURUT IMAM ASY SYAFI'I

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

ولا يحفظ عن الشافعي نفسه في هذه المسألة كلام، وذلك لأن ذلك كان عنده بدعة

"Tidak didapati ada pendapat dari asy Syafi'i sendiri dalam masalah ini (membaca Al Qur'an di kuburan,pent.) hal itu karena menurut beliau perbuatan itu adalah bid'ah."

((Iqtidha Shiratil Mustaqim)) hal.383 cetakan Maktabah ash Shafa.

✍🏻 Faedah dari:

• Ustadz Abu Hatim Falih hafizhahullah 

https://t.me/kumpulannasihatislami

BACA JUGA : HUKUM BACAAN AL QURAN UNTUK MAYIT

========

HUKUM MEMBACA AL QUR'AN DI KUBURAN

Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullahu:

Membaca Al Qur'an Al Kariim di kuburan adalah perkara kebid'ahan. Tidak datang (riwayat) dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tidak pula dari para sahabat.

Maka apabila tidak datang dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tidak pula para sahabat, maka tidak sepantasnya bagi kita untuk mengada-adakannya dari pendapat kita.

Karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda -dari apa yang shahih dari beliau-:

«ﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﺑﺪﻋﺔ، ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ، ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ»

"Setiap perkara baru yang diada-adakan (dalam urusan agama) adalah kebid'adan. Dan setiap kebid'adan adalah sesat dan kesesatan tempatnya dalam neraka."

Maka yang wajib bagi kaum muslimin untuk meneladani para salaf (pendahulu) dari kalangan para sahabat, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik yang mana mereka di atas kebaikan dan petunjuk.

📚Majmu' Fatawa wa Rasail (2/310).

Forum Salafy Purbalingga

https://t.me/ForumSalafyPurbalingga

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Membaca Al Quran di Kuburan
Hukum Membaca Al Quran di Kuburan
Hukum Membaca Al Quran di Kuburan Untuk Mayit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikjsgzj-tUbyC4uSi_eBz9z8oXa9BaUBn_dJSeujL4zXOKIZckJ2bKmfmqENa_hLL7d8waMKeyqm-b7VuPhx_kQVm8v0Nz-LvSb1rHFlgdWR_IN9rFSwzgOTpAfBOFB02VRA63d0HpRzpW/s16000/membaca+quran+di+kuburan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikjsgzj-tUbyC4uSi_eBz9z8oXa9BaUBn_dJSeujL4zXOKIZckJ2bKmfmqENa_hLL7d8waMKeyqm-b7VuPhx_kQVm8v0Nz-LvSb1rHFlgdWR_IN9rFSwzgOTpAfBOFB02VRA63d0HpRzpW/s72-c/membaca+quran+di+kuburan.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2021/10/hukum-membaca-al-quran-di-kuburan.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2021/10/hukum-membaca-al-quran-di-kuburan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy