Penjelasan Definisi / Pengertian Fikih dan Penjabarannya

SHARE:

Apa itu fikih menurut bahasa dan istilah? berikut penjelasan lengkapnya.

MAKNA FIKIH SECARA BAHASA DAN ISTILAH

A). Fikih secara bahasa artinya 'pemahaman ' اَلْفَهْمُ

Makna tersebut diambil dari firman Allah ta'ala tentang kaum Syu'aib:

ما نفقه كثيرا مما تقول

"Kami tidak banyak memahami apa yang kamu katakan." (QS. Hud: 91)

Dan firman Allah Azza wa Jalla:

ولكن لا تفقهون تسبيحهم

"Akan tetapi kalian tidak memahami tasbih mereka." (QS. Al-Isra': 44)

B). Menurut istilah, arti fikih adalah: 'Ilmu tentang hukum-hukum syar'i yang bersifat amaliyah yang terambil dari dalil-dalilnya yang terperinci'.

Dan kadang-kadang fikih diartikan sebagai hukum-hukum itu sendiri.

SUMBER-SUMBER FIKIH YANG POKOK:

. Al-Qur'an al-Karim

2. As-Sunnah yang suci

3. Ijma'

4. Qiyas.

OBJEK PEMBAHASAN FIKIH:

Objek pembahasan fiqih adalah perbuatan-perbuatan orang-orang yang mukallaf dari para hamba secara umum dan menyeluruh, meliputi hubungan manusia dengan:

Rabbnya, 

dirinya, dan

masyarakatnya.

Fiqih juga mencakup hukum-hukum amaliyah, dan semua yang bersumber dari seorang mukallaf, baik berupa perkataan, perbuatan, akad-akad dan berbagai tindakan.

Ia terbagi menjadi dua bagian:

1. Hukum-hukum ibadah, berupa shalat, puasa, haji, dan semisalnya.

2. Hukum-hukum muamalah, terdiri dari akad-akad, tindakan-tindakan, hukuman-hukuman, tindakan-tindakan pidana, tanggung jawab, dan lainnya yang bertujuan untuk mengatur hubungan sesama manusia.

Hukum-hukum ini bisa diringkas sebagai berikut:

1. Hukum-hukum keluarga dari awal terbentuknya sampai berakhirnya, terdiri dari hukum-hukum pernikahan, talak, nasab, nafkah, warisan, dan semisalnya.

2. Hukum-hukum muamalah/transaksi keuangan, yang berhubungan dengan muamalah antar individu maupun transaksi berupa: jual beli, sewa menyewa, syirkah (korporasi), dan semisalnya.

3. Hukum-hukum jinayat (kriminalitas): Yaitu yang bersumber dari seorang mukallaf dalam bentuk kejahatan dan pelanggaran, dan ketetapan hukum untuknya.

4. Hukum-hukum perdata dan peradilan, yaitu yang berhubungan dengan peradilan dalam perselisihan, gugatan, tata cara penetapan hukum, dan semisalnya.

5. Hukum-hukum internasional, yaitu yang berhubungan dengan peraturan hubungan antar negara Islam dengan negara lain dalam keadaan damai maupun perang, dan hubungan non Muslim yang menetap di negara tersebut, dan juga mencakup jihad dan perjanjian-perjanjian.

FAEDAH ILMU FIQIH

Mengetahui ilmu fiqih dan mengamalkannya akan membuahkan:

Keshalihan seorang mukallaf.

Keshahihan/benar ibadahnya.

Istiqamah/lurus jalannya.

Dan jika seorang hamba menjadi shalih, maka masyarakat juga shalih, dan akhirnya dia akan berhasil:

Di dunia bahagia dan mendapati kehidupan yang sukses, dan

Di akhirat mendapat keridhaan Allah dan surga-Nya. 

KEUTAMAAN PAHAM DALAM AGAMA dan ANJURAN MENCARI dan MENDAPATKANNYA

Sesungguhnya tafaqquh  (memahami) agama termasuk amal paling utama dan karakter paling bagus. 

Dan sungguh nash-nash dari Al-Qur'an dan As-Sunnah telah menunjukkan keutamaannya dan dorongan untuk mempelajarinya, di antaranya adalah firman Allah ta'ala,

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا كَآفَّةً، فَلَوْلاَ نَفَرَ مِنْ كَلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَآئِفًةٌ لِّيَتَفَقَّهُوْا فِيْ الدِّيْنِ وَلِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوْا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ

"Tidak sepatutnya bagi orang-orang Mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang), maka andaikata tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk menperdalam ilmu agama dan untuk memberi peringatan kepada kaum mereka apabila mereka telah kembali kepada mereka, agar mereka waspada (terhadap hukuman Allah)." (QS. At-Taubah: 122)

Dan sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم :

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ

"Barangsiapa yang Allah menginginkan kebaikan baginya, maka Dia menjadikannya faqih/paham dalam agama." (HR. Bukhari Muslim)

Sungguh Nabi صلى الله عليه وسلم menetapkan kebaikan semuanya atas faqih/paham dalam agama,  ini menunjukkan pentingnya, agung kedudukannya, tinggi derajatnya ilmu fiqih.

Dan sabda Nabi صلى الله عليه وسلم :

النَّاسُ مَعَادِنُ ، خِيَارُهُمْ فِيْ الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُهُمْ فِيْ الْإِسْلاَمِ إذَا فَقهُوْا

"Manusia itu ibarat barang tambang, yang terbaik dari mereka di masa jahiliyah adalah yang terbaik di masa Islam apabila mereka faqih/memahami (agama Islam)."

(HR. Bukhari Muslim)

Maka faqih dalam agama memiliki kedudukan yang agung dalan Islam, dan derajatnya dalam pahala sangat besar, karena apabila seorang Muslim tafaqquh dalam perkara agamanya, dan mengetahui hak dan kewajibannya, maka:

dia akan beribadah kepada Rabb-nya didasari ilmu dan bashirah, dan akan diberi taufik kepada kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dikutip dari Kitab Al Fiqhul Muyassar | https://t.me/NAmuyassar

Penjelasan Definisi / Pengertian Fikih dan Penjabarannya

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,199,Akhirat,19,Akhwat,104,Anak Muda dan Salaf,50,Anti Teroris,2,Aqidah,272,Arab Saudi,16,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Audio Singkat,8,Bantahan,105,Bid'ah,55,Biografi,68,Cerita,46,Cinta,9,Dakwah,25,Doa Dzikir,52,Ebook,13,Fadhilah,59,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,309,Ghaib,15,Hadits,158,Haji-Umroh,11,Hari Jumat,32,Hari Raya,3,Ibadah,41,Info,76,Inspiratif,36,IT,10,Janaiz,4,Kata Mutiara,129,Keluarga,198,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,231,Kitab,3,Kontemporer,140,Manhaj,162,Muamalah,44,Nabi,14,Nasehat,549,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,48,Rekaman,2,Remaja,138,Renungan,70,Ringkasan,96,Sahabat,52,Sehat,26,Sejarah,39,Serial,3,Shalat,143,Syiah,27,Syirik,12,Tafsir,40,Tanya Jawab,564,Tauhid,48,Tazkiyatun Nafs,103,Teman,18,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,115,Tweet Ulama,6,Ulama,59,Ustadz Menjawab,9,Video,13,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Penjelasan Definisi / Pengertian Fikih dan Penjabarannya
Penjelasan Definisi / Pengertian Fikih dan Penjabarannya
Apa itu fikih menurut bahasa dan istilah? berikut penjelasan lengkapnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgf211dCaUx9LHtHzgpkj1DWOIKnv-fZzcV5EB4NGkfbnXQyhAAfCRWIY7zMSvfjnAMRuevPuO88Nq3SI7yN2gOnJfWzSUbu69pKRdN3LeDbZU1cdNq-7eA962932eDtIwWtaO9cBVqzgol2CDMn7T-OX3kByvIk6uShycqLBiLEHHfzvJTBRYcDLsqcQ=w240-h320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgf211dCaUx9LHtHzgpkj1DWOIKnv-fZzcV5EB4NGkfbnXQyhAAfCRWIY7zMSvfjnAMRuevPuO88Nq3SI7yN2gOnJfWzSUbu69pKRdN3LeDbZU1cdNq-7eA962932eDtIwWtaO9cBVqzgol2CDMn7T-OX3kByvIk6uShycqLBiLEHHfzvJTBRYcDLsqcQ=s72-w240-c-h320
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2022/01/penjelasan-definisi-pengertian-fikih.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2022/01/penjelasan-definisi-pengertian-fikih.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy