Hukum Sujud Tilawah & Tata Caranya

SHARE:

Tata cara sujud tilawah di dalam dan di luar shalat, hukum, dan bacaan sujud tilawah.

Selayang Pandang Tentang Sujud Tilawah

Hukum Sujud Tilawah & Tata Caranya

1. Hukum Sujud Tilawah

سجود التلاوة سنة، وهي سجدات معلومة في القرآن، خمس عشرة سجدة في القرآن

"Sujud tilawah adalah sunnah (bukan wajib), itu adalah sujud-sujud yang maklum di dalam al-quran, ada 15 tempat sujud dalam al-Quran."

[Fatâwâ Ibni Bâz rahimahullah]

2. Sujud Tilawah Di Luar Shalat.

إذا مر بها المؤمن في خارج الصلاة سجد، ولو كان على غير طهارة على الصحيح، والأفضل أن يكبر تكبيرة في أولها فقط، ثم يسجد ويقول في السجود مثل ما يقول في سجود الصلاة: سبحان ربي الأعلى، سبحان ربي الأعلى، يدعو بما تيسر، وليس فيها تسليم، ولا تكبير ثان، هذا هو المختار، هذا هو الأرجح.

"Apabila seorang mukmin membaca al-Quran di luar shalat, melewati ayat yang ada sujud tilawah maka dia sujud. Walaupun tidak kondisi berwudhu menurut pendapat yang shahih.

- (Tata caranya) yang lebih utama : dia mulai dengan takbir ketika hendak sujud 1x saja di awal sujud.

- Lalu dia sujud dan membaca seperti bacaan pada sujud shalat  : Subhana Rabbiyal a'la, Subhana Rabbiyal a'la.

- dan berdoa ringan yang mudah setelahnya.

- kemudian bangkit tanpa takbir dan tanpa diakhiri salam.

Inilah tata cara yang dipilih dan paling rajih."

[Fatâwâ Ibni Bâz rahimahullah]

3. Hukum Meletakkan Mushaf Al-Quran di Lantai Saat Sujud Tilawah.

وإن وضعه على الأرض للحاجة لا لقصد الامتهان على أرض طاهرة بسبب الحاجة لذلك ككونه يصلي وليس عنده محل مرتفع أو أراد السجود للتلاوة فلا حرج في ذلك إن شاء الله، لكنه إذا وضعه على كرسي أو على وسادة ونحو ذلك أو في رف كان ذلك أحوط.

والخلاصة: أن وضع القرآن على محل مرتفع ككرسي، أو رف في جدار أو فرجة هو الأولى والذي ينبغي، وفيه رفع للقرآن وتعظيم له واحترام لكلام الله، ولا نعلم دليلا يمنع من وضع القرآن فوق الأرض الطاهرة الطيبة عند الحاجة لذلك

"Meletakkan mushaf al-Quran di atas lantai yang suci karena ada suatu hajat, bukan tujuan menghinakannya, seperti keadaan seseorang sedang shalat dan dia tidak memiliki tempat yang tinggi, atau dia sedang ingin sujud tilawah maka hukumnya tidak mengapa in syaa Allah.

Namun tentunya meletakkan di atas kursi, atau di atas bantal, atau di atas rak, yang demikian itu lebih berhati-hati.

Kesimpulannya : Meletakkan al-Quran di atas tempat tinggi, seperti : kursi, rak itu lebih utama dan sepantasnya demikian; karena di dalamnya terdapat bentuk pemuliaan terhadap al-Quran.

Dan aku tidak mengetahui adanya dalil yang melarang meletakkan mushaf al-Quran di atas lantai yang suci dan bersih ketika ada hajat."

[Fatâwâ Ibnu Bâz rahimahullah]

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

وأما وضع المصحف على الأرض الطاهرة الطيبة، فإن هذا لا بأس به ولا حرج فيه؛ لأن هذا ليس فيه امتهان للقرآن، ولا إهانة له، وهو يقع كثيرا من الناس إذا كان يصلي ويقرأ من المصحف وأراد السجود يضعه بين يديه، فهذا لا يعد امتهانا, ولا إهانة للمصحف فلا بأس به، والله أعلم.

▪️"Adapun meletakkan mushaf al-Quran di atas bumi yang suci dan bersih, maka yang demikian ini tidak mengapa; karena hal itu tidak ada unsur penghinaan terhadap al-Quran.

Dan ini yang sering terjadi di tengah masyarakat, apabila menegakkan shalat dan membaca langsung dari mushaf al-Quran, lalu dia hendak sujud, maka dia letakkan mushaf itu di antara kedua tangannya. Yang demikian ini tidak dianggap penghinaan terhadap mushaf al-Quran.

Kesimpulannya tidak mengapa, Allahu a'lam."

[Fatâwâ Ibnu 'Utsaimîn rahimahullah]

4. Sujud Tilawah Saat Keadaan Shalat.

وإن كان في الصلاة، مر بها في الصلاة، شرع له السجود، الصلاة الجهرية: كالمغرب، والعشاء، والفجر، والجمعة، شرع له السجود، والمأمومون يسجدون خلفه، إذا كان إمامًا يسجدون معه إذا سجد. أما في السرية -وهو إمام- فلا يشرع له السجود؛ لأنه قد يشوش على الناس، إلا إذا كان يصلي وحده؛ فلا بأس، كالذي يصلي نافلة، أو فاتته الصلاة الفريضة، ويصلي وحده، لا بأس أن يسجد في السرية؛ لعدم التشويش. 

"Jika seseorang di dalam shalat, lalu melewati ayat sujud tilawah, maka disyariatkan untuk dia bersujud tilawah. Ini shalat jahriyah seperti : maghrib, 'isya, subuh, shalat jum'at, maka para makmum yang dibelakang mengikuti sujud tilawahnya dia apabila posisinya sebagai imam, mereka semua sujud jika imam melakukan sujud tilawah. 

Adapun saat shalat sirriyah, seperti : shalat dzuhur, ashar, rakaat ke-3 maghrib, dan rakaat ke-3, ke-4 shalat isya'. Maka tidak disyariatkan sujud tilawah; agar dia yang sebagai imam tidak membuat bingung para makmum. Kecuali jika memang dia shalat sendiri, maka tidak mengapa, seperti dia sedang shalat sunnah sendirian, atau saat shalat wajib sendirian karena terluput shalat wajib secara berjama'ah, lalu dia shalat sendiri, maka tidak masalah dia sujud tilawah pada shalat sirriyah; karena tidak akan membingungkan siapa-siapa."

[Fatâwâ Ibni Bâz rahimahullah]

5. Tata Cara Sujud Tilawah Saat Dalam Keadaan Shalat.

وفي الصلاة يكبر في كل خفض ورفع، إذا سجد يكبر، وإذا رفع يكبر؛ لأن النبي ﷺ كان يكبر في كل خفض ورفع، يدخل في ذلك سجود التلاوة في الصلاة، وهي سنة غير واجبة؛ لأنه ثبت عنه ﷺ في الصحيحين أنه قرأ عليه زيد بن ثابت  سورة النجم، فلم يسجد فيها -عليه الصلاة والسلام- فدل ذلك على عدم الوجوب.

"Seorang yang shalat (sendiri atau menjadi imam) bertakbir saat hendak turun untuk sujud tilawah, dan takbir ketika hendak bangkit berdiri.

Ketika sujud tilawah bertakbir, dan ketika hendak bangkit berdiri bertakbir; karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu senantiasa bertakbir ketika turun dan bangkit dalam shalat. Maka masuk juga dalam tata cara tersebut sujud tilawah.

Dan sujud tilawah ini hukumnya sunnah, tidak wajib; karena dalam sebuah riwayat ash-shahiihain, zaid bin Tsabit pernah membaca surat an-Najm di hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (termasuk surat yang ada sujud tilawahnya), namun beliau tidak melakukan sujud tilawah, maka hal ini adalah dalil yang menunjukkan tidak wajibnya sujud tilawah."

[Fatâwâ Ibni Bâz rahimahullah]

Silakan ikuti dan bagikan

TELEGRAM : http://bit.ly/tg_AM

ARCHIVE : http://bit.ly/arc_AM

🌿 AHLUSSUNNAH MALANG 🌿

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Sujud Tilawah & Tata Caranya
Hukum Sujud Tilawah & Tata Caranya
Tata cara sujud tilawah di dalam dan di luar shalat, hukum, dan bacaan sujud tilawah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigodOPtZDFwVbYUeYQK9CoGlEq4SR4LDpdDD2c-ByC_hIQX99cOxaZFNGGFMBOteuN8Dk-q7SDPivxR0i5LGv-QIGIeq9k56Tmaj52tu4h23_xpCW6mOpSsN8ppDwCJ9ChnnkzeslBtKsXPFNdp0P1P3OJMyF9tGpisg2QNI8ZNFzrkKg0LlT9N_CTvdU0/s16000/selayang%20pandang%20sujud%20tilawah.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigodOPtZDFwVbYUeYQK9CoGlEq4SR4LDpdDD2c-ByC_hIQX99cOxaZFNGGFMBOteuN8Dk-q7SDPivxR0i5LGv-QIGIeq9k56Tmaj52tu4h23_xpCW6mOpSsN8ppDwCJ9ChnnkzeslBtKsXPFNdp0P1P3OJMyF9tGpisg2QNI8ZNFzrkKg0LlT9N_CTvdU0/s72-c/selayang%20pandang%20sujud%20tilawah.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2024/04/hukum-sujud-tilawah-tata-caranya.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2024/04/hukum-sujud-tilawah-tata-caranya.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy