Menghafal atau Memahami Ilmu Syar'i, Mana yang Lebih Utama?

YUK SHARE:

Cara Menghafal matan, mana yang lebih utama, menghafal atau memahami illmu agama?

MANA YANG LEBIH UTAMA,  MENGHAFAL ATAU MEMAHAMI ILMU SYAR'I?

Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Menurutku orang yang baru menuntut ilmu hendaknya dia antusias menghafal teks asli kitab (matan), karena sebagaimana yang telah saya katakan: masa muda tidak akan lupa. Sedangkan menghafal matan itu sendiri adalah ilmu.

Sehingga jangan memperhatikan ucapan orang yang mengatakan: ilmu itu pemahaman. Ini suatu kesalahan. Karena Allah 'Azza Wa Jalla tidaklah memberi manfaat  kepada kita melainkan dengan apa yang pernah kita hafal di saat kecil. Sehingga kita bisa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang dulu pernah kita hafal.

Oleh karena itu engkau akan dapati orang-orang yang hanya bersandar dengan pemahaman tidak memiliki ilmu karena mereka tidak berdasarkan atas sesuatu pun."

Liqa' al Bab al Maftuh 210

http://t.me/ukhwh


أرى أن طالب العلم المبتدئ يحرص على حفظ المتون, لأنه كما قلت: الصغير لا ينسى, وحفظ المتون هو العلم، ولا تعتبروا بقول من قال: العلم هو الفهم، هذا غلط, نحن لم ينفعنا الله عز وجل إلا بما حفظناه من قبل في حال الصغر, نستحضر العبارات التي كنا نحفظها من قديم, ولذلك تجد الذين يعتمدون على مجرد الفهم ليس عندهم علم, لأنهم لا يرتكزون على شيء

http://binothaimeen.net/content/6089?q2=%D9%85%D8%AA%D9%88%D9%86

BACA : 6 METODE TEPAT DALAM MENUNTUT ILMU

Menghafal atau Memahami Ilmu Syar'i, Mana yang Lebih Utama?
Menghafal atau memahami ilmu syari via Pexels

CARA MUDAH MENGHAfAL MATAN

Sebelum mulai menghafal ada baiknya kita memahami cara yang bagus bagi seorang penuntut ilmu untuk menghafal. Agar waktu luang yang dimiliki tidak terbuang begitu saja diakibatkan salah dalam metode hafalan.

Ketentuan hafalan yang disebutkan Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Qasim dalam kitabnya tersebut:

  • Terus menerus dalam mengulangi hafalan. Tidak cukup hanya sekali atau dua kali.
  • Tidak memperbanyak hafalan harian dan teliti dalam menghafal.
  • Untuk hadits, maksimal dalam satu hari menghafal 3 hadits.
  • Untuk natsr, maksimal menghafal 1 jumlah mufidah dan tidak lebih dari 5 baris.
  • Untuk Manzhumah, maksimal menghafal 3 bait.

Metode menghafal yang benar adalah sebagai berikut:

✔ Hafalan yang telah ditentukan dalam 1 hari diulangi sebanyak 20 kali. Waktu terbaik untuk menghafal adalah setelah shalat shubuh.

✔ Apa yang telah dihafal pada waktu fajar diulangi 20 kali setelah ashar atau setelah maghrib.

✔ Hari esoknya sebelum memulai hafalan baru, ulangilah hafalan sebelumnya 20 kali. Lalu bacalah hafalan dari awal hingga akhir hafalan.

Setelah itu baru mulai menghafal yang baru dengan metode yang sama.

Ulangilah metode harian ini hingga selesai dari satu kitab matan.

Apa yang disebutkan di atas hanya tatacara menghafal. Adapun pengamalannya harus di bawah bimbingan para ustadz ahlussunnah wal Jama’ah. Tidak halal memaksakan diri untuk memahami kitab-kitab ulama tanpa bimbingan ahlul ilmi walaupun pada dasarnya kita bisa bahasa arab.

Karena bisa jadi ada istilah-istilah atau ucapan penulis yang tidak kita pahami dengan benar. Dan itu adalah sebab tergelincirnya banyak orang dari kebenaran. Semoga Allah melindungi kita semua.

Disadur dari: http://bit.ly/2zKLpTv

Publikasi Salafy Baturaja | Channel Telegram || t.me/salafybaturaja | via salafycirebon.com

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,122,Akhirat,12,Akhwat,83,Aqidah,216,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,89,Bid'ah,40,Biografi,27,Cerita,13,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,211,Ghaib,11,Hadits,95,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,75,Inspiratif,25,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,121,Keluarga,122,Khawarij,21,Kisah,113,Kontemporer,109,Manhaj,117,Muamalah,36,Nabi,9,Nasehat,359,Poster,6,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,101,Renungan,22,Ringkasan,90,Sahabat,29,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,99,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,425,Tauhid,19,Tazkiyatun Nafs,63,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,82,Tweet Ulama,6,Ulama,27,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Menghafal atau Memahami Ilmu Syar'i, Mana yang Lebih Utama?
Menghafal atau Memahami Ilmu Syar'i, Mana yang Lebih Utama?
Cara Menghafal matan, mana yang lebih utama, menghafal atau memahami illmu agama?
https://3.bp.blogspot.com/-c_0efu-gWOI/WtVLpkrV5XI/AAAAAAAAM-s/ObOMaL-uOfkP2C8jh9p38mi4kNzzXtQmgCK4BGAYYCw/s400/memahami-atau-menghafal.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-c_0efu-gWOI/WtVLpkrV5XI/AAAAAAAAM-s/ObOMaL-uOfkP2C8jh9p38mi4kNzzXtQmgCK4BGAYYCw/s72-c/memahami-atau-menghafal.jpeg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2018/04/menghafal-atau-memahami-ilmu-syari-mana.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2018/04/menghafal-atau-memahami-ilmu-syari-mana.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy