Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

SHARE:

Biografi Ringkas Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Ahli Fikih Zaman Ini

AHLI FIKIH ZAMAN INI

Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Ulama kita ini sangat terkenal di kalangan Ahlus Sunnah zaman ini. Beliau menghabiskan waktu dan usianya untuk dakwah baik dengan lisan atau tulisan. Sehingga sumbangsih beliau sangat banyak untuk Islam dan kaum muslimin. Ilmu fikih adalah salah satu bidang ilmu yang beliau kuasai dengan baik. Hingga sebagian ulama menjulukinya sebagai “Faqih hadzal Ashr” (Ahli fikihnya zaman ini). Tidak lain beliau Asy Syaikh Al Allamah Al Utsaimin rahimahullah.

NASAB DAN KELAHIRAN BELIAU

Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Al Wuhaibi At Tamimi dengan kunyah Abu Abdillah. Beliau dilahirkan di Kota Unaizah pada tanggal 27 Ramadhan tahun 1347 H.

PERJALANANNYA MENUNTUT ILMU

Beliau belajar ilmu Al Qur’an kepada kakeknya dari jalur ibu yang bernama Abdurrahman bin Sulaiman Alu Damigh hingga beliau mampu menghafal Al Quran. Kemudian setelah itu beliau mengalihkan konsentrasi guna belajar dan menekuni berbagai disiplin ilmu agama dan penunjangnya. Di antaranya beliau belajar ilmu khath (tulisan), ilmu hitung, dan sebagian cabang ilmu sastra.

Anda tentu pernah mendengar Syaikh Abdurrahman As Sa’dy rahimahullah pemilik kitab tafsir yang sangat terkenal itu. Ternyata Syaikh As-Sa’di adalah gurunya Syaikh Al Utsaimin.

Pada saat itu Syaikh Abdurrahman As-Sa’dy telah menunjuk dua orang murid seniornya untuk mengajar para murid-murid yunior. Yaitu Syaikh Ali Ash-Shalihi dan yang kedua adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al Muthawwi’.

Beliau pun bermulazamah dan belajar beberapa kitab kepadanya seperti kitab Mukhtashar Al Aqidah Al Wasithiyah, Fiqh Minhajus Salikin karya Syaikh As Sa’di sendiri, Al Ajurumiyah dan Alfiyah. Adapun ilmu Faraidh (ilmu waris) dan fikih, beliau belajar kepada Asy Syaikh Abdurrahman bin Ali bin Audan. Dengan demikian Syaikh Abdurrahman As-Sa’di terhitung sebagai guru beliau yang pertama.

Beliau bermulazamah dan secara intensif mempelajari berbagai cabang ilmu agama dari Syaikh As Sa’di. Seperti ilmu Tauhid, Tafsir, Hadis, Fikih, Ushul Fiqh, Faraid, Musthalah Hadis, Nahwu, dan Sharaf.

Bahkan Syaikh As Sa’di adalah guru pertamanya yang memberikan pengaruh cukup besar dalam banyak hal. Hal ini diakui sendiri oleh Syaikh Utsaimin dalam pernyataannya, 

“Aku banyak terkesan dan terpengaruh oleh beliau dalam metode pengajaran, penyampaian ilmu, dan pendekatannya kepada para penuntut ilmu dengan memberikan contoh dan makna dalam mengajar. Demikian halnya aku terkesan kepada beliau dari sisi akhlaknya. Karena Syaikh Abdurrahman mempunyai akhlak yang mulia dan kedudukan yang tinggi dalam hal ilmu serta ibadah. Terkadang beliau bercanda dengan anak kecil dan tertawa bersama orang-orang dewasa. Beliau termasuk orang yang paling baik akhlaknya yang pernah aku lihat.”

Demikian pula sebaliknya, Syaikh Utsaimin juga memiliki kedudukan yang spesial di sisi gurunya. Suatu saat ayah Syaikh Utsaimin hendak pindah ke kota Riyadh dan menginginkan supaya putranya ikut pindah bersamanya. Tatkala berita itu sampai kepada Syaikh Abdurrahman As Sa’di, beliau pun menulis sepucuk surat untuk sang ayah. Dalam surat tersebut beliau mengatakan, “Sesungguhnya (kepindahan) ini tidak mungkin. Kami ingin Muhammad tetap tinggal di sini sehingga ia bisa mengambil faedah.”

Di samping itu, beliau juga pernah belajar kepada Syaikh Abdul Aziz bin Baz yang terhitung sebagai guru beliau yang kedua. Beliau mengawalinya dengan belajar Shahih Al Bukhari, sebagian karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan beberapa kitab fikih.

Tentang gurunya ini, Syaikh Al Utsaimin mengatakan, “Saya sangat terkesan dengan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam hal perhatian beliau terhadap hadis. Aku juga terkesan dengan akhlak beliau dan kelapangan jiwa beliau dalam menghadapi manusia.”

Waktu terus berlalu hingga tibalah saatnya beliau mengajar dan berdakwah dalam sekup yang luas. Pada tahun 1371 H, beliau pun mulai mengajar di Masjid Al Jami’. Ketika dibuka berbagai ma’had ilmi (lembaga-lembaga ilmiah) di Kota Riyad, beliau pun masuk dan bergabung dengan ma’had tersebut pada tahun 1372 H.

Beliau berkisah, “Aku masuk ke ma’had ilmi pada tahun kedua atas bimbingan dari Syaikh Ali Ash Shalihi. Sebelumnya aku juga telah meminta izin kepada Syaikh Abdurrahman As Sa’di. Saat itu ma’had ilmi terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas umum dan kelas khusus. Aku pun masuk dan mengikuti program di kelas khusus.”

Setelah menjalani jenjang pendidikan selama dua tahun, beliau pun lulus dan ditunjuk sebagai pengajar di Ma’had Unaizah Al Ilmi. Bersamaan dengan itu beliau melanjutkan studi dengan mengambil jurusan Syari’ah sekaligus melanjutkan belajar kepada Asy Syaikh Abdurrahman As Sa’di.

Ketika Syaikh Abdurrahman wafat, maka beliau menggantikan posisinya sebagai imam di masjid Al Jami’ Al Kabir di Unaizah. Selain itu juga mengajar di Perpustakaan Nasional Unaizah dan merangkap sebagai pengajar di Ma’had Ilmi. Kemudian beliau berpindah mengajar di dua fakultas, yaitu fakultas Syariah dan Ushuludin di universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud cabang Qasim.

Bahkan beliau juga diangkat menjadi salah satu anggota Haiah Kibaril Ulama (Majelis ulama besar) kerajaan Saudi Arabia. Beliau memiliki semangat yang luar biasa dalam berdakwah di jalan Allah, membimbing para juru dakwah dan upaya beliau patut disyukuri dalam hal ini.

Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa Syaikh Muhammad bin Ibrahim pernah memberikan penawaran bahkan mendesak kepada beliau supaya menduduki jabatan Qadhi (hakim). Bahkan Syaikh Muhammad telah mengeluarkan surat keputusan penunjukan beliau sebagai Kepala Mahkamah Syariah di Ihsa’. 

Namun beliau meminta supaya dibebaskan dan diturunkan dari jabatan tersebut. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan pendekatan pribadi dari beliau, akhirnya Syaikh Muhammad mengabulkan pengunduran diri beliau dari jabatan tersebut. Beliau mengetahui bahwa amanah tersebut tidak mudah menjalankannya dan tanggung jawabnya besar di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

KARYA TULIS BELIAU

Kaum muslimin terutama para penuntut ilmu tentu sangat akrab dengan berbagai tulisan beliau. Tidak ada satupun disiplin ilmu agama melainkan beliau punya andil di dalamnya. Dalam bidang akidah, fikih, tafsir, musthalah, nahwu, ushul fikih, dan lain sebagainya.

Beliau memiliki karya tulis sangat banyak yang mencapai empat puluh buku dan makalah. Hingga saat ini karya-karya beliau sering dijadikan sebagai rujukan oleh para penuntut ilmu di berbagai belahan dunia.

Di antaranya adalah sebagai berikut Fathur Rabbil Bariyyah bitalkhishil Hamawiyah, Majalis Syahri Ramadhan, Al-Manhaj li Muridil ‘Umrah wal Hajj, Tashilul Faraidh, Syarh Lum’atul I’tiqad, Syarh Al-Aqidah Al-Wasithiyah, Syarh Riyadhus Shalihin, Ushulut Tafsir, Asy-Syarh Al-Mumti’, Al-Qaulul Mufid Syarhu Kitabit Tauhid, Syarh Ushul Ats-Tsalatsah, Kitabul ‘Ilm dan yang lainnya. Dan Alhamdulillah di negeri kita ini kitab-kitab beliau dengan mudah bisa kita dapatkan. Bahkan banyak pula yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

WAFATNYA BELIAU

Beliau wafat pada hari rabu 15 Syawal 1421 H yang bertepatan dengan tanggal 10 Januari 2001. Tepatnya pada pukul 6 malam di rumah sakit spesialis Raja Faishal di Jeddah. Setelah beliau ditimpa penyakit parah yang telah beliau derita dalam waktu yang lama. Pada awalnya beliau enggan untuk terapi dengan pengobatan kimia. Namun akhirnya beliau pun menjalani pengobatan tersebut atas permintaan pemerintah Saudi. Beliau pun sempat berobat ke Amerika namun tidak lama kemudian kembali lagi karena tugas ilmiah beliau untuk mengajar di Unaizah dan Masjidil Haram.

Subhanallah, beliau memang seorang figur ulama yang sangat semangat dan antusias untuk berdakwah. Beliau tetap mengajar dalam kondisi sakit dan membutuhkan istirahat. Pernah beliau mengajar dalam keadaan sakit dan dirawat tenaga medis. Pernah pula beliau berusaha melawan rasa kantuk yang sangat ketika mengajar. Semua itu beliau jalani dengan penuh kesabaran dan semangat yang tinggi.

Oleh karenanya ketika sakit beliau semakin parah pun, hal itu tidak menghentikan semangat beliau untuk mengajar. Saat itu beliau menempati sebuah kamar di Masjidil Haram dan hanya menyampaikan pelajaran secara singkat. Akhirnya beliau meninggal dalam usia 74 tahun dan dimakamkan di pemakaman Al Adl bersama guru beliau Syaikh bin Baz rahimahullah. Semoga Allah membalas segala jasa beliau untuk Islam dan kaum muslimin dengan balasan yang terbaik. Allahu A’lam.

Baca juga literatur lain tentang beliau : https://asysyariah.com/asy-syaikh-ibnu-utsaimin-pelita-di-tengah-umat/

Sumber: Majalah Qudwah edisi 37 vol.04 1437 H/ 2016 M rubrik Ulama.
Pemateri: Al Ustadz Abu Hafiy Abdullah.
http://ismailibnuisa.blogspot.com/2016/03/ahli-fikih-zaman-ini.html

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,49,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Biografi Ringkas Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Ahli Fikih Zaman Ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgu7pvKfvf4LVMz1OH1Leeo41zZYVKy_kcsLKxtk-JL2tcISHz9SGc8Vx0mnIaTC8GFt6ix-xjndTnPBjtRDV3ufGPNueihoVeZ7zktuz_PqhbsPveswgmyJobDyoz8CKBhniJx5z9sGST/s320/biografi-syaikh-muhammad-bin-shalih-al-utsaimin.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgu7pvKfvf4LVMz1OH1Leeo41zZYVKy_kcsLKxtk-JL2tcISHz9SGc8Vx0mnIaTC8GFt6ix-xjndTnPBjtRDV3ufGPNueihoVeZ7zktuz_PqhbsPveswgmyJobDyoz8CKBhniJx5z9sGST/s72-c/biografi-syaikh-muhammad-bin-shalih-al-utsaimin.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2019/07/biografi-syaikh-muhammad-bin-shalih-al-utsaimin.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2019/07/biografi-syaikh-muhammad-bin-shalih-al-utsaimin.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy