Nasihat Terkait Mahalnya Mahar Jadi Sulit Menikah

SHARE:

NASEHAT TERKAIT MAHALNYA MAHAR MENJADIKAN SULIT MENIKAH

NASEHAT TERKAIT MAHALNYA MAHAR MENJADIKAN SULIT  MENIKAH 

Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah 
Nasihat Terkait Mahalnya Mahar Jadi Sulit Menikah

Pertanyaan :

Para Pemuda dan Pemudi mengalami kesulitan untuk menikah dan untuk menjalani hidup berumah tangga, karena sebab mahar yang mahal. Apa nasehat Syaikh yang mulia tentang hal itu?

Jawaban :

Tidak ragu lagi, sesungguhnya mahar yg mahal termasuk sebab terbesar tertundanya pernikahan. Dan terus membujangnya pemuda dan pemudi itu disebabkan karena mahalnya mahar. Dan ini juga yang berkaitan dengan tema ini, tema rumah tangga. 

Karena terlambatnya para pemuda dan pemudi dalam menikah itu menyebabkan berbagai problema. Maka wajib untuk memperhatikan hal ini dan wajib bersemangat untuk tidak bermewah-mewah berbangga-bangga dalam mahar, pesta dan selainnya. 

Karena sesungguhnya bermegah-megah dan bermewah-mewah dalam hal ini dari segi mahalnya mahar dari segi berlebih-lebihan dalam mengadakan pesta pernikahan, semua ini akan memudharatkan semua pihak, akan menyebabkan berbagai macam problema yang besar terjadi. 

Dan wasiat saya kepada semuanya, hendaknya memperhatikan hal ini dan memudahkan urusan mahar, memberi keringanan dan bersederhana sekadarnya yang mungkin saja, sambil memperhatikan untuk sederhana dalam pesta pernikahan dan meringankan nya, tidak perlu untuk bermegah-megah. Dan manusia sekarang sudah berada dalam kebaikan dan nikmat. Terasa berat bagi mereka kalau berlebih-lebihan dalam pesta pernikahan.

Sebaiknya dirimu wahai saudaraku untuk tidak berlebih-lebihan dalam pesta pernikahan, hendaknya engkau merasa cukup dengan sesuatu yang sederhana dalam pesta pernikahan. 

Untuk mencukupkan dengan perkara sederhana yg dengannya bisa meraih sunnah, tanpa membuat dirimu susah. Tanpa membuat susah para undangan yg tidak mereka perlukan. 

Apabila menyembelih yg mudah baginya satu, dua atau tiga ekor (kambing), maka itu sudah kebaikan yg banyak. 

Demikian juga terkait urusan wanita, yg berkaitan dengan undangan pernikahan. Mengundang banyak wanita, mengumumkan dengan pengeras suara, begadang di malam hari, itu semua adalah kejelekan besar, kerusakannya besar. 

Sederhana dalam itu semua merupakan kebaikan yg besar. Padanya ada kemudahan menikah, memperbanyak pernikahan, memperbanyak keturunan, semangat dalam kebaikan. 

Semoga negeri ini diberi taufiq untuk beramal, yg dengannya Allah memberikan manfaat kepada umat. 
Dengannya menjadi sebab banyak pernikahan, berkurangnya perzinaan, dengan membantu urusan mahar, sederhana dalam mahar, tidak berlebih-lebihan padanya, dan dalam pesta nikah.

Kita mohon kepada Allah semoga Dia memberikan Taufik kepada pemerintah, wulatul umur, ulama kaum muslimin dan seluruh individu kaum muslimin untuk perkara yang bermanfaat buat mereka bermanfaat buat masyarakat semua, bermanfaat bagi kaum fuqara dan orang-orang miskin mereka. 
Kita memohon kepada Allah, semoga Dia memberikan Taufik kepada semuanya untuk kemaslahatan mereka, keselamatan mereka membantu mereka di waktu sekarang atau yang akan datang.

Majmu Al-Fatawa 21/217-218

#keluarga #rumahtangga #fatwa

⏩|| Grup Whatsap Ma'had Ar-Ridhwan Poso 
💽||_Join chanel telegram 
http://telegram.me/ahlussunnahposo 

KOMENTAR

BLOGGER

Join Telegram Atsar Media

Nama

Adab-Akhlak,151,Akhirat,17,Akhwat,99,Aqidah,253,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Bantahan,107,Bid'ah,52,Biografi,60,Cerita,41,Cinta,8,Dakwah,20,Doa Dzikir,41,Ebook,8,Fadhilah,61,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,282,Ghaib,14,Hadits,137,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,85,Inspiratif,35,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,133,Keluarga,161,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,184,Kitab,1,Kontemporer,130,Manhaj,152,Muamalah,40,Nabi,10,Nasehat,442,Poster,7,Puasa,51,Qurban,20,Ramadhan,45,Rekaman,1,Remaja,113,Renungan,33,Ringkasan,96,Sahabat,46,Sehat,26,Sejarah,29,Serial,3,Shalat,128,Syiah,28,Syirik,6,Tafsir,34,Tanya Jawab,509,Tauhid,32,Tazkiyatun Nafs,89,Teman,15,Thaharah,18,Thallabul Ilmi,92,Tweet Ulama,6,Ulama,47,Ustadz Menjawab,6,Video,11,Zakat,8,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Nasihat Terkait Mahalnya Mahar Jadi Sulit Menikah
Nasihat Terkait Mahalnya Mahar Jadi Sulit Menikah
NASEHAT TERKAIT MAHALNYA MAHAR MENJADIKAN SULIT MENIKAH
https://1.bp.blogspot.com/-oXL_wzMx6yI/XuVlND1U0DI/AAAAAAAAP8s/Hcn5dZLoELk_D-mKcXrKCbMSiGi1MOWKACK4BGAsYHg/w320-h172/nasihat%2Bterkait%2Bmahalnya%2Bmahar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oXL_wzMx6yI/XuVlND1U0DI/AAAAAAAAP8s/Hcn5dZLoELk_D-mKcXrKCbMSiGi1MOWKACK4BGAsYHg/s72-w320-c-h172/nasihat%2Bterkait%2Bmahalnya%2Bmahar.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2020/06/nasihat-terkait-mahalnya-mahar-jadi-sulit-menikah.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2020/06/nasihat-terkait-mahalnya-mahar-jadi-sulit-menikah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy