Asalkan Bukan Buta Hati

SHARE:

Asalkan Bukan Buta Hati Memperdalam dan mengembangkan kemampuan baca al Quran , tentu tidak bisa lepas dari nama al Imam asy Syathibi.  Adz ...

Asalkan Bukan Buta Hati

Memperdalam dan mengembangkan kemampuan baca al Quran , tentu tidak bisa lepas dari nama al Imam asy Syathibi. 

Adz Dzahabi (Siyar A'lam Nubala 15/401) menyebut beliau sebagai ;

الشَّيْخُ الإِمَامُ، العَالِمُ العَامِلُ، القُدْوَةُ، سَيِّدُ القُرَّاءِ،

“Asy Syaikh , Al Imam, orang berilmu dan mengamalkan ilmunya , teladan dan panutan ulama-ulama ahli qira'ah”

Bernama lengkap Abu Muhammad ,juga  Abul Qasim , al Qasim bin Firruh bin Khalaf , beliau dikenal sebagai penggubah matan Syathibiyyah dan Raaiyyah.Beliau berasal dari Andalus (saat ini Spanyol).Tepatnya di sebuah negeri kecil bernama Xativa , Valencia.Lahir pada tahun 538 H.

Perjalanan thalabul ilmi telah membawa beliau berkeliling ke penjuru dunia.Bahkan lautan diseberangi untuk menunaikan ibadah haji sekaligus thalabul ilmi.

Sekian lama belajar, beliau memilih Mesir sebagai tempat menetap.Di sana beliau menyebarkan berbagai macam disiplin ilmu agama , terutama al Quran, qira'ah, nahwu , fiqih, dan hadits.

Terlepas dari perdebatan , apakah beliau buta sejak lahir atau di masa tuanya , biografi-biografi yang ada menyebut beliau sebagai adh dhariir (orang buta) ,termasuk Adz Dzahabi dalam Siyar.

Menantu asy Syatihibi rupanya juga buta.

Ali bin Syuja' al Hasyimi adalah murid senior dan terpercaya asy Syathibi yang kemudian dinikahkan dengan putrinya. Ali bin Syuja' pun seorang ulama ahli qira'ah, dan ahli hadits.

Mertua dan menantu sama-sama buta , sama-sama ulama besar dan sama-sama menjadi rujukan ahli qira'ah.

Al Imam Ibnu Qutaibah (Al Ma'arif 1/589) menyebutkan satu keunikan ,yaitu kakek , anak dan cucu , sama-sama mengalami kebutaan. Mereka adalah sahabat Ibnu Abbas ,ayahnya Abbas bin Abdul Muthalib dan kakeknya Abdul Muthalib.

Sebenarnya , tokoh-tokoh Islam dari kalangan ulama , pemimpin dan cerdik pandai yang buta sangat banyak. 

Ash Shafadi (wafat tahun 764H) dalam An Nakt menyebut 267 tokoh-tokoh Islam yang buta. Mulai dari para sahabat Nabi, tabi'in ,tabiut tabi,in dan generasi setelah mereka.

Ash Shafadi bercerita tentang beberapa referensi yang menyinggung biografi-biografi ulama yang buta. Di antaranya Ibnu Qutaibah dalam al Ma'arif, Ibnu Baanah , Ibnul Jauzi dan al Khatib al Baghdadi.

Namun beliau memandang masih belum lengkap.Apalagi sejumlah orang dekat mendorong beliau untuk lebih fokus mengumpulkan nama-nama beserta biografi singkat para ulama yang buta.Hal inilah yang mendasari beliau untuk menulis kitab An Nakt.

Hal ini membuktikan bahwa orang buta berkesempatan yang sama untuk meraih derajat yang tinggi dalam thalabul ilmi, dalam ibadah , dan dalam memperjuangkan agama Islam.

ooooo___oooo

Al Imam Ali al Qari mengumpulkan hadits-hadits Nabi yang menjelaskan pahala serta derajat tinggi bagi orang buta yang sabar dan ridha dengan ketetapan Allah.

Karya itu lalu diberi judul Tasliyatul A'maa 'an Baliyyatil 'Amaa (Motivasi Untuk Orang-Orang Buta).

 Di antaranya ; hadits Anas bin Malik riwayat Bukhari (5653). Allah berfirman dalam hadits qudsi :

إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِى بِحَبِيبَتَيْهِ فَصَبَرَ عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا الْجَنَّةَ

"Apabila Aku uji hamba-Ku dengan kedua mata nya , lalu ia bersabar , niscaya Aku ganti kedua mata nya dengan surga"

Jarak orang buta dengan surga sangatlah dekat.Tidak begitu jauh.

Asalkan ia bersabar. Ia terima dengan lapang dada. Ia ridha sepenuh hati. Ia yakin bahwa Allah maha adil. Ia percaya hal itu terbaik untuknya.

Asalkan ia tidak mengeluh. Ia tidak kecil hati. Ia tidak pesimis. Ia tidak jengkel atau kesal. Ia tidak merasa dizalimi.

Bukankah janji Allah adalah benar? Allah menjamin gantinya dengan surga.

Jika sebaliknya sikap yang dipilih , tentu ia akan merugi.

ooooo____ooooo

Dek , aku tulis catatan ini karena tadi pagi ada kawan kirim video seorang remaja berusia 14 tahun yang buta sejak lahir.

Dengan mushaf al Quran braile (huruf timbul) , remaja itu membaca surat Qaf. Membuat merinding. Membikin trenyuh. Sekaligus menjadi tamparan.

Ia yang buta begitu semangat. Bahkan cita-citanya adalah :

"Ingin hafal 30 juz,  bahasa Arab, hadits dll.  Menghindari SLB yg jelas banyak mudharatnya.Barakallahu fikum".

Dan saya yakin , cita-citanya bukan satu hal yang mustahil. Itu sangat mudah bagi Allah untuk mewujudkannya.

Bukankah ulama-ulama Islam sejak zaman sahabat hingga masa ini yang buta sangat banyak?

Masalahnya justru di kita yang bisa melihat , kita yang punya mata , kita yang sehat , kita yang tidak cacat ....

Mata kita digunakan buat apa , Dek?

Apa yang engkau tonton di handphone ? Apa yang engkau nikmati melalui layar LED ? Apa yang engkau saksikan di monitor laptop atau PC ?

Apakah kedua-mata mu digunakan untuk membaca al Quran? Digunakan untuk belajar hadits Nabi ? Digunakan untuk belajar bahasa Arab? 

Sekali lagi , Dek .... Bukan orang buta mata yang menjadi masalah. Buta hati lah yang justru menakutkan.

Semoga Allah memberi hidayah untukmu ,Dek . Dan untuk kita semua.

Malam 29 Ramadhan 1442 H / 11 Mei 2021 M

Di Musholla al Ilmu Lendah Kulonprogo

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Asalkan Bukan Buta Hati
Asalkan Bukan Buta Hati
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2021/05/asalkan-bukan-buta-hati.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2021/05/asalkan-bukan-buta-hati.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy