Anak Muda yang Baik

SHARE:

Jadilah anak muda yang baik, inilah nasihat indahnya.

Anak Muda Yang Baik

Anak Muda yang Baik

Kriteria pribadi yang baik -sejatinya- bisa tersemat untuk siapa saja, tanpa pandang usia. Anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, hingga lanjut usia. Ada sifat-sifat mulia dan watak kesatria yang menjadi tolak ukur dalam menilai baik buruknya seseorang, termasuk anak muda.

Hanya saja, marilah berbicara tentang dirimu sendiri, wahai anak muda! Tulisan ini bukan mengajakmu untuk menjadi seorang asesor, lalu merasa layak menilai si A dan si B. Bukan itu tujuannya! Namun, hanya sebatas muhasabah; introspeksi diri. Mewawas diri!

Nabi Muhammad bersabda dalam hadits Abdullah bin 'Amr ;

إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا

Sungguh! Orang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya” (HR Bukhari 6035 Muslim 2321) 

Bukan yang terbaik rumahnya. Bukan yang terbaik kendaraannya. Bukan yang terbaik pangkatnya. Bukan yang terbaik nilai akademisnya. Bukan yang terbaik prestasinya. Bukan yang terbaik jabatannya. Bukan, bukan, dan bukan yang terbaik dalam aspek materi dan sudut pandang duniawi.

Yang terbaik akhlaknya!

Nabi Muhammad bersabda dalam hadits Jabir dan dishahihkan al Albani (Silsilah Sahihah No.426) ;

 خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Sebaik-baik orang adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain”

Anak muda yang baik adalah anak muda yang juga memikirkan orang lain. Tidak egois. Bukan hanya mementingkan diri sendiri. Ia berusaha agar bisa bermanfaat untuk keluarga, untuk sahabat, untuk tetangga,untuk masyarakat, dan untuk negaranya. Semampunya. Manfaat yang syar'i.

Maka, anak muda yang baik tidak akan membiasakan menyendiri di kamar karena asyik bermain HP atau game online. Tidak peduli dengan yang terjadi. Ia tidak tertutup,  sehingga bisa berinteraksi secara nyata dengan orang lain. Ia aktif dan tidak pasif; tidak hanya menunggu dan menanti. Ia bergerak dan tidak diam. Bergerak dan beraksi.

Ia selalu berpikir, “ Manfaat apa yang bisa saya lakukan hari ini? Manfaat apa yang dapat saya berikan untuk orang lain hari ini?”

Nabi Muhammad bersabda dalam hadits Abu Hurairah dan disahihkan al Albani (Al Misykah No.4993)

خَيْرُكُمْ مَنْ يُرْجَى خَيْرُهُ وَيُؤْمَنُ شَرُّهُ وَشَرُّكُمْ مَنْ لَا يُرْجَى خَيْرُهُ وَلَا يُؤْمَنُ شَرُّهُ 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang selalu dirindukan kebaikannya dan merasa aman dari kemungkinan keburukannya. Seburuk-buruk kalian adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya dan orang lain tidak merasa aman dari keburukannya”

Inilah, Kawan! Anak muda yang baik itu adalah anak muda yang dirindukan kehadirannya, diharapkan kebersamaannya, diiinginkan kedatangannya, dimohon nasehat dan sarannya, diminta keterlibatannya. Iya, selalu diharapkan kebaikannya. Kita merasa kehilangan tanpanya.

Jangan menjadi anak muda yang jahat! Tidak diminta membantu, tidak dimohon terlibat, tidak diinginkan hadir, tidak diharapkan bergabung, tidak dirindukan kumpul bersama, dan tidak menyenangkan jika dihubungi. Iya, orang lain tidak suka dan kurang nyaman dengan keberadaannya. Singkat kata; tak ada yang mau berteman dengannya.

Kenapa?

Nabi Muhammad bersabda dalam hadits Aisyah (HR Bukhari 6131 Muslim 2591) :

إِنَّ شَرَّ النَّاسِ مَنْزِلَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ تَرَكَهُ - أَوْ وَدَعَهُ النَّاسُ - اتِّقَاءَ فُحْشِهِ 

"Sungguh! Orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah, adalah seseorang yang dijauhi manusia karena khawatir dari kejelekan-kejelakannya"

Anak muda, koreksilah dirimu!

Jangan menjadi anak muda yang buruk. Dijauhi, ditinggalkan, orang takut dari kata-katamu, khawatir direndahkan olehmu.

Orang takut dekat denganmu karena sifatmu yang buruk; tak mau mengalah, merasa paling hebat, memandang rendah yang lain, egois, ingin menang sendiri, khianat, mudah marah, dan sering iri.

Jangan tinggi hati untuk introspeksi! Jika engkau dijauhi, jangan malah menyalahkan mereka yang menjauh. Apalagi merasa bisa hidup sendiri, lebih-lebih beralasan; jumlah yang banyak bukanlah penentu. Jangan begitu!

Kawan, di pesantren, belajarlah dan berlatihlah untuk menjadi yang terbaik di sisi Allah Ta'ala.

Masjid Al Musthofa Galur, 02 Juli 2021

t.me/anakmudadansalaf

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,174,Akhirat,17,Akhwat,105,Anti Teroris,2,Aqidah,271,Arab Saudi,16,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Bantahan,110,Bid'ah,54,Biografi,64,Cerita,42,Cinta,8,Dakwah,28,Doa Dzikir,47,Ebook,9,Fadhilah,63,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,304,Ghaib,15,Hadits,154,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,85,Inspiratif,38,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,135,Keluarga,179,Khawarij,23,Khutbah,4,Kisah,214,Kitab,3,Kontemporer,141,Manhaj,163,Muamalah,43,Nabi,12,Nasehat,501,Poster,7,Puasa,54,Qurban,20,Ramadhan,48,Rekaman,2,Remaja,130,Renungan,51,Ringkasan,98,Sahabat,47,Sehat,26,Sejarah,36,Serial,3,Shalat,142,Syiah,28,Syirik,8,Tafsir,37,Tanya Jawab,557,Tauhid,37,Tazkiyatun Nafs,93,Teman,16,Thaharah,18,Thalabul Ilmi,104,Tweet Ulama,6,Ulama,53,Ustadz Menjawab,11,Video,12,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Anak Muda yang Baik
Anak Muda yang Baik
Jadilah anak muda yang baik, inilah nasihat indahnya.
https://1.bp.blogspot.com/--XolyqL5b3Y/YOByckq9AJI/AAAAAAAARJo/Xh0mW6V-YokTi32zYVi3WB8q7xwHlUmPgCLcBGAsYHQ/w320-h214/pemuda.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--XolyqL5b3Y/YOByckq9AJI/AAAAAAAARJo/Xh0mW6V-YokTi32zYVi3WB8q7xwHlUmPgCLcBGAsYHQ/s72-w320-c-h214/pemuda.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2021/07/anak-muda-yang-baik.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2021/07/anak-muda-yang-baik.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy