Cara Terbaik Menghafal Al Quran

SHARE:

Cara / Metode Terbaik Mengahafal Al Quran Menurut Ulama Syaikh bin Baz

CARA TERBAIK MENGHAFAL AL-QURAN

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Cara Terbaik Mengahafal Al Quran
Pertanyaan :

Jika di sana ada metode menghafal Al-Quran, maka saya berharap penjelasan akan hal itu, agar memungkinkan bagi saya untuk menghafal Al-Quran?

Jawaban :

1. Naam, yang pertama : Menjaga waktu, hendaknya engkau rutin menjadikan waktu tertentu yang engkau mengosongkan hati, lalu engkau menghafal Al-Quran sesuai kemudahan. Terus engkau lanjutkan sedikit demi sedikit. Barangsiapa yang terus berlatih maka dia akan sampai.

Jangan engkau lemah, jangan kau tinggalkan, terus lanjutkan sedikit-sedikit Sampai engkau menghafalnya.

Di sana ada beberapa perkara yang bisa membantumu untuk itu, di antaranya

Engkau semakin menundukkan diri kepada Allah, berdoa kepadaNya, agar Dia menolong dirimu, mempermudah urusanmu dan agar Dia mengaruniakan kepadamu waktu yang tepat, pemahaman dan hafalan.

Engkau meminta kepada-Nya merendahkan diri kepada-Nya agar Dia menolong dirimu dan memudahkan dirimu menghafal kitab-Nya.

2. Yang kedua hendaknya engkau meminta tolong kepadaNya dengan ketaatan, dan meninggalkan kemaksiatan kepadaNya. Maka engkau harus menjauhi perbuatan maksiat karena itu akan menghalangi dan menyebabkan kegagalan-kegagalan.

Maka ketaatan kepada Allah dan meninggalkan kemaksiatan termasuk sebab terbesar dalam meraih cita-cita yang tinggi

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ.

Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah maka dia akan menjadikan untuknya solusi jalan keluar dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang dia tidak sangka. (QS. At-Thalaq 2-3)

Allah berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menjadikan urusannya menjadi mudah.” (QS. At-Thalaq 4)

يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن تَتَّقُواْ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّكُمۡ فُرۡقَانٗا

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu.”(QS. Al-Anfal 29)

Yaitu cahaya dan pandangan melihat kebenaran.

Maka menaati Allah dan RasulNya dan meninggalkan maksiat kepadaNya termasuk sebab terbesar untuk menghafal Al-Quran dan memahaminya, dan juga sebab terbesar dalam segala kebaikan.

3. Yang ketiga :

Mencari teman yang sholeh yang membantumu, mengingatkanmu, menyemangati kamu dan mengulang pelajaran bersamamu, menghafal bersamamu. Apabila itu dimudahkan, maka itu adalah sebesar-besar sebab yang membantu menghafal Al-Quran. Teman yang sholeh yang bisa membantu dirimu, mengingatkan dirimu dan belajar bersamamu.

4. Yang keempat adalah memiliki perhatian terhadap hafalan yang telah engkau hafal, terus sering mengulanginya sampai tidak hilang. Jangan engkau menghafalnya lalu engkau tinggalkan, engkau tidak menjaganya dan tidak memiliki perhatian terhadap hafalan yang lalu. Hafalkan apa yang mudah bagimu walaupun sedikit.

Akan tetapi bersamaan dengan itu, engkau memperhatikan yg telah lalu. Mengulang-ulangnya dan mempelajarinya pada waktu yang sesuai, atau bersama temanmu sehingga tidak hilang hafalan yang telah lalu.

📑 Fatawa Ad-Durus

https://tinyurl.com/3kv2m3fv

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso

Join chanel telegram http://telegram.me/ahlussunnahposo

🌏||_Kunjungi : https://mahad-arridhwan.com/3778/

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,168,Akhirat,17,Akhwat,104,Anti Teroris,2,Aqidah,271,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Bantahan,110,Bid'ah,54,Biografi,64,Cerita,42,Cinta,8,Dakwah,28,Doa Dzikir,43,Ebook,9,Fadhilah,63,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,302,Ghaib,15,Hadits,147,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,85,Inspiratif,38,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,135,Keluarga,171,Khawarij,23,Khutbah,4,Kisah,204,Kitab,2,Kontemporer,139,Manhaj,163,Muamalah,40,Nabi,12,Nasehat,486,Poster,7,Puasa,54,Qurban,20,Ramadhan,48,Rekaman,2,Remaja,129,Renungan,44,Ringkasan,97,Sahabat,47,Sehat,26,Sejarah,34,Serial,3,Shalat,138,Syiah,28,Syirik,8,Tafsir,37,Tanya Jawab,547,Tauhid,37,Tazkiyatun Nafs,91,Teman,16,Thaharah,18,Thalabul Ilmi,103,Tweet Ulama,6,Ulama,52,Ustadz Menjawab,11,Video,12,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Cara Terbaik Menghafal Al Quran
Cara Terbaik Menghafal Al Quran
Cara / Metode Terbaik Mengahafal Al Quran Menurut Ulama Syaikh bin Baz
https://1.bp.blogspot.com/-PmwKAwBSGSQ/YOMNPVNUmlI/AAAAAAAARJ8/xyunAhcpuh4_wKJhsk6JM0x0Jf_f_4ufQCLcBGAsYHQ/s16000/cara%2Bterbaik%2Bmenghafal%2Bquran.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PmwKAwBSGSQ/YOMNPVNUmlI/AAAAAAAARJ8/xyunAhcpuh4_wKJhsk6JM0x0Jf_f_4ufQCLcBGAsYHQ/s72-c/cara%2Bterbaik%2Bmenghafal%2Bquran.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2021/07/cara-terbaik-mengahafal-al-quran.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2021/07/cara-terbaik-mengahafal-al-quran.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy