Bimbingan Untuk Menuju Kebahagiaan

SHARE:

BIMBINGAN UNTUK MENUJU KEBAHAGIAAN  Oleh Al-Ustadz Abdulmu’thi Sutarman, Lc حفظه الله   Suatu hal yang tiada keraguan padanya bagi orang yan...

BIMBINGAN UNTUK MENUJU KEBAHAGIAAN

 Oleh Al-Ustadz Abdulmu’thi Sutarman, Lc حفظه الله 

Bimbingan Untuk Menuju Kebahagiaan

 Suatu hal yang tiada keraguan padanya bagi orang yang memiliki akal sehat, bahwa umat mana saja tentu sangat membutuhkan orang yang membimbing dan menunjukkan kepada jalan yang lurus. Umat Islam adalah paling utamanya umat dimana mereka menjalankan amar ma'ruf nahi munkar (memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kejelekan) dan mengajak kepada kebaikan. Hal tersebut dijalankan karena ia adalah jalan kebahagiaan dan keselamatan umat di dunia dan di akhirat kelak. Oleh karena itu, suatu keharusan atas setiap muslim untuk memberikan bimbingan dan arahan sesuai dengan kemampuannya. Allah ta'ala berfirman: 

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَىٰ تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ 

 “Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.”(Qs. Adz-Dzariyat: 55)

Setiap mukmin, bahkan setiap orang sangat membutuhkan peringatan. Yaitu diingatkan terhadap hak Allah dan hak hamba-hamba-Nya serta dimotivasi untuk menjalankannya. Allah telah menyebutkan di dalam Al-Qur'an sifat orang-orang yang beruntung dan amal-amal mereka yang terpuji yang di antaranya adalah saling memberi peringatan. Allah ta'ala berfirman:  

وَالْعَصْرِ ۝إِنَّ الإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ۝إِلاَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ۝ 

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”(Qs. Al 'Ashr: 1-3)

Dalam surat yang pendek ini Allah menjelaskan bahwa sebab keberuntungan terbatas pada empat sifat, yaitu: Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, beramal sholih, saling memberi peringatan kepada kebenaran dan mengingatkan untuk bersabar.

Orang yang menyempurnakan dirinya dengan empat sifat tersebut sungguh ia telah beruntung dan berhak memperoleh kemuliaan di hari kiamat dari Allah. Namun, orang yang menyimpang dari empat sifat tersebut dan tidak mau menghiasi diri dengannya dia akan mendapat kerugian yang terbesar dimana kesudahannya adalah neraka. Allah banyak menjelaskan tentang sifat-sifat orang yang beruntung dan mengulang-ulanginya dalam berbagai ayat agar di ketahui oleh orang yang ingin mencari kebahagiaan yang sesungguhnya. Sebagimana pula Allah menjelaskan sifat-sifat orang yang merugi agar seorang mukmin mengetahuinya lalu menjauhinya. 

Diantara ayat yang menyebutkan sifat orang-orang yang beruntung adalah:  

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ۝ 

“Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,”(Qs. Al-Isra: 9) 

 وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ ۝ 

“Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat,”(Qs. Al-An'am: 155)

Dan telah shohih dari Nabi ﷺ bahwa beliau bersabda: 

خيركم من تعلم القرءان و علمه 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” 

Nabi ﷺ juga bersabda pada saat khutbah di padang Arafah yang dihadiri oleh manusia yang banyak: (yang artinya):“Sesungguhnya aku tinggalkan ditengah-tengah kalian sesuatu yang kalian tidak akan tersesat apabila berpegang teguh dengannya (yaitu) Al Qur'an.” 

Disini Rasulullah ﷺ   menjelaskan bahwa manusia tidak akan tersesat selagi mereka mau berpegang teguh dengan Al Qur'an dan berjalan sesuai dengan petunjuknya. Oleh kerena itu, generasi awal umat islam yang sholih manakala tegak di atas bimbingan Al Qur'an dan petunjuk nabi maka Allah muliakan dan angkat kedudukan mereka serta memberikan kekuasaan dimuka bumi.

Hal ini sebagai bukti dari janji Allah terhadap mereka sebagaimana firmanNya:  

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّن بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا  يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا   

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku.”(Qs. An-Nur: 55)

 Allah juga berfirman:  

وَلَيَنصُرَنَّ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ  إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ ۝ الَّذِينَ إِن مَّكَّنَّاهُمْ فِي الْأَرْضِ أَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ وَأَمَرُوا بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنكَرِ  وَلِلَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ ۝ 

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) -Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang maruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.”(Qs. Al Hajj: 40-41) 

Wahai kaum muslimin, Pahamilah isi kandungan Al-Qur'an, perbanyaklah membacanya, laksanakan perintah dan jauhkan larangan yang ada pada Al-Qur'an serta kenalilah perbuatan dan sifat yang terpuji yang ada padanya lalu hiasilah diri kalian dengannya. 

Demikian pula, kenalilah perbuatan dan sifat yang tercela lalu berhati-hatilah dan waspadalah.  

Kaum muslimin, diantara kewajiban yang terpenting atas kaum muslimin adalah memperhatikan sunnah (petunjuk) Rasulullah ﷺ, karena ia adalah penjelas bagi Al-Qur'an dan apa yang masih tersamarkan dari makna-makna-Nya. Allah ta'ala berfirman:  

وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتٰبَ اِلَّا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِى اخْتَلَفُوْا فِيْهِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ۝ 

“Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur'an) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.”(Qs. An-Nahl: 64)

 Dan firman-Nya:  

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا۝  

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”(Qs. Al-Ahzab: 21) 

Ketahuilah bahwa hamba tidaklah meraih kebaikan, kemuliaan dan keselamatan dunia dan akhirat kecuali dengan mengikuti Al Qur"an dan petunjuk Rasulullah. Allah ta'ala berfirman:  

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ۝ 

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”(Qs. An-Nahl: 97)

Pada ayat yang mulia ini Allah menjelaskan bahwa kehidupan yang baik, ketenteraman dan kemuliaan yang sempurna, hanyalah didapat oleh orang yang menyambut ajakan Allah dan Rasul-Nya serta tetap teguh di atasnya baik dengan ucapan ataupun perbuatan. Adapun orang yang berpaling dari Al-Qur'an dan petunjuk Rasulullah serta menyibukkan diri dengan selainnya maka dia akan selalu dalam siksaan batin dan sempitnya kehidupan, meski dia mempunyai segala kemewahan dunia.

Kehinaan dia akan berpindah kepada yang lebih dahsyat dari itu, yaitu adzab di neraka. Allah ta'ala berfirman: 

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُۥ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ أَعْمَىٰ 

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".(Qs. Thaha: 124) 

 [Disarikan dari Majmu’ Fatawa Syaikh Ibnu Baz 5/94-99]

 Sumber: Buletin As-Salafiyah edisi 199 Th VI/Shafar 1430 H

https://t.me/RaudhatulAnwar1

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Bimbingan Untuk Menuju Kebahagiaan
Bimbingan Untuk Menuju Kebahagiaan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3N52OVKiBK270P43aiFm5qzA2wEc9MF6RaHEJprBzCgWWLHObC68gh9-R_yNWqyWja5GI6T8G0vUXfO8kTw390l15_rwNOHJHod1xh9Sortmo7kZJrZRl1vjjMrZ4TCA1ybba22kmMeXJ85EizEEsks1RS7C8LOAVnjlLQQDrc8JTLAwuWvpwghsaYA/w320-h214/bimbingan%20meraih%20kebahagiaan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3N52OVKiBK270P43aiFm5qzA2wEc9MF6RaHEJprBzCgWWLHObC68gh9-R_yNWqyWja5GI6T8G0vUXfO8kTw390l15_rwNOHJHod1xh9Sortmo7kZJrZRl1vjjMrZ4TCA1ybba22kmMeXJ85EizEEsks1RS7C8LOAVnjlLQQDrc8JTLAwuWvpwghsaYA/s72-w320-c-h214/bimbingan%20meraih%20kebahagiaan.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/05/bimbingan-untuk-menuju-kebahagiaan.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/05/bimbingan-untuk-menuju-kebahagiaan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy