Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq

SHARE:

Kisah Khifland, Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq dalam Menuntut Ilmu, Kisah Santri

Si Kacang Mete.

Kenangan Al-Faruq

August 21, 2023

Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq

2022. Ada Seorang anak yang berangkat dari pulau sebrang  mencari ilmu di tanah Jawa. 

Dengan ditemani ayah dan adik tercinta mendampingi beberapa malam agar menguatkan hatinya sebelum ditinggal pulang. 

Sebungkus kacang mete menjadi kesan pertama saat aku mengenalmu. Ya cinderamata yang kau bawa untuk kami dari tanah kelahiranmu. 

Sebuah oleh-oleh yang selalu aku harapkan saat kau kembali kesini setelah liburan panjang mu. 

Kau awali perjalan tholabul Ilmi dengan semangat dan pantang menyerah, kau ambil semua petuah dari para asatidzah agar kau tak salah arah. Sampai-sampai peringkat satu kau raih dengan begitu mudah. 

Hafalanmu pun terbilang yang cukup meningkat di banding teman sebayamu. Surat Ghofir, menjadi terakhir yang kau setorkan kepadaku di sore itu. Sebelum akhirnya musibah menimpamu.

Tak ada yang menyangka perjalananmu terhenti di bulan ini, Jum'at 11-8-2023. Tragedi yang menjadi penutup kisahmu di tanah Jawa Ini. 

Onthel yang kau naiki dihantam suami istri yang berada diatas motornya dalam kecepatan tinggi.

Tak terelakkan. Sampai-sampai keduanya harus terpental dari kendarannnya. Di saat kami bersiap menegakkan sholat Jum'at berita duka ku dengar dari kawanmu : "mi, khifland kecelakaan. Keluar darah dari telinganya. Sekarang sedang dibawa oleh abu Thoriq ke siaga medika".

Setelah Jum'at selesai kami berangkat untuk melihat kondisimu. 

Pedih. Sedih. Tak kuat rasanya. Melihat dirimu harus ditusuk berbagai macam selang medis. Kami terus menatap monitor, semoga ada perkembangan baik. Menatap dengan penuh harap. 

Semua orang datang untuk mengejukmu. Tak terkecuali Abi dan ummi mu yang langsung terbang setelah mendengar berita duka tentangmu. 

Tiga hari di rumah sakit adalah hari-hari perpisahan kami dengan dirimu. Ternyata Alloh ta'ala lebih sayang kepadamu. Dia yang lebih mengerti apa yang terbaik untukmu.

Ketika semesta sudah ditelan oleh gelapnya malam. Ada notif masuk dari grup pengurus : khifland sudah dilepaskan semua obat-obatan nya, pengurus yang ada kelonggaran segera merapat ke rumah sakit. Persiapan. 

Persiapan apa?! Persiapan apa tengah malam begini?!

Ternyata persiapan untuk perpisahan, perpisahan yang tak akan lagi berbuah pertemuan. 

Sampai pada hari Ahad malam 13-8-2023 dipastikan kau sudah tak lagi di dunia ini. Kau sudah mendahului kami, yang belum pasti kapan ajal akan menghampiri.

Keluargamu menghendaki agar dirimu dikebumikan di tanah Sulawesi. Bersama keluarga besarmu. 

Perjalanan yang jauh harus di tempuh. Start jam 03.30 pagi Naik mobil ke bandara Soekarno Hatta. Kemudian terbang sampai kota Kendari. Masih harus naik mobil sampai pelabuhan. Lalu kemudian menyebrangi lautan di malam hari dengan speed boat. Sampai kemudian dijemput oleh mobil. Dan sampai di rumah duka tepat jam 02.00 dini hari.  Lalu di jam itu juga kau segera dikebumikan. 24 jam perjalanan. 

Betapa tegarnya keluargamu. Dengan ringannya mereka menerima ini semua. Mereka mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan mengharapkan semuanya menjadi pahala disisi Alloh ta'ala. Semua donasi kaum muslimin disalurkan kembali untuk Ma'had. Bahkan donasi yang masuk dari keluarga yang menabrak juga dikembalikan bahkan ditambahkan dengan yang lebih baik untuk perawatan keluarga mereka yang juga masih dirawat. Semoga Alloh memberikan ganti yang lebih baik bagi keluarga yang engkau tinggalkan. 

Banyak orang yang terharu akan kisahmu. Di berbagai macam media, di radio, bahkan di majelis ulama dari negeri Yaman sana berbela sungkawa dan turut berdoa atas kepergiaanmu, mengambil pelajaran dari kisah perjuanganmu. Bagaimana tidak? Kau berhasil menutup hayatmu dengan sesuatu yang didambakan oleh setiap orang beriman. Wafat di atas jalan penuntut ilmu. 

Tak terasa, ternyata sudah sepekan berlalu. Disaat kami hendak istirahat, tiba-tiba ada orang yang mengetuk pintu. "Assalamualaikum Afwan ustadz, ini ada kacang mete untuk antum." Dari siapa ini pak? "Dari keluarga khifland dititipkan ke abu Nawa, beliau baru pulang dari sana." Ucap Abu Thoriq.

Kaget. Rindu. Dan haru. 

Sebungkus kacang mete tanda pertama aku mengenalmu, Datang kembali untuk yang terakhir kali.

Mungkin ini akan menjadi yang terakhir, mengingat dirimu yang tak lagi bersama kami. Meninggalkan kami untuk waktu yang sangat lama sekali. 

Semoga sepenggal kejadian ini menjadi penggugur semua kesalahanmu serta menjadi sebuah ibroh bagi yang lain.

Mudah-mudahan kita dipertemukan lagi. Di jannah-Nya nanti. 

Semoga doa selalu kami langitkan untuk dirimu 

LM KHIFLAND NADHIF SYAMSIR. Rohimahulloh rohmatan wasi'an. 

Santri Al Faruq 2022-2023.

Aamiin.

✍️ Aba Yahya Jakarta 

http://bit.ly/kenangan_alfaruq

KOMENTAR

BLOGGER: 1

Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq
Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq
Kisah Khifland, Si Kacang Mete, Kenangan Al Faruq dalam Menuntut Ilmu, Kisah Santri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihGrPLa8PBtEbdpD6RsxB8XUZ9gfiGfwKJscipJFQie1Mse7dn5onKIAOpgXUhUk3PZ5gb2WfkUnmPqC7QO5Cmc0UcEcxR-fmdTgxDLH7wXdwynwRaqN8MIStUzXfrhEGQQ2ylDLYFpWDNeeqbZphu9fTsFBX6J_hePP7EohvEEOVfImGRGh4H9587jGoV/w320-h213/kacang%20mete.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihGrPLa8PBtEbdpD6RsxB8XUZ9gfiGfwKJscipJFQie1Mse7dn5onKIAOpgXUhUk3PZ5gb2WfkUnmPqC7QO5Cmc0UcEcxR-fmdTgxDLH7wXdwynwRaqN8MIStUzXfrhEGQQ2ylDLYFpWDNeeqbZphu9fTsFBX6J_hePP7EohvEEOVfImGRGh4H9587jGoV/s72-w320-c-h213/kacang%20mete.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/08/si-kacang-mete-kenangan-al-faruq.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/08/si-kacang-mete-kenangan-al-faruq.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy