Qunut Nazilah Untuk Muslim Palestina

SHARE:

Doa Qunut Untuk Muslimin di Palestina. Fikih tata cara qunut nazilah.

QUNUT NAZILAH UNTUK SAUDARA DI PALESTINA 

Qunut Nazilah Untuk Muslim Palestina

Apa arti qunut nazilah?

Kita hidup di lingkungan yang sangat mengenal apa itu qunut subuh. Bahkan mungkin ada yang belum mendengar bahwa ada jenis qunut lain selain qunut subuh. Yaitu qunut nazilah. 

Nazilah sendiri adalah situasi ketika musuh menyerang umat Islam; atau ketika ada situasi sulit yang terjadi pada umat Islam atau sebagian umat Islam. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 121-122].

Adanya qunut nazilah didasari dengan sejumlah dalil. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 123-209]. Ini adalah madzhab Syafi‘i dan Hanbali. 

Qunut nazilah adalah qunut yang dilakukan pada saat terjadi nazilah. 

Hukumnya adalah sunnah. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 236].

Qunut nazilah dilaksanakan pada shalat lima waktu. Ini madzhab Syafi‘i dan satu riwayat dalam madzhab Hanbali. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 247].

Qunut nazilah juga bisa dilakukan pada shalat Jum‘at. Sebab shalat Jum‘at juga shalat, maka hukum yang berlaku dalam shalat lainnya juga berlaku untuk shalat Jum‘at. 

Ini madzhab Syafi‘i; dipilih juga oleh Syaikh Muhammad al-‘Utsaimin. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 254].

Dilakukan pada rakaat terakhir, setelah bangkit dari rukuk. 

Dilakukan oleh orang yang shalat sendiri ataupun shalat berjamaah. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 249].

Merespon atas apa yang sedang terjadi pada saudara-saudara kita kaum muslimin di Palestina yang mengalami penderitaan akibat serangan Israel, melalui Surat Edaran Kementerian Agama Republik Indonesia, Nomor SE 12, tahun 2023, kita umat Islam di Indonesia diimbau untuk melaksanakan qunut nazilah. 

Yaitu doa yang dilakukan untuk kebaikan saudara-saudara kita di Palestina dan mendoakan keburukan bagi musuh mereka. 

Bagaimana lafazh doa qunut nazilah?

Tidak ada lafazh khusus yang mengikat untuk qunut nazilah. Karena nazilah berkaitan dengan musibah yang terjadi pada suatu waktu tertentu, jadi lafazh doa qunutnya pun menyesuaikan keadaan di saat tersebut. 

Maka bisa membaca doa ini dalam qunut nazilah, 

اللّهُمَّ نَجِّ إِخْوَانَنَا الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي فَلَسْطِيْنَ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ. 

اللّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى الْيَهُوْدِ الْغَاصِبِيْنَ الظَّالِمِيْنَ وَمَنْ شَايَعَهُمْ وَأَعَانَهُمْ، يَا عَزِيْزُ يَا جَبَّارُ. 

اللّهُمَّ اجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِيْنَ كَسِنِيِّ يُوْسُفَ. 

“Ya Allah, selamatkanlah saudara-saudara kami kaum mukminin yang tertindas di Palestina dan di setiap tempat.

Ya Allah, timpakanlah azab keras-Mu terhadap kaum Yahudi penjajah yang zalim, serta siapa pun yang mendukung dan membantu mereka, wahai Yang Maha Perkasa dan Maha Mengalahkan.

Ya Allah, jadikanlah azab-Mu atas mereka berupa paceklik berkepanjangan sebagaimana yang terjadi di masa Nabi Yusuf.” 

Doa di atas diambil dari makna yang terdapat pada satu doa qunut nazilah dari Rasulullah ﷺ. [H.R. Al-Bukhari (4560) dan Muslim (675)].

Juga bisa menutup doa ini dengan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad ﷺ. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 437-449]. 

وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. 

Apakah bacaan qunut nazilah dibaca dengan jahr (dikeraskan)? Atau cukup dengan sirr?

Qunut nazilah dibaca dengan jahr, walaupun pada shalat yang sirr. 

Hal ini dapat dilihat dalam dalil-dalil tentang qunut nazilah. 

Selain itu, tujuan qunut nazilah ialah agar makmum juga turut serta mendoakan dengan cara mengaminkan qunut imam. Dan itu hanya dapat terlaksana jika imam mengeraskan bacaan qunutnya. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 258-260].

Apakah mengangkat tangan ketika melaksanakan qunut? 

Doa qunut dilakukan dengan mengangkat tangan.  

Dalilnya ialah hadits Abdurrahman bin Samurah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: demi Allah, aku akan benar-benar memperhatikan apa yang dilakukan Rasulullah ﷺ ketika gerhana matahari. 

فَأَتَيْتُهُ وَهُوَ قَائِمٌ فِي الصَّلَاةِ رَافِعٌ يَدَيْهِ فَجَعَلَ يُسَبِّحُ وَيَحْمَدُ وَيُهَلِّلُ وَيُكَبِّرُ وَيَدْعُو حَتَّى حُسِرَ عَنْهَا.

Lalu aku pun mendatangi beliau, dan ternyata beliau sedang berdiri untuk menunaikan shalat dengan mengangkat kedua tangannya. Beliau membaca tasbih, tahmid, tahlil dan takbir serta berdoa hingga matahari bersinar kembali.” [H.R. Muslim (913)]

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Dalam hadits ini ada dalil bagi ulama madzhab kami yang menyatakan bahwa doa qunut dilakukan dengan mengangkat kedua tangan.” 

Syarah Shahih Muslim (6/307); lihat pula: Raf‘u al-‘Anut, hlm. 369-378. 

Mengangkat tangan ketika qunut juga amalan sejumlah sahabat nabi, seperti Umar bin Khatthab dan Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhum. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 377-378].

Tangan langsung diturunkan ketika selesai dari qunut. Tidak perlu mengusap wajah setelahnya. Karena tidak ada riwayat shahih dari Nabi ﷺ ataupun para sahabatnya tentang mengusap wajah setelah berdoa. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 450-458].

Berapa lama qunut nazilah dilaksanakan? 

Jika qunut nazilah dilakukan karena suatu musibah yang telah terjadi dan selesai, maka dilakukan selama beberapa waktu. Bisa juga satu bulan, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ terkait tragedi terbunuhnya para penghafal Al-Qurʼan dalam jumlah yang banyak. 

Sedangkan jika musibah yang terjadi terus berlangsung, maka qunut nazilah terus dilakukan sampai Allah subhanahu wa ta‘ala menghilangkan musibah itu dari umat Islam. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ saat beliau melakukan qunut untuk keselamatan umat Islam yang tertindas di Makkah sampai Allah menyelamatkan mereka. [Raf‘u al-‘Anut, hlm. 225].

Penutup

Qunut nazilah adalah salah satu sarana kita dalam mendoakan kebaikan untuk saudara-saudara kita yang saat ini sedang terjajah di negerinya sendiri. 

Namun, doa kebaikan tersebut tentu tidak khusus dalam qunut. Mari kita memperbanyak doa kebaikan bagi saudara-saudara kita muslimin seluruhnya, dan terkhusus saudara-saudara kita di Palestina, di tiap waktu doa yang mustajab. Di dalam sujud, setelah shalat, antara adzan dan iqamah, tatkala safar, dan sebagainya. 

Sesungguhnya ini adalah tanda kesempurnaan iman seseorang. Di saat ia turut merasa sakit atas derita yang dirasakan oleh saudaranya muslim yang lain di mana pun berada. 

-- Masjid Abu Hurairah @ Kota Raja

Hari Ahadi, 26 Rabiʼul Akhir 1445

Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.

https://t.me/nasehatetam 🖥 www.nasehatetam.net

--------------------------------------

QUNUT NAZILAH UNTUK PALESTINA

Pertanyaan:

Saya mau tanya tentang qunut di rakaat terakhir shalat Isya. Isi doanya seperti qunut saat shalat Subuh dan mendoakan negara Palestina.

Jawaban:

"Qunut yang dimaksud adalah qunut nazilah, yaitu qunut ketika terjadi tindakan kekerasan/penindasan terhadap kaum muslimin.

Qunut nazilah ini dilakukan pada rakaat terakhir dari shalat lima waktu, tidak hanya pada shalat Subuh atau lainnya.

Hal ini berdasarkan riwayat sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu, beliau berkata,

لَأُقَرِّبَنَّ صَلاَةَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. فَكَانَ أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللُّ عَنْهُ يَقْنُتُ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ، وَصَلاَةِ الْعِشَاءِ، وَصَلاَةِ الصُّبْحِ، بَعْدَ مَا يَقُولُ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، فَيَدْعُو لِلْمُؤْمِنِينَ وَيَلْعَنُ الكُفَّارَ

“Sungguh, aku akan tunjukkan kepada kalian shalat Nabi shallallahu alaihi wa sallam.”

Kemudian, Abu Hurairah radhiallahu anhu melakukan qunut pada rakaat terakhir shalat Zuhur, shalat Isya, dan shalat Subuh; yaitu setelah membaca sami’allahu liman hamidah. Kemudian, beliau mendoakan kebaikan untuk kaum mukminin dan melaknat kaum kafir."

(HR. al-Bukhari no. 797)

Berdasarkan hadits ini juga, kita ketahui bahwa doa yang dibaca bukan Allahummahdina fii man haadait…” dst. Doa yang dibaca sesuai dengan peristiwa yang terjadi.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata,

“Qunut nazilah disyariatkan pada semua shalat (lima waktu) sebagaimana yang sahih (haditsnya) dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Qunut nazilah tidak hanya pada shalat Subuh dan Maghrib, tidak pula khusus pada malam atau hari tertentu. Ia dilakukan pada semua hari dan semua shalat (fardhu).”

Beliau juga berkata,

“Namun, aku ingin mengingatkan bahwa qunut nazilah bukan qunut witir yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam ajarkan kepada sahabat al-Hasan bin Ali, yaitu  ‘Allahummahdina fii man haadait….” Doa ini disyariatkan pada qunut witir.

Sebab, riwayat dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam tentang qunut nazilah ialah doanya sesuai dengan peristiwa yang menjadi sebab dilakukannya qunut. Bisa jadi, mendoakan kebaikan untuk suatu kaum, bisa jadi pula mendoakan kejelekan atas suatu kaum. Yang penting, dalam qunut (nazilah) tidak menyebutkan doa kecuali hanya yang sesuai dengan peristiwa yang terjadi.”

(Fatawa Nur ‘ala ad-Darb, 8/2 Maktabah Syamilah)

Perlu juga kami mengingatkan dalam artikel ini, hendaknya qunut nazilah dilakukan sesuai dengan kebijakan dan imbauan dari pemerintah negara masing-masing.

Wallahu a’lam bish-shawab.

(Ustadz Abu Ishaq Abdullah Nahar)

https://asysyariah.com/qunut-nazilah-untuk-palestina/amp/

--------------------------------

BEBERAPA MASALAH TERKAIT QUNUT NAZILAH

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

Yang pertama : Kita wajib mengetahui, bahwasanya qunut nazilah itu perkaranya diserahkan kepada pemerintah kaum muslimin, penguasa.

Sampai-sampai para ahli fiqih madzhab hambali berkata :

Tidak melakukan Qunut kecuali pemimpin itu sendiri, bukan pemimpin masjid tapi pemimpin negara saja.

Jika kembalinya kepada pemimpin, maka kita tidak punya hak untuk qunut tanpa ada izin darinya. Ini yang pertama dan ini penting sekali.

Yang kedua : Apakah qunutnya dilakukan khusus pada shalat subuh saja atau pada seluruh shalat fardhu?

Jawaban : Dilakukan di seluruh shalat fardhu sebagaimana telah tetap dari Nabi ﷺ. Akan tetapi jika pemerintah mengatakan : Lakukan Qunut di shalat subuh, maka maknanya tidak boleh qunut di selainnya.

Yang ketiga : Qunutnya apakah seperti doa qunut witir yang biasa, Allahummah dinii fiiman Haadait dst?

Jawabannya : Tidak demikian, qunut itu dibacakan doa yang khusus, misalnya :

Jika kita sekarang mendoakan qunut untuk saudara-saudara kita di Kosovo, maka kita mendoakan mereka agar Allah menolong mereka melawan musuh mereka, agar Allah menghancurkn musuh mereka. Ini asalnya, tapi jika seorang menambahkan pujian kepada Allah dan shalawat kepada Nabi serta mendoakan kaum muslimin maka tidak mengapa.

Akan tetapi tidak perlu panjang. Karena sebagian imam melakukan qunut dengan panjang, sampai jamaah shalat di belakanganya bosan, maka ini salah. Jika kita tahu, kalau Nabi ﷺ teladan dan panutan kita tidak memperpanjang qunut, maka kita ikut beliau saja.

📑 Al-Liqa Asy-Syahri pertemuan 16

https://binothaimeen.net/content/1448 || http://telegram.me/ahlussunnahposo


🤲 QUNUT NAZILAH UNTUK PALESTINA

▪️ Asy-Syaikh Majdi Al-Askari حفظه الله

اللهم منزل الكتاب، ومجري السحاب، وهازم الأحزاب، 

اهزم اليهود، وانصرنا عليهم، يا قوي يا متين، 

اللهم اهزم الیهود یا رب العالمین،

اللهم مزقهم شر ممزق، واجعلهم أحاديث، 

اللهم كن لإخواننا المستضعفين في فلسطين، 

اللهم كن لإخواننا المستضعفين في فلسطين، 

داو جريحهم واشف مريضهم، وارحم موتاهم، واحفظ أحيائهم، يا كريم يا رب العالمين، 

اللهم عليك بأعداء الدين، شتت شملهم، وفرق جمعهم، وخالف بين كلمتهم، 

اللهم عليك بهم فإنهم لايعجزونك

Ya Allah Dzat yang menurunkan Kitab, yang menggerakkan awan, dan yang menghancurkan sekutu-sekutu.. 

Hancurkanlah orang-orang Yahudi, dan berikanlah kami kemenangan atas mereka, wahai Dzat yang Maha Kuat, wahai Dzat yang Maha Kokoh.. 

Ya Allah, hancurkanlah orang-orang Yahudi, wahai Rab semesta alam.. 

Ya allah, cabik-cabiklah mereka dengan sejelek-jeleknya, dan jadikanlah mereka sebagai pelajaran bagi manusia.. 

Ya Allah, berpihaklah bersama saudara kami yang tertindas di Palestina.. 

Ya Allah, berpihaklah bersama saudara kami yang tertindas di Palestina.. 

Obatilah mereka yang terluka, sembuhkanlah mereka yang sakit, rahmatilah mereka yang meninggal, dan lindungilah mereka yang masih hidup, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Rab Alam Semesta.. 

Ya Allah, hukumlah musuh-musuh agama, ceraiberaikan perserikatan mereka, pecahbelahkan persatuan mereka, dan jadikan saling berselisih kalimat mereka.. 

Ya Allah, hukumlah mereka, sesungguhnya mereka tidak akan mampu mengalahkan-Mu.. 

____

⏩ https://t.me/alistifadah

🌐 http://walis-net.blogspot.com/2023/11/qunut-nazilah-untuk-palestina.html

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Qunut Nazilah Untuk Muslim Palestina
Qunut Nazilah Untuk Muslim Palestina
Doa Qunut Untuk Muslimin di Palestina. Fikih tata cara qunut nazilah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJBEiQedXztbCgKEQQ1FF7jCEKSixQyL96EQNUA6OPGwhQoNiokVXOrlLof98ZdCDeCyE0dTkHfmpePZAk9edOtwL1v-QUVp5n-d6MtoB493vDxlhUs9Opew3Pa1rNd-GFRp1soTzhv9GLP8-8dNAVTnJ2-y7egGJ-qLa81hEkiYZqkjnHXaswHbnm4e8r/s16000/qunut%20nazilah%20untuk%20palestina.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJBEiQedXztbCgKEQQ1FF7jCEKSixQyL96EQNUA6OPGwhQoNiokVXOrlLof98ZdCDeCyE0dTkHfmpePZAk9edOtwL1v-QUVp5n-d6MtoB493vDxlhUs9Opew3Pa1rNd-GFRp1soTzhv9GLP8-8dNAVTnJ2-y7egGJ-qLa81hEkiYZqkjnHXaswHbnm4e8r/s72-c/qunut%20nazilah%20untuk%20palestina.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/11/qunut-nazilah-untuk-muslim-palestina.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/11/qunut-nazilah-untuk-muslim-palestina.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy