Batasan Taat Kepada Ibu (Orang Tua)

SHARE:

Bila tidak ada mudharat bagimu ketika menuruti permintaannya, maka taatilah. Namun

BATASAN TAAT KEPADA IBU


Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan: Saya memiliki sebuah pertanyaan yang membingungkan dan menggelisahkanku. Yaitu ibuku semoga Allah menjaga beliau seringkali memintaku agar aku keluar bepergian menemani beliau ke sana dan ke sini. Dan kami semua berkumpul di rumah beliau setiap harinya. Pekerjaan ini wahai fadhilatusy Syaikh sebagaimana tidak samar lagi bagi anda tentulah membuang-buang waktu dan usia tanpa faedah. Saya bingung tentang perkaraku ini bila saya menaatinya dan ini yang sekarang saya lakukan, sehingga waktuku banyak terbuang. Dan bila saya mengurangi jadwal berkunjung dan keluar bersama beliau, saya akan menjadi anak yang durhaka kepada beliau. Saya bingung tentang perkaraku ini, maka bimbinglah saya, semoga Allah memberikan taufik kepada anda.

Jawaban: Bila tidak ada mudharat bagimu ketika menuruti permintaannya, maka taatilah. Namun bila bermudharat atau engkau kehilangan mashlahat, maka janganlah engkau taati kecuali bila dalam keadaan darurat. Sedangkan bepergian dan berkunjung ke kerabat dan sanak saudara bukan perkara darurat. Akan tetapi yang menjadi tolak ukur ialah bila engkau menuruti permintaannya, lalu engkau akan kehilangan berbagai maslahat (kebaikan) bagi dirimu atau engkau akan terjatuh ke dalam kerugian (mudharat), maka engkau tidak wajib menuruti permintaannya.

Akan tetapi engkau tetap wajib mengurusinya, menyenangkannya, dan menuruti keinginannya. Adapun bila tidak ada kerugian (mudharat) bagimu atau mudharat itu lebih besar menimpa ibumu daripada mudharat yang menimpa dirimu bila engkau menurutinya, maka turutilah permintaannya.

Namun dikecualikan dari ini bila tindakan menuruti ibumu itu akan menghalangi dirimu dari sebuah kewajiban, maka yang demikian tidaklah diperkenankan. Sebagaimana juga jika engkau menuruti ibumu itu akan menyibukkanmu dari menegakkan jama’ah -yakni menegakkan shalat jama’ah – maka di sini tidak ada ketaatan terhadap makhluk ketika hal itu bermaksiat kepada sang pencipta.

Sumber: Silsilatul Liqa’isy Syahri > al-Liqa’usy Syahri (44)

Alih Bahasa : Syabab Forum Salafy
———————
حدود طاعة الأم

السؤال: لدي سؤال يحيرني ويقلقني: وهو أن والدتي حفظها الله تطلبني كثيراً أن أخرج بها للرحلات هنا وهناك، ونجتمع جميعاً في منزلها يومياً، وهذا العمل يا فضيلة الشيخ لا يخفى عليك أن فيه تضييعاً للوقت والعمر بلا فائدة، وأنا في حرج من أمري إن أطعتها، وهذا ما أفعله الآن، فضاع وقتي، وإن قللت من زيارتها والخروج معها أكون عاقاً لها، فأنا في حرج من أمري فأرشدني وفقك الله.

الجواب: إذا لم يكن عليك ضرر في إجابة طلبها فأجبها، وإن كان عليك ضرر أو تفويت مصلحة فلا تجبها إلا للضرورة، والرحلات، وزيارة الأقارب والأصحاب، ليست ضرورة، لكن المدار هو هكذا: إذا كان إجابة طلبها يفوت عليك مصالح، أو يوقعك في ضرر لم يجب عليك إجابتها.

لكن عليك أن تداريها، وتقنعها، وتأخذ بخاطرها، وأما إذا لم يكن عليك ضرر أو كان هي عليها ضرر أكثر من ضررك لو أجبت فأجبها، وهذا يستنثى منه ما لو صدتك إجابتك إياها عن واجب فإنه لا يجوز؛ كما لو كانت إجابتك إياها تشغلك عن إقامة الجماعة -يعني: إقامة الصلاة في جماعة- فهنا لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [44]

http://forumsalafy.net/batasan-taat-pada-ibu/

——————————————————

Silsilah Fatawa Fiqih Keluarga

Fadhilatus syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i rahimahullah:

PERTANYAAN:
Kapan wajib memberikan nafkah kepada kedua orangtua?

JAWABAN:
Wajib memberikan nafkah kepada keduanya apabila keduanya tidak mampu berusaha atau tidak memiliki kekuatan, sekalipun keduanya mampu berusaha dan kuat namun keduanya tidak diberikan bahagian dari rezeki, karena sebagian orang ada yang membuka usaha dan bekerja akan tetapi dia tidak mendapatkan bahagian dari rezeki di dunia, karena terkadang dia membuka kios dan merugi, dan jika rajin dia sakit, dan jika dia melakukan suatu pekerjaan dia tidak diberi taufiq untuk menguasainya, dan tidak mampu bekerja.

Sekalipun dia sehat dan membutuhkan (nafkah) maka wajib atas anak untuk memberikan nafkah kepadanya.

Dan Rasul ﷺ bersabda:

« أنت ومالك لأبيك »

"Engkau dan hartamu milik ayahmu".

Ini apabila dia butuh kepada harta,

dan makna: "engkau dan hartamu milik ayahmu" bahwa orangtuamu memiliki hak terhadap hartamu apabila dia membutuhkannya,

dan bukan maknanya bahwa hartamu yang telah engkau usahakan menjadi milik ayahmu, berkata imam At-Thåhawi di dalam: "Musykil Al-Âtsār":
"Karena anak jika dia mati maka tidaklah yang dimiliki oleh ayahnya kecuali sebagai ahli waris dari sejumlah harta waris (anaknya)."

Gäråh Al-Asyrithåh (1/469).

Audio:
http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=2981
——————————————————
 النفقة على الوالدين⏺

 لفضيلة الشيخ الإمام مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله

السؤال:
متى تجب النفقة على الوالدين ؟

الإجابة:
تجب عليهما إذا كانا لا يستطيعان التكسب أو لا يقدران عليه ، حتى ولو كانا يستطيعان التكسب ويقدران عليه وما رزقا حظاً ، فمن الناس من يفتح ويعمل لكن ما يرزق حظاً في الدنيا ، فربما انفتح له دكان خسر ، وإن إغترب مرض ، وإن عمل عملاً ما وفق لاتقانه ، ولا يستطيع أن يعمل .
حتى ولو كان صحيحاً واحتاج يجب على الولد أن ينفق عليه .
والرسول - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " أنت ومالك لأبيك " هذا إذا كان يحتاج إليه ، ومعنى : " أنت ومالك لأبيك " أن والدك له حق بمالك إذا إحتاج إليه ، وليس معناه أن مالك الذي اكتسبته يكون لأبيك ، قال الطحاوي في ( مشكل الآثار ) : لأن الولد لو مات ما كان أبوه إلا وارثاً من جملة الورثة .
——————————————————
راجع كتاب : ( غارة الأشرطة 1 / 469 ) .

لسماع الفتوى صوتياً :

http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=2981
----------------------
Broadcast by :
Channel MutiaraASK :
http://bit.ly/MutiaraASK
Website ASK :
http://bit.ly/BlogASK
BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE

➥ #fatawa #fiqih #keluarga #nafkah #orangtua #anak


Berbakti Pada Orang Tua Menurut Salaf


 ﺑﺮ ﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻳﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺴﻠﻒ
ﺣﻤﻞ ﺃﻣﻪ ﻋﻠﻰ ﺭﻗﺒﺘﻪ ﻣﻦ ﺧﺮﺍﺳﺎﻥ ﺣﺘﻰ ﻗﻀﻰ ﺑﻬﺎ ﻣﻨﺎﺳﻚ ﺍﻟﺤﺞ

☝🏼️ﻭﺟﺎﺀ ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻓﻘﺎﻝ : ‏( ﺣﻤﻠﺖ ﺃﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺭﻗﺒﺘﻲ ﻣﻦ ﺧﺮﺍﺳﺎﻥ ﺣﺘﻰ ﻗﻀﻴﺖ
ﺑﻬﺎ ﻣﻨﺎﺳﻚ ﺍﻟﺤﺞ ﺃﺗﺮﺍﻧﻲ ﺟﺰﻳﺘﻬﺎ. ﻗﺎﻝ: ﻻ ﻭﻻ ﻃﻠﻘﺔ ﻣﻦ ﻃﻠﻘﺎﺗﻬﺎ ‏) .. ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺍﻟﺼﻠﺔ ﻻﺑﻦ
ﺍﻟﺠﻮﺯﻱ ‏( 1/84 ‏)

Seorang anak menggendong ibunya di tengkuknya dari Khurosan (Rusia) sampai menyelesaikan manasik haji, lalu dia tanyakan hal itu pada Ibnu Umar, "Bagaimana menurutmu aku gendong ibuku di tengkukku dari Khurosan sampai selesai menjalankan manasik haji apa dengan itu aku telah membalas kebaikannya?"

🏼️Jawab Ibnu Umar, "Tidak, bahkan semua itu tidak sebanding dengan satu senyumannya (padamu)." (Al Bir wa Shilah 1/84)

(Faedah ilmiah dari al-Ustadz Usamah Mahri di WhatsApp طريق السلف)

WhatsApp طريق السلف
www.thoriqussalaf.com
telegram: http://bit.ly/thoriqussalaf

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Batasan Taat Kepada Ibu (Orang Tua)
Batasan Taat Kepada Ibu (Orang Tua)
Bila tidak ada mudharat bagimu ketika menuruti permintaannya, maka taatilah. Namun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTFYHYkp7dm3WL2uluWasQvdDvDyAdoILHRu0Wb0F8Nbhh1pZwXisNRRbfWVMY23Dv5-WXsfkf888UPkzyt1dUir8FuWEltJRAHKIpMMcqgUYXp0SZyws8IYsflunSZcpy-KsqFpA54iIG/s320/daun-jatuh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTFYHYkp7dm3WL2uluWasQvdDvDyAdoILHRu0Wb0F8Nbhh1pZwXisNRRbfWVMY23Dv5-WXsfkf888UPkzyt1dUir8FuWEltJRAHKIpMMcqgUYXp0SZyws8IYsflunSZcpy-KsqFpA54iIG/s72-c/daun-jatuh.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/02/batasan-taat-kepada-ibu-orang-tua.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/02/batasan-taat-kepada-ibu-orang-tua.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy