Hukum Shalat di Belakang Imam yang Sering Salah Baca Al Quran

SHARE:

Tanya jawab fiqih : Hukum shalat di belakang imam yang sering salah dalam membaca al quran.

HUKUM SHALAT DI BELAKANG IMAM YANG BACAAN AL-QUR'ANNYA SERING SALAH

Mufti: al-Imam Ibnu Baz rahimahullah

Pertanyaan:

"Kami berada di desa yang terpencil. Yang menjadi imam shalat di tengah-tengah kami adalah seorang pria yang tidak pernah mendapatkan sedikit pun pengajaran yang dengannya imamah bisa diserahkan kepadanya.

Dimana dia mengimami shalat dengan melihat mushhaf al-Qur'an, melakukan kesalahan pada setiap ayat al-Qur'an. Dan tidaklah berlebihan bila aku katakan tidaklah dia melewati satu ayat al-Qur'an tanpa ada kesalahan. Padahal dia seorang imam shalat rawatib (lima waktu). 

Sedangkan kami tidak terelakkan untuk shalat di belakangnya, karena tidak ada orang selainnya. Maka apakah shalat kami sah? Atau bagaimana? Berikanlah kami faidah, semoga Allah memberikan kebaikan pada anda."

Jawaban:

"Perkara ini ada perincian padanya. Apabila kesalahan itu tidak merubah makna, maka tidak mengapa. Shalatnya sah. Dan tidak ada dosa dalam masalah ini. Akan tetapi seyogyanya mencari orang yang lebih baik darinya, yang lebih utama darinya dalam kekokohan hafalan al-Qur'an. Adapun shalatnya sah.

Adapun bila kesalahan itu mengubah dan mengganti maknanya, maka tidak boleh mempertahankannya (sebagai imam). dan tidak boleh shalat di belakangnya. Seperti bila dia membaca:

(إياكِ نعبد)
Iyyaki na'budu
Dengan mengkasrahkan kaf
وإياكِ نستعين
Wa iyyaki nasta'in
Khithab ini untuk wanita, ini tidak boleh. Ini merubah makna. Atau dia membaca
صراط الذين أنعمتِ عليهم
Shirothol ladzina an'amti 'alayhim

Atau

صراط الذين أنعمتُ عليهم
Shirothol ladzina an'amtu 'alayhim
Ini merubah dan mengganti maknanya. Maka seperti ini tidak boleh. Wajib mengingkarinya dan wajib memecatnya kecuali dia sadar diri (mengakui kekurangan), mau menerima nasehat dan bimbingan, serta mau memperbaiki, maka tidak mengapa.

Adapun lahn (kesalahan) yang tidak merubah makna, lahn yang artinya tidak berubah karenanya, maka tidak memudharatkan. Seperti bila dia membaca:

الحمدَ لله رب العالمين
Alhamdalillahi Rabbil 'alamin

Atau:

الحمدِ لله رب العالمين
Alhamdilillahi Rabbil 'alamin

Atau membaca:

الرحمنَ الرحيم
Ar-Rahmanar Rahim

Atau:

الرحمنُ الرحيم
Ar-Rahmanur Rahim

Ini tidak merubah maknanya. Maka tidak membahayakan, akan tetapi hendaknya diberitahu.

Pembawa acara:

"Barakallahu fiykum, akan tetapi pada keadaan kedua yang telah anda isyaratkan terkait ketika bacaan itu merubah makna (al-Qur'an), apakah mereka meninggalkannya dan shalat sendiri-sendiri, atau apa yang hendaknya mereka lakukan?"

Asy-Syaikh:

"Jangan, memungkinkan untuknya diberitahu. Hendaknya mereka memberitahu (kesalahan-kesalahan tersebut) kepadanya.
Jika dia membaca:
أنعمتِ
An'amti

Atau
أنعمتُ
An'amtu

Maka katakan padanya:

صراط الذين أنعمتَ
Shirothol ladzina an'amta

Jika dia membaca (seperti itu) permasalahannya pun selesai.

Jika dia tidak mau menerima, maka shalatnya tidak sah. Hendaknya mereka shalat sendiri-sendiri. Atau menyuruh selainnya untuk maju. Hendaknya mereka menyuruh salah satu dari mereka untuk mengimami mereka. Yang wajib hendaknya mereka menyuruh salah satu dari mereka untuk mengimami.

.(Sampai disini yang kami terjemahkan. Adapun fatwa selanjutnya tidak diterjemahkan karena yang dibutuhkan fatwa terkait shalat di belakang imam yang sering salah)

✏️ Catatan kaki:

Pada fatwa yang  lain, beliau mengatakan dengan penjabaran yang hampir sama dengan fatwa di atas, lalu beliau berkata:

وهكذا في الآيات الأخرى خارج الفاتحة يراعى فيها المعنى، فإن كان اللحن لا يغير المعنى فالأمر في هذا واسع وغيره أفضل منه ممن يقيم الألفاظ، أما إذا كان يحيل المعنى فإن الواجب عزله وإبداله بمن يصلح للإمامة...


"Demikian pula pada ayat-ayat yang lain selain al-Fatihah, hendaknya diperhatikan maknanya. Apabila lahn (kesalahan)nya tidak merubah makna, maka masalah ini perkaranya lapang (tidak masalah).

Tetapi hendaknya mengganti dengan orang yang lebih utama darinya (imam tersebut) dari orang yang lebih lurus bacaannya. Adapun apabila kesalahan itu sampai merubah makna, maka yang wajib adalah memecatnya dan menggantinya dengan orang yang lebih pantas untuk mengimami... 

Lihat: https://binbaz.org.sa/fatwas/17057/حكم-الصلاة-خلف-امام-لا-يجيد-قراءة-القران

Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
Muraja'ah: al-Ustadz Syafi'i al-'Aydarus

🗓 21 J. Akhirah 1440 H
       27 Februari 2019

Hukum Shalat di Belakang Imam yang Sering Salah Baca Al Quran

🇸🇦 Arabic

نحن في قريةٍ بعيدة، ويقوم على إمامة الصلاة فينا رجل لم ينل شيئاً من التعليم ليؤلهه للإمامة، حيث أنه يقرأ من المصحف نظراً في الصلاة، ويخطئ في كل آية من القرآن، ولا أبالغ إن قلت إنه لا تمر آية من دون خطأ، وهو إمام راتب، ولا مناص لنا من الصلاة خلفه؛ لعدم وجود غيره، فهل الصلاة صحيحة، أم ماذا؟ أفيدونا أفادكم الله؟.

ج:هذا فيه التفصيل إذا كان الخطأ لا يغير المعنى فلا بأس الصلاة صحيحة ولا حرج في ذلك ، ولكن ينبغي أن يلتمس من خيرٌ منه من هو أفضل منه في إتقان القرآن ، أما الصلاة فصحيحة ، أما إذا كان الغلط يحيل المعنى ويغير المعنى فهذا لا يجوز بقائه ولا تجوز الصلاة خلفه مثل لو قال: (إياكِ نعبد) بكسر الكافر وإياكِ نستعين هذا الخطاب للمرآة ما يجوز هذا يحيل المعنى، أو قال: صراط الذين أنعمتِ عليهم أو صراط الذين أنعمتُ عليهم هذا يحيل المعنى يغير المعنى فلا يجوز هذا ، يجب الإنكار عليه ويجب أن يعزل إلا أن يتعدل الإنسان إلا أن يقبل النصيحة ويقبل التوجيه ويعدل فلا بأس. أما اللحن الذي لا يغير المعنى ، اللحن الذي لا يتغير به المعنى فهذا لا يضر مثل لو قال : الحمدَ لله رب العالمين أو الحمدِ لله رب العالمين أو قال: الرحمنَ الرحيم أو قال الرحمنُ الرحيم هذا لا يضر المعنى، فلا يضره لكن يعلم. المقدم: بارك الله فيكم ، لكن في الحالة الثانية التي أشرتم إليها سماحتكم بالنسبة لما يحيل المعنى فهل يتركونه ويصلون وحدهم فرادى أم ماذا يفعلون؟ الشيخ: لا ، يمكن أن يعلم، ويفتحون عليه، إذا قال: أنعمتِ وإلا : أنعمتُ يقال له: صراط الذي أنعمتَ فإذا قالها انتهى الموضوع، وإذا لم يستجب لم تصح الصلاة ، يصلون لوحدهم ، أو يقدمون غيره ، يقدمون واحد يصلي بهم. الواجب يقدمون واحد يصلي بهم. المقدم: أثابكم الله ، وبالنسبة للقراءة في المصحف نظراً في الصلوات الجهرية؟ الشيخ: الصلاة صحيحة، لكن الأولى أن يقرأ حفظاً ، أن يحفظ الفاتحة ويعتني بها وإن تيسر معها ، ولكن إن لم يتيسر معها إلا من إنسان يقرأ من المصحف صحت الصلاة في النفل والفريضة ، وقد كان ذكوان مولى عائشة يصلي بها من المصحف. فالحاصل أنه يصح على الصحيح القراءة بالمصحف والإمامة من المصحف في الفرض والنفل عند الحاجة. بارك الله فيكم.
https://binbaz.org.sa/old/28562

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Shalat di Belakang Imam yang Sering Salah Baca Al Quran
Hukum Shalat di Belakang Imam yang Sering Salah Baca Al Quran
Tanya jawab fiqih : Hukum shalat di belakang imam yang sering salah dalam membaca al quran.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkrjRSR3IFPee0XMCeaV2nFk_cFKwJ69BpWjxZ08xbtw6urMIvgYD5n5IwWYUxx8NpQHiOm7y_cJMZ8Ou1lFoRVP80CSY4OR6h8lZuycppLYrtThvFOWI85WZm9fP3SXE27fRs2wAjIKcs/s1600/hukum+shalat+di+belakang+imam+yg+sering+salah.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkrjRSR3IFPee0XMCeaV2nFk_cFKwJ69BpWjxZ08xbtw6urMIvgYD5n5IwWYUxx8NpQHiOm7y_cJMZ8Ou1lFoRVP80CSY4OR6h8lZuycppLYrtThvFOWI85WZm9fP3SXE27fRs2wAjIKcs/s72-c/hukum+shalat+di+belakang+imam+yg+sering+salah.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2019/03/hukum-shalat-di-belakang-imam-yang-sering-salah-baca-al-quran.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2019/03/hukum-shalat-di-belakang-imam-yang-sering-salah-baca-al-quran.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy