Fikih Shalat Witir

SHARE:

Tata Cara Pembahasan Fikih Shalat Witir Secara Lengkap. Jumlah Rakaat Shalat Witir.

FIKIH SHALAT WITIR

Fikih Shalat Witir

PENGERTIAN SHALAT WITIR

Shalat witir artinya, 

صَلاَةُ الْوِتْرِ، وَهِيَ صَلاَةٌ تُفْعَل مَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ وَطُلُوعِ الْفَجْرِ، تُخْتَمُ بِهَا صَلاَةُ اللَّيْل، سُمِّيَتْ بِذَلِكَ لأَِنَّهَا تُصَلَّى وِتْرًا

"Shalat yang waktu pelaksanaannya di antara shalat isya hingga terbitnya fajar, dikerjakan sebagai penutup shalat malam. Dinamakan sebagai shalat witir karena pelaksanaannya dilakukan dengan jumlah raka'at witir (ganjil)." (Al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, XXVII/289) 

Definisi ini sengaja disebutkan agar tidak dikira bahwa shalat witir ialah shalat khusus yang dikerjakan setelah tarawih. Bahkan shalat witir ialah shalat yang menjadi penutup shalat malam di sepanjang tahun. 

KEUTAMAAN SHALAT WITIR

Banyak dari kita telah mengetahui bahwa shalat witir ialah penutup dari shalat malam atau shalat tarawih. Meski pada pelaksanaan shalat tarawih umumnya shalat witir dikerjakan secara langsung setelah tarawih, tapi sebenarnya shalat tarawih dan witir ialah dua shalat yang berbeda. 

Shalat witir memiliki keutamaan yang lebih daripada shalat tarawih.

▪️ Asy-Syaikh Muhammad al-Utsaimin rahimahullah berkata, 

والصَّحيحُ: أَنَّ الوِترَ مقدَّمٌ عليها، وعلى الاستسقاء؛ لأنَّ الوِتر أَمَرَ به وداوم عليه النَّبيُّ صلّى الله عليه وسلّم، حتى قال بعضُ أهلِ العِلمِ: إنَّ الوِترَ واجبٌ

"Pendapat yang benar bahwa shalat witir lebih utama daripada tarawih dan istisqa', karena shalat witir diperintahkan oleh Nabi dan beliau shallallahu alaihi wasallam senantiasa mengerjakannya. Sampai-sampai sebagian ulama ada yang mengatakan hukumnya wajib." (Asy-Syarh al-Mumti', IV/10) 

Di antara hadits yang menunjukkan keistimewaan shalat witir ialah 

Sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, 

إنَّ اللهَ قد أمَدَّكم بصلاةٍ، وهي خيرٌ لكم مِن حُمْرِ النَّعَمِ، وهي الوِترُ، فجعَلَها لكم فيما بينَ العِشاءِ إلى طُلوعِ الفَجرِ

"Sesungguhnya Allah telah memberi untuk kalian suatu shalat yang lebih baik bagi kalian daripada memiliki unta merah, yaitu shalat witir. Allah tetapkan pelaksanaannya antara shalat isya sampai terbitnya fajar." -SHAHIH LI GHAIRIHI- (Sunan Abi Dawud, II/558, Daar ar-Risalah) HR. At-Tirmidzi (452), Abu Dawud (1418), Ibnu Majah (1168)

Asy-Syaikh Abdullah al-Bassam rahimahullah berkata, 

فضل صلاة الوتر، وأنَّها تعدل في قيمتها وغلائها أفضل أموال العرب، وهي الإبل الحمر، وما هو إلاَّ مثال تقريبي من النبي -صلى الله عليه وسلم- لأصحابه فيما يعرفون من نفائس الحياة، وفيما هو أغلى في النفس من المال، وإلاَّ فإنَّ متاع الدنيا كلها قليل بجانب الآخرة

"Hadits ini menunjukkan keutamaan shalat witir dan penjelasan bahwa shalat witir dalam hal nilai dan mahalnya itu sebanding dengan harta orang Arab yang paling mahal, yaitu unta merah. Ini hanyalah pendekatan yang dibuat oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk para sahabat dengan menggunakan sesuatu yang mereka ketahui berupa perkara yang sangat berharga di kehidupan dan harta yang termahal, karena sebenarnya seluruh perhiasan dunia amatlah sedikit jika dibandingkan dengan akhirat." (Taudhih al-Ahkam, II/405)

Terkait hadits ini pula, 

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan berkata, 

"(Sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam) 'yang lebih baik bagi kalian daripada memiliki unta merah' makna hadits ini bahwa shalat witir lebih baik dari dunia dan seisinya, karena harta benda ialah sesuatu yang paling bernilai yang ada di muka bumi.  Apabila shalat witir lebih baik dari jenis harta yang sangat berharga (unta merah) maka berarti dia lebih baik dari dunia dan seisinya. Nabi hanyalah ingin melakukan pendekatan dengan contoh, karena hakikatnya, telah diketahui bahwa tidak bisa dibandingkan antara pahala akhirat dan harta benda yang ada di dunia, perbedaannya sangat jauh." (Tashil al-Ilmam, II/374)

JUMLAH RAKA'AT SHALAT WITIR

Dalam hadits-hadits yang shahih kita temukan bahwa shalat witir bisa dengan;
  • 1 raka'at [HR. Al-Bukhari (993) dan Muslim (749)] 
  • 3 raka'at [HR. Al-Bukhari (1147) dan Muslim (738)]
  • 5 raka'at [HR. Muslim (737)]
  • 7 raka'at [HR. Muslim (746)]
  • 9 raka'at [HR. Muslim (746)]
Karena pembahasan witir ini hanya penyempurna dari pembahasan shalat tarawih maka kita hanya membahas tentang shalat witir dengan tiga raka'at. Karena jumlah ini yang paling banyak dilakukan sebagai penutup shalat tarawih. 

Pelaksanaan shalat witir tiga raka'at dapat dilakukan dengan 2 cara;

1. Dilakukan sekaligus tiga raka'at, duduk tahiyat hanya dilakukan sekali, yaitu di raka'at ketiga. Dengan dasar 

Hadits Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْوِتْرِ بِـ { سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى }، وَفِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ بِـ { قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ }، وَفِي الثَّالِثَةِ بِـ { قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ }، وَلَا يُسَلِّمُ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di shalat witir membaca (( سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى )), raka'at kedua (( قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ )), dan raka'at ketiga (( ٌقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَد )). Dan beliau tidak salam kecuali di raka'at terakhir." - SHAHIH- (Shahih an-Nasa'i) HR. An-Nasa'i (1701)

Al-Miswar bin Makhramah radhiyallahu 'anhu berkata, 

فَصَلَّى بِنَا ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ، لَمْ يُسَلِّمْ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ

"Umar mengimami kami shalat witir tiga raka'at dan beliau tidak salam kecuali di rakaat terakhir." -SANADNYA SHAHIH- Diriwayatkan Ath-Thahawi (Syarah Ma'ani al-Atsar, 1742)

Tsabit al-Bunani rahimahullah berkata tentang Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, 

أَنَّهُ أَوْتَرَ بِثَلَاثٍ لَمْ يُسَلِّمْ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ 

"Beliau (Anas) shalat witir tiga raka'at dan tidak salam kecuali di raka'at terakhir." -SANADNYA SHAHIH- Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah (6840)

2. Dilakukan dengan dua kali salam. Di raka'at kedua duduk tahiyat lalu salam. Kemudian shalat lagi satu raka'at dan salam. 

Dengan dasar hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata, 

 أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم كان يفصِلُ بينَ الشَّفعِ والوِتْرِ

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam shalat dengan memisahkan antara raka'at yang genap dan ganjil." -SHAHIH- (Al-Irwa', 327) HR. Ibnu Hibban (2433)

Dari Nafi' rahimahullah, 

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يُسَلِّمُ بَيْنَ الرَّكْعَتَيْنِ وَالرَّكْعَةِ فِي الْوِتْرِ

"Sesungguhnya Abdullah bin Umar salam di antara dua raka'at dan satu raka'at shalat witir." Diriwayatkan Malik (Al-Muwattha, 326)

Kedua cara ini ialah sunnah. 

Berkata Imam Ibnul Mundzir rahimahullah, 

وَقَالَ الْأَوْزَاعِيُّ فِي الْفَصْلِ بَيْنَ الرَّكْعَتَيْنِ وَالرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ: إِنْ فَعَلَ فَحَسَنٌ وَإِنْ تَرَكَهُ لَمْ يَفْعَلْ فَحَسَنٌ

"Al-Auza'i mengatakan tentang memisahkan antara dua raka'at dan satu raka'at terakhir shalat witir, 'Jika dia pisahkan maka itu baik jika dia tidak lakukan (dikerjakan sekaligus) maka itu juga baik." (Al-Ausath, V/186) 

Al-Allamah Muhammad al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan, 

وإذا أوتر بثلاث فهو مخير إن شاء وصلها جميعاً بتشهد واحد، وإن شاء صلى ركعتين ثم أتى بواحدة فكل ذلك سنة 

"Jika seseorang witir tiga raka'at maka dia diberi keleluasaan. Jika ingin boleh mengerjakannya sekaligus dengan satu tahiyat. Dan jika dia ingin bisa mengerjakan dua raka'at (kemudian salam) lalu tambah satu raka'at. Kedua cara ini sunnah." (Fatawa Nur 'alad Darb, kaset no. 335)

SURAH YANG DIBACA

Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhu berkata, 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنَ الْوِتْرِ بِـ { سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى }، وَفِي الثَّانِيَةِ بِـ { قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ }، وَفِي الثَّالِثَةِ بِـ { قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ }.

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membaca di raka'at pertama shalat witir (( سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى )), raka'at kedua (( قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ )), dan raka'at ketiga (( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَد ))." -SHAHIH- HR. Abu Dawud (1423), an-Nasa'i (1700) dan ini lafazh beliau, Ibnu Majah (1171)

Dari hadits ini ulama mengambil hukum sunnah untuk membaca surah-surah ini di shalat witir. Dan baik juga apabila dia tidak membacanya terus menerus. 

Asy-Syaikh Abdullah al-Bassam menjelaskan, 

الأفضل عدم المداومة على هذه السور؛ لئلا يظن العامة وجوبها، فترك الفاضل أحيانًا لبيان الحكم، أفضل من المداومة عليه؛ لأنَّ تعليم الناس أمرَ دينهم من أفضل الأعمال

"Yang afdal tidak terus-menerus dalam membaca surah-surah ini, agar orang-orang tidak mengira bahwa hukumnya wajib. Meninggalkan sesuatu yang utama di sebagian waktu untuk menerangkan hukumnya lebih utama daripada mengerjakannya terus-menerus. Karena mengajari manusia tentang agama termasuk seutama-utama amalan." (Taudhih al-Ahkam, II/430)

BACAAN SETELAH SHALAT WITIR

Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhu berkata, 

فَإِذَا فَرَغَ، قَالَ: عِنْدَ فَرَاغِهِ: «سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ». ثَلاَثَ مَرَّاتٍ يُطِيلُ فِي آخِرِهِنَّ 

"Ketika Nabi shallallahu alaihi wasallam selesai dari shalat witirnya, sehabis salam beliau mengucapkan, (( ِسُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوس )) Maha suci (Engkau Ya Allah) Raja Yang Maha suci, sebanyak tiga kali dan beliau memanjangkannya pada bacaan yang ketiga." -SHAHIH- (Ghayah al-Muna, XVIII/67) HR. An-Nasa'i (1699)

Asy-Syaikh Muhammad Ali Adam al-Ityubi menyatakan, 

والحديث فيه سنية الجهر بهذا الذكر في المرّة الثالثة

"Dalam hadits di atas terdapat penetapan sunnahnya mengeraskan dzikir ini pada bacaan yang ketiga." (Ghayah al-Muna, XVIII/68)


Al-Hasan bin Ali radhiyallahu 'anhuma berkata, 

عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي قُنُوتِ الْوِتْرِ: «اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ» 

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajari saya kalimat-kalimat untuk saya baca pada qunut witir,

“Ya Allah, berilah aku hidayah bersama orang-orang yang Engkau beri hidayah; berilah aku keselamatan dunia akhirat bersama orang-orang yang Engkau beri keselamatan dunia akhirat; perhatikan dan jagalah urusan-urusanku bersama orang-orang yang Engkau perhatikan dan jaga urusannya; berkahilah aku pada apa saja yang yang Engkau berikan; jagalah aku dari kejelekan apa saja yang Engkau tetapkan; sesungguhnya tidak akan hina orang yang menjadi wali-Mu (dalam penjagaan dan pertolongan-Mu) dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi; Mahaberkah Engkau, wahai Rabb kami, lagi Mahatinggi.” -SHAHIH- (Ghayah al-Muna, XVIII/118) HR. Abu Dawud (1425), at-Tirmidzi (464), an-Nasa’i (1745), Ibnu Majah (1178), Ahmad (1718)

Asy-Syaikh Muhammad al-Utsaimin rahimahullah mengatakan, 

"Hadits ini menunjukkan disyariatkannya qunut pada shalat witir. Berdasarkan pernyataan Al-Hasan, 'kalimat-kalimat untuk saya baca pada qunut witir'. 

Akan tetapi apakah ada riwayat bahwa nabi melakukan qunut pada shalat witir? Jawabnya, tidak ada. Namun ketika beliau mengajarkan kepada Al-Hasan radhiyallahu 'anhu maka ini sudah cukup untuk menetapkan bahwa memang disyariatkan qunut witir. 

Bersama dengan itu, saya berpendapat untuk tidak dilakukan secara terus-menerus sampai kita mendapatkan hadits dengan ucapan dan juga secara perbuatan." (Fath Dzil Jalali wal Ikram, III/322)

Dan sebagian ulama memandang, bahwa qunut witir di malam ke 16 sampai akhir Ramadhan semakin ditekankan karena itu dilakukan berdasarkan perintah Umar bin Khatthab radhiyallahu 'anhu. 

Ibnu Juraij mengatakan, 

قُلْتُ لِعَطَاءٍ: الْقُنُوتُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ؟ قَالَ: عُمَرُ أَوَّلُ مَنْ قَنَتَ. قُلْتُ: النِّصْفُ الْآخِرُ؟ قَالَ: نَعَمْ.

"Saya bertanya kepada Atha’, 'Apakah qunut dilakukan pada bulan Ramadhan?' 

Beliau menjawab, 'Yang pertama kali melakukannya adalah Umar radhiallahu ‘anhu.'

Ibnu Juraij berkata, 'Di pertengahan terakhir Ramadhan?' 

Atha’ menjawab, 'Ya.'" -HASAN LI GHAIRIHI- Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah

QUNUT SEBELUM RUKUK ATAU SETELAH

Kedua-duanya boleh, karena keduanya memiliki dasar dalil. Tentang qunut sebelum rukuk, 

Berkata Alqamah rahimahullah, 

أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ، وَأَصْحَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانُوا يَقْنُتُونَ فِي الْوَتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ

"Sesungguhnya Ibnu Mas'ud dan para sahabat nabi mereka melakukan qunut witir sebelum rukuk." -SANADNYA HASAN- Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah (6911) 

Dan tentang qunut setelah rukuk, 

Al-Hasan rahimahullah berkata, 

أَنَّ أُبَيًّا أَمَّ النَّاسَ فِي خِلَافَةِ عُمَرَ فَصَلَّى بِهِمِ النِّصْفَ مِنْ رَمَضَانَ، لَا يَقْنُتُ فَلَمَّا مَضَى النِّصْفُ، قَنَتَ بَعْدَ الرُّكُوعِ

"Ubay menjadi imam shalat tarawih di masa pemerintahan Umar, beliau menjadi imam sampai di pertengahan Ramadhan yang pertama dan beliau tidak qunut. Ketika sudah lewat pertengahan Ramadhan beliau melakukan qunut setelah rukuk." -HASAN LI GHAIRIHI- Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah (6935)

▫️Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menerangkan, 

وَأَمَّا الْقُنُوتُ: فَالنَّاسُ فِيهِ طَرَفَانِ وَوَسَطٌ: مِنْهُمْ مَنْ لَا يَرَى الْقُنُوتَ إلَّا قَبْلَ الرُّكُوعِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يَرَاهُ إلَّا بَعْدَهُ. وَأَمَّا فُقَهَاءُ أَهْلِ الْحَدِيثِ كَأَحْمَدَ وَغَيْرِهِ فَيُجَوِّزُونَ كِلَا الْأَمْرَيْنِ لِمَجِيءِ السُّنَّةِ الصَّحِيحَةِ بِهِمَا. وَإِنْ اخْتَارُوا الْقُنُوتَ بَعْدَهُ؛ لِأَنَّهُ أَكْثَرُ وَأَقْيَسُ

"Dalam hal qunut (witir) ini manusia ada dua pendapat yang berseberangan dan ada satu yang pertengahan;
-  ada yang berpendapat qunut hanya dilakukan sebelum rukuk, 
- ada juga yang berpendapat qunut hanya dilakukan setelah rukuk, 
- Sedangkan para pakar fiqih ahli hadits seperti Ahmad dan yang lainnya mereka membolehkan kedua cara yang ada (sebelum ataupun sesudah rukuk). Karena keduanya ditunjukkan dalam hadits yang shahih. Meskipun mereka memilih (yang afdal) qunut setelah rukuk karena haditsnya lebih banyak dan lebih sesuai." (Majmu' al-Fatawa, XXIII/100)

Jika kita memilih yang afdal ialah setelah rukuk maka hendaklah tetap dilakukan juga yang sebelum rukuk dengan lebih jarang, dalam rangka terus menjalankan semua sunnah yang ada. Demikian pula bila kita memilih pendapat sebaliknya. 

MENGANGKAT TANGAN SEWAKTU QUNUT

Al-Allamah Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan, 

من السنة أن يرفع الإنسان يديه عند دعاء القنوت؛ لأن ذلك وارد عن رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ في قنوته حين كان يقنت في الفرائض عند النوازل ، وكذلك صح عن أمير المؤمنين عمر بن الخطاب – رضي الله عنه – رفع اليدين في قنوت الوتر ، وهو أحد الخلفاء الراشدين الذين أمرنا باتباعهم 

"Termasuk sunnah jika seseorang mengangkat kedua tangannya pada saat doa qunut, sebab hal ini telah ada di hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada saat beliau qunut nazilah di shalat wajib. Demikian juga shahih dari Amirul Mu'minin Umar bin Khatthab radhiyallahu 'anhu bahwa beliau mengangkat kedua tangannya di qunut witir, dan beliau ialah salah satu dari Khulafa'ur Rasyidin yang kita diperintahkan untuk mengikuti mereka." (Majmu' Fatawa wa Rasa'il, XIV/136) 

APAKAH MENGUSAP WAJAH SETELAHNYA 

Imam Abu Bakr al-Baihaqi rahimahullah menerangkan, 

فأَمّا مَسحُ اليَدَينِ بالوَجهِ عندَ الفَراغِ من الدُّعاءَ فلَستُ أحفَظُه عن أحَدٍ مِنَ السَّلَفِ فى دُعاءِ القُنوتِ، وإِن كان يُروَى عن بَعضِهِم فى الدُّعاءِ خارجَ الصَّلاةِ، وقَد رُوِى فيه عن النبىِّ -صلى اللَّه عليه وسلم- حَديثٌ فيه ضَعفٌ، وهو مُستَعمَلٌ عندَ بَعضهِم خارجَ الصَّلاةِ، وأما فى الصَّلاةِ فهوَ عَمَلٌ لم يَثبُتْ بخَبَرٍ صَحيحٍ ولا أثَرٍ ثابِتٍ ولا قياسٍ، فالأولَى ألَّا يَفعَلَه، ويَقتَصرَ على ما فعَلَه السَّلَفُ -رضي اللَّه عنهم- مِن رَفعِ اليَدَينِ دونَ مَسحِهِما بالوَجهِ فى الصَّلاةِ، وبِاللَّهِ التَّوفيقُ.

"Terkait masalah mengusap wajah dengan tangan ketika selesai berdoa maka saya tidak mengetahui satupun dari kalangan salaf melakukannya di doa qunut. Benar ada riwayat dari sebagian mereka mengusap wajah sehabis berdoa di luar shalat, dan telah ada juga riwayat dari nabi hadits tentang ini namun memiliki kelemahan. 

Tapi menurut sebagian ulama itu dilakukan di luar shalat. Sedangkan di dalam shalat maka ini amalan yang tidak ada dasar dari hadits dan atsar yang shahih maupun kias. Sebaiknya tidak dilakukan dan mencukupkan dengan yang dilakukan oleh salaf, yaitu mengangkat tangan namun tanpa mengusapkan tangan ke wajah ketika di dalam shalat." (As-Sunan al-Kubro, IV/157)

✍️ -- Jalur Masjid Agung @ Kota Raja
-- Hari Ahadi [ Penggalan pembahasan Risalah Fushul fish Shiyam ]

DOA QUNUT WITIR

Saat qunut, boleh membaca doa-doa dalam Al-Qurʼan atau dalam hadits. Tidak ada satu doa tertentu yang harus dibaca agar disebut sebagai qunut. Imam Nawawi rahimahullah berkata,

واعْلَمْ أنَّ القُنُوتَ لاَ يَتَعَيَّنُ فِيهِ دُعاءٌ عَلى المَذْهَبِ المُخْتارِ، فَأيُّ دُعاءٍ دَعا بِهِ حَصَل القُنُوتُ، ولَوْ قَنَتَ بِآيَةٍ أوْ آياتٍ مِنَ القُرْآنِ العَزِيزِ، وهِيَ مُشْتَمِلَةٌ عَلى الدُّعاءِ حَصَل القُنُوتُ، ولَكِنَّ الأْفْضَل ما جاءَتْ بِهِ السُّنَّةُ. 

“Ketahuilah! Sesungguhnya dalam qunut tidak diharuskan agar membaca doa tertentu menurut pendapat yang terpilih. Doa apa pun yang dibaca maka sah sebagai qunut. Jika seseorang membaca satu atau beberapa ayat Al-Qurʼan yang mengandung doa, maka sah. Namun, doa yang paling utama ialah yang disebutkan dalam sunnah.” 
Al-Adzkar; yang dicetak bersama tahqiqnya (Nailul Authar, 1/159).

• Ada beberapa riwayat doa qunut yang dinilai shahih oleh sejumlah ulama. Di antaranya:

1. Hadits dari al-Hasan radhiyallahu ‘anhu di atas. 

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَدَيْتَ،تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ. 

“Ya Allah, berilah aku hidayah bersama orang-orang yang Engkau beri hidayah; berilah aku keselamatan dunia akhirat bersama orang-orang yang Engkau beri keselamatan dunia akhirat; perhatikan dan jagalah urusan-urusanku bersama orang-orang yang Engkau perhatikan dan jaga urusannya; berkahilah aku pada apa saja yang yang Engkau berikan; jagalah aku dari kejelekan apa saja yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau penentu segalanya dan Engkau tidak ditentukan oleh seorang pun; sesungguhnya tidak akan hina orang yang menjadi wali-Mu (yang dalam penjagaan dan pertolongan-Mu) dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi; Mahaberkah Engkau, wahai Rabb kami, lagi Mahatinggi.” 

2. Hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. 

اللَّهُمَّ إِنيِّ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari siksaan-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari ancaman-Mu. Aku tidak bisa membatasi pujian bagi-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.” 
Shahih [Shahih Sunan Abu Dawud, 1282].

3. Doa qunut Umar bin Khatthab radhiyallahu ʼanhu. 

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ، وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ، نَرْجُو رَحْمَتَكَ، وَنَخْشَى عَذَابَكَ، إِنَّ عَذَابَكَ بِاْلكَافِرِيْنَ مُلْحَقٌ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ، وَلَا نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَخْضَعُ لَكَ، وَنَخْلَعُ مَنْ يَكْفُرُكَ. 

“Ya Allah, sesungguhnya kami hanya menyembah-Mu, hanya kepada-Mu kami shalat dan sujud, hanya kepada-Mu kami berusaha dan patuh. Kami mengharapkan rahmat-Mu dan takut akan siksa-Mu, sesungguhnya siksaan-Mu akan menimpa orang-orang yang kafir. Ya Allah, kami mohon pertolongan dan ampunan kepada-Mu. Kami memuji kebaikan-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami tunduk kepada-Mu, dan kami berlepas diri dari orang-orang yang kufur kepada-Mu.” 
Sanadnya Shahih [Irwaʼ al-Ghalil, 2/170].

Yang terbaik ialah membaca doa-doa ini silih berganti; karena biasanya, jika hanya membaca satu jenis doa secara terus-menerus dapat menyebabkan doa itu mengalir begitu saja di lisan tanpa diiringi dengan penghayatan, harapan, dan kesungguh-sungguhan;¹ hingga akhirnya memperkecil peluang untuk dikabulkan. Rasulullah ﷺ bersabda, 

وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لَاهٍ. 

“Ketahuilah! Sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang berpaling dan lalai.” 
Hasan li Ghairihi [Shahih at-Targhib, 1653]. H.R. At-Tirmidzi (3479).
¹ Baca: Tashilul Fiqhi, 4/112.

‎✍️ -- Hari Ahadi @ Kota Raja
Draf buku “Panduan Ramadhan A-Z”. 

https://t.me/nasehatetam 

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,279,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,621,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,92,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,50,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,586,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Fikih Shalat Witir
Fikih Shalat Witir
Tata Cara Pembahasan Fikih Shalat Witir Secara Lengkap. Jumlah Rakaat Shalat Witir.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLCL6NtjA8BfibkuR_wEgaApGlUC_UwhkhissY7wR_wM4P8N_TGvo_7YlK1dB3dyC4hGCL7hdqkqsmzg-wUnRZgGGDoaAHv4a7rmvADMvcvbxhshXSiEFTm8Ok7g-DwshGeyhmIvM6LqNB/s400/fikih+shalat+witir.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLCL6NtjA8BfibkuR_wEgaApGlUC_UwhkhissY7wR_wM4P8N_TGvo_7YlK1dB3dyC4hGCL7hdqkqsmzg-wUnRZgGGDoaAHv4a7rmvADMvcvbxhshXSiEFTm8Ok7g-DwshGeyhmIvM6LqNB/s72-c/fikih+shalat+witir.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2020/05/fikih-shalat-witir.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2020/05/fikih-shalat-witir.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy