Tidak Akan Kelaparan Keluarga yg Punya Kurma

SHARE:

Hadits Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang yang lapar

MANFAAT KURMA DALAM SEBUAH KELUARGA

Dari ibunda kaum mukminin Aisyah radhiyallahu 'anha bahwasannya Nabi ﷺ
bersabda,

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya“. (Hadits riwayat Imam Muslim).

Syekh Ibnu al 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Ini dikarenakan kurma itu sebenarnya adalah buah yang manis, makanan pokok, makanan utama, dan padanya memiliki banyak manfaat serta tidak basi dalam waktu yang lama. Bahkan terkadang، jangka yang lama hanya akan menambahinya bagus dan enak. Oleh sebab itu, jika orang-orang memiliki kurma, maka mereka tidak akan kelaparan. Inilah sisi pendalilan atas makanan yang disimpan oleh sebuah keluarga berupa kurma di dalam rumah. Ya."

Kaset Syarh Shahih Muslim Kitab adz Dzabaih ilaa Kitab al Ath'imah

💻http://t.me/ukhwh

🇸🇦Teks arab

عن عائشة : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( لا يجوع أهل بيت عندهم التمر ).
الشيخ : هذا لأن التمر في الحقيقة حلوى وقوت وغذاء وفيه منافع كثيرة ولا يفسد بطول المدة ، بل أحيانا لا يزيده طول المدة إلا حسنا ولذة ، فلذلك إذا كان عند الناس تمر فإنهم لن يجوعوا وهذا وجه الدلالة على ادخار الطعام للأهل أن التمر يكون في البيت ، نعم.


HUKUM ATAS HADITS:

 بَيْتٌ لاَ تَمْرَ فِيهِ جِيَاعٌ أَهْلُهُ

Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang yang lapar.” Beliau menyabdakan hal itu tiga kali. (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimullah berkata,

"Hadits ini shahih diriwayatkan Imam Muslim. Hadits ini menunjukkan atas rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang yang lapar, jika mereka membiasakan makan kurma. Contohnya penduduk Madinah, Najd, dan penduduk lsin yang membiasakan makan kurma. Maka, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma--karena kurma makanan siap saji yang mencukupi dari segala sesuatu--yakni jika sebuah rumah tangga tidak ada kurma, penghuninya sebenarnya kelaparan. Terutama jika mereka orang yang terbiasa dengan hal ini, maka itu adalah makanan pokok mereka.

Adapun jika telah berubah kondisinya, sehingga mereka menjadi memiliki makanan pokok yang lain, maka hadits ini bukan tentang mereka. Karena Rasul ﷺ sedang memberitakan tentang penduduk Madinah yang membiasakan makan kurma, sehingga itu adalah makanan pokok mereka. Ya.

🌕🎙Fatawa Nurun 'Ala ad Darb

💻http://t.me/ukhwh

 الحكم على حديث : ( بيت لا تمر فيه جياع أهله)

قال الشيخ ابن باز رحمه الله:

هذا حديث صحيح رواه مسلم، وهو يدل على أن البيت الذي ما فيه تمر جياع أهله إذا كانوا اعتادوا التمر، مثل أهل المدينة وأهل نجد وغيرهم ممن اعتادوا التمر فبيت لا تمر فيه لأنه طعام جاهز يكفي عن كل شيء، فإذا فقده أهل البيت فهم جياع في الحقيقة، لاسيما إذا كانوا معتادين هذا الشيء وهو قوتهم، أما إذا تغيرت الأحوال وصار لهم قوت آخر فالحديث في غيرهم، الرسول ﷺ يخبر عن أهل المدينة الذين اعتادوا التمر وهو قوتهم. نعم.

📙فتاوى نور على الدرب

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,70,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,623,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,106,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Tidak Akan Kelaparan Keluarga yg Punya Kurma
Tidak Akan Kelaparan Keluarga yg Punya Kurma
Hadits Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang yang lapar
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2020/05/tidak-akan-kelaparan-keluarga-yg-punya-kurma.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2020/05/tidak-akan-kelaparan-keluarga-yg-punya-kurma.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy