Nabulus, Kota Tua di Palestina

SHARE:

Nabulus Kota Tua di Palestina dan Kisah Ibnu Nabulusi yang Syahid Karena Dikuliti.

Nabulus : Kota Tua di Palestina

Yaqut al Hamawi (wafat 626 H), seorang ahli tarikh, pakar geografi Islam, dan peneliti sejarah dunia, melukiskan kota Nabulus dalam karya monumentalnya "Mu'jamul Buldan". Ensiklopedia Negeri-Negeri.

Nabulus adalah gabungan 2 kata ; Nabu dan Lus. Nabu artinya gigi taring, sementara Lus berarti ular besar.

Cerita yang beredar, dahulu kala, di lembah Nabulus hidup seekor ular besar. Oleh masyarakat, ular itu dibunuh. Gigi taringnya diambil lalu digantungkan di gerbang kota sambil disebut : Ini Nabu Lus ( Ini taring ular besar). Sejak saat itu, daerah tersebut dikenal dengan Nabulus.

Nabulus, menurut Yaqut al Hamawi, adalah kota besar dan penting di Palestina. Letaknya diapit oleh dua gunung memanjang. Tidak terlalu lebar. Sumber mata airnya berlimpah. Konturnya berbatu. Jaraknya ke Baitul Maqdis kira-kira 10 farsakh.

Referensi-referensi lain menyebut Nabulus sebagai kota tua yang berumur ribuan tahun. Berganti-ganti penguasa di sana, termasuk kerajaan Romawi.

Selain buah-buahan, Nabulus dikenal sebagai penghasil zaitun berkelas.

Nabulus masuk wilayah Islam secara damai di tahun 15 H. Panglima Islam, Amr bin al Ash, menjamin keamanan dan keselamatan penduduk Nabulus dengan sistem jizyah.

Ringkas kata; Nabulus adalah kota penting dan strategis. Kota kuno yang peradabannya sudah ada sejak lama. Banyak sejarah tersimpan di sana, termasuk sejarah perang Salib.


* * *


Daulah (Kerajaan) Ubaidiyyah juga disebut Daulah Fathimiyyah. Didirikan di Tunisia tahun 297 H kemudian dipindahkan ke Mesir tahun 362 H.

Penguasa pertama bernama Mu'adz bin al Manshur dan berakhir di tahun 567 H di tangan Abdullah bin Yusuf al 'Adhid.

Abu Syamah al Maqdisi, sejarawan bermadzhab Syafi'i yang wafat di tahun 665 H, menulis buku berjudul " Mengungkap Kekufuran, Kebohongan, Makar, dan Rencana Jahat Bani Ubaid".

Kenapa demikian?

Daulah Ubaidiyyah yang kemudian dikenal juga dengan Daulah Fathimiiyah, telah melakukan sekian banyak kesesatan. 

Antara lain ; mengaku-aku mengerti hal-hal ghaib, mengaku sebagai nabi, mengaku memiliki hak-hak rububiyyah (ketuhanan), mengharuskan rakyat untuk sujud kepada penguasa, mencela para sahabat Nabi, dan bentuk-bentuk kesesatan lainnya.

Adz Dzahabi menyebut mereka sebagai, "...kaum bathiniyyah, zindiq, berpemahaman reinkarnasi, berkeyakinan menyatunya unsur ketuhanan pada arwah....." (Tarikh Al Islam 12/367)

Ibnu Khalikan menyatakan bahwa Daulah Ubaidiyyah, "...mengaku-aku mengerti hal-hal ghaib. Cerita-cerita semacam itu masyhur di kalangan mereka" (Wafayataul A'yan 5/373)

Adz Dzahabi menceritakan perintah sujud kepada penguasa, "...mereka segera berdiri dan sujud di tengah-tengah pasar, di lokasi-lokasi berkumpulnya orang. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sungguh! Daulah Ubaidiyyah sangat membahayakan Islam dan kaum muslimin dibanding pasukan Tatar" (Tarikhul Islam 8/689)

Al Qadhi Iyadh menukilkan ijma'  ulama Qairawan tentang status Daulah Ubaidiyyah yang murtad dan zindiq (Siyar A'lam Nubala 11/424)

Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah menyatakan, "...Berita tentang mereka penuh dengan penyimpangan, memusuhi Allah dan Rasul-Nya, kemurtadan, dan kezindiqan" (Minhajus Sunnah 4/101)

Demikianlah sekilas tentang Kerajaan Ubaidiyyah atau Fathimiyyah


* * *


Berbicara kota Nabulus jika dikaitkan dengan Daulah Ubaidiyyah, sulit untuk tidak berbicara mengenai Abu Bakar Muhammad bin Ahmad ar Ramali.

Beliau lebih sering disebut Ibnu Nabulusi; putra orang Nabulus.

Adz Dzahabi (Siyar A'lam Nubala 16/149) memuji beliau sebagai, " Al Imam, tokoh panutan, dan seorang yang syahid"

Abu Dzar al Hafidz menyampaikan, " Ibnu Nabulusi dipenjarakan oleh penguasa Ubaidiyyah lalu dihukum salib"

Abu Dzar pernah mendengar Ad Daruquthni menangis ketika teringat Ibnu Nabulusi. " Saat dikuliti hidup-hidup, Ibnu Nabulusi mengulang-ulang : 


كَانَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْكِتَٰبِ مَسْطُورًا

", kata Ad Daruquthni.

كَانَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْكِتَٰبِ مَسْطُورًا

Adalah firman Allah di dalam surat Al Isra 58 yang berarti :

"Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh)"


Ibnu Nabulusi ditangkap, dipenjara, lalu dieksekusi mati dengan cara dikuliti hidup-hidup karena menentang Daulah Ubaidiyyah.

Saat disidang beliau ditanya, " Apakah benar engkau mengatakan; andai ada 10 anak panah, maka satu anak panah diarahkan prajurit Romawi sementara yang sembilan diarahkan ke kami?"

Beliau menjawab, " Saya tidak bilang begitu. Saya justru mengatakan; jika ada 10 anak panah, maka sembilan diarahkan kepada kalian, sisa satu diarahkan lagi ke kalian. Karena kalian telah mengubah-ubah agama, membunuh orang-orang saleh, dan mengaku-aku memiliki cahaya ketuhanan"

Ibnu Nabulusi dieksekusi dengan dikuliti hidup-hidup dari belahan rambut kepala sampai wajah. Beliau bersabar dan tidak berhenti berdzikir. 

Saat tiba di area dada, algojo merasa kasihan sehingga dia menusuk jantungnya dengan sebilah belati sampai wafat.

Semoga Allah merahmati beliau. Beliau wafat tahun 363 H.

Demikianlah kesabaran dan perjuangan para ulama dalam membela Sunnah Nabi.

Ada sebuah kitab yang ditulis oleh As Syaikh Khalid bin Dhahwi az Zhafiri mengenai hal ini.

Selain cerita di atas, banyak contoh kesabaran ulama yang beliau sebutkan.

Judul buku beliau " Sulwanus Salafy 'inda Kaidil Khalafi". Hiburan Seorang Salafy Saat Menghadapi Gangguan Orang Yang Membenci.

Semoga Allah kokohkan kita di atas Sunnah.


Lendah, 01 Desember 2021



t.me/anakmudadansalaf

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Nabulus, Kota Tua di Palestina
Nabulus, Kota Tua di Palestina
Nabulus Kota Tua di Palestina dan Kisah Ibnu Nabulusi yang Syahid Karena Dikuliti.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEG-C0UQ4GNlNs9Si8aZqQHe6muNMMEVciCYGAjP8ahJImdR3E09uXTTc0AtP3kAJI5XY4t7EL8wlLfuyT-OsddbBS6-DataN1DHDfrJ0rgvgYMvj8NdQnkqbyfsuAqc-4EA_VOybv-tIo/s320/jorge-fernandez-salas-rkgtpiwXxtg-unsplash.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEG-C0UQ4GNlNs9Si8aZqQHe6muNMMEVciCYGAjP8ahJImdR3E09uXTTc0AtP3kAJI5XY4t7EL8wlLfuyT-OsddbBS6-DataN1DHDfrJ0rgvgYMvj8NdQnkqbyfsuAqc-4EA_VOybv-tIo/s72-c/jorge-fernandez-salas-rkgtpiwXxtg-unsplash.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2021/12/nabulus-kota-tua-di-palestina.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2021/12/nabulus-kota-tua-di-palestina.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy