Biografi Kharijah bin Zaid

SHARE:

Kisah biografi Kharijah bin Zaid bin Tsabit, salah satu ulama tabiin 7 fuqaha sab'ah.

 Kharijah bin Zaid

Pepatah mengatakan, "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya." Barangkali pepatah ini tepat untuk menggambarkan tentang keutamaan ulama satu ini. Seorang ulama yang masyhur dalam dunia Islam.

Beliau adalah seorang ulama ahli fikih dan faraidh (ilmu waris) yang terkenal dari golongan tabi'in. Sangat jarang manusia yang dapat mencapai kedudukan tinggi dalam keilmuan dan fikih semisal beliau.

Beliau termasuk salah satu ulama yang disebut fuqaha' sab'ah (Tujuh ahli fikih Madinah). Beliau adalah seorang imam, pemuka agama, dan ulama' besar panutan umat.

Nama beliau adalah Kharijah bin Zaid bin Tsabit bin Adh Dhahak bin Zaid bin Ludzan bin Amr bin Abdi Auf bin Malik bin An Najjar Al Anshari Al Khazraji dari kabilah Bani Najjar. Berkuniah Abu Zaid.

Kharijah bin Zaid lahir pada masa akhir kekhalifahan Utsman bin Affan, tepatnya lahir pada tahun meninggalnya Khalifah Utsman bin Affan Demikian menurut suatu riwayat.

Beliau adalah putra dari seorang shahabat nabi yang mulia yaitu Zaid bin Tsabit Al Anshari . Saudara-saudara beliau adalah Isma'il bin Zaid, Sulaiman bin Zaid, Yahya bin Zaid, dan Sa'd bin Zaid. Di antara mereka, beliau adalah yang paling terkemuka.

Ibu beliau juga seorang yang mulia. Ibu beliau adalah Ummu Sa'ad, putri dari seorang shahabat pemuka anshar, Sa'ad bin Ar Rabi' Al Anshari. Dari kedua orangtuanya inilah, mengalir dalam diri beliau darah ilmu dan keutamaan. Beliau mewarisi ayah dan ibu beliau dalam banyak keutamaan.


KEUTAMAAN DALAM KEILMUAN DAN AMALAN

Beliau adalah salah satu ulama dari tujuh ulama fikih di Madinah saat itu, menggantikan kedudukan para ulama shahabat. Tujuh ulama utama itu adalah; Kharijah bin Zaid bin Tsabit, Sa'id bin Al Musayyib, 'Urwah bin Az Zubair. Al Qasim bin Muhammad, Abu Bakar bin Abdurrahman, Ubaidullah bin Abdillah bin Utbah bin Mas'ud, dan Sulaiman bin Yasar maula Maimunah.

Ilmu luas yang beliau miliki tak lepas dari ilmu ayah tercinta, Zaid bin Tsabit. Ayah beliau adalah seorang sahabat yang pernah ditunjuk memimpin satu tim untuk mengumpulkan lembaran-lembaran Al Quran yang sempat terpisah-pisah. Dengan kuatnya hafalan serta pemaham terhadap Al Quran, beliau mengumpulkannya dari tulisan di pelepah kurma, kulit, dan benda-benda untuk menulis jaman itu.

Beliau memanglah sahabat yang tepat melakukan tugas tersebut. Kepada ayah beliaulah, Kharijah mendulang lautan ilmu syariat. Beliau juga meriwayatkan hadis dari sang ayah.

Di antara yang menunjukkan kuatnya keilmuan sang ayah adalah riwayat Kharijah dari ayahnya sendiri, beliau (zaid bin Tsabit) berkata;

"Rasulullah memerintahkan aku untuk mempelajari kitab Yahudi. Maka tidaklah melewati waktu setengah bulan sampai aku bisa mempelajarinya. Akupun menuliskan untuk beliau (tulisan) kepada orang Yahudi, dan apabila mereka menulis untuk beliau akupun membacakannya kepada beliau."

Selain itu ibu beliau juga seorang yang memiliki keluasan ilmu yang kemudian diserap oleh Kharijah.

Selain dari kedua orang tuanya, Kharijah juga mengambil ilmu dari Ummul 'Ala' Al-Anshariyyah, 'Abdurrahman bin Abi Amrah, Sahl bin Sa'd Al Anshari, Usamah bin Zaid, dan yang lainnya.

Adapun orang-orang yang belajar dan berguru kepada beliau maka tentu sangat banyak. Tak mengherankan, sebab saat itu beliau adalah salah satu ulama' yang termasyhur yang menjadi tempat persinggahan dan tempat tujuan para pencari ilmu. Dari berbagai kota dan negeri para pencari ilmu datang untuk duduk berguru kepadanya.

Di antara murid-murid beliau adalah anak beliau sendiri yang bernama Sulaiman bin Kharijah, serta keponakan beliau, yaitu Sa'id bin Sulaiman dan Qois bin Saad. Demikian juga Abu An Nadhr Salim bin Abdillah yang merupakan teman sejawat beliau, pun menimba ilmu kepada beliau. Selain mereka ada deretan nama ulama-ulama Islam dan para perawi hadis semacam 'Abdul Malik bin Abi Bakar bin 'Abdirrahman bin Al Harits, 'Abdullah bin 'Amr bin 'Utsman bin 'Affan, Muhammad bin 'Abdillah Ad-Dibaj, Yazid bin 'Abdillah bin Qusaith, 'Utsman bin Hakim Al Anshari, Mujalid bin 'Auf, Ibnu Syihab Az Zuhri, Abu Bakar bin Hazm, dan Abu Az Zinad yang merupakan murid beliau dalam bidang fikih, dan lain sebagainya.

TIDAK CINTA DUNIA.

Sesungguhnya, di antara buah dari ilmu yang bermanfaat adalah menambah keyakinan dan kuatnya keimanan. Dia akan mengedepankan akhirat yang abadi atas kehidupan dunia yang fana. Dunia hanyalah alat yang dipakai sebagai upaya mendapatkan akhirat yang abadi. Seorang yang berilmu, pastilah tidak mengutamakan dunia sebagai alat dan melupakan tujuan intinya. Demikianlah bila seorang telah benar-benar memiliki ilmu.

Kharijah adalah satu di antara ulama yang zuhud terhadap dunia. Walaupun dunia datang melambaikan tangannya, mengajak beliau untuk masuk kepadanya, namun beliau tidak terbujuk dan tertipu dengannya. Ya, beliau tidak cinta dunia

WAFAT BELIAU

Suatu saat Kharijah pernah bermimpi bahwa beliau membangun sebuah bangunan 70 tingkat dan ketika selesai tingkat 70 hancurlah bangunan tersebut. Maka beliau berkata "Dan tahun ini adalah yang ke 70 dari umurku."

Maka beliaupun meninggal di tahun tersebut. Beliau meninggal di masa kepemimpinan Umar bin Abdil Aziz. Al fallas dan Ibnu Numair mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 99 Hijriyyah, sementara Ibnul Madini dan para ulama yang lain berpendapat bahwa beliau wafat pada ahun 100 Hijriyyah. Yang memimpin salat janazah adalah Abu Bakar bin Muhammad bin Amr bin Hazm. Beliau dikubur di pekuburan Baqi'. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada beliau. Rahimahullah.

Dikutip dari buku "Kisah Indah Ulama Salaf" penerbit Media Tashfiyah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,230,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,45,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,625,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Biografi Kharijah bin Zaid
Biografi Kharijah bin Zaid
Kisah biografi Kharijah bin Zaid bin Tsabit, salah satu ulama tabiin 7 fuqaha sab'ah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq4r719NjXMqm-EnK3bOT8TbuFJqx5xGYN4fxMFuCFIYTN4pBFRc4kXFCMTIg4gDZGoBY5nKu1h1YQF6hvLsp2PA_7RLwpaTeDP8HXsMuksPj94nSsgLANxnUb44WInFn8m6wEZAC-CuIKQk2xig_p0yWC9B3DbbdqeRbwpGj0oJz-2Ez1k3bapK0EhMSz/s320/20231023_115151_0000.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq4r719NjXMqm-EnK3bOT8TbuFJqx5xGYN4fxMFuCFIYTN4pBFRc4kXFCMTIg4gDZGoBY5nKu1h1YQF6hvLsp2PA_7RLwpaTeDP8HXsMuksPj94nSsgLANxnUb44WInFn8m6wEZAC-CuIKQk2xig_p0yWC9B3DbbdqeRbwpGj0oJz-2Ez1k3bapK0EhMSz/s72-c/20231023_115151_0000.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/10/biografi-kharijah-bin-zaid.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/10/biografi-kharijah-bin-zaid.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy