Nikmat Allah Wajib Tuk Disyukuri

SHARE:

Renungan tentang nikmat Allah yang wajib kita syukuri.

NIKMAT ALLAH WAJIB TUK DISYUKURI

✍️Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauzi rahimahullah

Nikmat Allah Wajib Tuk Disyukuri

Segala puji bagi Allah yang telah memudahkan nikmat-nikmat-Nya yang mengharuskannya untuk disyukuri oleh orang-orang bersyukur. Setetes dari lautan kedermawanan-Nya meliputi seluruh alam semesta. Hati dipenuhi kegembiraan karena mendapat pemberiaan-Nya walau hanya sedikit. Hati pun dibuat berdecak kagum oleh kelembutan ayat dari tanda-tanda kekuasaan-Nya. 

Seorang raja yang menguasai dunia (Namrudz) bisa mati karena lalat yang memasuki lubang hidungnya. Orang yang lantang berucap, "Sayalah tuhan kalian tertinggi" (Fir'aun) (mati) tenggelam dengan aliran air yang menerjang pundaknya. Bukankah yang menjadi sebab Fir'aun tenggelam dan membinasakannya karena air yang menghalangi antara dia dan menghirup udara?

Ada seorang raja besar dari raja-raja dunia yang kelaparan selang beberapa waktu kemudian ia menemukan sepotong roti, hatinya pun dipenuhi kegembiraan.

Ular yang kecil juga dapat mengalahkan gajah yang besar dan membuatnya tersungkur mati.

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعْجِزَهٗ مِنْ شَيْءٍ فِى السَّمٰوٰتِ وَلَا فِى الْاَرْضِۗ اِنَّهٗ كَانَ عَلِيْمًا قَدِيْرًا

"Dan tidak ada sesuatu pun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sungguh, Dia Maha Mengetahui, Mahakuasa". Qs. Fathir: 44

Bilamana kamu didera musibah-musibah berat dan kamu tidak melihat ada yang dapat menolongmu terbebas darinya. Lalu hal itu membuatmu gundah karena berada dalam cengkeraman musibah yang kian berlanjut hingga kaupun merasa terjerat lagi sengsara, (ketahuilah) di sana ada Dzat Mahamulia yang dapat memecahkan (kegundahanmu) dan membuat segala sesuatu yang sulit menjadi mudah. Dialah Allah Yang Mahatinggi, Mahabesar, Mahamengetahui, Mahamampu, Mahalembut, Mahateliti, Maha Mendengar, lagi Mahamelihat. Dialah yang menciptakan makhluk lalu menetapkan adanya hamba yang bersyukur dan ada yang kufur, ada yang berbahagia juga kaya dan ada yang sengsara lagi fakir. Dia memiliki keutamaan dan keadilan pada setiap keputusan-Nya, sehingga ada segolongan yang berbahagia, dan ada segolongan lain sengsara.

Kalaualah bukan karena Sang Mahapencipta niscaya makhluk tiadalah menjadi sesuatu yang disebut. Kalaulah bukan karena Dzat Yang Mahapemberi rezki niscaya seorang tiadalah mempunyai (harta) secuilpun. 

Betapa banyak nikmat yang telah Allah ta'ala anugerahkan kepada kita. Betapa banyak kebaikan yang telah Allah ta'ala tuntunkan kepada kita. Allah ta'ala menyelamatkan kita dari terjatuh ke dalam kekufuran, menyelamatkan badan kita dari penyakit, mengeluarkan kita dari tulang punggung orangtua kita dalam keadaan muslim, menumbuhkan kita di tengah-tengan saudara-saudara seiman, dan menjadikan lisan kita berbicara dengan bahasa yang paling fasih (bahasa Arab), serta menjadikan jalan yang kita tempuh merupakan jalan yang paling terang.

Aduhai... dengan kesyukuran macam apakah kita dapat membalas nikmat-nikmat-Nya ? Dengan apakah kita dapat membalas kebaikan-Nya ?

Mahasuci Dia! Mahasuci Dia!

Tiada seorangpun dari makhluk-Nya yang dapat mewujudkan sebenar-benar syukur kepada-Nya. Tiada yang dapat menyanjung-Nya sebagaimana Dia memuji diri-Nya sendiri. Manusia tiadalah mengagungkan-Nya dengan pengagungan semestinya. Karena hal itu dapatlah terwujud hanya dengan mengenali-Nya dengan sebenarnya, sedang hal itu ibarat lautan yang tiada mungkin seorang menyelam hingga ke dasarnya (karena begitu dalamnya).

Subhanahu! Subhanahu! 

Alangkah banyaknya nikmat-nikmat-Nya, dan alangkah adilnya semua hukum-Nya.

Andaikan kita mensyukuri-Nya semampu yang kita bisa, niscaya Dia akan menambahkan keluasan rezki kepada kita. Andaikan kita benar-benar menjadikan Dia sebagai Sesembahan kita, niscaya Dia akan memilih kita sebagai hamba-hamba-Nya. Namun, karena adanya penghalang sehingga membuat kita terhenti di depan pintu.

Iya, betapa banyak yang menyerukan tauhid namun ia sendiri berbuat kesyirikan. Betapa banyak yang mengatakan, 'Saya adalah hamba Allah' namun ia sendiri adalah hamba perutnya; ia mendurhakai Allah hanya untuk memperturuti hawanafsunya, dan ia menjual keridhaan Allah dengan keridhaan makhluk yang sama seperti dirinya.

Alangkah jauhlah perbandingan antara yang mengikuti hawanafsu dan menjadikan hawanafsu sebagai tuhannya dengan yang melaksanakan perintah Allah dan menjual dirinya dalam rangka mencari ridha-Nya.

Tidakkah merasa malu orang yang mengaku cinta kepada Allah namun ia malahan mencintai makhluk dan ia malah perilaku dan hubungannya dengan kekasihnya dari kalanhan makhluk lebih baik daripada kepada Rabbnya ? Ia malah lebih benar pengakuan cintanya kepada kekasihnya itu daripada pengakuan cintanya kepada Allah ?

📚At-Tadzkirah Fil Wa'zh

https://t.me/RaudhatulAnwar1

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,230,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,45,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,625,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Nikmat Allah Wajib Tuk Disyukuri
Nikmat Allah Wajib Tuk Disyukuri
Renungan tentang nikmat Allah yang wajib kita syukuri.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOQ9jTNfLq_zUpz55l2RF7kxTTUIRUxdTXXAOXWXSdvsbWZb0AFWx_2D7qP-V4GZcLaZDk3wHbdlB9w8Buy-8qtFbM9NGno9PGnFOKDXgv3yYwv5QaCFZZoQhdvUEtmVTBG3ZflxgWdWOUJZEBSj0jFQBJKNXn8lf_jc46TyGM3g9A6BgHjXdqiM2pJ2Zf/s16000/nikmat%20Allah%20wajib%20tuk%20disyukuri.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOQ9jTNfLq_zUpz55l2RF7kxTTUIRUxdTXXAOXWXSdvsbWZb0AFWx_2D7qP-V4GZcLaZDk3wHbdlB9w8Buy-8qtFbM9NGno9PGnFOKDXgv3yYwv5QaCFZZoQhdvUEtmVTBG3ZflxgWdWOUJZEBSj0jFQBJKNXn8lf_jc46TyGM3g9A6BgHjXdqiM2pJ2Zf/s72-c/nikmat%20Allah%20wajib%20tuk%20disyukuri.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/10/nikmat-allah-wajib-tuk-disyukuri.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/10/nikmat-allah-wajib-tuk-disyukuri.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy