Biografi Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab

SHARE:

Kisah Biografi Salim bin Abdullah bin Umar bin Al Khaththab, Kibarut Tabiin, salah satu dari fuqaha sab'ah.

Salim bin Abdillah

Biografi Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab

Sesosok ulama yang mulia. Termasuk jajaran kibaru tabiin [tabiin senior] yang bertemu dan duduk belajar dengan banyak shahabat. Beliau merupakan salah satu dari fuqaha sab'ah [tujuh ahli fikih Madinah] yang menjadi sumber ilmu fikih di kota Madinah. Lahir dan tumbuh besar di lingkungan para shahabat yang utama. Meneguk ilmu langsung kepada generasi paling utama dalam umat ini. Melihat secara langsung amaliyah para shahabat nabi, dan berbagai akhlak dan perilaku mereka yang mulia. Hidup dan bergaul dengan ilmu dan iman yang kokoh, sungguh memberikan pengaruh yang besar dalam hidup beliau.

Selain lingkungan yang mendukung keilmuan dan keimanan, beliau tumbuh dalam didikan keluarga di antara shahabat Nabi yang paling utama. Ayah dan kakek beliau adalah shahabat Rasulullah. Ayahnya adalah Abdullah, satu di antara tujuh shahabat nabi yang paling banyak meriwayatkan hadis Rasulullah. Sedangkan kakek beliau adalah Umar bin Al Khattab Al Faruq, khalifah kedua yang menggantikan Abu Bakar Ash Shiddiq. Lihatlah, ayah serta kakek beliau adalah dua shahabat yang utama. Kaum muslimin tentu mengenal mereka dan keutamaan keduanya. Pastilah akan sangat panjang tulisan yang mungkin akan dituangkan untuk membahas keutamaan keduanya, radhiyallahu anhuma.

Ibunda beliau adalah putri dari Kaisar Persia, Yazdajir. Kekaisaran Persia di bawah kepemimpinan Yazdajird berakhir di tangan kaum muslimin pada zaman kekhalifahan Umar bin Al Khatthab. Pada kemenangan Islam atas negeri Persia ini, menjadikan kaum muslimin mendapatkan harta ghanimah yang sangat melimpah dari negeri tersebut. Selain itu, ada pula serombongan tawanan yang amat banyak. Di antara yang menjadi tawanan tersebut adalah tiga putri sang Kaisar. Maka, kepada ketiga putri tersebut dipasanglah harga yang tinggi sebagai tebusan ketiganya. Mereka juga diberi kesempatan untuk memilih siapakah pemuda yang akan menjadi penebusnya. Maka putri pertama memilih Muhammad bin Abi Bakar. Putri kedua memilih Abdullah bin Umar bin Khaththab dan putri yang ketiga memilih Al Husein bin Ali bin Abi Thalib. Dari ketiga putri itulah lahir para pemimpin Islam pada masa tabiin.

Mereka adalah Qosim bin Muhammad, Zainal Abidin, dan Salim bin Abdillah. Oleh karenanya, Qosim bin Muhammad dan Zainal Abidin adalah termasuk kerabat beliau dari jalur ibu.

Saudara beliau seayah dan seibu adalah Ubaidullah dan Hamzah. Selain itu beliau memiliki banyak saudara seayah dengan ibu yang berbeda. Ia juga berkerabat dengan Khalifah Umar bin Abdul Aziz melalui jalur ayahnya.

Beliau bernama Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khattab Al Qurasy Al Adawy. Berkuniah Abu Abdillah atau Abu Umar. Lahir pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan di kota nabi, Madinah Al Munawwarah.


KEUTAMAAN SALIM BIN ABDILLAH

Sejak dini telah tampak pada diri beliau akan ketakwaan dan semangat beliau dalam beragama. Salim adalah putra yang paling mirip dalam perawakan dan ketakwaannya dengan ayahnya dibandingkan dengan anak Ibnu Umar lainnya. Karena kemiripan inilah sehingga ayah beliau -Abdullah bin Umar - pun mencintai beliau. Beliau dibesarkan di bawah asuhan ayahandanya yang zuhud, yang memiliki tabiat dan akhlak Umar. Sejak awal sang ayah sudah melihat tanda-tanda ketakwaan dan hidayah Allah pada diri Salim. Tercermin pada akhlak islami yang kokoh di atas Al Quran melebihi saudara-saudaranya yang lain.

Disebutkan dari Zaid bin Muhammad bin Zaid, dari Nafi' la berkata; dahulu Ibnu Umar mencium Salim (putranya) sehingga Nafi' mengatakan, "Seorang syaikh mencium seorang syaikh'.

Said bin Musayyib juga mengatakan; dahulu Abdullah bin Umar adalah anak yang paling serupa dengan Umar (bin Al khaththab), dan Salim adalah anak yang paling serupa dengan Abdullah (bin Umar)

Salim bin Abdillah bin Umar bin Khaththab adalah seorang pria yang kuat. Perawakan beliau gagah, sebagaimana Umar bin Al Khaththab. Adapun penampilan beliau, maka penampilan beliau sangat bersahaja, jauh dari kesan kemewahan, namun juga sangat berwibawa. Beliau persis seperti ayahnya yang juga seorang yang zuhud.

Salim adalah seorang yang bekerja dengan tangannya dan tidak bergantung dengan orang lain. Walaupun sangat mudah bagi beliau untuk meminta bantuan kepada orang lain, dan manusiapun pasti dengan senang hati akan membantu kebutuhan beliau.

Dikatakan oleh Imam Malik, "Dahulu (Abdullah) Ibnu Umar keluar ke pasar untuk membeli sesuatu, dan Salim pun membeli di pasar-pasar, padahal beliau adalah orang paling utama di zaman itu."

Beliau juga mengatakan, "Tak seorang pun di zaman Salim yang lebih serupa dengan orang-orang saleh terdahulu dalam sikap zuhud dan keutamaan. Beliau memakai pakaian seharga dua dirham."

Berkata Salamah bin Al Abrasy menggambarkan kesederhanaan beliau, "Aku melihat salim bin Abdillah memakai pakaian dari wol."

Diriwayatkan oleh Ali bin Zaid dari Said Ibnul Musayyib, berkata Ibnu Umar, "Apakah engkau tahu kenapa aku namakan anakku dengan Salim?" Said menjawab. Tidak. Beliau lantas berkata, "Aku namai (seperti) Salim maula Abu Hudzaifah, yakni salah satu As sabiqunal Awwalun. Demikianlah, ayah beliau menamai beliau dengan Salim sama seperti salah satu nama shahabat mulia Salim maula Abu Hudzaifah, yang meninggal di awal-awal Islam sebagai seorang syahid.

Salim bin Abdillah dikenal manusia sebagai seorang imam hafizh, seorang yang zuhud, dan seorang mufti Negeri Madinah. Beliau menjadi tokoh para tabiin, dan menjadi rujukan pertanyaan umat saat itu. Ilmu dan ketakwaannya benar-benar tercermin pada diri beliau, Sungguh gelar-gelar panggilannya adalah persaksian para ulama dan manusia secara umum yang menunjukkan keutamaan beliau.

Beliau adalah juga seorang yang pandai dan cerdas. Sebuah kisah menjadi bukti hal tersebut. Suatu ketika Al Hajaj bin Yusuf membawa seseorang kepada Salim bin Abdillah, agar beliau membunuhnya. Maka salim bertanya kepada orang ini. "Apakah kamu muslim? Maka orang ini mengatakan, "Iya. Lalu beliau bertanya kembali. "Apakah kamu salat Subuh pada hari ini? Orang itu menjawab kembali, "ya". Maka Salim kembali kepada Al Hajjaj dan melemparkan pedangnya, dan mengatakan, "Telah disebutkan bahwa dia seorang muslim dan bahwa dia telah salat Subuh pada hari ini, dan sesungguhnya Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang salat Subuh maka dia berada dalam jaminan (keamanan) Allah. Maka Al Hajjaj pun berkata, "Kami tidak membunuhnya karena sebab salat, namun karena dia termasuk yang membantu pembunuhan Utsman." Maka Salim berkata, "Di sana ada orang-orang yang lebih berhak tentang (urusan darah,red) Utsman daripadaku. Maka perbincangan itu sampai kepada ayah beliau Abdullah bin Umar. Maka Hajaj pun berkomentar, "Cerdik! Dia cerdik."

Selain ilmu yang dalam dan kezuhudan, beliau juga seorang yang memiliki kehalusan budi bahasa dan manisnya tutur kata. Ibnu Uyainah pernah berkata, "Hisyam pernah masuk Kakbah, ternyata di sana telah ada Salim bin Abdillah. Maka Hisyam (khalifah saat itu) mengatakan, "Mintalah kepadaku kebutuhan (mu)." Maka Salim berkata, "Aku malu kepada Allah untuk aku meminta kepada selain-Nya (sedang aku) di rumah-Nya. Maka tatkala keduanya keluar berkata (Hisyam), "Sekarang mintalah kebutuhanmu." Maka Salim berkata kepadanya, "Dari kebutuhan dunia ataukah kebutuhan akhirat?" Maka Hisyam mengatakan, "Dari kebutuhan dunia." Maka Salim mengatakan, "Demi Allah aku tidak pernah meminta dunia kepada yang memilikinya (Allah, red), lalu bagaimana aku akan memintanya kepada yang tidak memilikinya (Hisyam, red)?"

KEILMUAN YANG TIADA DIRAGUKAN

Salim duduk di berbagai majelis ilmu dan hadis. Berguru kepada para shahabat Nabi yang utama. Tercatat banyak guru yang beliau ambil ilmu dan hadisnya. Di antaranya adalah ayahnya Abdullah bin Umar, Abu Ayyub Al Anshary, Rafi' bin Khadij, Abu Hurairah, Zaid bin Al Khaththab, Safinah, Abu Rafi' maula Nabi, Abu Lubabah bin Abdil mundzir, dan Aisyah, Mereka semua adalah para shahabat yang mulia. Beliau juga menerima hadis dari para tabi'in yang satu jajaran dan tingkatan dengan beliau seperti Said bin Al Musayyib, dan Shafiyah istri ayah beliau.

Adapun para murid beliau, maka sangatlah banyak. Di antara mereka ada para ulama yang masyhur seperti putra beliau Abu Bakar bin Salim, Salim bin Abil Ja'di, Amr bin Dinar, Muhammad bin Wasi', Yahya bin Abi Ishaq Al Hadrami, Abu Bakar bin Hazm, Az Zuhri, Muhammad bin Abi Harmalah, Katsir bin Zaid, Fudhail bin Ghazwan, Handhalah bin Abi Sufyan, Shalih bin Kaisan, Ashim bin Abdillah, Ikrimah bin Ammar, dan lainnya

Para ulama menetapkan bahwa Salim adalah seorang yang tsiqah dan imam dalam bidang hadis. Ishaq bin Ruhawaih berkata, "Hadis yang palih sahih sanadnya bersumber dari Az Zuhry dari Salim dari Ayahnya."

Muhammad Sa'id berkata, "Salim adalah seorang ulama yang memiliki banyak hadis, seorang yang tinggi ilmunya, dan seorang yang wara'." Ahmad bin Abdillah Al Ajali juga berkata, "Salim bin Abdillah adalah seorang tabi'in yang tsiqah."

Lebih dari itu, beliau juga dijadikan rujukan pertanyaan dan pendapat oleh para penguasa. Seringkali para pejabat negeri meminta saran dan pendapat beliau ketika menghadapi masalah.

WAFATNYA SALIM BIN ABDULLAH BIN UMAR

Salim bin Abdillah wafat pada tahun 106 hijriyah. Menurut Al Bukhari, 'Athaf bin Khalid, Dhamirah, dan Abu Nu'aim, Salim bin Abdullah bin Umar wafat pada tahun 106 H. Tepatnya, beliau wafat pada bulan Dzulqa'dah atau Dzulhijjah menurut pendapat lain. Yang menyalati beliau adalah Amirul Mukminin Hisyam bin Abdil Malik setelah kembalinya beliau dari haji. rahimahullah.

Dikutip dari Buku "Kisah Indah Ulama Salaf", Penerbit Media Tashfiyah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,230,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,45,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,625,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Biografi Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab
Biografi Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab
Kisah Biografi Salim bin Abdullah bin Umar bin Al Khaththab, Kibarut Tabiin, salah satu dari fuqaha sab'ah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mi_Nd6VDQep7el7LeoXIehLAM6xAbqGp7yn1ziw1pOZlRJOdbAe0ll81t5bHFfzoetYsWRCKzEigs421e_cwo54KAdmZPfgFL0_zM2C3U_dUDwTUJKTGPKJ7kA-Vfs1EKQNrZbPGTu3uxjukJBPu0qMfAE8aFLl7s_eGMXGfi1nvvbWc2gz0u79Mflio/w400-h225/SALIM%20BIN%20ABDILLAH.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mi_Nd6VDQep7el7LeoXIehLAM6xAbqGp7yn1ziw1pOZlRJOdbAe0ll81t5bHFfzoetYsWRCKzEigs421e_cwo54KAdmZPfgFL0_zM2C3U_dUDwTUJKTGPKJ7kA-Vfs1EKQNrZbPGTu3uxjukJBPu0qMfAE8aFLl7s_eGMXGfi1nvvbWc2gz0u79Mflio/s72-w400-c-h225/SALIM%20BIN%20ABDILLAH.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2023/10/biografi-salim-bin-abdillah-bin-umar-al-khaththab.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2023/10/biografi-salim-bin-abdillah-bin-umar-al-khaththab.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy